Bakwan Jagung Bu Warsih

15 01 2009

Buat yang doyan makan..

Berikut ada menu nikmat yang semakin lama semakin jadi rebutan banyak orang di jam makan siang. BAKWAN JAGUNG BU WARSIH yang letaknya di Jl. H. Mughni 9c, dekat pintu belakang Gedung Mitra ini sangat terkenal dengan kelezatan dan ke-kriuk-annya. Warung sederhana ini selain menjual bakwan jagung lezat, juga menjual beraneka masakan rumahan yang sangat bercita rasa mulai dari Tempe Bacem, Garang Asem, Telur Dadar Gulung, Sayur Bayam, Sayur Bambu Muda, Sambal Terasi, Sayur Labu Siam, Opor Ayam, Ikan Bakar dsb.

pic_0036

warung Bu Warsih

bakwan-jagung-bu-warsih

bakwan jagung Bu Warsih

Khas Purwodadi…begitu kata Bu Warsih ketika ditanya, darimana asal muasal warungnya yang memiliki cita rasa khas ini. Bu Warsih mengatakan bahwa ia hanya masak sekali setiap harinya di pagi hari, sehingga ini menjamin kebersihan dan kenikmatan masakannya. Khusus untuk bakwan jagung, ia selalu menyiapkan 12 kilogram jagung per harinya. Warung tersebut sudah dipastikan tutup jam 15.00 dan makanan sudah habis bersih terjual.

Meskipun laku keras, namun Bu Warsih tetap tidak ingin membuka warungnya 24 jam. “Takut basi masakannya mas”, begitu katanya. Konon para pengusaha kantin dan karyawan dari wilayah Mega Kuningan Timur sampai rela memborong hingga 50 buah bakwan jagung per orang per hari ditambah lagi para karyawan yang tetap setia dan rela berdesakan di jam makan siang, hanya untuk mencicipi bakwan jagung ini.

dsc02244

bakwan jagung..nyam

Bukan pemandangan asing jika setiap harinya para pembeli sampai merangsek masuk ke dapur dan antri mencomot bakwan jagung yang baru saja selesai digoreng. Bahkan beberapa karyawan SCTV yang dulu berkantor di gedung Mitra dan kini sudah pindah ke Menara SCTV Senayan, masih setia mampir makan siang demi mencicipi bakwan jagung ini. Saya sendiri termasuk maniak kuliner yang tak pernah bosan mencicipi bakwan jagung Bu Warsih, selama 1 tahun terakhir, awalnya hanya icip-icip 1-2 buah lama-lama sekali makan saya bisa habis 6 – 10 buah bakwan jagung. Ditambah lauk favorit saya yaitu Sayur bambu muda, tahu bacem, kuah opor ayam dan sedikit sambal terasi. dengan harga yang murah Rp 1000 per buah, rasanya lidah ini selalu ingin menggigiti setiap jengkal bakwan jagung nan renyah ini. Rasa bakwan jagung ini begitu gurih dan renyah ketika gigitan pertama mulai dikunyah di mulut, berikutnya, cita rasa jagung dan bumbu khasnya akan mulai memecah di mulut dan menambah kenikmatan makan siang. apalagi jika disertai sesuap nasi yang sudah tersiram kuah sayur bambu muda, kuah opor ayam dan sedikit cuilan telur mata sapi, makin asyik saja makan siangnya.

pic_0034

menu masakan warung Bu Warsih

Apa rahasia bakwan jagung Bu Warsih? Pernah suatu saat saya penasaran menanyakan rahasia resep lezat bakwan jagung ini. Jawaban Bu Warsih: “Gampang mas..yang penting jagung ditumbuk dulu, tepung terigu jangan terlalu banyak dan garam secukupnya, yang paling penting, jangan pakai kuning telur, nanti cepat melempem” Begitu rasanya…

Waktu liburan sempat saya coba masak sendiri bakwan jagung ini dengan bekal tips Bu Warsih, berikut hasilnya:

Percobaan pertama : Bakwan jagung terlalu tebal dan cepat melempem –> Rupanya terlalu banyak tepung dan air

Percobaan kedua : Bakwan jagung terlalu tipis dan renyah –> Rupanya terlalu adonan terlalu encer

Percobaan ketiga : Mulai putus asa, akhirnya semua adonan saya goreng semua ke loyang –> Jadilah Pizza Jagung.. ^_^ Hehehe..

ternyata perlu tangan terampil seperti Bu Warsih untuk membuat bakwan jagung lezat ini. Tertarik mecoba? Silakan sambangi Warung Bu Warsih, jika bisa datanglah sebelum jam 12 siang agar tidak terjebak antrian pembeli.

Bon appetite..

About these ads

Aksi

Information

2 responses

11 06 2009
Sigit lee

Emang uenak tenan bro.. ^_^, thanx u

12 03 2010
smadav

enak banget tuh bro… nyami :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.010 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: