Safety Riding Course PSRT bersama YMIC dan CMOS

8 03 2010

Gedung Citra Marga Nusaphala Persada

Setelah melalui beberapa pertemuan beberapa minggu sebelumnya, kawan-kawan ane di Pulsarian Safety Riding Team (PSRT) akhirnya membulatkan tekat untuk mengadakan Safety Riding Course (SRC) yang ditujukan untuk para pengendara motor diluar Pulsarian Community.

Setelah sebelumnya mengadakan SRC yang diikuti oleh para ranger Pulsarian Community dan peserta eksternal di Carrefour Ciputat, maka kali ini, PSRT didaulat untuk memberikan edukasi aman berkendara di gedung Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) yang diikuti oleh YMIC (Yamaha Matic Indonesia Club) dan CMOS (Komunitas Motor Karyawan CMNP).

Bro Yudi memberikan Materi Teori SRC

Dengan diikuti lebih dari 30 peserta, bro Yudi Kristianto selaku “chief” PSRT memberikan materi presentasi seputar cara berkendara aman. Materi yang disampaikan sangat tajam dan lugas, menyasar para peserta untuk bercermin kepada diri mereka sendiri.

Salah satu Materi Sosialisasi UU no.22/2009

Tak bosan-bosannya bro Yudi mengingatkan pentingnya pemahaman RULES berlalu-lintas, pelaksanaan ATTITUDE berkendara dan aplikasi SKILL berkendara kepada para peserta. Sementara itu istilah pemeriksaan motor seperti TCLOCS hingga pengenalan perangkat keselamatan berkendara turut diperkenalkan dan ditekankan.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Bro Ikhsan dan bro Coky dari YMIC mengatakan bahwa banyak hal baru yang mereka dapatkan di kegiatan ini dari mulai teori hingga praktek.

Di sesi praktek kemampuan berkendara, ada dua hal yang menjadi fokus yaitu kemampuan mengendalikan power motor yang meliputi cara berakselerasi, berdeselerasi hingga sudden braking, serta kemampuan bermanuver di atas motor yang meliputi bumpy ride, balance track hingga slalom dan chidori. Materi SRC ini sempat diajarkan pula di SRC JDDC yang pernah ane ikuti.

Pemanasan & Pelemasan sebelum Sesi Praktek Berkendara

Di awal sesi praktek berkendara kebanyakan peserta terlihat grogi dan kaku, namun setelah diulangi barulah peserta terlihat santai dan mampu. “Sesi praktek tidak bertujuan untuk membuat peserta langsung bisa melakukan teknik manuver ini, namun hanya mengenalkan dan membiasakan mereka saja” demikian tukas bro Aldo, salah seorang instruktur dari PSRT.

Sesi Praktek, Segala Jenis Motor Ada

Briefing sebelum Praktek

Awalnya Kaku, kemudian Terbiasa

Usai sesi praktek, dituntaskan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta tampak kritis dan gencar mengajukan pertanyaan. Hal ini disambut baik oleh tim PSRT yang di ujung acara menyerahkan sertifikat SRC secara simbolis dan menyematkan pin PSRT kepada perwakilan dari YMIC dan CMOS disertai harapan semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan disebarluaskan.

Semoga Ilmu SRC-nya Bermanfaat..!

Akhir kata…izinkanlah ane turut merasa bangga dan terhormat atas kehadiran bro Imam Arkananto di acara ini sebagai salah seorang peserta. Mantabs bro..!

Bro Imam Arkananto, Salah Seorang Biker Senior..

About these ads

Aksi

Information

2 tanggapan

8 03 2010
bam

ada bonus quiz apa? helm nolan kah?

8 03 2010
bennythegreat

hehehe..gak kok, cukup pin PSRT aja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.699 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: