Cara Membaca Kode Busi NGK

30 03 2010

Cara Membaca Kode Busi NGK

Bagaimana cara membaca kode busi? Tiap produsen busi memiliki cara yang berbeda dalam penamaan businya. Karena ane baru mampir dari pabrik busi NGK, berikut penjelasannya

Misalnya pada busi NGK tipe CPR6EA-9

C             = adalah diameter ulir (thread size). C=10 mm, D=12mm, B=14mm

P             = projected insulator, artinya terdapat tonjolan insulator atau tidak, jika ada maka terdapat kode P

R             = kode resistansi busi, biasanya 5 kilo ohm

6              = heating rate busi atau tingkat pelepasan panas busi. Busi panas memiliki rating 2 – 8 sedangkan busi dingin (untuk racing) memiliki rating 9 – 12.

E              = panjang ulir (thread length). E=19mm dan H=12.7mm

A             = menunjukkan fixing end construction atau bentuk ujung lengkungan elektroda

-9            = menunjukkan panjang gap antara elektroda, -9 berarti panjang gap sebesar 0.9 mm

Nah untuk merk lain seperti Denso, Bosch atau Champion bias dibaca di sini dan di sini.

About these ads

Aksi

Information

4 responses

30 03 2010
blognyamitra

nice info :)

30 03 2010
asmarantaka

mantap infonya…coba ntar lihat busi NGK ane ahh….xixixixi :mrgreen:

18 09 2010
jungkiwenas

bro tanya dong klo kode busi ngk LMAR9E-J bacanya gmn? ini di pake di yamaha R1 2010 crosplane craksaft

20 10 2013
olih

thanks bro, bro kalo saya pasang busi ngk cpr6eagp-9 ke jupiter mx bagus gak..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.862 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: