Pulsar 135LS, Tester Bunny dari Bajaj

5 04 2010

Bajaj Pulsar 135LS

Sabtu kemarin (4/4) sebuah dealer cukup berani menggelar acara test ride Bajaj Pulsar 135LS, lebih cepat dari launching resminya tanggal 17 April besok bertepatan dengan Ulang Tahun Ketiga Pulsarian Community. Lalu kenapa ane tidak jadi datang ke acara test ride tersebut?

Selain karena ane lagi asyik bongkar fairing Ninja 250R dan bersih-bersih kamar bareng istri, info bocoran dari sumber internal Bajaj cukup menyurutkan niat ane untuk datang kesana. Apa itu.

Jadi begini, sebut saja namanya Mr. Bajaj seorang dari “dalam dapur” BAI yang sudah dua minggu yang lalu kasih bocoran halus bahwa tanggal 1 April Pulsar 135LS ini sudah tiba di dealer dan bisa di test ride. Obrolan berlanjut ke arah mekanis diantaranya tentang teknologi DTS-i dan 4 Valve yang diadopsi oleh motor ini dan singkatan LS yang stands for “Light Sport”. Obrolan makin seru ketika kami bersama-sama membaca perbandingan Pulsar 135LS dengan Yamaha Byson alias FZ16 di blognya kang Taufik dan spesifikasi Pulsar 135LS di sini.

Di sini Mr. Bajaj menggarisbawahi fakta bahwa peak power Pulsar 135LS sebesar 13.5PS mampu dicapai di 9000 RPM, sementara Byson mampu meraih 14 PS di 7500 RPM. Artinya Pulsar merupakan motor yang cocok dipakai untuk jarak jauh dan lalu-lintas yang sedikit stop n go, dengan kata lain Pulsar 135LS cocok buat perjalanan jauh alias touring. Bagaimana memperlakukan motor sesuai karakter range RPM nya? Monggo baca di sini bro..

Lalu apalagi info penting dari Mr. Bajaj?

Gosip memang bertiup kencang di dalam BAI. Cukup menarik bahwa Bajaj Auto Limited (BAL) di India jatuh hati kepada motor ini dan segera “menyuruh” petinggi Bajaj Auto Indonesia (BAI) untuk segera memasarkan motor berkatup 4 ini di Indonesia. Kenapa?

Rupanya BAI belajar dari pengalaman penjualan XCD yang tidak memuaskan. Di sini BAL melihat bahwa Bajaj tanpa Pulsar ibarat Kawasaki tanpa Ninja. Nama dan ukuran cc mesin menjadi pertimbangan bagi BAL dan BAI, oleh karena itulah motor yang desainnya benar-benar baru ini diberi nama Pulsar meskipun sejatinya memiliki chassis XCD.

Kenapa ane sebut tester bunny alias kelinci percobaan?

Ini dia yang seru..menurut Mr. Bajaj, Pulsar 220 awalnya hendak diluncurkan tahun 2010 ini, namun pihak BAI pesimis dengan pertimbangan motor sebesar ini memiliki pasar segmented. Alih-alih menjual Pulsar 220, BAI menerima masukan BAL untuk menjual Pulsar 135LS terlebih dahulu untuk melihat respon pasar Indonesia. Jika ternyata nasibnya setali tiga kutang dengan XCD125 yang sudah kadung dedel duwel, maka BAL akan langsung memasukkan Pulsar 220 ke pasaran Indonesia.

Pilih Pulsar 220..

Atau Pulsar 135LS

Jadi, jika gosip tersebut benar, sebagai konsumen, kita diberikan pilihan nih..ibarat main saham, mau beli atau tahan?

Pilihan di tangan kita bro, jika ente tergolong pengguna harian ya monggo sikat Pulsar 135LS, tapi jika ente tergolong maniak cc besar dan desain aduhai, monggo jalankan strategi boikot massal pembelian Pulsar 135LS ke kawan-kawan ente yang hendak beli Pulsar 135LS..hehehe..

About these ads

Aksi

Information

37 responses

5 04 2010
Taufik

great choiice from BAI . . .pulsar 135 bakal lebih banyak penggemarnya dibanding 220

5 04 2010
Taufik

^^ cuma perkiraan tanpa dasar dan tanpa data . .. cuma penerawangan thoq xixixixi :mrgreen:

5 04 2010
Taufik

setelah kupalajari sedikit . . .strategi tester bunny yang sedikit janggal nih

5 04 2010
bennythegreat

wahahaha..lha dasar data ane juga cuma gosip..sip..sip..tapi tetep..strategi marketing Bajaj cukup aneh nih..

5 04 2010
Fazri

Pulsar 135LS kereeen sooooob, enak lagi dikendarai (apa krn masih baru yak?)….tak kenal maka tak sayang…
kalo gosip mah jgn ditaruh di blog.
Gosip yg ane denger nih, ntar varian pulsar yg terus di produksi adalah 135, 180, dan 220. XCD dan Pulsar 200 udah enggak lagi.
Ini gosip ye..jangan dipercaya…

5 04 2010
jomblo ati

boycott…
vote for pulsar 220.

**Nafsu – Coklat** :mrgreen:

5 04 2010
penerjemah a.k.a arif rakhman

kira-kira kalo untuk pasar Indonesia 135 LS benar-benar mirip gak ya dengan yang India minus sari guard?

5 04 2010
bennyps

jujur saya lebih pengen punya P135LS, karena lebih sering pake motor buat harian dan mereng2 daripada turing, sama suka motor yg ramping2 saja, sama spt saya :D

5 04 2010
beranda

sadis banget, bukannya kebalik kalo 135 sukses diberondong 220, segmen yg diambil bukan dari penggemar motor cc gede tapi dari bebek/motor laki cc kecil. jadi logikanya dari penyemplak 180 naik ke 200 trus 220 bukan turun 135

5 04 2010
dimaz_13

lah terus kalo 135LS laris 220 kapan keluarnya ya ??
seharusnya kan emang beda segmentasinya.

5 04 2010
Maskur episode SNI

Pulsar 135 pengganti Thunder 125 pengganti Honda win
**Ngasal mode:on**
Reason : very light motor sport

6 04 2010
Hilbr4m

Klo emang begitu analisanya BAI krng canggih dong bro. Krn target market segmentasi antara 2 kelas itu sangat beda. p135 cocok utk menggantikan XCD yg krng sukses. Smntra P220 utk membangun image bajaj dng cc gede, power badak, harga dan kemampuan premium otomatis target market jg beda. Jd bisa dikatakan peluncuran P220 tdk ada hub.nya dng sukses atau tdknya P135. Kita liat aja bro….

6 04 2010
gabe

kalo saya sih beli motor bebek aja lah..biarin org mau ngomong apa..hahahahahaha

6 04 2010
anddeep

Penunggu byson bakalan bnyk yg lari kesini

6 04 2010
andryberlianto

*nunggu 220 ….

6 04 2010
asmarantaka

hhmmmm ajakan sesat nih…xixixixi :D

6 04 2010
cotto

Tetap nunggu P220 aja…

7 04 2010
afan

lha gimana ceritanya, xcd135 yg 13.5PS/9000rpm cucok buat stop n go. itu cocoknya buat high speed, jalanan lancar. lha lebih cucok byson yg 14PS/7500rpm utk stop n go.

btw, para pembeli mtr laki kan demenya tenaga besar dan secara sederhana linear dgn kubikasi besar. lha klo 135cc apa lebih nge-jos dr yg 150cc lebih. yg cc-nya besar aja masih belum puas, dioprek terus biar makin kenceng.

BAI mesti cermatlah, cucoknya memang jual pulsa yg cc-nya besar. krn sudah jual 180cc, ya mainya sekitar segitulah

7 04 2010
bennythegreat

@ Afan
mungkin maksud ente Pulsar 135 ya?
memang kalau dilihat dari karakter RPM nya kurang cocok untuk stop n go yah. sudah disebutkan di atas tuh.

7 04 2010
Rial Hamzah

kalo ane pribadi sih tetep lebih setuju dgn pulsar 135 ini. dan tetap memasukkan p220 dengan menarik p200. kenapa? dengan begitu interval cc kelas yang disediakan pulsar menjadi agak jauh perbedaannya..

8 04 2010
gober

akh, klo kecil mah mending pake matic aja skalian, nggak capek buat macet2an.
Ini udah CC kecil, tetep capek juga pas macet, pake kopling pula, waduuuh..
biarin deh dibilang beruang madu klo pake matic, daripada pake 135 gak jelas, hahaha…

ane vote buat P220 juga bro!

12 04 2010
BJUBAH HITAM

yakin lebih laku yg 135 daripada yg 220 …maklum saingan nya banyak …

13 04 2010
Tulus Budi

Klo ngeliat spek Pulsar135 yang OverSquare justru untuk kondisi jalan perkotaan yang lebih banyak Stop & Go ( 13.5PS@9000 rpm; bore x stroke: 54 x 58,8; kompresi 9,8:1 ) ….

13 04 2010
Tulus Budi

sorry kamsudnya OverStroke ….

15 04 2010
noFUN

Hmm.. ikut boikot P135LS aja ahh.. masukkan P220!!..
Buat Harian Jelas OK (tenaga).. Touringpun sanggup..

yei..
*lagi pusing ma kerjaan kantor

15 04 2010
dedewinasis

desain rear fender alias spakbor belakang itu sangat nyleneh untuk si 135..Kayanya hal itu salah satu perubahan darikelemahan pulsar2 sebelumnya yang mana rear fender bergetar…sepertinya konstruksi desainnya kurang. Namun kelebihan spakbor yang baru ini, kaki boncenger aman dari cipratan kale ya!

salam kenal

http://dedewinasis.wordpress.com

16 04 2010
jirman#233

pilih P220 aja deh….
biar kagak diasepin… :D

25 04 2010
sehat

bagus bagus bagus

26 04 2010
herimoko

Nunggu byson dulu…..

30 04 2010
vickytrack

Sangat baik BAI ngeluarin P135 ,tp pribadi maunya pulsar 250 ,DOHC dua busi ,jgn lupa pk radiator etau oil cooler ..

10 05 2010
borjuis

Yang kepengen 135 langsung beli…… trus kalo 220 keluar…. yah beli lagi…..
jangan kaya orang susah ben….

3 06 2010
suhud

saya batal beli jupiter MX ketika dengar pulsar 135 ls masuk indonesia. Sudah test ride, mantap pisan. Mungkin sudah waktunya ganti bebek dengan motor laki harga bebek. Sudah pesan satu warna hitam dengan sariguard (unik sih). Sayang meski pesan bulan april, hingga kini belum jelas kapan dikirim ke rumah…

6 06 2010
Andy

Hai, salam kenal, maaf ganggu, setahu saya P135 jelas cc nya 135. Tapi saya pernah baca tak salah katanya Yamaha Byson itu 160cc. Berarti pendapat kawan2 mengenai P135 hny 13,5 di 9000RPM dibanding dengan Byson yah pasti jelas kalah la. Liat dari perbedaan cc aja. (Maaf, ini kalau saya gak salah lihat forum waktu itu mengenai Yamaha Byson). :D

7 06 2010
bennythegreat

@ Andy
performa motor tak hanya dilihat dari ukurna mesin (cc) aja bro, banyak faktor lain yg berpengaruh seperti power to weight ratio, konfigurasi mesin (mis: DOHC/SOHC) dsb..

17 07 2010
cuek_men

Semua tergantung selera…… bandingin ama yang seimbang, cc dan harga juga bro, mau hemat pulsar 135, onderdilnya juga murah tapi gak murahan, klo Bison harganya ktanya sedikit di bawah vi-xion, orderdilnya juga lumayan mahal klo yamaha…! peace…! saya penguna MX, pengen ganti ama Pulsar 135! amin….

1 09 2010
krisna

selamat datang di dunia 135 ls di jamin muantabs bangbro. sebelumnya ane tunggangi jupi & Scorpi skrang beralih ke pies (p 135) bro bakalan rasain sensasi menunggangi pies yg luar biasa..pokoke bravo PIES

19 10 2010
idbagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.862 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: