Tips Alternatif Positioning Plat Nomor Depan Ninja 250R

20 05 2010

Di Indonesia, urusan plat nopol memang ribet, dimensi plat nopol besar euy..untuk motor 200 x 105 mm. Jangan heran ukuran ini bikin pusing pemakai motor yang kebetulan dikasih space yang gak lapang di motornya. Belum lagi kualitas catnya yang asal-asalan. Bagi yang peduli estetika pasti gerah bin jijik melihat plat nopol ini.

Sebagai contoh, lihat saja Bajaj Pulsar yang made in India itu, di negara asalnya, motor double busi ini ditandai memakai plat nopol yang dimensinya lebih ramping. Alhasil bentuk dudukan plat nopol depannya mengikuti. Naah…ketika masuk ke Indonesia mulai deh nih motor sulit beradaptasi dengan ukuran plat nopol terbitan Ditlantas POLRI yang gede itu.

Loh kok..ngomongin Bajaj Pulsar..ya nyempil dikit laah..ini sedikit tips tentang bagaimana cara meletakkan plat nopol di motornya Rahul Bajaj. Cukup ditunjukkan dengan foto di bawah ini. Cekidot.

Oke, sekarang kita back to topic, bagaimana positioning plat nopol depan di Kawasaki Ninja 250?

By default alias ketika diimpor ke Indonesia motor yang bagian depannya jenong ini gak memberikan tempat untuk menaruh plat nopol, makanya diberikan semacam dudukan dari plat yang dibaut ke spion kiri-kanan.

Bagi pemilik yang perfeksionis dan peduli detail, plat ini dianggap mengganggu keindahan motor dan layak disingkirkan. Apa pasal? Di beberapa forum diskusi khusus Ninja 250, plat bawaan pabrik ini ibarat keranjang di sepeda anak-anak dan bikin motor jadi cupu alias culun punya.

Akal bulus dimulai..

Alternatif 1


Yaa..sudah dikasih dudukan kok ribet…tempel aja tuh plat nopol di dudukannya, beres toh??!

Wah..ya..motormu sih sak karepmu, tapi kalo ane nilai jelek ya sak karepku tooh…? sayang lhooo motor keren tapi positioning plat nopol depan aja cupu. Alternatif 1…failed..!!

Alternatif 2


Buat yang peduli estetika tapi gak mau ribet, plat nopol diselipkan diantara kaca windshield. Menurut ane, positioning seperti ini tidak rapih dan berpotensi merusak “dashboard” Ninja kita. So..alternatif 1 ini ane coret..!!

Alternatif 3

Pasang plat nopol depan di samping tabung shockbreaker. Jadi pasang plat lalu..lalu…ahh..ribet…terlihat kumuh pula dan bikin lecet spakbor nih. Failed..!!

Alternatif 4


Pakai stiker plat nopol, tempel di jidat helm atau di windshield..ini oke punya, tapi kalau pak polisi nanya: “plat nopol depan kamu dimana..???” naah.. siap-siap deh kita kehilangan SIM alias ditilang, atau kehilangan uang (suudzon mode ON).

Alternatif 5


Nah kalau ini ide ane..setelah jungkir balik lihat space yang cukup di bawah radiator, plus modal plat bekas dudukan klakson Hella ane mulai beraksi. Begini stepnya:

  1. Bongkar fairing, langkahnya bisa lihat di sini bro.
  2. Buka dua buah baut bawah dudukan radiator, jangan lupa karetnya.
  3. Pasang plat dudukan klakson itu ke masing-masing lubang
  4. Bor plat nopol depan sesuai panjang plat
  5. Pasang plat nopol
  6. Setting posisi plat nopol biar gak miring.
  7. Selesai

Well, ternyata positioning plat nopol seperti ini memberikan beberapa keuntungan yaitu:

  1. Melindungi knalpot dari cipratan air
  2. Tidak menghalangi supply udara radiator
  3. Membuat plat nopol terlihat rapi

Aspek teknis terpenuhi..oke deh..lalu bagaimana dengan aspek legal alias hukum? Bertentangan gak nih dengan UU atau PP lalu-lintas?

Kita cek dulu ke UU no.22/2009

Pasal 68

(1)    Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

(2)    Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat data Kendaraan Bermotor, identitas pemilik, nomor registrasi Kendaraan Bermotor, dan masa berlaku.

(3)    Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku.

(4)    Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

(5)    Selain Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dikeluarkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor khusus dan/atau Tanda NomorKendaraan Bermotor rahasia.

Sekarang dari PP no.44/1993

Pasal 86

(1)    Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan tempat untuk memasang tanda nomor kendaraan bermotor pada sisi bagian depan dan belakang kendaraan bermotor.

(2)    Setiap kereta gandengan atau kereta tempelan dilengkapi dengan tempat untuk pemasangan tanda nomor kendaraan bermotor pada sisi bagian belakang  kereta gandengan atau kereta tempelan.

(3)    Tempat pemasangan tanda nomor kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2), berada pada posisi tegak lurus dengan sumbu kendaraan bermotor.

Nah, dari dasar hukum seputar teknis positioning plat nopol sepengetahuan ane, pemasangan plat nopol seperti gambar di atas tidak bertentangan dengan peraturan.

Bagaimana menurut pendapat ente? Yuk kita diskusi.

sumber foto:

akasmy.wordpress.com, forum cyberninja

About these ads

Aksi

Information

33 responses

20 05 2010
steven sahardjo

ben, postingan yang ini menginspirasi gw untuk buat desain nopol versi baru untuk mengganti desain nopol yang lama. Thx buat inspirasinya.

20 05 2010
dimaz_13

saya kok agak ragu ya liat posisinya, ragu karna bakal harus adu mulut ma petugas…
ntar kalo ditanya “plat nomor kamu mana?”
gw jawab “tuh pak di bawah depan radiator”
“mana keliatan kalo ditaruh di situ, emang saya harus nunduk2 apa buat meriksa!” pakpol jawab agak mbentak
“tapi kan gak melanggar UU pak kalo ditaroh di situ” mencoba damai
“UU yg mana?! yg jelas plat nomor kamu susah terlihat! pindahin sekarang!”
>>terlalu imajinatif kali ya…..
satu lagi, buat petugas parkir yg selalu nyatet nopol kita bakal susah tuh ngeliatnya…
sekian pendapat saya……. (panjang amat ya :)

2 06 2012
yus______uf

haha, kan masi ada plat nomor belakan (buat tukang parkir klo mau ngecek)

6 08 2012
bang soleh

sepertinya peraturan yg sudah ditetapkan oleh pemerintah sudah ditetapkan dg penuh pertimbangan secara bersama2. plat nopol ninja 250 misalnya yg berada diatas lampu dpn itu sdh diatur cm org indonesia j yg TERLALU GENGSI . . .

20 05 2010
steven sahardjo

^dimaz

“UU yg mana?! yg jelas plat nomor kamu susah terlihat! pindahin sekarang!”
jawab aja: yaelah pak plat segede gaban gini gak bisa lihat, apa susahnya sih pak :)

satu lagi, buat petugas parkir yg selalu nyatet nopol kita bakal susah tuh ngeliatnya…
solusi:stiker kecil nopol ditempel di badan spion (bukan pas kacanya lho)

20 05 2010
Taufik

TMC pilih no 2 aja ben

20 05 2010
dimaz_13

hm… gimana kalo alternatif 4 digabung ma no.5 kaya’nya oke tuh….
mo liat jelas ada di atas, mo yg asli ada di bawah…. :)

20 05 2010
ferryhardono

alternatif 5 dulu banget pernah gw aplikasiin buat si blekshrek. tp pas ngumpul ama temen dr brimob, dia ngasih tau supaya dilepas, soalnya bakal kena tilang.

akhirnya pindah ke posisi sekarang, di sebelah garpu kiri depan. Amaaaan … udh melanglang ke-mana2, cuma diliatin doang ama pak pol :)

ps: motornya pio, bukan ninin … :D

21 05 2010
daris

ane pilih Alternatif 4 dan 5, tukang parkir mudah mencatat nopolnx dan polisi jika ingin nopol yg asli suruh liat di bagian radiator :mrgreen:

2 06 2012
yus______uf

setuju banget tuh

21 05 2010
noFUN

Mimin 150R gen5, setelah ubah ke Windshield “Bening” (aslinya “Smoked”) trus pilih alternatif 2, tapi plat nomer sedikit ditekuk mengikuti lekukan winshield..

*perasaaan ada aturan nopol ga boleh ditekuk yah?
klo rada radius masih boleh khan? xixixixi :mrgreen:

23 05 2010
SkyrideR

Dudukan di skywave jg bikin ng enak di pandang..

24 05 2010
nunoe

di skydrive juga plat nomor depan gak enak keliatannya… :(

18 07 2010
agung

kalau menurut saya, sudah saatnya sekarang pihak kepolisian memikirkan masalah pemasangan plat nomor bagian depan bagi motor2 global, karena untuk standart di negara lain plat nomor hanya di tempel bagian belakang saja…seharusnya ada yang bisa menguraikan logika penyebab mengapa nopol di negara maju hanya di tempel di bagian belakang…bagi para pemuja estetik, jelas penempatan plat nomor bag depan ini bukan masalah sepele, dan bila melihat statement artistik para designer motor yang bersangkutanpun, termasuk honda PCX masalah plat nomor bag depan ini memang tidak termasuk didalam keputusan design, hal ini berarti bisa menjadi bukti(sementara) bahwa secara umum lebih banyak negara yang tidak memberlakukan peraturan pemasangan plat nomor bagian depan…kemungkinannya jelas, plat nomor bagian depan bisa dibuktikan telah melanggar hukum aerodinamika kecepatan sekaligus melecehkan keputusan artistik para designer motor…kekkkk

8 10 2010
Kodok Ijo

Emang tuh, plat nomor depan bikin puyeng. Ninjanya beli bekas dan tempat plat nomornya udah dicopot. Kan repot harus bongkar2 cover depan utk pasang kembali. Dipasang lagi jadi merusak pemandangan aje. Emang harusnya Kepolisian RI ikutin aturan kyk di negara bule sono yg cuma pake plat nomor belakang, satu juga udah cukup, yg penting kan ada nomornya. Sebelnya apa, mending plat nomornya bentuk dan finishingnya bagus, tapi jelek gak karuan, jadi merusak tampang motor yg udah ca’em. Tiap kali beli motor pasti deh harus bawa ke tukang plat minta dibagusin finishingnya, keluar duit lagi deh…

30 08 2013
Zero

kalo cuman satu tar duit pemasukan buat biaya bikin plat nomor standar jatah mereka berkurang tuh…. *yakin gw :P

1 04 2011
Angga

selama ini udah pernah ditilang dengan pemasangan plat disitu ngga bro?

1 04 2011
bennythegreat

2x razia aman-aman saja bro.

1 04 2011
iwanbanaran

@ Angga
Disinyalir bro Angga ragu…maju mundur mau mindah posisi plat sikebo ke YRCS. WIs hajar wae mzbro zizizizi….
@ Benny
Cuma satu kata bro ben…I like it (yang nomor 5 lho ya :lol: )

1 04 2011
Angga

hehehe… ngga dong mas iwan, tetep maju. cuma cari referensi aja :P

17 05 2011
Budi

Bro…

Di Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 93 Pasal 86 Ayat 3:
3. Tempat pemasangan tanda nomor kendaraan bermotor sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2), berada pada posisi tegak lurus
dengan sumbu kendaraan bermotor.

Tegak lurus dgn sumbu kendaraan = berarti harus kelihatan tuh plat nomornya.
Yg salah berarti pabrik yg bikin motor tuh, kenapa jadi ngga keliat…
Dan kalo dipaksain motor tampilan jadinya culun.
Berarti udah berapa desain motor tuh yg salah kaprah…
hehehe….

17 05 2011
Budi

Bro…

Di Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 93 Pasal 86 Ayat 3:
3. Tempat pemasangan tanda nomor kendaraan bermotor sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2), berada pada posisi tegak lurus
dengan sumbu kendaraan bermotor.

Tegak lurus dgn sumbu kendaraan = berarti harus kelihatan tuh plat nomornya.
Yg salah berarti pabrik yg bikin motor tuh, kenapa jadi ngga keliat…
Dan kalo dipaksain motor tampilan jadinya culun.
Berarti udah berapa desain motor tuh yg salah kaprah…
hehehe…….

18 05 2011
Polisi Mau Menilang..Dasarnya Logika..? GUNDULMU…!! « bennythegreat.wordpress.com

[...] plat nopol pada Ninja 250 ane yang diletakkan di bawah radiator dengan alasan estetika..? Artikelnya sudah pernah ane posting di sini. Silakan didiskusikan. posisi alternatif plat nopol Ninja [...]

15 08 2011
rudi

kalo aku boleh komentar, seharusnya pemasangan nomor kend. bermotor harus ditempat yang jelas karena nomor kenderaan merupakan salah satu tanda yang membedakan dengan kenderaan lain dan apabila ada tindak kejahatan kriminal bisa langsung kelihatan nomor kenderaan tsb sehingga gampang utk melacaknya

23 11 2011
WEEWEWEEWE

PALING ENAK, KALUNGIN TU NOPOL DI LEHER. BIAR KLIATAN DARI DEPAN.
OK KAN? HEHEHE

29 05 2012
bluntak

yang jlas wlwpn pake plat nmr uk standard polisi tp ninin 250 nya lri kenceng gw jamin ga mngkin scra spontan kliatan plat depannya pas lewat,,klau plat blkg msh klihatan kcuali trtutup kndaraan lain,,,,tp dimana2 cm polisi tidur dan patung polisi yg gw anggep jujur,,klau polisi hidup mah sama aj,,dsarnya aq emang ga suka ma polisi terutama polantas,,

3 01 2013
kensanders99

Infonya bagus nih om beny di Pulsar 220 bisa gak bro di bawah oil coolernya???

2 02 2013
Riko Mahardika

Gw beli ninja rr yg baru niii nopol di taruh di dudukan depan kesannya ga enak banget mau di masuukin depan spedo ga bisa kenceng !!!

terus harus gimana coba ???? pusing dah ….

27 09 2013
23 10 2013
MERUBAH POSISI PLAT NOMER DI DEPAN MESIN, BOLEH ENGGA YAH? | MEGALODON150

[…] 2. ninja mas benny the great […]

6 01 2014
gumilang

ITU MELANGGAR HUKUM KANG.. KAN ADA TUH DI UU NO 22 Th 2009 PASAL 68 AYAT 4 YANG BUNYINYA : Tanda Nomor Kendaraan Bermotor harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan. INGAT CARA PEMASANGAN…JADI HATI HATI TAKUTNYA KETEMU POLISI YANG LICIK.. HEHEHE

2 03 2014
abim

ane ttp suka di belakang whinsheld bro, tp ujung samping plat no, dilapisin dl salotip 3m atau selang air utk mengindari daskboard lecet..

22 04 2014
andi Zhshhsh

maav gan,klo pasang plat di bawah radiator tu melanggar pasal 68 ayat 4..
disitu kn ada aturan cara pemasangan..
skg ane mw balik tanya ke agan.tujuan plat nomer itu untuk apa?
klo misal da kecelakan/kejahatan yg ada di jalan(dalam arti yg kabur gan),yg pertama kali dilihat oleh saksi pasti sekilas yg di lihat tu platnya..
ntah tu saksi dr yg di depan/belakang wktu kejadian itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.780 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: