Sepeda Motor 250 cc, Melaju di Ranah Perbatasan

2 06 2010

Motor-motor 250cc

250 cc  bisa jadi perbatasan ideal bagi sebuah mesin sepeda motor untuk dapat disebut sebagai motor kecil (mocil) atau motor gede (moge). Dengan mengendarai motor bermesin 250 cc seorang pengendara akan mendapatkan yin dan yang alias keseimbangan dan segala kebutuhan yang diperlukan dari sebuah sepeda motor seperti handling yang relatif ringan dan torsi besar ketika dibutuhkan.

Di ranah industri sepeda motor dunia, tidak banyak yang berani melibatkan diri di pertarungan perbatasan ini. Di Indonesia sendiri Kawasaki Ninja 250R masih merajai pasaran motor 250cc, sementara pesaing lainnya seperti Minerva Megelli 250, Monstrac SBK 250 dan Kaisar Ruby 250V belum mampu merebut minat calon pembeli yang rata-rata berasal dari kalangan bike enthusiast yang tentunya sangat lebih melek teknologi dan menginginkan hal lebih dari sebuah sepeda motor.

Bagaimana dengan pasaran dunia? Sebuah video di Youtube di atas cukup mengesankan ane. Video yang dibuat oleh motorcycle.com, sebuah website pusat informasi sepeda motor terkemuka telah membuat review beberapa motor 250 cc. berikut ulasannya yang ane sarikan dari sini:

KAWASAKI NINJA 250R

Kawasaki Ninja 250R

Motor yang satu ini tidak asing lagi pastinya. Rupanya tidak hanya di Indonesia..di berbagai belahan dunia, Ninja paling kecil ini berhasil mencuri hati para bike enthusiast. Dengan konfigurasi mesin parallel twin dan RPM yang mampu meraung hingga 13.000 rpm motor ini layak dianugrahi “The Icon of 250cc Bike”. Cukup beralasan tentunya didukung handling yang ringan.

.

HYOSUNG GT250R

Hyosung GT 250R

Di Indonesia, motor ini sempat mencuri perhatian di Jakarta Motor Show tahun 2008 silam, setelah itu sepak terjangnya boleh dikatakan tenggelam. Beberapa nilai minus turut menyurutkan niat para bike enthusiast untuk meminang motor ini diantaranya adalah kualitas las, finishing dan cat yang kurang baik. Padahal GT250R dipersenjatai dengan fitur-fitur unik seperti mesin dengan konfigurasi V, upside down front shock absorber dan body yang sangat gendut. Bahkan sekilas tampak depan motor ini sangat mirip dengan Ducati 1098.

.
Suzuki TU250X

Suzuki TU 250X

Bisa dibilang TU250X adalah jelmaan Thunder 250 yang diproduksi di negara lain. Perbedaan mencolok dari “thumper” ini dibandingkan dengan Thunder 250 adalah desain body retro classicnya yang mengingatkan kita pada varian Honda CB lawas. Karakteristik mesinnya sangat mirip dengan Thunder 250.

.
CFMOTO V3 SPORT

CFMoto V3 Sport

Orang Cina tak pernah kehabisan ide, meskipun di Indonesia produk-poduknya kerap dipandang sebelah mata, namun di negara lain motor yang belum jelas kategorinya ini cukup menyita perhatian. Pada pandangan pertama kita tak akan menyangka bahwa ini adalah motor matic. Pasti kita akan mengira motor ini adalah cruiser kelas ringan seperti Honda Phantom. Begitu dilihat berkali-kali barulah terlihat aslinya. Tambahan fitu lainnya adalah adanya pemutar MP3 dan FM radio.

.
JOHNNY PAG  F/X3

Johny Pag FX3

Satu lagi karya dari Tiongkok dengan cita rasa Amerika, Johny Pag (hmmm..ini siapa ya?)  memiliki desain body yang sangat macho untuk kelas “thumper”. Dengan konfigurasi mesin parallel twin ala Ninja 250R, motor ini dibalut dengan body yang lumayan gendut, ban belakang 15 inci dan double shockbreaker belakang. Namun sangat disayangkan berbagai kekurangan tercatat saat tester motorcycle.com menjajal motor ini diantaranya konslet dan rembesan oli mesin.

Demikian review beberapa pemain di “perbatasan” ini. Sungguh mencengangkan bahwa harga rata-rata motor-motor ini di Amerika berada pada kisaran di bawah Rp 40 juta. Sementara di Indonesia???

Berikut adalah grafik perbandingan torsi motor-motor tersebut.

About these ads

Aksi

Information

12 responses

2 06 2010
Maskur

motor-motor itu pasti minum pertamax (kalo di indonesia)
hehhehe
kawasaki memang tetap lebih unggul dan terdepan

2 06 2010
Joe Trizilo

naksir Hyosung…. tapi aweet gakya???

2 06 2010
nunoe

suzukinya keren……

2 06 2010
adjokasep

Bro, JOHNNY PAG F/X3 aslinya regal raptor NAC 25 / DD250G-2, di UK dijual oleh AJS motorcycles, Di indonesia dijual oleh Jetwin Motorindo tetap menggunakan merk Regal Raptor. Harga OTRnya 21jt-an kalo nggak salah. Biasanya Jetwin ikut PRJ koq.

Ane sempet liat unitnya warna merah di Dealernya, Jl. Samanhudi Jakarta Pusat, Kolong rel, sebelah dealer Bajaj.

Selain NAC 25 / DD250G-2, ada 4 tipe regal raptor 250cc lainnya yang sudah nangkring di dealer:

Regal Raptor NAC 25 / DD250G-2: Rp. 20,400,000 : http://kask.us/4155623
Regal Raptor Bobber 250CC : Rp. 31.800.000 :http://kask.us/4155850
Regal Raptor DD250E-10 = Rp. 29.800.000 : http://www.regal-raptor.com/eng/upload/products/imgs/2008122486251074.jpg
Regal Raptor DD250E-9B (Raptor)= Rp. 22.800.000: http://www.regal-raptor.com/eng/upload/products/imgs/2008122517321510.jpg
Regal Raptor SPT12/ DD250G = Rp. 29.800.000 : http://www.regal-raptor.com/eng/upload/products/imgs/2008122652349058.jpg

Dealer: Jetwin Motor, 021-3500250

2 06 2010
bennythegreat

wah …lengkap infonya. ini dealer Jetwin yg di sebelah dealer Bajaj yah?

trims bro.

2 06 2010
asmarantaka

hmm…yg Hyongsung ane naksir..mirip ma Gixxer :mrgreen:

2 06 2010
one08

paling keren model hyosung!! :shock:

2 06 2010
bennythegreat

yap…ane juga naksir Hyosung GT250, tapi ane lihat langsung las-lasannya tidak sebaik Ninja 250, ditambah harga yang lebih mahal (Rp 55juta di Indonesia).

kalau ada yg minat modif bodi Hyosung GT250 pakai mesin Ninja 250 boleh tuh.. :D

21 06 2010
Dimasti Dano

Sangat informatif, bahkan dilengkapi dengan perbandingan max horse power.
Bagaimana dengan kaisar ruby 250 cc ?

24 06 2010
hantarbumi

GUE SIH SEBENARNYA PENGIN BANGET BELI RUBY, TAPI BIBI DAN ANAK PEREMPUAN YANG MENCAK-MENCAK. “UDAH TUA AJA MAU NAMPANG” KATANYA; HE….HE…. TAPI TRUS AJA GUE GERPOL DENGAN NONJOLIN HARGA YANG RELATIF KEJANGKAU. SOALNYE DIRUMAH ADA 2 MOTOR BEBEK DAN 1 NINJA rr. MALAH DIBILANG: MAU DITARUH MANA NANTI, GARASI UDAH PENUH, SORRY SELAIN MOTOR JUGA ADA 2 MOBIL. SORRY YE BUKAN PAMER NIH. mEREKA TAK MIKIR KALAU SUDAH SETUA GUE ITU MASIH PERLU TUK MEMELIHARA HOBI NGELUS MOGE. HE….HE….

28 06 2010
alex

bro…
ane dah liat di prj… dan tanya2 sama salesnya.
pas ane tanya masalah elektrik SEPUTAR ELEKTRIC STATER AJA.
seringnya ya di bandik, untuk piston dan stang piston bisa pake honda GL125.
kalo engine balancer dah cukup bagus jadi getar mesin ke body gak terasa(cenderung halus).
untuk sekarang udah bisa diangsur sampai 24X.
kalo buat lari cukup imbang sama ninja 250r.

segitu aja sharing nya

7 07 2011
dudung

masih bagusan pulsar ya ben…:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.862 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: