Nilai Merah Pelayanan Salah Satu Dealer Bajaj

1 09 2010

Selama ini ane sering diasosiasikan memiliki kedekatan dengan pihak Bajaj Auto Indonesia. Well, jawaban ane akan sama seprti bro Satadal Payeng. Singkat kata, ane hanyalah salah satu konsumen yang gemar dan puas dengan idealisme Bajaj dalam memproduksi motor batangan yang memiliki keseimbangan price vs value. Tapi jangan lantas dicap bahwa ane akan menulis yang bagus-bagus saja tentang Bajaj. Blogger harus fair..dan karena ane nge-blog karena hobby semata alias tanpa bayaran dari ATPM manapun ane akan share artikel berikut tentang nilai minus pelayanan salah satu dealer Bajaj.

Pagi ini ane di-tag dalam salah satu note di Facebook, rupanya bro Shatya Toviano, adik ketua umum YJOC, bro Shasya Toviano yang kebetulan memiliki Pulsar 135. Begini bunyi note nya:

Kecewa terhadap etika karyawan FONTANA BAJAJ Gunung Sahari

by Shatya Tya Tovian on Tuesday, August 31, 2010 at 7:52pm

Selasa, 31 Agustus 2010 kurang lebih jam 9.30 pagi gw mencoba membawa motor PULSAR 135 ke BeRes Bajaj Fontana Gunung Sahari Raya karena KM sudah menunjukka angka 730. Karena maksimal service pertama adalah 750KM.

Baru matiin motor trus langsung menuju ke tempat pendaftaran langsung ada mas-mas yang kebetulan lagi service juga langsung nanya saya.” maaf mas, mau service yah? ” saya jawab ” ya…”

Dan kebetulan si mas tersebut kenal dengan karyawan yang bertugas di bagian pendaftaran service.

Langsung saja dia manggil tuh karyawan ” Ri, ada yang mau service nih…”.

Baru juga gw ngomong, ” mas, mau service.” eh gak pake basa basi dan tanpa ada kata ‘maaf’ dia bilang “…udah tutup mas, udah penuh”. Di sini yang gw sesalkan bukan karena sudah ditutup atau sudah penuh, tapi ETIKA karyawan tersebut.

Belum juga gw kelar ngomong mau service, dia ngomong sm gw tapi muka kemana, orangnya dimana..

tanpa ada waktu bangsa 3 detik untuk ngomong face 2 face sm gw..

Langsung si mas-mas yg tadi lg service menyarankan untuk service di Bajaj di daerah Krekot, Pasar bARU..Katanya beres nya cukup besar siapa tau masih bisa service..

Langsung dengan nada keras saya menjawab ” Saya kecewa dengan orang tadi, etika dimana. Saya konsumen..!! tolong hargain saya!! udah STNK lama, pelayanan juga gak pake etika!! ga pernah diajarin etika yah “

Karyawan tersebut gak berani lihat saya. dia maen cabut aja ke dalem ruangan showroom..Sampe2 montir2 situ pada ngeliatin semua…Saya teriak ” nama karywan tadi siapa? ada yg jawab, namanya ARI.

Saya amat sangat kecewa dengan pelayanan JAR/ BERES Bajaj Fontana Gunung Sahari hari ini..Saya tidak akan berurusan ke bengkel tersebut lagi…padahal antrian juga cuma sekitar 6 motor..tapi sudah ditutup dengan alasan udah penuh..!!! WTF !!!

Ternyata masih ada saja dealer yang karyawannya masih setengah hati dalam melayani konsumen. Pernah beberapa waktu yang lalu ane menerima kabar burung dari karyawan salah satu dealer Bajaj yang lain bahwa ada yang tidak beres dengan sistem remunerasi dealer Bajaj tersebut yang mengakibatkan benefit yang diterima oleh karyawan menjadi sangat kecil.

Wah, kalau berita itu benar maka karyawan dealer tidak akan bekerja dengan “happy” karena tidak dibayar cukup. Imbasnya seperti efek domino.. konsumen akan dilayani dengan tidak sepenuh hati.

Ane yang selama ini belum pernah dapat pelayanan minus dari karyawan dealer pun bertanya-tanya. Apakah karena atribut Komunitas Pulsarian Indonesia yang tersemat pada motor ane menjadikan karyawan dealer Bajaj menjadi segan untuk macam-macam?


Bisa jadi..seperti penuturan kata salah satu kawan dari komunitas Bajaj Pulsar lainnya yang mengambil kesimpulan bahwa pelayanan kepada member komunitas Bajaj akan lebih baik ketimbang kepada konsumen non-klub/komunitas.

Ini jelas gak betulll…harusnya semua konsumen Bajaj mendapatkan layanan sama bin equal dooong… Menjadi anggota klub/komunitas Bajaj memang banyak benefitnya, tapi harus digunakan dengan bijak. jangan lantas membuat karyawan dealer Bajaj menjadi pilih bulu dalam melayani konsumen.

Bagaimana menurut ente?

Aksi

Information

30 responses

1 09 2010
bAdcOp

sayang masih serpis gratis ya…
tapi aneh aja, baru antrian 6 motor dibilang penuh…
tapi bisa jadi penuh kalo yang dateng serpis besar semua…

cuma yang jadi masalah adalah, etika yang jaga pendaftaran itu yang gak bener, jelasin lah kenapa penuh…

1 09 2010
f41z

he3… gw 3 tahun kerja di perusahaan I*dia, pemiliknya orang terkaya no 3 di dunia, No.1 di Inggris. kesanku di perusahaan itu: Efisiensi adalah kunci nomer 1 untuk sukses. intinya gaji karyawan sangat tidak layak,apalagi kesejahteraan karyawan. prinsip mereka” klo mau lu ambil, klo ga mau gw bs cari yang laen”, untuk ukuran perusahaan PMA masa gaji s1 1jt. Gila bener, minuman untuk expatriate aqua, untuk karyawan air isi ulang. makan siang cuma dapet NASI PUTIH, lauknya beli sendiri. dalam 1 tahun 3 staff satu divisi kecil keluar masuk. huahahaaa… diperusahaan lamaku ga ada satupun yang beli pulsar. bukan gara2 motornya, tapi trauma sama orang I*dia. Emang ga berkaitan langsung sama pulsar, tapi dari puluhan Expatriate disana yg gw kenal hanya 2 orang yg baik(tidak pelit) sama karyawan.

1 09 2010
Mr_Long'S

Betul bro
Pelayanan Service BeRes kurang memuaskan… Apa lg klo mtr yg di service body ny ribet macam CS1 dan MX pasti Montir ogah2an kerjain ny… Ga heran bengkel umum menjamur di mana2 apa lg klo kenal ma pemilik ny di jamin puas pelayanan ny, ada yg krng beres tgl balik dan tanpa di kenakan ongkos tambahan…

1 09 2010
abee

sedikit ngutip tulisan diatas

“Bisa jadi..seperti penuturan kata salah satu kawan dari komunitas Bajaj Pulsar lainnya yang mengambil kesimpulan bahwa pelayanan kepada member komunitas Bajaj akan lebih baik ketimbang kepada konsumen non-klub/komunitas”.

mangnya tuh dealer dikasih makan ama komunitas? ga usah ada pembedaan gitu deh, guw juga sebagai konsumen, kalo tuh produsen suatu produk ga memuaskan dari segi pelayanan dan produknya, gw tinggalin….take it or leave it aja coy, banyak pilihan diluar sana yang lebih memuaskan.

1 09 2010
Jalisa

Wah, pelayanan seharusnya diutamakan…
Bagaimana menangani konsumen dengan baik dll…

Nampaknya hal ini BAI perlu berbenah ya…

2 09 2010
Arinugroho84

Mungkin kualitas SDM nya sm dgn harga yg dibayar produsen…

2 09 2010
max mahardika

Kalau gw ngalamin diperlakukan ga nyaman gitu, gw bakal mencak2 deh.

2 09 2010
riko

wah jd ragu mo beli Pulsar…

2 09 2010
Shatya Tovian

Dengan dimasukkanya ke blog ini ada orangsms yang merasa gak suka dengan keluhan saya…
Saya gtw dia anak komunitas atau apa lah itu..
Awalnya memang frontal tapi saya bales dengan lebih frontal juga..
Mengaku bernama ” Bro Bidin “..( Asli / Palsu ) saya juga gtw.
tapi terima kasih kepada Bro Benny dah mau menampung keluhan saya..

@ bADCop : gw setuju banget sama lu. itu inti dari keluhan gw..

YJOC 224

2 09 2010
tafridefraaz

di kota saya malah mau tutup kyknya dealer bajaj….

kunjungi blog saya bro, komen-komen juga….

2 09 2010
herdianz

hahaha…
fontana gunung sahari, tempat ane beli pulsar dulu, tapi ga pernah service disitu.
Soal STNK, waktu jaman ane sih cepet, cuma 5 hari keluar tuh STNK (tapi pake pelicin si merah 6 digit, wekekeke)

2 09 2010
HJ

kalau saya digituin menurut saya biasa aja….tapi memang tiap org beda2..
IMO…bahasa di bengkel kan beda sama bahasa CS atau FO yang di bank..mereka kan tidak ditraining untuk “semunafik” org di bank atau kayak pramugari….
berpikir positif ajalah mungkin org nya lagi sibuk jadi ngak sempat basi basi terlalu banyak…
mas nya aja yang sedikit “menghargai diri sendiri terlalu tinggi”..:)

2 09 2010
Geta

emang kampreed ane jg ngalamin hal yg sama tuh, tapi klo ane di BERES BAJAJ MARGONDA DEPOK dgn perlakuaan yg sama, ky orang ga berendidikan aje.. klo bicara orang lapangan ato engga ya engga ngaruh masalah nye gw jg orang lapangan bro n diajarin bersikap ramah. gw bisa bersikap dan menggunkan bahasa sebaik mungkin terhadap customer so bukan alesan orang lapangan or orang daleman yg bisa memainkan bahasa!!!

27 01 2014
Rezha Sueb

gw sependapat bro, pantesan di depok tutup!

2 09 2010
lering

payahhh…cobian we lesehanan d Beres tvs apache…

3 09 2010
PiEs

Ane jg ngalamin gan. Dateng service 2x di daan mogot, eh keduanya dibilangin penuh. Dibilang sama orangnya antrian tutup dr jam 11. WTF… Ampe skrg ane masi belom bs service karena ga bs gt nyampe kantor langsung cabut ke bengkel :(

8 09 2010
Baheer

Pengalaman ayas nih di BERES j*g*a.
Hari itu ayas dateng pagi2 ke beres dan ternyata dah udah bnyk yg ngantri. Akhirnya ayas urungkan niat servis krn masih ada perlu lainnya. Bbrp hari kemudian coba balik lagi deh ke BERES kira2 jam 3an sore dan dibilang sama waitressnya kalo pas puasa jam 3 dah tutup. Akhirnya ayas bilang ke dia kalo rumah jauh jadi minta kalo bisa diservis. waitresnya ngomong ke mekanik dan akhirnya motor ayas digarap, meskipun si mekanik keliatannya agak males2 gitu.. Waktu garapan, ayas sempet liatin prosesnya dan yang bikin ga puas ternyata mekaniknya cuman gantiin oli ama liat kondisi batre tanpa ada bongkaran sama sekali udah gitu ayas harus bayar full servisnya. padahal klo cuman gitu aja ayas bisa aja lakuin sendiri di rumah tanpa harus jauh2 dateng ke BERES…

12 09 2010
tigerpiceks

hhhhmmmmmmmmmm…. gitu ya….?

25 02 2011
Anto

Waduh Ane Niatnya mau Nyari Alamat Dealer BAJAJ di Gunung Sahari. Tapi malah Nemuin Nilai Merah Pelayanan.. JAdi Males Ane Gan… Hal yang sama sih Pernah saya Alami tetapi di Dealer Dewi Sartika… Jauh Jauh Datang Dari Priok katanya dah ditutup untuk Bengkelnya…. Suruh datang Lagi Keesokan Harinya Pagi Pagi.. Mana Ada Waktu ane….

10 04 2011
pitbull

wuah gw bru ambil mtor d fontana gn.sahari….bru awal buln ini sih jdi blum p’nah service, stnk jg blum kluar…. Apkah gw jg bkal nmuin hal2 yg dmikian??? Jd males neh….

30 05 2011
kiki

ane juga ngalamin hal yg serupa hari ni, Cuma mo nuangin unek2 aja, pagi ini ane berangkat ke service point di cisalak depok kalo ga salah tempat ngumpulnya pulsarian sniper, untuk service sekalian mo ganti beberapa sparepart motor pulsar 200 ane, akhirnya ane daftar pagi dan ane tanya kapan selesai, bilangnya siang aja dah selesai. ya udah karena ane kerja akhirnya motor ane tinggal. setelah ane ada lagi yang daftar seorang pemuda dan seorang bapak2, karena harus kerja akhirnya ane pun pergi. sorenya ane balik ke cisalak untuk ambil motor ane, ane tanyain dah selesai atau belum, dengan entengnya si teller-nya bilang “Belum mas!!! dengan jengkel ane bilang lha ni si bapak yg daftar setelah ane aja kok dah mau selesai sedangkan ane yang daftar lebih dulu kenapa belum dikerjain?? si teller jawab “mas besok dateng aja pagi-pagi nanti saya jadiin no 1″ dalam hati ane cuma bilang dasar teller g013LOK kalo datang pagi2 udah pasti jadi no. 1 …. dengan jengkel ane ambil tuh motor terus langsung balik ke kantor ga mau lagi ane urusan sama service point cisalak depok

Ane pikir pelayanan di cisalak-depok tuh dah profesional ternyata ga mutu banget …..jadi ane saranin jangan mau untuk service di cisalak-depok ….

maximal cuma ini yang bisa ane lakuin untuk obatin kekesalan ane yang dah nunggu dari pagi hingga sore hari ….

23 06 2011
RAAM

Maaf mas to the poin ja saya sangat kurang suka dengan pelayanan para karyawan bajaj saya berdomisili di bandung, tolong yang becus dong kalau cari karyawan yang tau etika..

15 07 2011
jonzzo

Gawat juga ui…gw dari akhir bln juni ampe tgl segini..15.jul..stnk blom keluar juga..ambilnya di fontana gunung sahari juga…ada orang police komplain..katanya .stnk lama bukan salah mereka..(police)..tapi dealernya yg nunggu banyak dulu baru di serahin ke police…oo..jadi ada pikiran buruk nih buat agen nya…gw bayar lebih dah…tapi ngomong donk..jadi kan tau..

31 12 2011
ramon

Ane baru sempat berurusan dengan Beres Bekasi, bro. secara PIBO ane masi kinyis2. cuma pas servis pertama, ane kelewat sampe km 1024 (seharusnya 750). tapi ini bukan murni salah ane sih, waktu itu tgl 27 nov waktu baru km 500an ane dah silaturahmi ke itu bengkel, eh berhubung libur 1 muharam, bengkel tutup. ya wes lah, minggu depan coba lg. minggu depannya 4 des ane datang lagi, eh tutup. cuma ada tulisan kira2 bunyinya “bengkel tutup sampe ada pemberitahuan lebih lanjut”. lah aneh sekali, buka tutup seenak pantat. tanya ke orang marketing yg kebetulan standby, ga tau juga doi kenapa bengkel tutup. baru tgl 10 des ane berhasil serpis disono, waktu itu hari sabtu. sambil servis ane tanya kok minggu tutup, but nobody tells me why. katanya minggu besok jg masi tutup. napa ya? keuangan seret kali ya bajaj bekasi?

9 02 2012
Rikky

Untuk berbagi pengalaman nih..motor pulsar 180 masi umur setahunlah..untuk pengalaman servis sebagian di beres ada yg bagus ada yg kaga, pastinya kalo dateng siang suka dibilang penuh, malah ada satu beres yg pas sy dateng ga ada mekanik sama sekali..bingung deh..katanya mekanik cuma satu..koq bisa ya beres mekanik cuma satu..yg pastinya kalo bilang bagus atau kaga itu relatif buat tiap org yg penting adalah adanya standar yg jelas dan dilaksanakan oleh pihak beres tsb, pengalaman bagus didapat di beres JAR samanhudi, tapi baru sekali servis sih..di beres yg lain, sekali bagus yg laennya kagaa…..tapi untung motornya. Bagus kalo motornya jelek pelayanan jelek susah dah bertahan.

14 08 2012
damar

YAH GIMANA DONG DAH AMBIL NIH YANG 220F…..MAU GIMANA LAGI DAH PILIHAN SIH

6 11 2012
m.sanindar@yahoo.co.id

Ane juga kecewa berat dengan bajaj karawang< ane datang jam satu siang udah dibilang tutup, padahal antrian cuma dua motor dan pelayanan customer servisnya ketus. tolong dievaluasi lagi tuyh…..

12 02 2013
Alvin

Sedikit banyak gaji karyawan cukup menentukan kualitas pelayanan..

27 01 2014
Rezha Sueb

pulsar ane baru 7 hari kelistrikan mati total, gembelllllll
klo masalah irit ane gak ragu, tapi setiap service pelayanannya udah kaya ORANG MAU NGUTANG!!!

ane saranin lebih baik ke bengkel biasa, pelayanannya lebih memuaskan dan bisa sharing keluhan.

jangan pernah berpikiran montir2 pinggir jalan gabisa apa2 / gak ngerti pulsar..

salam broooo

3 04 2014
faiz

misi gan.. kalo mau nyari spare part block magnet 180DT dimana yaa??

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.749 pengikut lainnya.

