Yamaha FZ-1 Fazer, Sang Pengawal Hitam RI-1

13 09 2010

Bagi kawan-kawan penggemar motor yang berdomisili di Jakarta dan kebetulan rute hariannya beririsan dengan rute kerja yang dilintasi oleh RI-1 atau RI-2, coba perhatikan baik-baik susunan konvoinya.

Berdasarkan pengamatan ane yang sudah berpuluh kali menemui konvoi orang nomor satu dan dua di Indonesia ini di jalan, sikap kesal, gusar dan sebal sudah tak lagi ane rasakan. Karena bagi bike enthusiast seperti ane, ada beberapa hal yang menarik di dalam konvoi tersebut yang berhubungan dengan motor besar alias moge. Ya iya lah..masa konvoi presiden dikawal sama

motor bebek..? :mrgreen:

Secara umum konvoi presiden/wakil presiden yang sering ane lihat itu konfigurasinya dapat berubah-ubah di bagian tengah, namun bagian depan dan belakangnya selalu tetap. Berikut adalah urutannya dari depan ke belakang. Mohon Colek Me If I’m Wrong (CMIIW).

  1. Yamaha FJR1300 Police (baru nih, seperti ane pernah tulis dalam artikel sebelumnya)
  2. Honda GL1800 Goldwing Police (2 buah)
  3. SUV Polisi Militer (1 buah)
  4. SUV Hitam (1 buah)
  5. Mercedes-Benz khas RI-1 (bisa 1 atau 2 buah)
  6. SUV Hitam (1 buah)
  7. Ambulance (1 buah)
  8. Sedan (1 buah – optional)
  9. Yamaha XJ 900 Police (2 buah)
  10. Yamaha FZ1 Fazer Hitam (2 buah)

Whoaaa…wait a second…look at the number 10. Apakah kawan-kawan melihat apa yang ane lihat?

Ya..pada beberapa kesempatan, terutama ketika ane bertemu konvoi tersebut di malam hari, ane kerap melihat Yamaha FZ1 Hitam ini berada di urutan paling belakang konvoi. Dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • motor berwarna hitam pekat
  • ditunggangi oleh 2 orang
  • keduanya berjaket kulit hitam
  • keduanya berhelm hitam
  • keduanya bercelana hitam
  • terdapat sesuatu yang menyembul di bagian punggungnya (senjata khusus?)

Pernah dalam satu kali kesempatan ane lihat satu FZ1 dengan ciri-ciri tersebut melintas sendiri dengan dua penumpangnya di Jl. Gatot Subroto, depan Plasa Semanggi. Hmmm…sedang apa ya?

Fungsi kedua FZ1 tersebut jelas untuk mengawal. Lho..kan sudah ada Goldwing, FJR1300 dan XJ900, untuk apa perlu ada kehadiran FZ1?

Yamaha FJR1300 Police

Hasil renungan kloset ane menyimpulkan bahwa motor inline four bermesin 1000 cc  sama seperti milik Yamaha R1 tersebut digunakan untuk pengawalan taktis yang memerlukan kecepatan, kelincahan dan kekuatan. FZ1 dalam konvoi adalah satu-satunya motor tanpa side pannier alias side box, hal ini akan membuatnya mampu melaju ke dalam celah sempit. Spesifikasi lengkap Yamaha FZ1 Fazer dapat dilihat di sini. Jangan lupa lihat juga review-nya yang diolah oleh Motorcycle USA.

Yamaha FZ1 Fazer in action

Lalu..untuk apa kemampuan tersebut diperlukan? Bisa jadi ada ancaman keamanan terhadap RI-1 yang memerlukan kelebihan FZ1 dan kedua penumpangnya yang ane sinyalir adalah rider professional dan highly trained itu. Tapi RI-1 seharusnya tidak perlu khawatir karena Paspampres Indonesia adalah salah satu yang terbaik di muka bumi.

PASPAMPRES in action

Benarkah dugaan dan analisa kloset ane?

Silakan berbagi pendapat.

Aksi

Information

23 responses

13 09 2010
noFUN

klo analisa kloset ane.. itu kenapa pake yg Fazer.. emang yg FZ1-biasa gak keren apa?

hehehe.. :mrgreen:

16 09 2010
asre

cari yang murah lah..kalo pake ducati monster atau cb1000rr terlalu keren dan mahal..ntar malah dipake mejeng doang sama paspamres..:D:D:D

13 09 2010
kurniaprorider

Keduax,premiun bersulfur

13 09 2010
ifan

Betul brow..
Kebetulan bbrpa kali prnah gue foto wkt itu motor brenti di Bej, sipengendara tinggi agak kurus dan agak sdikit gondrong.. Dan helm yg dipakai kalo ga salah sperti HX01 Givi hitam.. Masih ada nih foto2nya..
Kerenlahh pokokny..

13 09 2010
kancil

sepertinya betull om… rumah ane deket rumah pak sby.. tiap jam 10 sampai jam 11 pagi kalo keluar biasanya bebarengan dengan konvoy tsb..

tapi kayanya yamaha nya ga berfairing om? semacam yamaha naked bike gitu…

cmiiw…

13 09 2010
ashley

Gw sering liat tuch motor…yg bawa jaket hitam…all balck,,,pernah mboceng cw jg..all black dress code…di daerah komdak sebelum blok m…

13 09 2010
tafridefraaz

wah pengawal “tersamarkan” gitu bro…..

13 09 2010
aditninjamaniac

emang seru nih kalau ada pemandangan. tadinya mau kesel ehh malah ga jadi coz pemandangan nya indah. betul mas? :D

13 09 2010
Mr_Long'S

Biker biasa kaya gw di jln cm di kawal iringan angkot yg sk ngetem sembarangan, para alay dngn knalpot bising ny dan jga asap ngebul dr bajaj roda 3…
Bagai bumi dan langit…

Wakil rakyat seharusnya merakyat
tp mlh kog menjajah rakyat…

13 09 2010
touringrider

lebih sip lagi ditunggu Spyshot nya bro..

13 09 2010
aditninjamaniac

Maaf ya mas saya nitip lagi warung saya.. biar cepet rame :D

http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/09/13/share-seputar-ninja-rr-super-kips/

13 09 2010
bennythegreat

Okay..monggo bro

14 09 2010
The Wheels of Life

pernah liat juga di daerah sudirman…

17 09 2010
dimas

udah ada cbr 600 jga bro polisi kita:D
warna hitam 2 biji

20 09 2010
gerorogunso

gak ada fotonya mas, pas dinaekin sama paspampres?

20 09 2010
Tozzy

mantabsss, brrroo. gw paling demen closing tulisannya: “… karena Paspampres Indonesia adalah salah satu yang terbaik di muka bumi”

hehe … maap OOT banget.
Tp gw jg seneng banget ngeliat konvoi RI 1 & 2 … seneng ngeliat patwal-nya :D.

balik OOT lagi, saat konvoi, iring2an selalu dlm posisi zig-zag. biar gampang mabur klo terjadi sesuatu (maap klo repost info gan … hehe)

25 10 2010
adkarta

taunya pas buka helm, wajah bro benny yang muncul. kan rider professional ya, :D

25 10 2010
bennythegreat

jangan liat isi helm nya bro…liat isi jaketnya…kalo perutnya gembul alias one pack..itu ane…hehehe :mrgreen:

27 10 2010
Ori

Benar bro..sudah diulas di Detik.com

http://us.oto.detik.com/read/2010/10/24/143615/1473516/648/duo-si-hitam-pengawal-baru-sby

Ridernya dari anggota tim Matan Paspampres

24 12 2011
saudia

ane mau jadi ridernya FZ1 :D

9 01 2012
sontoloyo

motornya buat ngojek laris tuh brooo

23 09 2012
herdiana

ane melototin deket bgt saat RI-1 even 17/9/12 at cirebon, te oo pe be ge te om!

19 03 2014
j4uharry

pernah lihat juga malah mereka (Yamaha FZ1 Fazer Hitam (2 buah)) masuk TOL dari Bogor menuju Jakarta

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.012 pengikut lainnya.

