Modifikasi Egois Kawasaki Ninja 250R

7 10 2010

sumber: lilypudlucu.wordpress.com

Miris deh kalau melihat para penyemplak Ninja 250R belakangan ini..kok ya modifikasinya egois banget. Sebenarnya sudah sejak lama ane ingin menulis artikel ini, namun dulu ane pikir hanya beberapa Ninja 250R yang seperti itu.

Eh ternyata, populasinya makin banyak..

sumber: maskurmambangblog.files.wordpress.com

Apa pasal?

Tengok saja tipikal modifikasi Ninja 250R  yang sering terlihat di jalan. Nih ane coba urutkan 3 besar dari yang paling sering dilakukan pemiliknya:

  1. Ganti knalpot
  2. Ganti ban
  3. Copot spakbor belakang

Yang nomor 3 itu ane nilai modifikasi yang paling egois. Bagaimana tidak, spakbor belakang itu kan ada fungsinya untuk mencegah cipratan air dari roda agar tidak ke belakang. Meskipun spakbor Ninja 250R terbilang minim namun cukup untuk menahan cipratan air yang terpusat di tengan garis ban agar tidak mengotori kendaraan di belakangnya.

mau cuci muka, mari sini di belakang ane.. :mrgreen:

Alasan utama si pemilik yang melakukan copot spakbor ini adalah “agar gaya” dan “biar motornya mirip motor balap”. Hmmm.. padahal kan motor itu untuk dipakai sehari-hari dan bukan untuk balapan di sirkuit.. waduh..korban Pembodohan Otomotif nih yang model begini..

padahal spakbor standarnya sudah bagus..

Ada kasus lain, tengoklah motor bebek. Meskipun sudah dibekali spakbor yang lebar, namun tetap saja jika berkendara dalam kondisi jalanan becek dengan kecepatan di atas kurang lebih 20 km/jam, maka cipratan airnya tidak tertahan spakbor dan ente bisa “cuci muka” jika berada di belakangnya. Silakan dicoba.

cuci muka gratis, silakan riding di belakang spakbor..

So, intinya modifikasi itu sah-sah saja selama tidak merugikan pemakai jalan lainnya. Hmmm..tapi bagaimana dengan spakbor motor bebek seperti yang ane sebut tadi atau knalpot berasap ala motor 2 tak ya..? Itu kan bukan karena modif, tapi “default”-nya memang begitu.. Hmmm…gimana ya? :mgreen:

Iseng googling…eeh ternyata oom Maskur sudah buat artikel yang mirip…izin sedot gambarnya yah oom.. :D

About these ads

Aksi

Information

30 responses

7 10 2010
Joybono

..pertamax..

7 10 2010
steven sahardjo

dikarenakan para pemodif tidak memegang prinsip “form follow function”…

7 10 2010
nunoe

tadi pagi pas berangkat kerja, ada vixi yg dilepas spakbornya pas didepan ane…walhasil ane kena cipratan air deh..soale tadi pagi hujan -_-‘

7 10 2010
Rial Hamzah

aduh jadi maluuuuu..

7 10 2010
f41z

contoh modif ga safety laen : mika rem bening/ putih yg bikin silau.
Malah ada juga lho blogger yg mengkampanyekan model ga safety semisal bikin referensi modif byson dan NMP dengan ban tipis. Racun ini juga semakin diperparah dengan banyaknya taloid motor yg menanamkan image klo modif ga safety itu keren, semisal ceper abis, ban tipis, dan modif extreem yg bikin geleng2 kepala.

7 10 2010
anddeep

kalo kwek-kwek yg sering ane liat di copot spatbor blkngnya Mx

7 10 2010
gsx250

mau nanya klo yg slebor belakangnya apakah nyadar gak yaa.. bahwa Nyipratnya ke pengendaran di belakang ampe muka.. hehehehe

7 10 2010
tapaksuciumj

bukan cuma ninja 250 omm…paling banyak copot spakbor itu Vixion sama Jupiter MX,,,
mau penampilan Racy tapi mengorbankan pengendara yang lain…

7 10 2010
andryberlianto

liat yang modif aneh2 di spatbor mending jauh2 deh apalagi pas hujan ………

7 10 2010
hoho

wah setuju nih, kadang2 gue sebelnya kalo ujan begini ama cipratan motor laen yang bisa bikin kotor motor dan jas ujan.

mau gak mau kudu jaga jarak ama motor didepan.

7 10 2010
asmarantaka

asik lagi kalo dibelakang trail..bisa gosok gigi sekalian..xixix :mrgreen:

7 10 2010
hampura

Memang kan kalo naek motor jangan pas hujan.. :) dan juga kayaknya sportbike memang di desain untuk jalan kering kan.. :) yg lain malah gak pake pelindung ban seperti model bobber ato sejenisnyah … yang aman cipratan kan cuman bajaj standar ..eh….. malah dicopot2in katanya menyesuaikan deman kosumen indonesia …weleh…welehh ..

7 10 2010
one08

dijamin kalo pas hujan pengendara di belakang mandi shower gratisss!!! :evil:

7 10 2010
Kodok Ijo

Kalo ganti ban yg gedean ama knalpot, mungkin masih masuk dlm daftar yg akan dimodif, tapi copot spatbor belakang kyknya gak pernah kepikir deh, soalnya modelnya udah cakep, jadi buat apa dicopot, yg ada malah tambah spatbor kolong, hehe…
Kalo Ninja 250R sih masih bisa dimaklumin deh, secara disainnya emang sporty banget, dan dgn copot spatbor belakang tuh Ninja terlihat makin sporty. Nah, kalo bebek, yg emang kodratnya bebek, biar copot spatbor belakang tetep aja gak nolong, wong emang disainnya udah begitu, mau diapain juga tetep aja ala bebek, bukan sport bike.

7 10 2010
sofiyan

tetep gak dapat dimaafin… coba muka ente di sembur lumpur, air kotor … biar itu ducati, aprilia apalagi ninja 250 cc doang.
yaki muka ente rela kena lumpur sama air kotor¿

7 10 2010
Yamaniac

udah spakbor dicopot motor jalur seenaknya…mau diuber kok kencengan dia..hiks..hiks nasib..nasib..terima aja deh..semoga mereka dibukakan mata hatinya..halahhh..

7 10 2010
arinugroho84

Kayaknya yg punya n250 pikir2 deh kl jalan lg becek :-D syg kl kotor.

8 10 2010
Andres46

kalo yg no 3 yg paling egois berarti yg no 1 & 2 egois jg dong tp gak pake paling????????? cmiw

8 10 2010
martini

baru nyadar kalo sampe rumah..helem jadi kusem visornya!! bersihinnya juga susah lagi!!

8 10 2010
dismas not dimas

udah ga pake spakbor belakang, pas kitanya mau nyalib, orang-orang model gitu umumnya malah ngeblokir terus… marai mangkel…

10 10 2010
ninja

Ninja aing kumaha aing. yg nom 3 itu namanya pake undertail.sirik aja kalo kpgn tinggal beli, ada duitnya ga?

10 10 2010
bennythegreat

Duit gampang bos..beli tinggal beli, tapi sayang yang punya duit belum tentu bisa mikir. ada otaknya ga?

11 10 2010
Lexy

ninjaku tak biarin standard aja, menurutku udh keren begitu..cuma nambah aja spakbor kolong utk pemanis & ngurangi cipratan air.

14 10 2010
dicksboy

wah..kalo aku sih hujan ga keluar …takut kotor motornya dan takut yg belakang kena cipratan motor ku ben…hhehheeh

27 11 2010
wenk

wah…. betul tuh….w aja mu copot spakbor…mikir 2x….,,soale ane sering bgt cuci muka pake air dari ban……
modifikasai yang wajar” aja lah……

15 11 2011
asro

bener juga sih, untung aj ninja ane cuma dipakek buat weekend n dalam keadaan kondisi cuaca cerah,,,,,kalo hjan jadi ga dikeluarin, coz sayang ntr jd kotor…..

11 12 2011
bayu

ane mau tanye ni gan.. tu motor pake knalpot apaan ya? keren abis bentuknya.. thanx ya

13 12 2011
sidiq

hem…..yah namanya ja bsa beli tuh motor,mau spakbor dilepas,mau pakek roda satu lah……yang penting jangan merugikan pengendara lain….ane jg punya vixi.nggk ane lepas tuh spakbord tapi cuma ane potong dikit…..lumayan bsa nambahin kece tapi tetep savety….

30 05 2012
Angga Hansamuna

apa iya motor kyk gitu mau jalan waktu becek2 gan ?
kyk ny engga deh,jlan ny jg sekali2

3 01 2014
pianklajuja

HemMm. Mantap brow

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.984 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: