Jambore Nasional Volkswagen Indonesia 2010..Seru dan Berilmu..!!

26 12 2010

Undangan dari bro Lucky J. Subiakto, kawan ane di Road Safety Association yang juga seorang pehobby mobil antik bernama Volkswagen tak dapat ane tolak, selain kami bertugas mengisi acara talkshow mengenai road safety di sana, acara ini juga sekaligus sebagai ajang berburu foto mobil yang indah-indah dan keren-keren pastinya.

event slalom VW

Saat ini pemilik VW menjamur di berbagai kota di Indonesia tak hanya karena modelnya yang unik dan abadi, namun juga karena VW adalah satu-satunya mobil antik (lebih dari 15 tahun umurnya) yang tetap memiliki sparepart baru dan tidak perlu kanibal. Ini dimungkinkan karena VW terus mendukung ketersediaan spareparts diantaranya dengan membuka pabrik khusus spareparts baru.

deretan Beetle memadati area Cibubur

VW..diapain aja pasti unik..!

Jambore nasional ini merupakan ajang berkumpulnya pehobby VW di seluruh Indonesia yang diadakan tahunan. Untuk tahun ini tema kegiatan adalah Go Green. Ini terlihat dengan banyaknya pehobby VW yang membawa sepeda untuk berkeliling di Buperta Cibubur, namun satu hal yang mengganggu ane adalah minimnya ketersediaan tong sampah..ini membuat sampah banya terlihat berserakan dimana-mana.

Lokasi Sarasehan VW

Tampaknya kami seperti menggarami air laut dan mengajari ikan berenang apabila harus memberi anjuran cara berkendara yang baik dan benar. Namun diluar dugaan, para sesepuh klub dan komunitas VW tampak antusias berdiskusi..Well, dari acara ini nampaknya bukan kami yang mengisi “ember” ilmu mereka, namun malah mereka yang memberikan banyak oleh-oleh berupa ilmu dan filosofi yang manteb suranteb.

mau tau jeroannya Beetle..?

Karmann-Ghia, salah satu edisi langka..

fotonya terlihat oldies tanpa oldig.. :mrgreen:

suasana lapangan parkir

Satu hal yang perlu dicatat adalah para penggemar Volkswagen ini rata-rata sudah senior dan sudah menggeluti hobby VW sejak lama. Sebut saja bro Eduw B Blues, begitu sapaannya. salah satu tokoh di komunitas VW yang eksis di dunia maya ini mengatakan bahwa satu hal yang akan menyadarkan manusia akan tingkah lakunya adalah usianya sendiri. Begitu tukasnya kala dimintai komentar perihal ulah pengguna kendaraan yang sruntulan..

“Namun jika sejak muda sudah sadar diri, maka ketika tua akan lebih bijaksana..” tambahnya..

bro Edu De Blues

Lain lagi ilmu yang kami peroleh dari Sidoarjo Volkswagen Club (SVWC). Dari mereka kami diberitahu bahwa urutan group driving/konvoi VW itu biasanya dimulai dengan (dari depan ke belakang) Karmann-Ghia, Variant, Beetle, SAfari, dan ditutup oleh Kombi. Latar belakang urutan ini selain alasan aerodinamis, juga demi keamanan group driving/konvoi.

konvoi VW Golf

diisi pula dengan bazaar

Disamping itu, SVWC memiliki prosedur konvoi dengan plan home (titik keberangkatan) – point (titik temu) – destination (titik tujuan). dan bukan home – destination. Hal ini memberikan peserta kesempatan untuk menikmati group driving dan istirahat.

Kesabaran dan Kebijaksanaan juga point yang ane rasakan dari mereka ketika menanggapi banyaknya oknum klub/komunitas mobil yang perilakunya sruntulan dan ugal-ugalan di jalan.Saat ini klub dan komunitas mobil banyak yang berusaha menonjolkan adrenalin ketika berkendara, salah satunya dengan memasang sirine dan strobo di mobilnya, yang lebih parah lagi..sikap “mudah terbakar” juga kerap terlihat di sana..misalnya dalam sebuah konvoi yang berisi 10 peserta, jika 1 orang terbakar emosinya maka 9 orang lagi biasanya akan ikut-ikutan terbakar..”

Ini yang disesalkan oleh anggota-anggota klub/komunitas VW jika harus berurusan dengan orang seperti itu. “Sebagai orang yang lebih tua, ya lebih baik kami mengalah saja daripada harus ribut-ribut, buat kami touring itu bukan balapan..”

Demikian pungkas Bang Edu.

Malamnya, Bapak Suyono, salah seorang sesepuh dan tokoh VW Indonesia hadir dan memberikan kata sambutan. Beliau menggarisbawahi isu kemacetan dan perilaku berkendara VW yang harus menjadi panutan pengendara lainnya.

Pak Suyono (berbaju batik), salah satu tokoh VW Indonesia

Malam semakin larut dan kami pun pulang dengan berjalan kaki menuju pintu gerbang Buperta Cibubur. Sayup-sayup di kejauhan terdengan hingar-bingar acara 1000 Band yang telah diadakan sehari sebelumnya di tempat yang sama. Di depan pagar kembali terlihat pemandangan khas ABG pengendara motor yang ingin masuk menyaksikan acara 1000 band tersebut.. tanpa helm, pakai sandal, bercelana pinsil dan dengan bangga mengajak seorang gadis kesana.

 

pulang jalan kaki..diiringi ABG alay bermotor

Ahh..seandainya pada usia seperti itu mereka sudah memiliki kebijaksanaan seperti para anggota klub/komunitas VW yang tadi kami temui, pastilah Indonesia akan lebih maju..

foto selengkapnya dapat dilihat di sini

About these ads

Aksi

Information

12 tanggapan

26 12 2010
Zulkarnain d.h. Adul

Seandainya semua pengendara sebijak VW’ers …
dan seandainya kebijakan itu tidak sekedar saat berkendara …

26 12 2010
26 12 2010
Triyanto Banyumasan

vw comby… Maknyusss…

26 12 2010
Kurniaprorider

Temen kantor kemarin juga ikut kesana pak. Namanya Gigih Dyan Istiyowibowo, anak Jogja dgn Combi warna ungu kombinasi silver.

26 12 2010
randu

mobil vw memang eksotik
mantap potonya om ben ;)

26 12 2010
rio

siap mendukung rekan2 VW owners !!

26 12 2010
Volkswagen Trike, Motor Hasil Karya Bro Bingky..Heboooh…!! « bennythegreat.wordpress.com

[...] Artikel mengenai Jambore VW dapat di baca di artikel ane sebelumnya di sini. Bagi yang ingin melihat foto-foto kegiatan Jambore Nasional VW di Cibubur kemarin dapat mampir ke album foto Facebook ane di sini. [...]

27 12 2010
Andika

cool, save the earth, save our water

28 12 2010
zaqlutv

cuma combi yang aye demen dari dulu.. :)
tapi ga ada yang mau jual, hihihiiii :mrgreen:

28 12 2010
dicksboy

wow….sudah lama banget ga naik mobil vw…saya dulu pake mobil vw kodok th 67 dan sudah menemani ku selama 5 th…kalo saja tidak kebanjiran mungkin saya masih pake itu mobil hehehh…VW ga ada matinya…

28 12 2010
blognyamitra

VW emang mantafff…

15 04 2011
boy

jambore vw safari indonesia

Let’z Go….!!!

“SAFARI DAY’S OUT”
The 1st VW Safari Jambore – Let’z Adventure, Special Stage & Camp”

…Event yang dibuat dengan konsep jalan-jalan adventure dan bercamping sambil menikmati alam kuningan ..
dan ada Trek Off Road Special Stage untuk lomba uji nyali ketangkasan mengemudi dengan VW safari..
you can enjoy and will be fun.

Hari/Tanggal : Sabtu – Minggu, 28 -29 Mei 2011,
Lokasi : Balai Kota Cirebon (start Sabtu) – Pesona Alam Kuningan Residence, Gunung Keling, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
Present by : Cirebon Volkswagen Club & Komunitas Safari Bandung

acaranya:
Sabtu tanggal 28 Mei 2011, all peserta kumpul dulu di Cirebon
Start pukul 09.00 – 16.00 wib Start dari Cirebon ke Kuningan (dengan rute jelajah ciremai , medan fun dan menantang),
malam bercamping di Pesona Alam Kuningan Residence, enjoy the night with the dinner party, live music / hiburan, pesta kembang api, dan vw meeting.

Minggu tanggal 29 Mei 2011, 08-00 – 14.00 wib
at Pesona Alam Kuningan Residence, enjoy Bursa Spareparts, Aksesoris & Merchandise VW, Bursa VW, Kontes VW Safari, Games, Hiburan dan yang punya Nyali silahkan ikut Lomba Trek Semi Off Road (SS) untuk Kelas VW Safari dan Kelas VW Bebas.

Harap dipersiapkan VW Safari anda dan yang belum punya Cry bisa nebeng, pinjam apa beli dululah.. Smiley ayo ayo ayoooo.. cepatt

info registrasi dll segera menyusul.

thanks
CIVOC-KSB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: