Pedagang Bebek dan Kambing yang Kelimpungan

5 01 2011

Pada suatu masa tersebutlah beberapa juragan pedagang bebek dan juragan kambing yang sedang jaya-jayanya. Pada masa itu, seekor bebek maupun kambing dianggap mempermudah kerja manusia. Para manusia sangat senang karena sang bebek dan kambing dapat dipakai sesuka hati meskipun kerap terjadi tabrakan antar bebek dan kambing.

Ini terjadi karena para Pamong penjaga kota terlalu malas merawat gajah-gajah tua mereka yang sudah reyot dan malas berjalan. Jika tidak mati mengenaskan, gajah-gajah yang sekali jalan dapat mengangkut puluhan orang itu dipaksa berlari kencang sambil membawa beban manusia yang berlebih. Sungguh gajah-gajah yang malang.

Sebut saja juragan Handoyo, juragan Mahaya dan juragan Kisusu..ketiga juragan tersebut adalah saudagar bebek paling wahid di kota Jekarda.. mereka adalah pihak-pihak yang paling menangguk keuntungan dari kemalasan Pamong kota Jekarda. Bahkan juragan Kisusu mampu berjualan bebek dan kambing sekaligus. Dan demi melariskan dagangannya, mereka tak segan memberikan kemudahan memiliki bebek atau kambing..salah satunya dengan sistem rentenir.

Bertahun-tahun lamanya ketiga juragan ini sukses meraup untung besar. Bebek dan kambing mereka laku keras..sementara sang Pamong terus tertidur.

Namun rupanya rakyat tidak bodoh..beberapa mampu mencolek dan menggedor pintu rumah sang Pamong yang sedang asyik tidur. Mereka adalah orang yang sudah bosan dengan segala akibat mudharat yang diakibatkan oleh para bebek dan kambing. Akibat banyaknya bebek dan kambing jalanan jadi tak karuan penuh dan semrawut. Manusia jadi banyak yang celaka

Untunglah sang Pamong lekas sadar..bersama punggawa-punggawa dan penasihatnya, ia merumuskan sebuah rancangan pengumuman di atas sehelai daun Cannabis. Ia sadar, jika para Gajah tidak segera dipelihara, diremajakan dan digunakan dengan baik, juragan Handoyo, Mahaya dan Kisusu akan terus bermandi harta, sementara rakyat jelata akan semakin bermandi peluh dan kotoran akibat bebek dan kambing yang berjejalan memenuhi jalanan.

Untuk itu ia merancang puluhan lembaran daun Cannabis yang berisi peraturan bagi manusia agar membatasi penggunaan bebek dan kambing untuk keperluan sehari-hari. Sebagai gantinya, sang Pamong berjanji akan mengusahakan puluhan gajah untuk membantu pekerjaan warganya.

Rupanya upaya sang Pamong tercium oleh para juragan bebek dan kambing..dan serta merta membuat mereka kalang kabut dan ketakutan.

“Wah..bagaimana ini, padahal uang di lembaga rentenirku belum terkumpul semua..bisa rugi aku!” Demikian ucap juragan Mahaya..

“Haiyaa…aku juga bisa buntung..bebek dan kambingku laku sejuta, tapi uangnya baru masuk untuk lima ratus ribu ekor” gerutu juragan Kisusu

Juragan Handoyo tak kalah sengit..”Asamalakata…srisiti bala bala…salah satu bebekku jadi bintang iklan, namun karena pakai kalung merah-biru yang terlarang..salah seorang warga jelata  menyebalkan itu menyebutku sebagai biang Pembodongan Totongmotif..wah bisa gawat ini penjualan bebekku..”

Kemudian…karena paniknya mereka, strategi tak mau rugi pun dijalankan. Sadar bahwa Jekarda dan pulau Waja sudah terlalu penuh, mereka dengan besar-besaran membangun lembaga rentenir dan toko penjualan bebek dan kambing di pulau seberang dengan harapan di pulau seberang penduduknya tak secerdas warga kota Jekarda, sehingga bebek serta kambing mereka masih dapat laku di sana.

Pamong pun hanya tersenyum melihat gelagat ketiga juragan serakah ini sambil manggut-manggut melihat puluhan ekor gajahnya kini sudah sukses berjalan gagah melayani warga yang membutuhkan.

Selanjutnya tak lupa ia meneruskan pesan kepada Pamong-pamong lainnya agar warga masing-masing kota tidak mudah termakan bujuk rayu dan ulah Pembodongan Totongmotif ala para juragan serakah itu.

Bagaimana sepak terjang para juragan serakah jika para pamong membatasi peredaran bebek dan kambing di jalanan?

Nantikan lanjutan kisah ini di dunia nyata..
:mrgreen:

About these ads

Aksi

Information

22 responses

5 01 2011
#99 bro

pertamaxx mahal wex wex wex

5 01 2011
tiyo 2010

kolosal banget critane bang, mungkin bagus lagi kalo dibuat dalam bentuk komik, trus dibagi – bagi buat pengunjung warung ini, gimana, setuju jon?

5 01 2011
Steve_N250r

kalau di dunia nyata kayaknya susah nih hehe :D
pamong nya tidur teruss kalau di dunia nyata, kan juga ikutan kaya dibayarin para juragan, makanya tidur terus

5 01 2011
Maskur

di dunia nyata. Juragan2 bebek ma kambing terlalu menyetir pamong.
Ini kata Begawan kanuragan septiriding, ki Edrushya.

5 01 2011
Maskur

usul ben, tambahi komik Panji Koming tapi diedit.

5 01 2011
bennythegreat

Wehehe..ane ndak iso mbikin komik..
Btw kisah kiasan di atas benar2 nyata terjadi yaaa..
Tinggal tunggu tanggal mainnya ajaa
Wa ha ha ha

5 01 2011
lekdjie

^
Emang lg batuk y,ditambahi komik segala? :mrgreen:

5 01 2011
Zulkarnain d.h. Adul

nun jauh dari jekarda bebek dan kambing semakin liar berkejaran diantara karet, sawit, tebu, dan singkong.

5 01 2011
adkarta

biasanya di selipin bb17 nih om,hahahah

5 01 2011
dnugros

koq ngga ada unsur stensilnya dicerita ini? :-D

5 01 2011
asmarantaka

Zzzzzzzz……. :mrgreen:

5 01 2011
Triyanto Banyumasan

ngakak… Lebih menarikdari joko tingkir bersambung neh

5 01 2011
extraordinaryperson

lalu harus naik gajah gajah yang sangat tidak layak?????

big NO NO

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

5 01 2011
bennythegreat

Layak itu seperti apa?
Kalau gajahnya layak mau naik doong..

5 01 2011
az147r

penjualan bebek dan kambing di
pulau seberang dengan harapan
di pulau seberang penduduknya
tak secerdas warga kota Jekarda
===
Wew….mungkinkah bodoh?

5 01 2011
kadal

cannabisnya selembar oom..

5 01 2011
belanja baju muslim

aanalogi yg kocak dan bagus pak :)

si bebek euy :)

5 01 2011
sandal jepit

apik-apik

5 01 2011
Resultado Loteria

A friend gave me this link to the article, and worth it to access the site

5 01 2011
Maskur

yang ada kambing dan motor selaio Kisusu juga Handoyo

6 01 2011
willykk

kambing = matic ? :p naek gajah emang mantep oi tapi muahall(rakus minumnya maklum namanya juga gadjah :D ) en ‘hawa’nya panas melulu bawaannya

6 01 2011
theoxcool

ternyata juragan kaoskaki, gimana dia dalam melihat tingkah ketiga juragan tersebut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.758 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: