Bereksperimen dengan Software Guitar Rig v4.0

20 01 2011
image

PGM ketemu Aspire One + Guitar Rig

Malam ini software Guitar Rig v4.0 resmi terinstall di Aspire One ane, begitu banyak yang istimewa dari software ini..dari mulai pilihan sound berdasarkan equipment hingga berdasarkan preset ala band-band terkenal. Tak lupa ane berterima kasih kepada bro Rizqi BE yang sudah meracuni ane.

Oh iya..dalam seminggu terakhir mengeksplorasi Guitar Rig v4.0 yang sebelumnya ane jalankan di PC ini ane menemukan kendala yaitu adanya delay sekitar 25 milisecond terhitung sejak senar gitar Ibanez PGM ane dibunyikan sampai suara efek keluar. Ada apa ya? Padahal soundcard sudah ane ganti ke Creative Audigy yang tergolong kelas menengah ke samping :mrgreen: tapi kok delay masih ada?

Setelah tanya paman Google ane menemukan bahwa delay bisa diatasi dengan software Asio4All. Software ini akan memformulasikan bitrate, sampling suara, dengan kecepatan prosesor dan soundcard sehingga dihasilkan output yang bebas delay. Mantabs…!

So..setelah Asio4All diinstall, Guitar Rig langsung mengenalinya dan kita dapat setting secara optimal di Guitar Rig dengan klik File – Audio Setting, lalu pilih Asio driver sebagai primary device. Lalu klik gambar kunci inggris pada setting Asio4All, maka konfigurasi anti delay segera dihitung dan…Voila..ready to rock…!

Jelas sekali perbedaan Guitar Rig dengan Guitar Effect Processor yang ane gunakan dulu. Pada Guitar Rig, kita tak perlu takut adanya noise, sedangkan pada Guitar Effect Processor kita harus setting beberapa parameter input-output untuk mengurangi noise.

Oh iya…pada Aspire one, output suaranya hanya satu sehingga kita tak bisa memainkan MP3 sambil menjalankan Guitar Rig. Salah satu harus mengalah. Namun pada PC yang ane persenjatai dengan Creative Audigy Winamp dan Guitar Rig dapat mengeluarkan output bersamaan..bahkan ane masih bisa menyetel DVD dan suaranya tetap keluar.

Bagi yang tertarik…monggo ikutan bereksperimen..!

Aksi

Information

22 responses

20 01 2011
Maskur

pertaamx

20 01 2011
Triyanto Banyumasan

edyan, rung turu juga ternyata.

Ini dunia Band, meski aku orang Audio, aku masih awam sama software pendukung Audio. Thanx Om

20 01 2011
Motken

ketigax:D
ane kaga ngarti gitar om :D

nitip lapak: 2011 = Pembuktian Yamaha VS Honda di MotoGP

http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/20/tahun-2011-tahun-pembuktian-honda-vs-yamaha-di-motogp/

21 01 2011
Tonnie

Bang Ben, tu apps nya free or paid..?? Xixixixi…

21 01 2011
bennythegreat

paid bro, kalo mau free cari versi pak tani…ada kok :mrgreen: kalau pilih yg demo, 30 menit mati sendiri

25 01 2011
Rizqibe

Hihihi saya yang nawarin ini produk malah saya yang ketinggalan… Bro, ini harus pake Soundcard External ya ? Soalnya pas saya coba di laptop Noisenya gede banget di gitar saya. Entah salah wiring gitar saya atau emang Soundcard laptop saya gak kuat

25 01 2011
bennythegreat

kayaknya iya tuh, tapi SC sekelas audigy cuma diperlukan biar output bisa lebih dari 1, buat Guitar Rig sama software audio lain. jangan lupa driver Asio4All nya yaa..

Noise di Guitar Rig malah lebih kecil ketimbang guitar effect processor tuh.. wiring ngaruh juga yak?

pake PGM noisenya gak ada blasss…tapi pas pake strato butut, noisenya lumayan juga..hiks

29 01 2011
Tonnie

@bang ben:ya pantes.m0sok apps keren gt dgratisin..?? :mrgreen: pak tani tu yg gmana bang? Prnah dnger,klo ga salah jg developer game lokal yah..?? Websitenya..??

17 03 2011
gelangkalungwanita

Waaaw, kayaknya keren tuh softwarenya.. Minta link donlotnya dong gan..:)
Maklum, kantong ane cekak gan..

13 06 2011
xareyorkx

bang masalh kabel ngaruh ga ya?????
soalnya noise mulu dah……..
trus kita mesti ngeground gak sih???
soalnya kalo saya duduk di ata alas baru noisenya “MENDINGAN”…
thanks ya…….
salam

1 11 2011
cumi

yang saya tanyakan. dimana kita colokin guitar itu bro ? yang aku tau colokan gitar itu kan besar sedangkan laptop colokanya kecil, emang ada kabel semacam emulator gtu ya ?

1 11 2011
bennythegreat

ada colokan (converter) dari jack 3.5 ke jack 2.5 bro…banyak dijual di toko2 audio..harganya 5ribu perak aja

2 11 2011
cumi

wah makasih ben. oia tanya lagi nie, aku punya gitar acoustik, aku ingin bernyanyi sambil memainkan gitar acoustik, nah yang saya tanyakan, bgmna caranya ngerekam menjadi video di laptop biar suaranya bagus ? saya liat di youtube video mereka bagus banget

2 11 2011
bennythegreat

Kalau mau bersih belikan spul..lalu pasang di gitar..lalu vokalnya direkam tersendiri, baru digabung pakai software mixing..

2 11 2011
cumi

guitar ku sudah ada spull nya bro, emang merekam gak bisa langsung bersamaan kah dengan suara nyanyi kita bro ?

2 11 2011
bennythegreat

Bisa sih..tapi lebih bersih dan lebih fokus kalau dipisah

2 11 2011
cumi

http://www.youtube.com/user/MoaJmr#p/u/10/wm-q6PHLYb8
coba buka itu link bro, gue pengen seperti ini, tinggal di kasih mic aja udah terekam suara kita

17 12 2011
Teguh dinatazt

bg…setelah asio4all nya di download trus apa yg dilakuin??? ada yg harus di setting gk???? please bantuan nya

29 01 2012
chudenz

bang toling bantu saya ada maslah ni jadi s gutar rignya itu layar penuh d laptopnya jd ga ada kya pilihan file dll,,saya pngn ngembaliin ksemula gmn caranya

29 01 2012
chudenz

bls k email saya ya dedenherdiansyah80@yahoo.co.id

9 10 2012
erool

wah,….ini maenan ane gan,….
tapi buat muter mp 3 kan bisa pake tapedeck yang ada di gitar rig nya,….sekalian bisa ngerekam,…..

mampir ke blog ane ya,…..

blogerool.wordpress.com

23 04 2013
haraluas

kayaknya keren tuh gan. nyari dimana tuh software-nya? hehe..

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.749 pengikut lainnya.

