Komparasi Yamaha Scorpio 225 dengan Pulsar 220 (part-2)

9 02 2011

Yamaha Scorpio vs Pulsar 220

Hanya 8 bulanan ane sempat mengendarai Scorpio setiap hari cukup membuat ane kenal betul dengan karakter performa, ergonomi dan handlingnya. Scorpio ane adalah keluaran tahun 2005 akhir, jadi ya barangkali tidak komparabel betul dengan Scorpio 2010 yang sudah memasuki generasi ke-5.

Sementara itu pengalaman riding dengan Pulsar ane jauh lebih lama, dari mulai 180 UG3 (2006), 200 (2007) hingga akhirnya balik lagi ke 180 UG3 (2009) sangat cukup bagi ane untuk dapat menebak seperti apa karakter Pulsar 220 nantinya.

So..komparasi ini lebih kepada interpolasi yang ane tuangkan di atas kertas. Pada kenyataannya hasil test-ride tentu akan lebih mempertajam komparasi.

Dilihat dari perkembangan dari generasi-ke generasi, pola yang terlihat adalah Yamaha Scorpio cenderung mengubah tampilan fisik motor dan menjaga sektor mesin tetap sama, sementara Bajaj Pulsar sebaliknya, lebih sedikit bermain di bodywork namun memperbesar dan melakukan improvisasi di sektor mesin dengan penambahan kubikasi.

Jadi bagaimana komparasi teknis antara  Scorpio 225dengan Pulsar 220? Yuk kita bahas satu per satu..

***

Scorpio 225

Yamaha Scorpio 225 Generasi 5

Hingga generasi ke-5 ini, Yamaha Scorpio menurut ane tetap saja terlihat “cungkring”, Tak lain karena body nya yang memang kurus, ditambah lagi ukuran ban depan 80/100-18 47P  dan belakang 100/90-18 56P yang kurang lebar. Nuansa motor trail menjadi terasa sekali pada Scorpio.

Ergonomi Scorpio menurut ane lebih nyaman dari Pulsar, dimana riding position lebih tegak. Dengan tinggi jok ke ground sebesar 770 mm, barangkali bagi beberapa orang akan dibutuhkan dingklik :mrgreen: Sementara dalam urusan penampilan, menurut ane yang paling “merusak penampilan” adalah velg 18″ yang dipakai. Seandainya saja YMKI mau mengubah velg Scorpio menjadi 17″ triple spoke…hmmm..

Urusan handling..nah ini dia..power 19 PS/8.000 RPM  dan torsi 18.66 nm @ 6.500 RPM yang terbilang besar membuat Scorpio memiliki akselerasi yang buas. Bagi ane bermanuver dengan Scorpio sangat mudah (tanpa harus sruntulan tentunya). Keluar masuk gang sempit juga nyaman dilakoni dengan Scorpio berkat radius putarnya yang kecil.

Power dan torsi Scorpio menurut ane mudah diraih di RPM bawah sehingga pengendara tidak harus “menggantung RPM” untuk memperoleh lonjakan torsi. Tipikal karakter mesin seperti ini berkat dimensi bore x stroke sebesar 70 x 58 mm. dengan stroke 58 mm, torsi melimpah dapat segera diraih di RPM bawah. Namun sebagai kompensasinya, Scorpio kerap “ngeden” setelah melewati 8000 RPM. Hmmm…waktu itu ada yang mbisiki ane untuk mengganti final gear depan dengan ukuran yang lebih besar, semata-mata untuk meratakan pembagian torsi dan power di setiap ratio transmisi.

Kelemahan Scorpio menurut ane ada pada konsumsi BBM nya yang lumayan boros. mungkin ini disebabkan karena penggunaan karburator Mikuni BS 30 yang menuntut asupan BBM yang lebih. Disamping itu, bukan rahasia umum jika monoshock belakang Scorpio terkenal mudah amblas jika dikenai beban boncenger. Ini membuat penampilan Scorpio menjadi tidak gagah. Satu lagi yang menurut ane subjektif adalah getaran dan panas mesin yang terbilang sangat terasa di “daerah sensitif pria”.

kelemahan Pio: scock belakang amblas

 

Pulsar 220

Bajaj Pulsar 220 DTS-i

Sejak 2006, Pulsar berevolusi dengan berubahnya buritan menjadi lancip, sementara itu bagi ane yang terbiasa mengapit tangki kurus Scorpio, jelas sekali bedanya ketika mengangkangi tangki Pulsar yang besar dan lebar. Dari hasil percobaan ane menjalankan mesin hingga mogok, tangki bensin super gemuk tersebut dapat menampung bensin hingga 19 liter…!!. Dari hasil penerawangan ane, Pulsar 220 tidak akan jauh berbeda rasanya dengan Pulsar 200 karena banyak memiliki common parts pada bagian esensial seperti rangka dan body.

Body Pulsar pun semakin membesar dan memanjang..halah.. :mrgreen: Tapi benar lho, sejak era Pulsar 150 hingga 200,  terasa perbedaannya. Tengok saja pada bagian rangka di bawah tangki bensin yang menuju komstir, pada Pulsar  200 terlihat lebih panjang dibandingkan Pulsar 180.

Bicara ergonomi, sebenarnya pada 180 ane tidak begitu nyaman dengan posisi duduknya. Dengan tinggi ane yang 183 cm dan berat >90 kg :) Ane harus melakukan pengurangan volume jok dan menambah raiser untuk memperoleh kenyamanan ala Scorpio..tapi ya, ini mungkin subjektif. Karena ergonomi Pulsar 200 jauh lebih nyaman. Ini karena posisi foot step lebih ke belakang.

Bicara handling, nah..ini yang sebenarnya ane kurang suka. Radius putar Pulsar 200 ternyata lebih kecil dari Pulsar 180, sehingga manuver membelok menjadi kurang maksimal. Bagi rider yang belum pernah mengendarai Pulsar sebelumnya, biasanya akan mengeluh “ini motor berat banget seeeh…!!”. Dengan berat 150 kg untuk F series (bikini fairing) maka Pulsar 220 akan menjadi Pulsar yang paling berat.

Dalam hal performa mesin, ane yang masih ingat sensasi berkendara Scorpio, sangat takjub merasakan sensasi riding di Pulsar 200. Meskipun pada RPM bawah tidak segalak Scorpio, namun pasca 5000 RPM, tenaga tetap terasa..disinyalir pada RPM inilah mekanisme DTS-i mulai beraksi dengan kombinasi dua businya untuk menghasilkan pembakaran yang lebih efisien. Ukuran piston Pulsar 220 sebesar 67 x 62.4 mm juga disinyalir membuat karakter torsi-power Pulsar akan lebih merata di kelima tingkat transmisinya. Plus..adanya roller pada pelatuk klep membuat getaran mesin menjadi lebih halus dari Scorpio. Adanya oil cooler juga mampu mengurangi panas mesin sehingga tidak sampai membuat “biji” berkeringat.

Kelemahan Pulsar menurut ane justru yang signifikan bukan terdapat pada produknya, namun pada Aftersales dan Service nya. Sudah banyak sekali keluhan yang mengkritisi ketersediaan fast moving spareparts, hingga buruknya kinerja mekanik. Ujung-ujungnya, kelemahan ini bisa berimbas pada kehandalan produknya jangka panjang. So, Bajaj..please do improvement to make us happy…!!

Nah, itu tadi adalah pembuktian di atas kertas. Untuk pembuktian langsung, telah beredar isu bahwa launching Pulsar 220 “The Fastest Indian” ini akan dilakukan di sirkuit Sentul. Menurut ane kesempatan dan momen baik ini harus digunakan BAI untuk menunjukkan kualitas produknya.

P220 diadu dengan yang lain, berani? (sumber: 2wheelsindia.com)

Saran ane adalah mengadakan kompetisi drag dan adu cepat mengelilingi sirkuit Sentul..dengan syarat, semua motor menggunakan parts standar pabrikan dan tanpa setting racing sama sekali.

Sebagai rival, menurut ane perlu diturunkan motor-motor sebagai berikut:

  • Yamaha Scorpio Facelift
  • Suzuki Thunder 250
  • Kawasaki Ninja 250

Apakah Bajaj berani mengadakan pertarungan maha dahsyat ini..? Jika berani..monggo ane akan pinjamkan Ninja 250 ane yang masih standar untuk dipakai…!!

Komparasi Yamaha Scorpio vs Bajaj Pulsar 220

sumber gambar: googling

Baca pula artikel sebelumnya di sini.


About these ads

Aksi

Information

133 responses

9 02 2011
asmarantaka

asal jokinya bukan ente nampaknya lawan merk2 diatas P220 ttp menang om..xixixiix :mrgreen:

8 01 2014
jordy moray

wwoi para pengendara kalajengking 225, siapa yang udah perna ngelambung kijang krista..beloom ada kan…kalajengking saya mampuh ngelambung kijang krista pada km\135 – 140 asalkan oper giginya jangan sampe kalajengkingnya nangis. dari jordy moray asal sulawesi utara KOTAMOBAGU.saran saya jangan ada boncengan ban standar dealer dan setiap oper gigi …..gigi 1 – 3 pindah tiap rpm di angka 7..gigi 4 – 5 pindah tiap rpm di angka 8, sya perna coba dengan tiger tiap pindah gigi kalajengking saya masih lebih panjang panjang oper gigi nya…jadi siapa yang mau coba ikut saran saya pake helem kalo perlu DOA doloe OK…

9 02 2011
Komparasi Yamaha Scorpio 225 dengan Pulsar 220 (part-1) « bennythegreat.wordpress.com

[...] KTM 200 Development vs Pulsar 220 Purchasing Decision Komparasi Yamaha Scorpio 225 dengan Pulsar 220 (part-2) [...]

9 02 2011
satria_bajahitam

Emang bener bajaj yg kurang cuma di aftersalesnya sama kinerja mekaniknya terkesan terlalu santai imho.

9 02 2011
9 02 2011
Maskur

Bajaj kok bodynya membosankan yah..coba pake desain body P135

9 02 2011
Shark

ditunggu komparasi didunia nyata…

9 02 2011
BONDET

u/ Power max P220 apa nggak 21.06 ps / 8500 rpm..?

9 02 2011
Kriket

ya, gw juga setuju,
motornya oke, tapi mekaniknya banyak yg kurang capable (ngga semua sih),
mungkin mekaniknya gajinya kurang memadai (mungkin lo ya).

9 02 2011
BONDET

koreksi lagi u/ karbu P220 menggunakan UCL32 setara Mikuni BS32 yang lebih gede daripada punya pio

9 02 2011
bennythegreat

ok sip bro…trims koreksinya..

9 02 2011
adecahyapurnama

sekedar koreksi dikit om ben..

kayaknya P220 Pake yang venturi 32 deh (UCAL UCD 32)
trus maks torsinya di 7000 RPM bukan 6000

sumber:

http://tmcblog.com/2009/06/25/hot-news-bajaj-pulsar-220-versi-karburator-ini-dia-yang-ditunggu/

cmiiw

9 02 2011
pclogi

Kalau saya perhatikan bengkel bengkel bajaj harus di tambah lagi dikarenakan para pemilik pulsar lebih senang di beres di bandingkan bengkel biasa. doleh sebab itu kalau saya perhatikan setiap bengkel seperti jar dan fontana pusat sering overload, imbasnya mekaniknya sering ” asal kepegang ” aja.

kalau mau maju layanan service harus dibenahi .

nitip blog ya om :

http://pclogi.wordpress.com/

10 02 2011
myxfikri

sayang gak bisa ikut test ride p220 siang ini…….tunggu ripiunya aja dagh

10 02 2011
aWi

Kok kalau di fotonya (di India), diadu sama TVS Apache 180?

10 02 2011
Rancho

mungkin dikarenakan apache 180 adalah flagshipnya TVS bro

10 02 2011
MAmat

Emang betul itu om ben..BAJAJ yang kurang adalah Sparepart ayng tidak lengkap…dan mekaniknya yang kurang handal dan paham mengenai karakteristik mesin BAJAJ…. BAI bagaimana nih.. Sparepart kok sulit dicari…

10 02 2011
pridesonline

ane pinjemin pio deeh… masih standar (tengah) xixi

10 02 2011
rivan liu

Mantap bro tambah truz infonya…..

10 02 2011
Vespa Ijo Rider

entu boncenger gude buanget yaaa….??? pantes aja ambles.. seambles2nyaa… :D :D (ngeri banget brooo.. kalo ane sich kuatir swing arm-nya patah..)
kalo diliat dari belakang, kayak lagi boncengan naek yamaha vega versi lawas.. :D :D

10 02 2011
akuma

ditunggu review selanjut ny
:D

10 02 2011
A Seen

Kang benny minta izin copas buat artikel

11 02 2011
bennythegreat

Sikat bro..

11 02 2011
Komprasi P 220 vs Scorpio 225 Kalau Digarap Serius Bisa Naikkan Pamor Keduanya « Bonsai Biker

[...] waktu lalu kang Benny The Great memposting komparai Pulsar 220 dengan Scorpio 225. Banyak hal yang dikupas tuntas dalam postingan [...]

11 02 2011
Ancok noken as

wah ada bakar2an gk bilang2 om ben gk promo di 3 blog besar sih …gw mw koar2 pulsar220 jelex bodinya …ane pilih pio …

11 02 2011
Ancok noken as

pulsar harga lbh murah tenaga lbh besar irit minus bodi katrox gk monoshox …pio bodi yahud lbh kekar sexy minus lbh mahal …tetep vote pio …

11 02 2011
bennythegreat

hahaha…akhirnya ada supporter Scorpio.. hayo siapa lagi..?

1 11 2011
Dokar Racing

Jelas PIO dunk..
Punya ane PIO 2011 pake karbu SUDCO 32 sm CDI BRT. Dijamin Ninja 250 gak bs ngikutin dbelakang. hahaha

2 01 2012
geraltofrivia

ooo…jadi mesti rubah macem2 dulu toh?
gak brani ya standar pabrik? :mrgreen:

6 01 2012
nnj

Ya ia lah Ninja 250 ga bisa ngikutin… Org ninjany da didepan (diikutin sama PIO),,, wkwkwkwk…

11 02 2011
Hourex

vote P 220 lah.. KOs Saya cari Produk bagus, Bukan Merk terkenal,, masalah suku cadang keknya masih bisa substitusi dari merk lain..
Tapi cuma vote aja,,

oia, Mz Bro Ben, minta petunjuk,saran-kritik serta koreksinya Disini: http://www.hourex150l.wordpress.com

maklum Mz Bro, wong Ndeso tenan Ki..

11 02 2011
Tulus Budi

aku tetep pilih Pulsar220… coz power gedhe Harga murah

11 02 2011
jaos

permisi, numpang eksis nengkene..
saya sebenarnya suka keduanya, tapi krn keadaan lingkungan alam sekitar yg dihadapi dalam hidup saya, saya memilih scouzy la….gak ada kelemahan sama sekali menurut saya kalo yg terbarunya. Yg lama..kelemahan cuma di tutup tangkinya yg gampang tersumbat, selebihnya tidak ada….

kebulukan p220 cuma di double shockbrkr nya dan berat mtrnya yg membuat tenaga jd ‘terbuang sedikit’…..selebihnya bagus.

13 02 2011
joker

pulsar220 ok, tapi tesnya gimana?

14 02 2011
Mr. Djoe

Setahu saya New Scorpio powernya turun ga lg 19 ps tp 18,2 ps….

14 02 2011
Danny 687

Kayaknya bakalan seru nih pertarungan kelas 200-250 cc single cylinder (Jangan bawa2 ninja 250 yah)….

14 02 2011
SuRyA

yup..mulai satu per satu jagoan nya keluar dari tanah india mpe tanah jepang..

=====
http://www.stu69.blogspot.com
=====

14 02 2011
Thio

sedikit koreksi bro,
si Klingon aka New scorpio z powernya cuma 18.2 Hp, turun dari versi lamanya yg sampai 19 Hp.

21 02 2011
Rangga

Pulsar is number oneee bro . . :0

21 02 2011
Rangga

kk skedar shering,
gw puna P200

negatif nya : Susah netralin tramsi, kelistrikan nya hmhmhm!!! sering Short kena hujan!!

positif : Tarikan Ok, Elegant, klow di jalan di tempeliin Ninja 250 PEDE AJAH

Hehehehehe . . . :D

25 02 2011
Sugih

Ini ada video terbaru Pulsar 220 dari Bajaj.
Apa pendapatnya bro?

http://zounz.com/awesome-new-pulsar-220-video

10 03 2011
ZX250

untuk ngejar lap-time sentul
antara P220 vs Scorpio Z. kayaknya ane lebih vote Scorpio Z dah :D

21 02 2012
akang

setuju banget bro……
kalo dukung pulser berati orang gak ngerti motortu……

13 03 2011
Kris pioholic

p220 bodynya itu2 aja sama kaya pendahulunya,,hp torsi power max itu kan cuma diatas kertas, test roadnya gimana ? samakah dengan dibrosur ?? saya pikir tidak akan sama :D

10 05 2011
diposedicigp8

pzoo saya di atas kertas cuma 18 hp, di dyno 18,3 hp. xixixi :D

17 03 2011
bajuri

untuk bajaj sih, di atas kertas sama real nya sama. Ga tau deh klo merk lain. Secara gw udah punya nyang 180. Untuk P220 top speednya dikertas di tulis bisa 144, dan di test sama wartawan detik.com nyampe 140. kalo yang ngetest Valentino rossi top speednya malah bisa smpe 300an,,hahaha(lebay)

22 03 2011
zeze

Scorpio ntu lbh enteng (125 kg) ditmbh pnp busi,cdi,koil,knalpot freeflow dah 23an..
palagi karbu koso 34 mm..tembus170km/h++
cuman borosny ajegile..
pake CHS + Wai obatnye..
he:3

20 07 2012
rider

wiih bisa saingan gitu sama ninin 250 ahaha, speedonya rusak kali !!

12 04 2011
benny

komparasi komparasi diatas kan diatas kertas aja, memang tinggal pembuktian di lap sebenarnya dengan keadaan standar dan kemampuan rider yang seimbang…

vote for new scorpio :
walopun tenaga sudah berkurang 0,8 dk (dari yamaho sih bilangnya berdasar faktor keamanan, toh buat ngejar 0,8dk mah guampang) yang penting untuk bodi udah ciamik….mesin pun cukup tangguh dan telah teruji selama ini (spare part pun harganya terjangkau, kecuali harga rante dan vakum karbu…hehehehehehehe)

9 05 2011
edi

utk akselerasi sih masih pegang scorpio…
Utk top speed udah pasti pulsar 220…

140 km/j spedo scorpio = 120 km/j speedo pulsar
….. km/j spedo scorpio = 140 km/j speedo pulsar

urusan BBM pulsar rajanya
scorpio 1:35 vs pulsar 1:50

Lampu jadul vs lampu proyektor…
panel jadul vs panel bisa nyala lho..
lobang busi jadul vs lobang busi aman dr air cz busi ada wadah khususnya.
ringan vs berat…

10 05 2011
RGoh

yang 125kg itu pio lama…yang nsz prasaan 141kg berat isi, dengan pnurunan power jadi 18,2HPn torsi 17an (bukan on the wheel)..bukannya power to weight ratio nya juga kalah jauh dengan pio lama….
vote for p220 ^^ (21HP n torsi 19,sekianan)
untuk urusan FC berdasarkan pengakuan tmen2 anak scorpio di jogja n mantan pengguna pio klo masih standar (28-30 km/l), klo p200 1:40 , klo pzzo pasti lebih boros dkit dari p200…perkiraan n pengakuan anak pulsar 35-37 km/l pzzo nya…
silahkan untuk pemilik pzzo n pio untuk ngetes realnya dijalan (tapi kondisi sepi n aman yaaa ^^) terus buat reviewnya

28 05 2011
zhigonk

kalo gw sech milih pibo (2007) sampe sekarang tetep aja irit,sampe sekarang 1:45 jarak tempuh (rumah) bekasi -kota wisata (kantor bini )- bekasi (rumah) -glodok (kantor) -bekasi (rumah)-kota wisata (kantor bini)-bekasi(rumah)…kasarnya PP antar jemput bini selama 4 taon,hehe…pdahal kalo tau perawatannya,ampun dech,service se- ga enak mesin aja,pernah 6 bulan ga service karbu cuman ganti kampas rem doankz ke bengkel langganan ( anti beres ) , konsum bensin kira2 10rb (premium)/hari..irit kan , bebek mana yang bisa bgene…

pibo ada starter+kick starter

ngaku cowok koq pake bebek , bukan cewek malah pake matic,kata bang HaJI : TEEEERLAAAALUUUUU…

COWOX SEJATI NAEKNYA MOTOR BATANGAN !?1?

vote : support pzzo

20 06 2011
SULBOY

JANGAN SALAH…
DAH PERNAH NGETES MENYAMAKAN KECEPATAN SCORPIO Z DAN SATRIA F 150 BELUM ?
SETAUKU DI SATRIA F 150 SPEEDOMETERNYA DIGITAL.

60 KM/JAM DI SATRIA FU 2009, DI SCORPIO Z 2010 STANDAR (VELG 18″) = 56KM/JAM
80 KM/JAM DI SATRIA FU 2009, DI SCORPIO Z 2010 STANDAR (VELG 18″) = 76KM/JAM

LAH PADAHAL DI SATRIA FU = 90KM/JAM, DI NINJA R 2009 = 100KM/JAM

MONGGO DICOBA DULU, ANTARA SPEEDO PULSAR 220 DAN SATRIA F 150.
BARU AMBIL KESIMPULAN YANG LOGIS..

SAYA PUNYA NINJA R 2009, SATRIA F 150, DAN SCORPIO Z 2010 (SEMUANYA SETTINGAN STANDAR PABRIKAN).

KIRA-KIRA 130-NYA SCORPIO Z BERAPA DI SPEEDO PULSAR 220 ???

21 06 2011
irpan

jangan salah, pernah ngetes pake GPS belum?
mo digital kek, analog kek, yg penting keakuratan tuh speedo setelan pabriknyah si speedo, dan setau ane punya bajaj mendekati akurat…130 scouzie paling2 120 di p220, hihi (no offense)

1 11 2011
Hantu Balap

Kl PIO ku bs smpe 160Km/h, di P220 bs smpe 140Km/h gak ya?? Hehehe
kayanya berat deh smpe 140km/h. Apa lg 160km/h ky PIO ku..
Wkwkwkwk

18 12 2011
naga laut

pio lari 130 km/jam di ninja 250r cm 120 km/jam, p220 lari 130 km/jam krng lebih sama dg ninja 250r lari 130 km/jam. Krn p220 spedometer kurang akurat dibandingkan dg p200 tahun 2008, top speed p200 122 km/jam=130 km/jam di p220

23 05 2012
gogon

p220. bisa nyampe 163. standaran… coba ente2 download videonya diyoutube.. poo mungkin harus ngossan.. ngejar segitu.. tp untuk Medan diindonesia yang banyak tikungan ya pasti pio yg lbh enak dan gesit.

26 09 2012
NAKAL

hehehe…

itu kan setau ente,
speedometer akurat ? berapa persen ? nilai dari mana tuh?

udah deh..
percaya banget yak ama video y******.

liat aja ntar..
siapa yang bakalan menang best performance sport 200-230cc.

tinggal menunggu ACC pihak P***** 220,
menyetujui tawaran independent uji lap record bareng S****** *,
di sentul.

silahkan dinanti.

17 10 2011
mirz

fu 180cc mas, bukan 150

20 06 2011
SULBOY

TAPI YA ITU..

MINUMNYA MEMANG SUANGAR SI SCORPIO Z, BISA 1:26 KALAU DIGEBER TERUS.

BIAR LARINYA SUANGAR, MINIMAL PAKAI PERTAMAX…

BEGITULAH SCORPIO Z..
MOTOR 4 TAK YANG LARINYA BERASA 2 TAK.

1 08 2011
bams

just share menurut aye yang sering merhatiin tuh scorpio baru……coba ente ente ikutin di belakangnya decvh……kok perasann ane tuh cover lampu belakang goyang2….kaya ngga fix gt…apa emang mata ane ya…..temen ane juga bilang gt……yang pasti betuknya canggung mau di ajak kemana..maksa…maksain sparepart byson masuk ke body…….jelas kenceng…ukuran bannya aja kecil . tanki kecil, kalo power beda beda dikit ya mending nyari yang bnayak fitur……..bukannya naek motor juga merasakann sensasi motor yang kita tunggain..selaen sensasi speed…tentu kenyamanan dan n style ngga ketinggalan dan varian pulsar menjanjikan itu…….console lebih enak diliat…sensasi high class….vote pulsar….scorpio ngga masuk di daftar……..ngga hi tech……….

20 07 2012
rider

PERTAMAX !!!! VOTE P220

6 08 2011
quovadisdika

@bams pio skrg lbh berat dari yg dlu loh…yg dlu lbh ringan dan powernya jg mndekati 19hp..klo yg skrg trun jd 17an..tp ttp akselerasi mantap krn oversquare..

pulsar emg hi tech…tapi gmn dgn klistrikan yg suka error…ane pny tmn make..masa indikator aki kedap kdip mlu..lampunya kdg redup kdg terang…cbu pa bcu nya deh ane lupa..ktnya it yg bkin mslah..terlalu sensitif….

moso motor laki kena ujan rewel,g di krudungin aj ky cwe biar g keujanan,hahaha..pio biar kata jadul…kena ujan buat jarak jauh toring jg g bkalan rewel,klo g prcya cobain aja dulu..mana yg enak tarikannya..klo g pny …pinjem…dan bandingin akselerasinya…kalo top speed megang pio lama dh ane

25 10 2011
zikri

gan ane udah 8 bulan make p220 …. posisi ane di jakarta.. sebulan dah pernah 5x bandung… trus ane pake pulang pergi kerja tiap hari… baru minggu kmren ane ke brebes dari jakarta naik p220.. mulai dari keujanan,kepanasan, sampe jatoh sekali di pantura gara2 kekencengan ane mau terbang make tu motor,,, mulai dari daleman dan perfomance itu g berubah sm sekali.. ttep yahud.. kelistrikan juga ga ada masalah sama sekali walaupun ke lelep banjir juga…. klo pio?? hmmmmm….. (no offense)

6 08 2011
quovadisdika

pio skrg lbh berat dari yg dlu loh…yg dlu lbh ringan dan powernya jg mndekati 19hp..klo yg skrg trun jd 17an..tp ttp akselerasi mantap krn oversquare..

pulsar emg hi tech…tapi gmn dgn klistrikan yg suka error…ane pny tmn make..masa indikator aki kedap kdip mlu..lampunya kdg redup kdg terang…cbu pa bcu nya deh ane lupa..ktnya it yg bkin mslah..terlalu sensitif….

moso motor laki kena ujan rewel,g di krudungin aj ky cwe biar g keujanan,hahaha..pio biar kata jadul…kena ujan buat jarak jauh toring jg g bkalan rewel,klo g prcya cobain aja dulu..mana yg enak tarikannya..klo g pny …pinjem…dan bandingin akselerasinya…kalo top speed megang pio lama dh ane

18 08 2011
Jeskoneng

dengan modifan minimal : knalpot custom Sheldiez by Adie Wrain Bandung, re-jetting karbu & koil Carspeed utk kiri : dijamin performa P220 jadi makin buas… ! apalagi kalok dimodif dikit oleh mas Londo : PnP, modif profil cam & sudut klep… kayaknya bisa tembus 25 hp / 21nm !

7 03 2012
Rizky

25 hp approx itu di output mesin or on wheel di dyno om Torry ? :)

23 08 2011
Latansa Male

bajaj tu bagus,,,,,,,,jadi ga usah ragu coba aja pinjem pnya temen yang pake bajaj
asal kalian bisa merawatnya,,,,,,,,,,,,

25 08 2011
HEPIIII

klo buat ane yang punya pio 04 n p220, tiap motor ada plus minusnya…
klo pio baru klo ga salah lampu rem blakang emg dibuat aga flexibel buat ngurangi kemungkinan lampu putus…coba aja tanya simbah google

p220 lemah di msalah aftersales, spare part masih meragukan…
klo buat jalanan macet enakan naik pio…klo jalanan jauh, lebih anteng naek p220…secara lebih stabil n berat dibanding pio

25 10 2011
zikri

Pio Pasti Mental sm p220…. mulai dari mesin,fitur,tampilan… ga akan di ragukan,, belom lagi p220 Dts-i mau launching versi barunya,,, yaitu p22o DTS-FI Tenaga lbih Gokil…lebih irit… dan lebih banyak lg lebihnya.. bakal di jual di pasaran dengan harga kisaran 20jtaan…

26 10 2011
dede

dah lah bos bos,yg mau makek pio monggo,yg pakek pulsar monggo.. Yuk mending kt bareng2 jalan2

28 10 2011
yani

@zikri: zikri…zikri….p220 udah dua kali gw libas sampai nangis, nga usah banyak ngomong dong kl belum coba pio. baik aksel dan topspeed nya dari medan ke siantar, lu cari tau aja seberapa panjang itu trek. pio ane thn 05 standard.

10 05 2012
Sige Ramadhan

gw pernah punya pio taon 2009, lari nya mntok..tok..tok 125 gw tes di tol krena jln biasa pas bnjir…tuh motr gw jual laku 12,5jeti trus gw beli p220 dan gw tes di spnjng jaln margonda dpok jam 1 mlm alhasil top speed tembus 138.. blom pernh gw rasain lari di top spped sgtu.. so bkn p220 yg lu libas tp, lu nya kali yg di libas klo emang ya mingkin jokinya goblok n tolol

27 07 2012
Michael

Karna loe tolol bawa motornya….
sini p220 loe tarohan sm pio gw full standar dan bagi yg kalah langsung bakar motornya…
No 02199159762

26 08 2012
joke

gw punya pio 06, temen gw punya p220 udah tiga bulan, kami tes jarak 3km, dr awal sampe ahir p220 nga bisa tuh ngejar pio. skrg dia mau jual p220 nya ada yg mau beli nga?

29 08 2012
pio 06

waduh mas sige ramadhan… nga ada pio yg lari nya cuma 125km/jam berarti mas yg tolol bawanya( sori jgn sakit hati kl di bilang tolol ya) se begok2 nya pio min 140km/jam.

20 07 2012
real

Yakin tuh masbro ?yg bawa p220 nya nyantai kali..kisaran 60/kpj, gak kaya situ yg bawa motornya seruntulan/ugal2an !ahahahaha

26 09 2012
NAKAL

EMANG BISA P220 buat ngebut ?
butuh berapa menit om ?
body gedhe, beratnya ampun-ampunan…

terang aja jalannya nyante,,
biar irit ya ?
irit BBM, irit nyali juga,,,
NAMPANG DOANG.
XD

14 11 2012
ribaksude

p 220 di kertas doang 21 hp di jalan cuma 15hp, masa dibilang bisa ngalahin pio mimpi kali yeeeeeee…………..kayak nya pio ku cuma sama ninja yg tahluk.

29 10 2011
yhon

Ane vote pulsar…..!

30 10 2011
shogun110tromol

haloo…..3S Bajaj gimanaa? hahaha

Scorpio aja ah :mrgreen:

1 11 2011
Dokar Racing

Ane pilih PIO dah..
Body oke buat cr cewe.
Punya ane PIO 2011 pake karbu SUDCO 32 sm CDI BRT. Dijamin Ninja 250 sm CBR 250 gak bs ngikutin dbelakang. hahaha
Jgn lupa pakai coil YZ jg.
Dijamin dah ky naek pesawat JET.
Mak Wuuzzzzz

3 11 2011
wihan

ealah scorpio to bkn new? Syg bgt!

12 11 2011
edi

Udah dicoba….
160 km/j scorpio setara 140 km/j pulsar 220.
…wuih…wuih….pantes aja FU gw kocar kacir….

12 11 2011
osin

mantap bro artikelnya..

14 12 2011
motegi

weeeee……..ternyata pulsar larinya kenceng juga ya
manteb bener nih artikel. makasih gan sudah berbagi informasi

21 12 2011
ario

kalo di tes sama ketiga motor diatas jelas beda donk bro, rasio motor sport sama motor buat turing kan beda bro… cmiiw :D

21 01 2012
qubillutv

mendingan pake nin ja 150 body keren n gagah n lari gakan kekejar ama motor yagng speednya mak simal 230cc mah…….

25 01 2012
qq

ane punya fzz0 udah 2 bln,pas nyobain pio.
jd males,balik lagi ke fzz0.

9 02 2012
Rikky

Setuju bgt..sy pake pulsar 180 UG4..motor enak buat jalan jauh..ga enak kalo macet ..berat bgt..yg ga bagus emang after sales servicenya..ttg komparasi kyanya yg cocok itu antara scorpio, pulsar 220 sama tiger aja..kalo ninja 250 kyanya ga sebanding..

9 02 2012
Mx rider

Pada bacot semua!!!
Berani lawan satelit ga???
Klo udah di test pk gps br boleh banggain motor2 lu pada speedo di bikin oleh pabrik,jd bs aja pabrikan ngelebihin ntu speedo biar pada laku mtornya.jupiter mx 4 speed gw,di speedo meter 130 lebih,ternyata di gps cm 122 km/h.
Berat badan gw 75 kg.

11 02 2012
singo barong

klu d adu ninja250, scorpio bajaj cbr250 sama2 standar ya ninjalah pemenangnya. Dr segi perfom yg 28ps 2 piston ninja menanglah, yg ngalahin ninja cuma migelli 250

15 02 2012
Anwar

kayaknya sepeda onthel yang menang kalo balapan di gang dengan lebar 60 cm hehehe

16 02 2012
memo

wahhh ane setuju sekali tuh kalau diadain pembuktian mana yang paling tangguh antara scorpio dan bajaj. silakan atuh segera diadain supaya saya bisa melihat nya,

buat ninja 250 bissa juga kalah ma Scorpio, klau gk percaya mari kita buktikan

21 02 2012
fahri

kl mau jajal sm p220 stdran karbu motor ane siap gass

22 02 2012
billy

hidup thunder 250!!! handling nya mantap

28 02 2012
Dave

kalo nge testnya drag main disentul jarak 201 meter

gw pake mio deh, tp CC nya disamain ya, mio gw di 220cc juga deh, berani
di adu xixixixixiii….

7 04 2012
lintang

Coba deh, uji ketiga motor standar tadi naik gunung lintas desa, mesti Pio paling unggul…kecepatan dan kenyamanan…hehe

21 07 2012
Customer Pintar

Deviasi pio itu sekitar 13,95 % dibulatkan 14 % buka di http://www.saft7.com/komparasi-speedometer-gps/
mentok itu scorpio 120 km/h di speedometernya k’lo di gps 103 km/h

30 04 2012
piorider

wes, gak sah kakean bacot… di coba ae, seberapa kuatnya si pulsar motore inspektur vijay chaiya chaiya itu.. scorpio sdh terbukti dari dulu. pulsar belum terbukti

20 07 2012
pemantau

kata siapa masbro ?buktinya SEKARANG penunggang pulsar SEMAKIN BANYAK dijalanan, berarti KEBUKTI kalo pulsar itu BERKUALITAS dari segi ekonomi dan ergonominya

27 07 2012
Michael

PADA PRO 220 YA…??
DI SINI ANE HANYA MAU LURUS AJA KLO MASALAH AMBLES DI SCORPIO ITU BUKAN SOKNYA TP DI KONROUDNYA ITU BISA DI GANTI PAKE AXTRIME DAN HARGANYA NGA BEGITU MAHAL CUMA 150.000 AJA DAN GW JAMIN NGA AKAN AMBLES APA LAGI PATA.
DAN PENGALAMAN PRIBADI ANE, ANE KAPOK SERVISE DI BENGKEL RESMI KARNA MEKANIKNYA PADA BARU LULUS SMK ALIAS (PKL).

ANE PUNYA SCORPIO FULL STADAR BAGI SAPA YG PUNYA PULSAR 220,, SINI ANE TUNGGU KITA TARUHAN BAGI SP YG KALAH LANGSUNG AJA BAKAR MOTORNYA.

NO. 02199159762 OK ANE TUNGGU…

klo masalah banyak yg pake karna ntu motor murah…!!!

22 05 2012
Henky

Smua mtor pnya kekurangan dan klebihan masing2,g hal nya dgn p220 n pio.yg pnting kita jalan breng2 dgn penuh toleransi d jalan…ane pke p220 maknyos bgt tenaga’a n ane jga pnya pio maknyos jga,..tergantung gmana perawatan dan cara membawa’a..untuk mnjaga performa mtor

6 06 2012
Pulsy

Ane pemakai pulsar ug3 … Jalan lempeng mau test top speed di speedo ug3 udah 120… Red line udah kedip2 lagi…. ane pikir udah kenceng ehhh masih diselip Scorpio z lama… Boncengan lagi… Padahal ane sendirian … Hadehh.. Kenceng juga tuch motor … Habis gitu ane kuntit Dari belakang ehhh enak juga tuch motor buat nyalib2 bus.. Apa udah racing semua ya.. Tapi ane liat masih Pakai velg ring 18 … Gak tau dech kl sm p220 kl sm p200 gak megang dech tuch produk gagal Bajaj. Kl p 200 sm ug3 Aja kalah

20 07 2012
fakta jalan

pulsar 180ug4 2010 ane mentok 133/kpj, standar tingting loh..motor ente udah gak bagus mungkin mesinnya
ane pernah tes drag sama pio temen, motor sama2 standar..ane akuin emang pio akselarasi bawahnya buas, tp pas ratio atas gas nya kempooossss TOTAL !masa pio 225cc kesalip sama pulsar 180cc ane ahaha
VOTE BUAT P220 !!lawan p180 aja gak sanggup, apalagi lawan p220..di kentutin kali !ahahahaha

26 08 2012
penakluk pulsar.

nga ada otak kali lo ya? masa p180 bisa ngasapin pio? p220 aja udah gw bantai pake pio z ane. sadarrrr….

8 06 2012
ANU

gak ada pulsar yang kenceng..

trust me..
it works.

yang kenceng cuma ninja RR.
:)
coba aja…

8 06 2012
igun

nonton dl gan :D

20 07 2012
fakta jalan

VOTE PULSAR !!JAUH BANGET JARAKNYA !!SALUT BRO :D

12 06 2012
ANU

wah..

yang paling depan tadi PULSAR 220 yak ?

juauh buanget GAP nya..
ternyata..si pulsar 220 kenceng….

19 06 2012
INI

gimana dengan ini ;

26 07 2012
Michael

PADA PRO 220 YA…??
DI SINI ANE HANYA MAU LURUS AJA KLO MASALAH AMBLES DI SCORPIO ITU BUKAN SOKNYA TP DI KONROUDNYA ITU BISA DI GANTI PAKE AXTRIME DAN HARGANYA NGA BEGITU MAHAL CUMA 150.000 AJA DAN GW JAMIN NGA AKAN AMBLES APA LAGI PATA.
DAN PENGALAMAN PRIBADI ANE, ANE KAPOK SERVISE DI BENGKEL RESMI KARNA MEKANIKNYA PADA BARU LULUS SMK ALIAS (PKL).

ANE PUNYA SCORPIO FULL STADAR BAGI SAPA YG PUNYA PULSAR 220,, SINI ANE TUNGGU KITA TARUHAN BAGI SP YG KALAH LANGSUNG AJA BAKAR MOTORNYA.

NO. 02199159762 OK ANE TUNGGU…

4 01 2013
Haya

lu olang gw liat paling keki ma pulsar hahaha.. santai bro, bos bajaj sama bos yamaha aj lagi makan bareng di hotel, lu malah ngajak berantem orang.. ga nyetel amat sama forum bikersnya,, :P

27 07 2012
Michael

KLO MASALAH BANYAK YG PAKE P220 KARNA NTU MOTOR,, MOTOR MURAHAN… DAN GW JAMIN NTU P220 NGA BISA LAWAT MASA PAKAIANYA SELAMA 5 THN.

8 09 2012
Alvin

G nyampe 5thn?wong pulsar 180 2007 aja smpe skrg byk bgt seliweran d jalan,dengerin ja suara mesinnya umumnya masih pada halus.

4 01 2013
Haya

niy lagi, lu aj yg komennya murahan,.. ane beli pulsar 220, ane juga nyemplak Ninin 250, dan terlepas dari komparasi antara pulsar 220 dan scorpio, gw beli bkn karena tu motor murahan, tapi memang enak buat touring jarak jauh. Sebenarnya yg jepun mindset aja yg sdh terlanjur dibodohi,..coba lihat harga motor sekelas di indonesia dan di negara lain,.. keliatan kan klo kita dibodohi jepun,,hahaha

1 09 2012
sat sat

p220f ku baru bisa lari 138km/jam ,, jarak skitar 1km

20 09 2012
jono

Vote pulsa 200ns. Pio gak ada ape ape nye,

24 09 2012
logis

buat bro “michael”, bakar aja motor elo sendiri.. klo nyesel ama motor pio-nya mending jual aja dr pada dibakar.. gw sih cocok abis ama p220 gw biar cuma buatan india, tp value dan performa lebih baik dari pada motor jepang sekelas.. itu kan yang bikin elo illfeel sampe pengen ngajak balap segala? hahaha.. gampang emosi mencirikan elo gak sanggup menerima kenyataan..

26 09 2012
NAKAL

komentar anda juga mencirikan pribadi anda yang
“gampang emosi mencirikan elo gak sanggup menerima kenyataan..”

karena anda gak kuat beli pio. dan gak kuat ngrawat pio.
:P

26 09 2012
NAKAL

lawan New T**** aja om…

baru nyoba ****HA

4 01 2013
Haya

Bro Logis, gw setuju banget sma lu,, klo bro michael udah bosen mw bakar motornya,,ga usah ngajak2 motor orang.. hahaha bakar aja sendiri… :P

2 10 2012
pulsar220 vs new scorpio z

komen saya cukup panjang gan dengan hasil data tes dyno kedua motor ini, jadi saya buatkan saja satu halaman blog di http://pulsar220vsnewscorpioz.blogspot.com/2012/10/pulsar-220-vs-new-scorpio-z.html

30 11 2012
paijo

ada kok review antara p220, new scorpio,tiger, n vixion di majalah MOTOREV ( edisi 09/V/September2012 ), sy kira lebih real n akurat, monggo dicari, disimak, baru komentar..

11 12 2012
Arif

Alhamdulillah piBo ugIV sudah parkir di depan kost ane, 3minggu sudah melahap 2860km, maklum kerja ane selalu mobile, situbondo-sidoarjo-jember.

30 01 2013
J ~ GLUX piOZ SPEED

pio q 2007 tarikan enteng ,gesit ,irit ,keren, buat nguber cpet bgt.
tapi kalo prjalanan jauh panas bgt, berisik bgt deh. apanya ya yg harus diganti ??
minta saran yaa tmen2 se-Pio Z smua.

30 07 2013
NAKAL

pastikan selalu stel klep tiap 1500km,
ganti oli tiap bulan atau tiap 1000km,

lebih responsif pakai karbu mikuni vm 30 ss, kalau lebih besar dari itu, pasti mimiknya bisa kayak ninja 250.

setel klep yang rapat ; misalnya in=0,06 out=0,10
setelan rapat, suara mesin lebih alus :)

9 05 2013
nakal

ganti karbu venturi 34mm
mas J~GLUXpiOZ SPEED..
agar sesuai dengan diameter klep in Scorpio yang juga 34.

tapi ya mimiknya minta lebih tuh…
bisa 1:25 1:20 dah..
tapi top speednya naik

28 07 2013
bells.jr

bengkel bajaj kok menghilang dari peredaran. “emang waktu yg bisa menjawab”

30 07 2013
NAKAL

sudah-sudah…
tuh si monster 3 busi nya BAJAJ dah nggandeng KAWASAKI buat memasarkan produk nya..
haha,
jadi pingin ngetes aja dah ama pio ane…
konon akselerasinya lebih bengis dari inazuma tuh.

sama-sama aja menghargai pengguna kendaraan lain,
kalau mau sparing di jalan..
tinggal bleyer gas.. BERES dah. :)

20 11 2013
uun joo

Pulsar ane 220f ngacis lah pokoknya

8 01 2014
jordy moray

pokoknya yamaha semakin di depan

9 02 2014
INDO

kalo mau kenceng dijalan pake aja motor MOTO GP 1000cc
kalo mau offroad pake aja motor TRAIL
kalo mau angkut2 pake aja MOTOR GEROBAK
INDONESIA gitu loh…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.010 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: