Pilih-Pilih Harmonisasi Warna Motor..Bagaimana Selera Ente..?

19 04 2011

nyomot dari blog.motorcycle.com

Meskipun jenis dan merk motornya sama, namun jika warna motornya beda maka “feel” dan aura dari sebuah motor juga akan berbeda. Ini yang ane amati dari sebuah harmonisasi warna motor.

Paling tidak, sejak Bajaj Pulsar muncul di akhir 2006, trend warna body motor yang polos dan (nyaris) tanpa striping dan decal mulai menjadi trend. Begitu harmoni pewarnaan ini keluar kok ya seakan bikin mata ane sadar bahwa trend main striping malah bikin motor jadi mblurek ndak karuan.

Lalu apa yang dimaksud harmonisasi? Yah..pastinya kesesuaian warna yang ada pada sebuah motor.

Ini memang subjektif bagi setiap orang, namun ane mencoba menyajikan opini tentang pemilihan harmonisasi warna yang menurut ane enak dilihat dari pengalaman membeli motor yang sudah-sudah.

Well..setelah melek warna di era Bajaj Pulsar, ane rupanya secara tak sadar menginginkan adanya keseragaman warna pada elemen fisik sebuah motor. Keindahan yang menurut ane mantap adalah kesesuaian warna body dengan knalpot. Seperti Bajaj Pulsar 200 warna silver-grey yang pernah ane miliki.

Bajaj Pulsar 200 silver-grey

Lihat warna knalpot yang grey-anodyzed itu begitu harmonis dengan warna silver-grey metalik. Tidak sia-sia ane rela menunggu inden hingga hampir 2 bulan demi mendapatkan warna langka dan eksentrik ini.

Pola pemilihan warna ini berlanjut secara tak sadar ketika ane jatuh hati dengan sebuah Kawasaki Ninja 250R berwarna hitam doff di Jakarta Motor Show tahun 2008 lalu. Lha bagaimana tidak, saat itu (dan sampai sekarang juga) warna hitam doff belum diproduksi oleh ATPM manapun di Indonesia, kecuali di lini produk motor besar. Oleh karena itulah begitu tabungan ane cukup, segeralah ane meminang seekor Ninja berwarna langka ini.

Kawasaki Ninja 250 hitam doff

Apakah hanya karena doff-nya saja? O..tentu tidak, coba lihat knalpot Ninja 250 edisi 2009 yang sudah berwarna senada, hitam doff juga euy…!! Jadi makin harmonis saja tho dengan warna body yang juga hitam doff. Yah, meskipun dengan penggantian knalpot dari warna chrome (edisi tahun 2008) menjadi doff ini sebetulnya adalah pemangkasan biaya produksi.

hitam doff pancen oye.. :mrgreen:

knalpot hitam doff, senada warna body

Sayangnya harapan ane yang sudah terpendam sejak tahun 2007 lalu tidak terpenuhi, sejak melihat Bajaj Pulsar 220 pada waktu itu yang memiliki mesin dan knalpot dengan warna grey, ane benar-benar kepincut bin jatuh hati…!!

yaah..mesinnya hitam.. :(

Ironisnya lagi,  di tahun 2011 ini, Bajaj meluncurkan varian karburatornya yang bermesin hitam, meskipun knalpotnya tetap grey. Hmmm..ane jadi kecewa euy..

cari foto P220 silver di google..susah euy..maklum warna langka..!

Warna silver-grey metalik yang dimiliki Bajaj memang unik dan langka. Ini membuat motor lebih eksklusif bin tidak pasaran. Selain itu warna silver-grey metalik mampu “menyembunyikan” debu sehingga body motor tidak mudah terlihat kotor. Sayangnya ya itu..indennya lama bro..yang keluar duluan pastilah warna hitam dan merah duluan.

Di sisi lain, Kawasaki, saudara tua Bajaj, setelah sukses dengan Ninja 250 nya yang polos-polos warnanya kok ya malah gatel main striping. Lihat saja tuh Ninja 250R yang mendapat label Special Edition (SE). Terdapat 3 varian kombinasi warna, yaitu merah-hitam, hijau-putih dan biru-putih. Disinyalir edisi SE dengan warna merah-hitam dan biru-putih tergolong langka. Di bodynya dilabur decal dengan desain unik. Yah memang gak senorak seperti ATPM sebelah sih..tapi sayang aja kalau motor yang cocoknya polos malah dikasih striping.hehehe..

salah satu varian N250SE (Red-Black Edition)

Jadi, dari sudut pandang dan pengalaman ane..rupanya dapat ditarik benang merah kriteria pemilihan warna motor yaitu eksklusivitas (alias tidak pasaran) dan harmonisasi warna body dengan elemen motor lainnya (warna mesin/knalpot senada dengan body).

incaran black doff selanjutnya..? *lirik Mbah Dukun* :mrgreen:

Bagaimana dengan selera ente? Monggo dishare di sini.

Aksi

Information

48 responses

19 04 2011
saflis

Itu motor besar yak Ben? kok gue jadi gak percaya :)

19 04 2011
Long'S

Kawasaki ZX 130 edisi pertama Polos bener Om ga ada striping ny sama sekali…

19 04 2011
vrz_evolution

merah-hitam

19 04 2011
Kodokz Jambanz

emang bagus polosan.

19 04 2011
vrz_evolution

klo striping buat minor change tiap tahun,ky si raja bebek..
gonta ganti striping..
xixixi

19 04 2011
Rancho

bahot-bahot like this .

19 04 2011
Abu Tanisha

full putih atau putih + hitam doff

16 11 2012
anwar

tolong di update fhoto nya donggg

19 04 2011
soekotjock

pertama x bli si nimbus alesannya sama kek oom ben,gw udah males ngeliat motor2 full striping yg warna warni,makanya ditebuslah nimbus yg full item…

sekarang stlh 4 taon punya si nimbus,kmrn sempat khilaf mau dikasi striping pink n box mau full diwarna pink gara2 bosen :hammer: untung tukang stikernya penuh molo jadilah batal gw mau kasih striping warna pink =))

19 04 2011
PakBambangNunggangJaran

polos tak lekang oleh jaman, ga ketularan alay

19 04 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

warna item? ogah! susah ngerawatnya :?

19 04 2011
19 04 2011
19 04 2011
vanz21fashion

hehehe.. itu jg yg jadi perhitungan ane pas ngandangin ninja250r masboss.. waktu itu ogah ngambil yg SE soalnya pikir cuma beda stripping doang nambahnya 2juta. so pilihan jatuh ke biru dongker atau hitam, liat biru dongker soalnya kayaknya gagah terus jarang yg pake, tapi kayak ga selaras dengan knalpotnya yg item, jadilah dipilih item.. :-)

19 04 2011
1098

betul, cbr ane polosin juga :D. btw om ben itu ninja item doff termasuk SE juga ya?

19 04 2011
bennythegreat

Item doff gak termasuk SE bro

19 04 2011
vwx a.k.a capelah

pies ane hitam dengan paduan warna merah! dual tone udah cukup lah :-)

5 01 2014
erwin

kda cukup,tambah warna pink

19 04 2011
Niko P.

Tricolor, Red White and Blue!

19 04 2011
Iksa

Yang pink buat jualan siomay pink saja Bro Benny …

19 04 2011
kingrider

wah, om Benny kayaknya lebih cocok kalo naik Ducati, motor 250 ke bawah keliatan motornya yg kebanting :)

19 04 2011
The Sunday Painter

polos ngga pake striping emang mantep, jadi fokus ke bentuknya tanpa diganggu efek2 tambahan (stiker)… ane suka warna apapun (kecuali pink) … :)

19 04 2011
mbah3DW

Paling suka ama yang putih mulus.. .. .

19 04 2011
Dani klenik

Pulsar 200 di cat silver grey bunglon violet.Kalo malem silver,kalo siang sembur ungu,cakep om ben..Kalo silver doang terkesan ‘mati’

19 04 2011
satria_bajahitam

Bedanya kalo saya bajaj pulsar 180 ug4 hitam karna warna mesin hitam,nah kalo byson abu-abu karna warna mesin pun ke abu-abuan..heheh..

19 04 2011
19 04 2011
terong amnesia

Motor=cewek—-> suka yg polos… :mrgreen:

9 07 2012
jaya

aku jg suka yg polos sayang

19 04 2011
anton nugroho

buat motor yang desainnya sudah bagus, warna menyala polos lebih keren. misal merah buat ninja 250 dan fu lama. buat yang desainnya pas-pasan, memang perlu striping buat menutupi kekurangannya, atau pake warna gelap.

20 04 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

@semua

sebenarnya – Pink adalah warna favorit Bence :mrgreen:

20 04 2011
bennythegreat

Heh!!
Ini jelas pitnah..!!
Pitnah itu lebih kejam dari pembangunan..!!

20 04 2011
steven sahardjo

Asyik nih kalau ngobrolin warna…gw mau share sedikit nih tentang warna bro:)
Warna terang seperti putih akan membuat bodi motor terlihat lebih semok, kekar dikarenakan detail2 yang kecil akan semakin terekspos dan terlihat jelas. Beda lagi dengan warna gelap seperti hitam, bodi motor pasti terlihat lebih slim, detail2 terkesan bias dan tersembunyi, makanya warna hitam sering disebut misterius :)
Nah, mengenai warna favorit ane kalo punya ninja250r nih, seperti di link ini bro : http://morukai.blogspot.com/2011/04/ninja-250r.html

20 04 2011
bennythegreat

Nice sharing..baru tau sekarang nih bro..thanks berat..!

20 04 2011
Bonsai Biker

fote for item

20 04 2011
20 04 2011
si oom

saya pake warna putiih oom, ga pasaran :)

20 04 2011
Long'S

Klo di bebek pemberian striping itu wajib coz utk menutupi kekurang pda desain ny yg biasa aza agar terlihat menarik (klo ga mau di bilang norak)

beda di mtr sport… Pemberian striping membuat kesan elegant pda mtr hilang. Jdi kudu bener” jeli pilih striping… Salah” bukan tambah keren malah norak…

20 04 2011
rock snipper

Saya malah pilih ninja 250SE karena berstriping…. sampe sekarang populasinya nga banyak jadi rare item.

21 04 2011
gogo

klo warna yg bagus yg minimalis gak bnyk efek dan serasi dg bagian lain… tergantung jenis motorny jg, bebek gak dikasih striping mentereng kesanny ad yg kurang, N250 dikasih striping kyk bebek mlh kesannya wagu

21 04 2011
Evilnine

Vote hitam atau merah iridescent… :D
Tapi skarang jamannya warna putih…

ada yang bilang “white is new black”… :D

22 04 2011
umarabuihsan

Di moge biasanya two tone, max three tone.
Gladius maen two tone hitam putih bagus, macho dapet, elegan n kalem dapet

25 04 2011
lilypud.Lucu

itu gambar yg paling bawah dukati kan :mrgreen: ?

19 06 2011
Megaprolama

Two tone…..
Ane suka fotografi…
Warna polos… Kurang bagus difoto…., apalagi hitam polos…
Gelab kalo foto malam hari….
Makanya harley dvdson,selalu menambahkan aksen chroom agar lebh gagah dn bagus difoto.imho.

11 11 2011
Grandong

Klo gue mah lebih suka tu ma vagina yang polos gitu

19 02 2012
angga repvublika

asikkkkk

19 02 2012
angga repvublika

klo gue lebih suka warna putih dan plat putih

17 08 2013
Cac Cac

gue sih lebih suka sm warna yang kelihatan netral, biar ngak cept bosn liatx.

29 10 2013
237kelvin

kl gue skx warna mera marron di ks duop.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.747 pengikut lainnya.

