Rangka Coak, Segitiga Patah, Komstir Oblak, Bagaimana Sikap ATPM..?

13 05 2011

coakan pada rangka New Megapro

Akhir-akhir ini tersiar kabar seputar elemen struktural (rangka) sepeda motor keluaran baru yang penampilannya dianggap mengkhawatirkan pemiliknya. Sebabnya karena adanya “desain tak lazim” pada rangka tersebut.

Yuk coba bermain-main dengan struktur. Yang namanya elemen struktur itu kan ibarat tulangan pada bangunan yang terbungkus beton. Kenapa di dalam beton bertulang itu ada tulangan baja? Yaaah..penjelasannya simple saja, kembali ke sifat materialnya. Beton itu sangat kuat menerima beban tekan (stress) namun tak kuat menerima beban tarik (strain), sementara itu tulangan baja sebaliknya bro..kuat menahan beban tarik (strain) namun tak kuat menahan beban tekan (stress). Naah..makanya kedua elemen ini disatukan untuk memikul beban..

Pada kasus elemen rangka sepeda motor pun berlaku kaidah-kaidah struktur. Karena merupakan benda mekanis yang bergerak, maka rangka dibuat dari material yang rigid namun tetap memiliki sifat elastis, sehingga tidak mudah patah ketika menerima beban atau gaya-gaya (brittle/getas). Gaya-gaya apa saja siih..? Ya..sebut saja beban kejut dari shockbreaker atau beban pengendara, semua akan diteruskan ke rangka lho..Termasuk beban mesin yang dipikul. Ini akan menentukan kestabilan si motor selama bermanuver.

rangka Pulsar 180 patah karena beban box berlebih dan sehabis jatuh

Oke, sekarang mengarah ke kasus Honda New Megapro yah..dimana terdapat coakan pada bagian rangka. Dari referensi yang ane temukan, yaitu sebuah penelitian berjudul “Static and Dynamic Properties of a Motorcycle Frame: Experimental and Numerical Approach” karya M. Bocciolone, F. Cheli, M. Pezzola & R. Viganò dari  Department of Mechanical Engineering, Politecnico di Milano, dapat digunakan sebuah definisi “Anterior Box” untuk bagian New Megapro yang terdapat coakan tersebut.

elemen-elemen rangka motor

Disinyalir bahwa coakan yang ada bertujuan untuk memudahkan lepas-pasang knalpot pada outlet blok mesin, namun apakah secara struktural coakan ini mengganggu stabilitas struktural Honda New Megapro? Sebagai konsumen dan end-user tentu kita tidak mengetahuinya karena kurangnya data. Seandainya saja ada end user yang memiliki sedikit pengetahuan struktural seperti ane pun tetap memerlukan data (properti) dari material rangka New Megrapro. Pada umumnya rangka sepeda motor menggunakan baja Cr-Mo (Chromium-Molibdenum) dengan kadar tertentu. Hal ini akan menentukan sifat elastisitas rangka pada saat pembebanan.

Oke..itu analisa teknis yang njelimet dikit..Sekarang yang simple-simple saja..Gimana nih reaksi bin tanggapan ATPM..?

Jelas bahwa terdapat coakan di situ, yang bikin konsumen khawatir. Hal ini sudah diungkapkan di beberapa blog, diantaranya yang ane tahu blognya bro Henry Bodats dan bro Hendrawan Hidayat. Khusus bro Hendrawan ini adalah memang owner dari New Megapro lho..sementara bro Bodats pun memiliki rencana untuk membeli motor ini juga…!!

Konsumen merasa khawatir, lalu kemana mereka harus mengadu? ke YLKI? Ya belum tentu bisa..lha wong motornya tidak belum mengalami kegagalan struktur rangka dalam masa garansi, lalu bagaimana?

Tersiar kabar pula bahwa telah terjadi komunikasi antara pihak AHM dengan sang blogger..? Gimana menurut ente?

Nah, kalau menurut ane, AHM sebagai ATPM harus lebih terbuka menanggapi hal ini, jangan hanya mengontak para owner yang notabene juga seorang blogger otomotif untuk klarifikasi orang-per orang, tentunya masih banyak owner-lain yang penasaran dengan coakan rangka ini dan tak tahu harus mengadu kemana..jadinya ya diam saja.

Alangkah baiknya jika AHM melakukan komunikasi terbuka untuk menanggapi kekhawatiran konsumen Honda New Megapro ini. Ada beberapa cara, yang paling mudah dan murah..ya cukup buat satu page di websitenya mengenai Question & Answer konsumen yang diantaranya memuat perihal coakan anterior box ini.. Atau..kalau mau lebih mantab lagi, bikin saja jumpa pers dan blogger..umumkan secara jantan bahwa coakan pada anterior box ini tidak menyebabkan defect jangka panjang, sekalian saja adakan uji pembebanan struktur rangka jika perlu. R&D (Research & Development) AHM pasti punya deegh alatnya…tinggal mau atau tidak..?

Dengan adanya penjelasan, atau kalau perlu product recall, seperti dilakukan oleh Kawasaki pada Ninja 250R nya yang memiliki kebocoran pada blok mesin tidak akan menyebabkan pamor sang produk turun…!! Namun konsumen justru menjadi senang, lega dan tenang karena merasa diperhatikan, dan pastinya tidak ada buatan manusia yang benar-benar sempurna thoo..

Torsion & Flexural Test pada frame

jangan lupa mesinnya diajak test

lengkapi dengan analisis strukturnya..

Sementara itu, untuk konsumen New Megapro, monggo saja diteliti apakah coakan pada anterior box tersebut berpotensi defect atau tidak..Ajukan data dan fakta yang mendukung..Jadi tidak sekedar kekhawatiran saja.

Tak hanya di Honda New Megapro, kasus retaknya segitiga atas Yamaha Byson, Oblaknya komstir Yamaha Vixion pun harus disikapi serupa oleh ATPM.

segitiga atas Yamaha Byson pecah..apa kabarnya sekarang?

Yuk monggo disikapi…bagaimana pendapat ente?

About these ads

Aksi

Information

67 responses

21 04 2011
dolanclinick

pertamax

14 05 2011
The ZackyZ

kalau coakan terbukti gak ada masalah paling tidak sampai detik ini.
tapi kalau segitiga sampai patah komstir oblak itu yg sangat2 berbahaya.

21 04 2011
Long'S

Kualitas motor makin kesini malah tambah jelek!

21 04 2011
nyemot

benthoel browh.. untung motor owe kuno jadoel :lol: :oops:

21 04 2011
Maskur

duarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

21 04 2011
kurniaprorider

yang penting kuantitas, kualitas?

21 04 2011
joetrizilo

Yang penting jualan Kecap No. 1….. walaupun isi botolnya sebenarnya saos abal-abal…..

21 04 2011
bennythegreat

lhaaa…piye tho kang..jual kechap kok isine saos..? xixixixi…

21 04 2011
joetrizilo

yo iku… botole tok kecap… isine habang…. habis itu yang beli yo ora protes soale saose rasa kecap….. xixixixixii….

21 04 2011
umarabuihsan

nggak lah kalau abal2.
Tapi memang itu bukan lahan hoby, tapi bisnis, selama masih “moncer” dan belum “basi”, ngapain juga kecap diupgrade (kecap upgrade kaya apa ya?) :)

ijin motong jalan mas, mumpung di bawah blm ada yang nitip

NINJA 250 Injeksi…keluarin dong KMI!

http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/21/ninja-250-injeksi-keluarin-dong-kmi/

21 04 2011
andre_ws

makin lama makin abal motor sekarang

21 04 2011
bAdcOp

Pulsar (P200) juga punya coakan atau penyokan di armnya..

tapi kenapa? percaya desain aja, soalnya semua produknya begitu, hehehehe…

21 04 2011
kang_ulid

smua dach di itung ma yg buat…

21 04 2011
Baridin

harus di jawab ATPM dengan bahasa yang mudah dimengerti

21 04 2011
satria_bajahitam

Kayanya di sini sama di luar negeri beda jauh yah,kalo di sini motor baru kualitasnya makin menurun,tp kalo di luar negeri kualiatas malah makin bagus,tanya kenapa ?

21 04 2011
Iksa

Mari ditunggu kabar para ATPM …

21 04 2011
nsx

Sebenernya A te pe em punya niat mulia untuk mengingatkan para pe es ka untuk diet, jalan2 bolong buat cepet ditutupin, jangan numpukin beban di atas motor kayak naro di atas badak, mongtor kota jgn dipake naek gunung, intinya jgn terlalu dipaksain kan desainnya juga gak semaksimal itu kok . nge – les mo de on …

21 04 2011
gogo

ATPM perlu kasih penjelasan nih, bail lewat media atau situs resminy.. biar gak khawatir. beda dg bhn motor jmn dlu, motor skrg bhny ringkih”

21 04 2011
real_injection

Wih parah tuh si Byson sampai patah begitu…. kualitasnya sangat2 diragukan, dah pasti kualitasnya jelek lawong sudah terjadi patah….
Juga dengan Vixion sudah banyak terjadi komstir oblok itu juga sudah tanda tanda jelas bahwa produk yamaha sekarang makin jelek kualitasnya terutama materialnya.
Tapi untuk kasus Megapro soal coakan belum ada keluhan yang mengakibatkan sikuda besi menjadi oblok atau patah tuh tangka akibat coakan, dari segi usia bisa dibilang sama dengan si Byson…

5 06 2012
premium

nama nya juga product masal,nggak mungkin semua nya bagus bro…
pasti ada aja yang cacat.semua merek gw yakin pasti ada kelemahannya
orang aja pas brojol ada juga toh yang cacat,apalagi ciptaan manusia.
kalo menurut ane,patah wajar kalo di pake jatuh ato nabrak,kecuali lg jalan di jalan bagus tau2 patah sendiri itu baru aneh.

21 04 2011
sabdho guparman

berarti megapro baru gak boleh buat ngangkut beras om. . . :mrgreen:

keep brotherhood,

salam,

21 04 2011
dnugros

hmmm…apakah akibat semakin banyaknya produk yang terserap serta perang terhadap kompetitor makan produk lolos dari tes QC tetap diperjual belikan secara bebas? ahh mbuh lah :-D.

21 04 2011
kritikusblog

hmmmm…judul dan isi artikelnya aneh,, terlihat isi artikelnya lebih menitik beratkan pada masalah salah satu pabrikan, sedangkan masalah pada kompetitor pesaingnya hanya sempilan…

Adakah maksud di balik artikel ini…atau adakah titipan dari salah satu pabrikan atau juga pemilik blog ini fansboy salah satu pabrikan sehingga informasi di artikel ini berat sebelah…

Hmmmm…cuma tuhan dan yg menulis artikel ini yg tahu

22 04 2011
Rizqibe

Suka-suka yang nulis blog lah bro, Emang masalah yang ingin dibahas yang masih baru ya tentang coakkan rangka ini yang ternyata ada di semua produknya.

Kalau patah Segitiga , masih jarang terjadi hanya 1 foto, bisa jadi hanya defect unit. Sedangkan untuk kasus yang sedang dibahas pemilik blog adalah coakkan rangka yang terjadi di seluruh produk tersebut.

21 04 2011
ajibarang

mas ben,,untuk rangka NMP yg di coak apa sama dengan rangka megapro lama??kalau sama berarti gak perlu khawatir soalnya megapro lama adek saya udah hampir 6 thn gak ada masalah berarti pada rangka kecuali masalah tangki..

21 04 2011
Casper

Desain yg jika dilihat secara fisik ringkih, belum tentu mempunyai daya tahan yg gk kokoh, sebaliknya desain yg keliatannya kokoh, belum tentu daya tahannya se-kokoh kelihatannya.
Ambil contoh segitiga byson yg pecah krn jatuh, pdhl dr sisi desain ga ada yg salah, tp kemungkinan kualitas bahannya mungkin yg kurang kuat menahan benturan.

21 04 2011
Evilnine

Hmm…

Tanggung jawab… :?
Besok-besok ajalah… :-)

21 04 2011
migreen

Beuhhh, megapro ku malah pernah nyemplung di got ben…, ban depan masuk got, sedangkan mesin nyangkut semen pinggiran got, smp dibantuin sm rider lain buat narik nmp. Cek sana-sini gpp, cm semen pinggiran got yg coak xixixi….

21 04 2011
Dani

Bang Ben Nih Link Pulsal Lagi diadu dimedan sempit

21 04 2011
jack rossi

gimana nih….. jepun punya saja bisa begini…. apalagi yang lainnya….

21 04 2011
kupret

ngomong opo to…

21 04 2011
joe trizilo

“Tersiar kabar pula bahwa telah terjadi komunikasi antara pihak AHM dengan sang blogger..? Gimana menurut ente?”

Kalo menurut ane… Komunikasinya tidak lancar….. tulalit..tulalit..tulalit….

21 04 2011
sobek2

slow.. Kayak di danow, santai.. kayak di pantei, cuex.. kayak bebexs, pasrah.. Kayak di sawah

Daripada

Mikir kek di plintir, ribut kek lg ngebut, bingung kek disabung, pusing kek di banting xixixi :oops:

21 04 2011
sobek2

slow.. Kayak di danow, santai.. kayak di pantei, cuex.. kayak bebexs, pasrah.. Kayak di sawah

Daripada

Mikir kek di plintir, ribut kek lg ngebut, bingung kek disabung, pusing kek di banting xixixi
:oops:

21 04 2011
nyemot

tanya kenapa ? krn. bahan baku yg berkualitas makin langka otomatis makin mahal harganya.. akibatnya dipilihlah bahan hybrid / campuran fiber (resin) jadi lebih enteng tapi begitu kena benturan pasti ancur :lol:

untung motor owe jaman dulu kuno bahannya masih tebel :oops:

22 04 2011
Vickytrack

Menurut saya coakan rangka di NMP tdk akan membuat rangka menjadi kurang kuat karena coakannya tersebut juga sudah ditutup plat yg melengkung dan dilas tebal .
(pengalaman custom rangka standar buat kompetisi offroad)

22 04 2011
AHM perlu menjelaskan bahwa Coakan di rangka Honda New Mega Pro tidak bermasalah! « Joe Trizilo

[...] tulisan dari Bro Henry Bodats ” Rangka Honda New Mega Pro Meragukan?” ditambah tulisan Mas Benny ” Rangka Coak, Segitiga Patah, Komstir Oblak, Bagaimana Sikap ATPM..? ” Kok rasanya [...]

22 04 2011
ben

ARTIKEL LEBAY……..
NGGAK JELAS MAU DITUJUKAN KE ATPM MANA ? BAJAJ ? YAMAHA? ATAU HONDA ? ATAU BUAT PEMBACA AGAR TIDAK MEMAKAI 3 PRODUK TERSEBUT ?

22 04 2011
tukang ojek

makin kedepan kelemahan produk apapun ya makin terungkap, tidak ada yg sempurna di dunia ini , kesempurnaan hanya milik tuhan semata….halah opo tho iki….

22 04 2011
NanaRedPr☺

recall aja dah byar dapet motor baru dan gratiiizzzzzz
SALAM KARET BUNDAR™

22 04 2011
ken arok

jangan sampai ada yang cacat/tewas gara2 cacat desain…..atpm harus kasih penjelasan

22 04 2011
Pengamat_Montor

coakan di besi pemegang mesin bagian depan new mega pro dari pabrikan sudah di desain seperti itu atau lebih jelasnya terdesain seperti itu dikarenakan ada sesuatu yang membuatnya harus dikondisikan seperti itu. dan hasilnya hampir setengah tahun diperjual belikan, sampai saat ini belum pernah terjadi masalah pada bagian tersebut dan moga2 jangan sampai terjadi……. kasian yang beli nanti.
Misalkan takut yo ga usah dibeli daripada kepikiran terus…. apa beli pulsar aja? harga lebih murah juga ga ada coakan kayak kasus diatas… apa beli ninja 250?? dua silinder lho keren…. hehehehehe.. so dibikin sante aja ga usah terlalu berlebihan…
kalo menurut saya yang lebih krusial dan harus bener2 diperhatikan adalah kasus segitiga patah ma komstir oblak, Apakah memang didesain seperti itu??????

22 04 2011
22 04 2011
LIONSTAR

IMHO kalo coakannya memang dari awal produksi sih seharusnya udah diperhitungkan durabilitasnya… jadi ga ada perlu dikawatirkan dari coakan itu…

http://endlesslight711.wordpress.com/2011/04/22/japanese-monster-nissan-skyline-gt-r-r34/

22 04 2011
ary

beneran tuh komstir pecah. ihhh serem amit bro

22 04 2011
blognyamitra

Komstirku oblak koq gak ada bang Ben ???

24 04 2011
25 04 2011
asmarantaka

ah paling2 cuman digigit tikus :mrgreen:

25 04 2011
wong ndeso

sedikit menambahi…

memang secara struktur inconsistency pada pipa akan menurunkan kekuatannya (strength dan durability), namun desainer bisa mengkompensasinya dengan penggunaan material yang lebih kuat, lebih tebal…

lagipula untuk kasus megapro coakannya berbentuk radius, bukan bentuk V…

nah untuk bentuk V ini yang haram pada konstruksi, karena bentuk V alias V notch sama saja kayak bentuk takikan dan merupakan bagian paling lemah (karena terjadi stress concentration di area situ)…dan bisa menjadi initial crack… (itu kalo coakannya bentuk V ya…)
kalo mau lebih jauh, silakan baca di buku structure design…
orang kalo mau uji impact di specimennya juga dibuat V notch….

13 05 2011
ayume

kayaknya di blog sebelah udah dibahas bahwa di blue print-nya pun emang ada coakan, emang ga diuji dulu ya sebelum di produksi masal?

13 05 2011
joetrizilo

Sekarang kan ada konsumen yang bertanya, tinggal njawab aja kan gampang…
misal : rangka itu dari sononya memang begitu dan sesuai uji AHM tidak masalah untuk usia pakai 100 tahun….

13 05 2011
Semar

Kayanya lebih masuk klo jawabnya: itu sudah dari sononya dan dijamin tidak akan megalami kejadian seperti yang dialami ditetangga sebelah, yaitu ancur dan oblak..:)

Keep Safety Riding

13 05 2011
Semar

Kayanya lebih masuk klo jawabnya: rangka itu dari sononya memang begitu dan dijamin tidak akan mengalami hal yang terjadi pada tetangga sebelah yakni ancur dan oblak…:)

13 05 2011
Semar

Yang satu baru dugaan sedangkan yang satu sudah terjadi, mana yang mestinya lebih menjadi perhatian ? ..:)

Keep Safety Riding

14 05 2011
Arif Rakhman

MPSS, para pembaca info tentang coakan sudah kadung ngeri duluan tentang coakan tersebut lewat tulisan2 yang ada, betapapun ada dalih yang berusaha menjelaskan, bukan dari ATPM. Jadi, penjelasan resmi ATPM pun dirasa tidak berpengaruh banyak “menenangkan”. mau gak mau ya harus desain ulang n terhadap motor2 yang udah seliweran, you know lah

14 05 2011
benjo

Ane punya byson kok fine2 aja ya.. Soal segitiga di poto yang pecah itu kenapa? Lagi enak2 riding terus tiba2 pecah? Klo gitu sih bikin miris.. Tapi klo abis crash trus liat shockbeker yang segede gaban gitu gw pikir ya wajar aja yg pecah segitiganya.. Nb: ane bukan fby ato fbh, dirumah ada byson sama hsx125.. :)

14 05 2011
wong ndeso

kayaknya bro Hendrawan sudak dikasi penjelasan sama ATPM deh…
sampein ke bro Hendrawan ya bang Ben…
kalo memang sudah dapat jawaban, supaya ditulis biar kita semua tidak was-was

14 05 2011
The ZackyZ

kalau coakan NMP yg memang didesain spt itu dgn berbagai pertimbangannya terbukti gak ada masalah paling tidak sampai detik ini.
tapi kalau segitiga sampai patah komstir oblak itu yg sangat2 berbahaya

14 05 2011
Asron

like thiss!!

18 05 2011
Kakang ali

Tak hanya di Honda New Megapro, kasus retaknya segitiga atas Yamaha Byson, Oblaknya komstir Yamaha Vixion pun harus disikapi serupa oleh ATPM.

————————————————–

Dibahas juga Bro, jgn hanya bisa tembak AHM aja karena sakit hati. :D

19 05 2011
krisadyani

wah menarik kang infonya… jadi terinspirasi untuk belajar tentang motor..nice

27 05 2011
joko

lah… YG JELAS AMBRUL.. tuh Megapro dg TANGKI BENSIN YG BOCOR kok gag disebut?
punya ane+teman2 megapro pd kapok dahhh….

10 06 2011
randi

NYESEL GW BELI BISON,,MENDING BELI VIZION AJA AHHHHHHHHHHHHH

15 02 2012
arif irsianto

kalau komstir happy nexium sama persisi kaya punya ap??? q cari agak susah…makasih

5 06 2012
premium

gw pernah punya minerva r150,sama persis sama mega,tiger….kalo happy nexium ane kurang tau,tapi coba aja tanya ke bengkel

9 09 2012
teguh

waktu jatuh kecepatan sepeda motor di geber berpa km/jam ?

17 11 2012
yudhakoiekklesia

klo emng ATPMny berani coba direcall krn kasus NMP byk bgd,,,dr komstir smpe skep karbu, tp sygny mrk ga berani mnngambil langkah ini,,,,sangat disayangkan,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.015 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: