[Komparasi 220-250cc] Akselerasi CBR250 vs Ninja250

22 09 2011

bro Ade "Hansip" lagi mejeng

Akhirnya selesai juga perhitungan dan tabulasi data akselerasi untuk seluruh motor yang ane coba di MKT hari Jumat malam minggu kemarin, dari mulai Pulsar 220, Ninja 150R, Yamaha Scorpio, CBR 250 dan Ninja 250 yang mana datanya ane komparasikan. Sebagai edisi klimaks, berikut adalah komparasi dari motor flagship dari Kawasaki dan Honda.

rute test ride

Dari ring merah…ane panggilkan…CBR 250R…

Mari kita bedah satu persatu.  Setelah riding impressionnya ane ulas dalam artikel sebelumnya, maka kini ane akan fokus ke performanya. Langsung saja menuju tabulasi akselerasi di bawah ini.

tabulasi data CBR250

Dari tabel tampak bahwa akselerasi CBR ternyata lebih ganas dari Pulsar 220 yang dimodif. Bahkan pada rute #1 menuju #2 lebih dahsyat sedikit di atas Ninja 150R (1.93 vs 1.88 m/s2). Wow..!!

Namun sayang pada trek yang lebih panjang di #3 menuju #4, dimana RPM dituntut setinggi-tingginya, akselerasinya tak lebih baik dari Pulsar 220 Abbys milik bro Torry.

Selanjutnya..Dari ring hijau..selanjutkan..ane tampilnya…Ninja 250…

Kalau ini ane akrab benar..kendaraan harian ane dan baru kali ini ane mengukur performanya setelah sekitar 1.5 tahun bersama. Mari kita lihat tabulasi datanya:

tabulasi data Ninja 250

Pada tarikan awal di #1 menuju #2 sejauh kira-kira 30 meteran itu, Ninja 250 berlari malu-malu bak anak babi..Akselerasinya tak lebih bagus dari Pulsar 220, Scorpio dan CBR 250. Namun begitu dibetot di trek yang lebih panjang pada #3 menuju #4, akselerasinya mulai bertaring…!!

Disinilah jelasss terlihat perbedaan performa Ninja 250 vs CBR 250. Terbukti sudah bahwa CBR 250 memang bertaring pada RPM bawah dan jarak pendek, sedangkan Ninja 250 akan mulai menampakkan performa pada RPM atas dan jarak yang lebih panjang. Monggo dibandingkan seluruh grafiknya sebagai komparasi final…!!

grafik komparasi akselerasi CBR250 vs Ninja250

grafik komparasi akselerasi final

Nah, dengan adanya data ini, ane harapkan para fanboys sadar bahwa ternyata kedua motor tersebut lepas dari jumlah silindernya dan penampilan fisik, ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Barang siapa butuh akselerasi cepat silakan meminang CBR250, dan barang siapa memerlukan tenaga di putaran atas silakan meminang Ninja 250.

data akselerasi Honda CBR250R

data akselerasi Kawasaki Ninja 250

About these ads

Aksi

Information

41 tanggapan

22 09 2011
anta

Bijaksana,objektif,santun, berdiri di garis, tak berpihak, maju terus untuk memberikan informasi yg edukatif

22 09 2011
Xnorb

Rada aneh datanya, gan…
cbr 18,1 KMH dalam 39.2 dtk? sementara ninja 16.6 dalam 6 dtk? dst.. dst..

ini mah karena riding style nya dah beda… bukan performanya… IMO

22 09 2011
MasIs

Mungkin karena bukan di sirkuit. Pengaruh traffic mungkin?

22 09 2011
bennythegreat

bukan begitu bro interpretasinya..

itu maksudnya di awal #1 CBR berada pada waktu 39.2 detik

sementara Ninja berada pada waktu 6 detik..

jadi kolom Time #1, #2, dst itu hanya penanda saja..bukan indikator kecepatan.

indikator durasi waktu adalah pada kolom kecepatan, dimana terdapat selisih waktu antara #2 – #1, #3 – #4, dst.

mengapa pada CBR lama di #1..?

soale sebelum start mesin ane ngobrol sebentar sama beberapa bro di sana… :)

22 09 2011
22 09 2011
Spies

Lohh..punya om Ben udah make K&N air filter & Iridium spark plug toh.. Kalo CBR spek modifnya disamain mungkin akselerasinya bisa lebih ganas lagi ya…

22 09 2011
Don Chinoy

Terima kasih atas objektivitasnya bang ben…

22 09 2011
Triyanto Banyumasan

oks… vote 2 cylinder…

22 09 2011
sastrakelabu

Mau bikin blog? Pastikan temanya togel atau Moto-GP. Pasti banyak yang mampir.

22 09 2011
22 09 2011
jaos

Intinya..buat γάπĝ perlu putaran menengah ke atas, ambil ninka. Buat γάπĝ butuh (?) torsi buat jarak γάπĝ gǟƙ signifikan silahkan pilih cb/scouzy/p220…γάπĝ ini selevel semua. Yaa..

Tetap dipikiran saya, kalo torsi hanya penting buat jalanan γάπĝ benar2 banyak tanjakan turunan tapi agak2 macet…nah di sini si cb bisa menemukan jatidirinya.

22 09 2011
Long'S

Tumben adem gini komparasi ny
Ky bukan baca blog beruang :mrgreen:

22 09 2011
bman

Wah iya tumben gak bakar2an. Tapi bagus, disertain data2 juga jadi dilarang komplain…hehehehe..

22 09 2011
blackmax

…di #3 menuju #4, dimana RPM dituntut setinggi-tingginya,..

cbr na mungkin dah kena limiter rpm di 11rb yaa, 10,5rb dah mulai batuk tuh…xixixi..

7 06 2012
bro mantap

10 rb rpm cbr dan 10 rb rpm ninja jelas ga sama kecepatanya bro.. Bore stroke cbr jauh lbh besar, jd 10 rb rpm cbr dan 10 rb rpm ninja bisa jadi 10-20 km/jam lbh tinggi cbr dibanding ninja 250

22 09 2011
wahyudi

mantabs ulasannya, kapan ya beli ninja 250…….

22 09 2011
zenatik

tolong dong om informasikan detail ubahan atau modifikasi motor masing2x kayaknya dah ga standard semua yang di test.

23 09 2011
akibdg

ini artikel berseri bro
di artikel sblmnya udah ada penjelasan mengenai
motor masing2..silahkan searching

22 09 2011
smartf41z

bro. ga ada ulasan pengetesan keakuratan bacaan speedo vs gps ya

22 09 2011
smartf41z

bro ga ada ulasan perbandingan kecepatan antara speedo vs gps ya.

22 09 2011
rifo_stooner

cbr nya masih setandar ting ting masih inreyennn

22 09 2011
yudibatang

wah bang benny bisa pasang dirumahnya nih..bunyinya seperti ini : “BangBenny asli solo menerima jasa ukur performa motor ” Buka jam 9-12 malam .. xixixii.. :mrgreen:

http://yudibatang.wordpress.com/2011/09/22/pengalaman-solo-riding-di-rubung-lelembut-dijalan-wonogiri-ponorogo-jawa-timur/

22 09 2011
bennythegreat

Weleeh..tadinya mau pasang iklan “Terima Sedot WC”..atau “Badut Sulap”

23 09 2011
The Kube Mp3 Player

wah hebat bang..perhitungannya mantap

24 09 2011
4201journey

kalo buat turing daerah yg berbukit-bukit, enak pake cbr250, kalo buat pantura… Lebih ngejoss pk n250r…

28 09 2011
chi

vote CBR250 ah ,, cocok bwt ane !!!!!!!

16 10 2011
wanto

vote bwt @chi:gue milih loe drpd milih cbr 250

28 11 2011
Haris Aris

Gue setuju ama bang Ben,soalnya N250 R punya gue emang ganas diputaran atas suara mesin halus,minim getaran,dan akselerasinya mantap.gue mau tanya nih ama Bang Ben? ban ukuran 160 masuk ga ya diban belakang N250R terus plek standar perlu diganti ga buat penyesuaian?mhn petunjuk..

16 01 2012
pengemar _cb

mending pake cb ajah…
ninja ma cbr ajah gag brani tuch ngelawan…

hahahaha…

17 01 2012
Widodo

Numpang tanya,sy pngendara sorpio,sy di aceh,tp asli sy jogja,sy mw tny: brp kcptn max scorpio standard ? Trims tlng ksh pncrahan….

19 01 2012
Agung

Buat pak Widodo : Kalau BekJul vs N250R menang Bekjul lah terutama pas tikungan dan Razia… jaka sembung

9 02 2012
Sigit Herbal

bagus keneh astrea prima th 1989

9 02 2012
Sigit Herbal

bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss.

17 02 2012
CBR 250 Repsol Edition Itu Akhirnya DIJUAL…Apa Sebabnya…?? « bennythegreat.wordpress.com

[...] Masih ingat dengan bro AR sang pemilik CBR 250 Repsol edition yang sering ngangkring di kopdaran PRIDES? Yup, beliau bisa dibilang salah satu pemilik awal CBR 250 dengan livery Repsol edition. Sayangnya waktu ane iseng bikin komparasi akselerasi motor di MKT tempo hari, ane gak sempat test ride motornya. Padahal motor bro AR sudah menggunakan muffler Yoshimura yang khusus dibuat untuk CBR 250. Akhirnya ane memakai CBR 250 milik bro Gobe..hehehe..Artikel selengkapnya silakan dibaca di sini. [...]

17 02 2012
25 02 2012
Leon

Setuju.. karakter dr lahir emank udah beda selisih antara HP dan Torsi, “JELAS” ada kelebihan dan kekurangannya antara CBR250 dan Ninja250…
kebanyakan org gak memahami apa itu Torsi, hanya melihat sisi HP.. kalo besar artinya Kencang.. padahal antara HP dan Torsi masing2 punya pengaruh besar…
ibarat naik speda dgn gear besar dan kecil… bisa dirasain sndiri waktu start awal dan saat sudah mulai jalan cepat…
apa masih berfikir torsi itu gak penting? atau torsi hanya dibutuhkan di medan yg banyak tanjakan?

7 03 2012
Herman

Sekilas info

Menurut pengetesan Motorcycle-USA

(baca : http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-153181.html?s=3ba78bd303099bc74f5eb59e62dbbab9 )

CBR 250R membutuhkan waktu 8,5 detik untuk nge-Drag dari 0 km/jam sampai 100 km/jam (60mph)
Ninja 250R membutuhkan waktu 7,7 detik untuk nge-Drag dari 0 km/jam sampai 100 km/jam (60mph)

Konsumsi bahan bakar CBR 250R adalah 64.7 mpg ( 27,5 km/liter) sedangkan Ninja 250R hanya sanggup 49.1 mpg (20.9 km/liter)

18 06 2012
Rzi

sumpah ini komparasi yang terbaik yang saya baca di Internet. trimakasih mas Ben

13 07 2012
Aditt

Kalo cbr 250 ganti cdi yg no limit .larinya bisa lbih kencang gak yah

13 07 2012
Aditt

Sedangkan cbr 250 punya saya standrnya aja bisa tembus 165 km/jam. Memakai ban standar .klo ban belakang disamain dg ukuran n250 130/70 mungkin bisa tembus 170 km/ jam. Apalagi pke cdi racing wah bisa lebih sangar tuh..

27 09 2012
danz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: