Multi Moda, Lintas Tema bersama #XLNetRally

16 07 2012

Pak Hasnul Suhaemi, Dirut PT. XL Axiata, Tbk. membuka XL Net Rally

Ini adalah kali kedua ane dan Komunitas Otoblogger Indonesia mengikuti event dari PT. XL Axiata Tbk (XL). Event yang sejatinya adalah anjuran dari pemerintah untuk melakukan uji jaringan telekomunikasi menyambut liburan Lebaran ini diterjemahkan oleh penyedia layanan telekomunikasi yang kantor pusatnya terletak di kawasan Mega Kuningan dengan mengadakan event asyik yang melibatkan para blogger. Khusus dari Otoblogger Indonesia, peserta tahun ini adalah Edo Rusyanto, Fajar Dinihari, Henry Parasian, Azdi Dahlan,sementara itu Eko Deby dan Rahman Teguh turut bergabung begitu kami tiba di Jogja.

Part.1 – Scenes from a memory

“This is all about good times and experience…!!” Demikian batin ane kala memasuki taxi yang mengantar ane ke Stasiun Gambir sekitar pukul 6 pagi. Sepanjang perjalanan, flash back akan XL Net Rally tahun 2011 kembali terlintas. Teringat bagaimana para OBIwan (sapaan khas anggota Otoblogger Indonesia) menyusuri jalur pantura uji jaringan sambil melakukan live tweet ketika beristirahat. Acara lantas berlanjut dengan tips mudik dalam obrolan khas Obsat di Semarang. Seru…!!

Touring XL Net Rally 2011

Dan.. kali ini semua berubah, namun ada satu hal yang ane perhatikan yaitu XL tidak lagi mengadakan uji jaringan dengan menggunakan sepeda motor melainkan dengan transportasi multi moda..dimulai dengan kereta api, bis dan kembali pulang dengan pesawat. Tampaknya XL sangat memperhatikan rekomendasi OBI bahwa sejatinya sepeda motor tidaklah layak digunakan sebagai kendaraan mudik. Dan rekomendasi dengan spirit road safety tersebut seolah mengejawantah dalam XL Net Rally 2012 ini. Salut…!!

OBIwan bersama Pak Hasnul Suhaemi

Part.2 – The Happy Train

Bermodal tantangan dari Pak Hasnul Suhaemi, Direktur Utama PT. XL Axiata Tbk dalam sambutannya ketika membuka event XL Net Rally untuk menguji kualitas jaringan XL sepanjang Jakarta – Semarang – Jogja, kami memasuki gerbong kereta api dengan antusias. Perjalanan di atas moda transportasi rel menuju Semarang  menjadi semarak dengan riuh rendah canda tawa para blogger dan juga MC kocak bernama Tommy Prabowo. Di atas gerbong eksekutif ini terungkap kisah bahwa bro Fajar Dinihari ternyata baru kali ini naik kereta api. Canda tawa pun tak terhindarkan..barangkali di gerbong ini para OBIwan lah yang paling berisik..hehehe.. Setelah lelah bercanda-tawa, kegalauan pun tak terhindarkan ketika lagu dari Padi bertajuk “Perjalanan” terlantun. Nikmat rasanya menikmati lagu ini sambil memandangi kilatan suasana di balik jendela kereta..

OBIwan berpose di Stasiun Gambir

Part.3 – Menguak Portal ke Alam Maya

Dengan menggunakan moda transportasi rel, ini berarti kesempatan ane untuk mengeruk ilmu mengenai jaringan telekomunikasi menjadi lebih banyak. Terlebih di gerbong istimewa ini, XL menyediakan layar LCD yang menyajikan informasi mengenai kualitas jaringan XL sepanjang perjalanan dengan menggunakan software TEMS.

Di mata awam seperti ane, software ini menunjukkan bahwa sejauh rute yang sudah ditempuh, garis hijau yang terbentuk dari titik-titik kecil itu membentang sepanjang rute rel. ini berarti jaringan 3G XL tak putus sepanjang jalur kereta.

Adanya blankspot alias wilayah yang terjangkau sinyal terdeteksi sewaktu kereta memasuki wilayah pinggiran pantai dan juga mendekati Alas Roban. Gak tahunya itu dialami oleh seluruh operator seluler..!! Informasi dari bro Adham, hal ini disebabkan karena kontur muka bumi yang berbukit menghalangi jangkauan sinyal.

Pak Asep, Manager Optimasi XL menjelaskan uji jaringan dengan software TEMS sepanjang perjalanan

Bicara kualitas jaringan bagi ane berarti bicara availability (ketersediaan). Berapa ketersediaan jaringan XL sepanjang rute XL Net Rally Jakarta – Semarang – Jogjakarta ini? Dengan tegas pak Asep, salah satu ahli IT di XL menjawab “di atas 95%”. Wah seru nih..patut dibuktikan…!!

Ane segera beralih ke dunia maya. Via twitter ane memantau lini masa dan memantau jaringan sinyal 3G via Blackberry 9650 alias Essex. “Jaringan sinyal yang buruk bakal menguras baterai bro, karena handphone akan melakukan extra effort untuk mencari sinyal” demikian kata bro Adham dari XL. eh tapi kalau coverage sinyalnya bagus ya harusnya baterai tetap irit…!!

garis hijau menunjukkan eksitensi sinyal 3G XL sepanjang perjalanan

Part.4 – Berkenalan dengan @XLCare

“Ow..sekarang complain, kritik, saran bisa disalurkan secara real-time via Twitter demikian selentingan dari kalangan blogger yang ane dengar ketika Ranger ^Ik dan ^Al, sosok ayu bin muaniss di balik akun Twitter @XLCare menjelaskan mengenai layanan XL Care. Ranger adalah sapaan di Twitter bagi punggawa XL Care yang sedang bertugas online mengasuh akun twitter @XLCare . Intinya sih sederhana saja, kapan saja pengguna XL merasa penasaran akan satu hal seputar jaringan XL hingga setting di handset, tweet saja sambil mention @XLCare pada hari dan jam kerja. Solusi pun bisa segera didapat.

Yah..gak heran juga sih, karena para Ranger @XLCare ini rata-rata adalah techie geek yang memang antusias dan hobi dengan dunia gadget. Sist ^Ik adalah pemakai setia Iphone, sementara itu sist ^Al sepertinya sudah paham betul mengenai Blackberry. Jadi buat yang penasaran, silakan tanya-tanya ke @XLCare.

mejeng dulu sama Ranger ^Ik dan ^Al

Part.5 – Make new friends in Luxury Bus

Setiba di stasiun Semarang, info menyebutkan bahwa kami akan melanjutkan perjalanan dengan bis. Rasa penasaran timbul ketika mendengar bahwa 1 bis hanya diisi maksimum 12 orang saja. Awalnya ane pikir…aah ini paling naik bis segede Metromini, kalau diisi 12 orang enak nih lega. Namun bayangan ane salah…

Di lapangan parkir Stasiun Semarang sudah menanti 5 bus besar, 3 unit diantaranya adalah bis super mewah yang disediakan khusus untuk para blogger…!!

Ane dan bro Azdi ditempatkan di bus 3 bersama para blogger kondang lintas tema..sebut saja Mbak Wiwik @wiwikwae, Mbak Chichi @Chicme, Om Ded aka @IDberry, kakak Ronal @WOWKonyol. Dan juga oom @Kelakuan ditambah lagi Ranger ^Ik dan ^Al yang semuanya kocak-kocak dan bocor. Tak perlu waktu lama untuk mengubah kecanggungan di awal perkenalan menjadi sebuah “kebocoran”.

Semua berawal dari kebosanan kami karena lagu-lagu karaoke di dalam bus kok terlalu tua bagi para blogger lintas tema yang masih muda dan unyu-unyu ini. Aksi sabotase pun tak terhindarkan. Oom Dedy segera mengulik Karaoke system di bus dengan Blackberry Playbook. Hasilnya..kami bernyanyi bersama penuh gumbira..eh gembira.. sebut saja lagu-lagu dari Barry Manilow, Maroon Five, Aerosmith hingga Katy Perry menjadi “theme song” suasana di bus 3. Teman baru, suasana baru..asyiknya rame-rame.

karaoke seru di bis 3 bersama para blogger kondang…!!

Part.6 – Kopi Joss, Gudeg dan Pepito

Sampai di Grand Quality Hotel, bro Eko Deby dan bro Rahman Teguh sudah menunggu di lobby. Setelah bersenda gurau di kamar hotel rupanya masih ada waktu sebelum beristirahat nih..Enaknya keliling Jogja berwisata kuliner, sepanjang perut masih muat ya hayuk wae…

Tujuan kami adalah kopi joss di dekat Tugu. Well..jujur saja, ini adalah first culinary experience ane mencicipi kopi yang berisi arang panas di dalamnya. Rasanya..yah, cukup segar. OBIwan tampaknya belum cukup puas mencicipi kopi joss. Mobil lantas kami bajak mencari gudeg. Atas arahan bapak sopir yang ternyata orang Jogja asli, kami dibimbing menuju Jl. Gadjahmada, di sana terdapat warung gudeg Permata yang kabarnya kesohor di Jogja.

kopi joss khas Jogja

Selagi menanti gudeg, datanglah rombongan pengamen yang tampaknya berskill tinggi..Eyang Edo mengeluarkan lembaran duapuluh ribuan dan mempersilakan kami pesan lagu. Wah..kesempatan nih, mau pesan lagunya Dream Theater kayaknya terlalu hot, yasudahlah..ane pesan lagu Pepito, sementara eyang pesan lagu Iwan Fals berjudul Denting Piano.. suasana semakin mantab ketika tembang tersebut dimainkan mengiringi ritual makan gudeg nan lezat..

OBIwan menanti Gudeg Permata

Part.7 – Obsat Begin

Di hari kedua, Obrolan Langsat diadakan selepas makan siang di Liquid Café. Acara siang ini rupanya dikhususkan untuk blogger. Selain para blogger dari Jakarta, sudah menunggu pula blogger dari Jogja hingga Surabaya.

blogger kumpul!

Di acara diskusi dan presentasi ini rasa penasaran ane terjawab mengenai availability sinyal XL sepanjang perjalanan Jakarta – Semarang – Jogjakarta. Ternyata ketersediaan coverage sinyal XL adalah 95% pada rute kereta dan jalur darat yang telah kami lewati. Ini artinya tantangan Pak Hasnul Suhaemi mengenai “Tetap terhubung selama perjalanan” bukan sebuah lip service. Oke lah kalau begitu…!!

Pak Asep menjelaskan seputar uji jaringan XL

Coverage sinyal XL di wilayah Jawa Barat dan Tengah

Di hari kedua ini ane berkenalan pula dengan mbak Trinity @TrinityTraveler, penulis buku kondang berjudul “Naked Traveler”. Barangkali apa yang ia lakukan adalah impian semua orang. Bagaimana tidak..pekerjaan utamanya adalah berlibur dan menulis kegiatan liburannya. Session presentasi dari mbak Trinity memberikan beberapa tips untuk blogger yang akan menuliskan perjalanannya.

berpose bersama mbak Trinity

Bagi mbak Trinity, yang penting nikmati perjalanan tersebut. Jangan berpikir untuk ngeblog sambil traveling. Meskipun demikian tweeting di Twitter tidak masalah untuk merekam perjalanan karena sifatnya micro blogging yang tidak menyita waktu. Nah, disinilah peran operator seluler yang sinyalnya handal sangat diharapkan. Masa mau ngetweet tapi sinyalnya timbul-tenggelam? Setelah traveling, mbak Trinity biasanya akan mencari tempat sepi untuk menuliskan catatan perjalanannya baik itu di website http://naked-traveler.com/ atau di buku buatannya.

OBIwan berpose di depan Liquid Cafe

Usai acara di hari kedua ini, kamu pulang ke Jakarta menggunakan pesawat terbang menuju Jakarta.. Moda transportasi ketiga yang kami gunakan..

So..lengkaplah sudah catatan perjalanan ane..terima kasih kepada PT. XL Axiata atas pengalaman-pengalaman pertama yang berkesan. Sampai jumpa di tahun berikutnya…!!

OBIwan berpose dengan latar jalanan Jogja

This slideshow requires JavaScript.


Aksi

Information

9 responses

16 07 2012
ipanase

XL wow

16 07 2012
fajardinihari88

serangan magrib menjelang 17 Juli :mrgreen: :D :D

17 07 2012
dnugros

Weleh, ngiklan ni ye. Tak pikir di Jogja sampean diboikot, ternyata, syukurlah kalo gitu. :-D

17 07 2012
Aa Ikhwan

ajib

17 07 2012
peak

rangernya bening…………

17 07 2012
Jaka

wahh enaknya yo,,

17 07 2012
kong firman

763,94 ntu kecepatan pesawat nya ya,um ben??

17 07 2012
bennythegreat

Betul bro

21 07 2012
suryadihafid

Reblogged this on suryadihafid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.749 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: