Kecelakaan Tabrak Lindas dan Slonong Boi Lagi Ngetrend Bero..

30 07 2012

wilayah rawan laka (sumber: Edo Rusyanto)

Daripada bahas motor baru atau motogp yang rasanya #TerlaluMainstream..mending bahas yang lain sajaaa..

Belakangan ini alias beberapa tahun terakhir seiring meningkatnya populasi kendaraan bermotor entah itu roda empat atau dua (dan juga tiga) :mrgreen: Angka kecelakaan juga pastinya meningkat dan jalanan bak medan pembantaian. Sesuai informasi dari eyang Edo Rusyanto, mayoritas masih didominasi faktor kelalaian manusia.

laka tabrak-lindas di Gadjahmada (sumber: detikfoto)

laka tabrak-lindas di Gadjahmada (sumber: detikfoto)

Tabrak-Lindas

Nah, kecelakaan yang lagi ngetrend adalah tabrak lindas. Ini sih istilah yang ane pakai saja. Sebenarnya Tabrak lindas adalah sebuah jurus bentuk kecelakaan dimana korban mengalami ketidak-stabilan berkendara sehingga jatuh dari kendaraannya, lantas dari belakang langsung dihajar kendaraan lain sehingga korban sukses terlindas.

Sejauh pengamatan ane, kejadian kecelakaan ini terjadi pada jam-jam kerja alias lalu lintas sedang lumayan padat dan memungkinkan kendaraan untuk bergerak dengan kecepatan relatif tinggi sehingga sudden braking sulit dilakukan.

Tengok saja kecelakaan tabrak lindas yang baru saja terjadi di Gadjah Mada dimana pemotor jatuh tersenggol mobil sejuta umat aliat Avanza lantas terlindas bis Transjakarta, atau yang paling lama adalah ketika pengendara Vario jatuh karena oleng akibat terkena penutup gorong-gorong yang tidak rata, lantas terlindas bis kota.

Melihat kasus-kasus tersebut ada modus dimana pengendara terganggu kestabilan berkendaranya akibat faktor eksternal, lantas celaka. So, dari kacamata ane ada beberapa tips yang dapat dilakukan..

  • Pantau spion secara kontinyu, minimal setiap 5-7 detik. Usahakan jangan sampai berada tepat di depan kendaraan lain. Yang motornya gak pakai spion, semoga lekas MAMPUS!
  • Jauhi kendaraan berat, jika tidak mungkin mendahuluinya, jaga jarak sejauh mungkin dari kendaraan tersebut.
  • Jangan panik ketika tersenggol kendaraan dari samping, rem perlahan dan jangan langsung banting kemudi.

laka slonong boi Mercedes tabrak pejalan kaki

Slonong Boi

Bentuk kecelakaan ini sudah lama, namun kembali dipopulerkan oleh Afriyani yang sukses mencabut nyawa 8 orang di dekat halte Tugu Tani, Jakarta. Baru-baru ini sebuah Mercedes Benz yang dikemudikan Darsan sukses mencabut nyawa seorang pejalan kaki di dekat bundaran HI.

Dari pengamatan ane, waktu terjadinya kecelakaan-kecelakaan tersebut adalah di waktu dini hari. Pada waktu-waktu ini, para pengemudi mobil yang siangnya stress bin bete akibat terjebak macet merasa gegap gempita bin gembira ria pada waktu dini hari dan memacu mobilnya sekentjang-kentjangnja.. Akibatnya lupa mengerem.

Ane sendiri pernah nyaris jadi korban Slonong boi sebuah BMW yang gagal mengerem di lampu merah Jl. MH. Thamrin menuju arah Monas. waktu itu dari belakang sudah terlihat sebuah BMW kejar-kejaran dengan Mitsubishi Lancer..Si Lancer sukses melewati lampu hijau, namun mendadak lampu merah menyala dan si BMW gagal mengerem.  

Akibatnya tiga buah motor di sebelah kanan ane sukses tertabrak. Pengendaranya terpental belasan meter..untunglah masih hidup semua dan masih bisa menghancurkan mobil BMW tersebut. Ane sendiri yang kaget..sukses memberi sebuah ketupat bengkulu ke arah hidung sang sopir yang disinyalir sedang mabuk itu..hasilnya..ada kecap keluar dari hidungnya.. #eh..

Nah, dari kasus-kasus slonong boi ini, sang pengendara mobil ngebut memang tak bisa ditebak arah bikin cilakanya..dari mulai orang duduk di trotoar sampai orang minum kopi aja bisa disikat.. So, tips yang bisa dirangkum adalah sbb:

  • Jangan berkendara di malam hingga dinihari, pada waktu ini banyak pengemudi yang baru selesai dugem alias mabok dan berkendara seenak udel…!! So, lebih baik kita tenang di rumah saja.
  • Di wilayah tertentu yang mengandung jalan mulus dan lurus, banyak pemilik mobil sport yang gemar betot gas, misalnya di Jl. Lingkar Mega Kuningan, Jl. MH Thamrin hingga di BSD..Kalau ada yang begitu, lapor polisi aja deegh..
  • Kalau ada mobil yang ngebut dan maksa minta jalan, kasih lewat aja..biarkan ia celaka..

Okeh..semoga ente-ente semua bisa terhindar dari ulah pengguna jalan tukang bikin cilaka…!!

About these ads

Aksi

Information

21 tanggapan

30 07 2012
Aa Ikhwan

ajib ngerinya om…

30 07 2012
bapakeVALKYLA

dini hari??
kalo gak mabuk ya abis dugem…

30 07 2012
aobay

nice info bro

30 07 2012
ken39

yg motornya keren tapi spionnya dilipet didoain apa ?

30 07 2012
bennythegreat

didoain “semoga lekas MAMPUS”

30 07 2012
ken39

berkurang satu lawan dijalan :D

30 07 2012
Jaka

semoga kita senantiasa diberikan keselamatan bro,, :)

30 07 2012
Triyanto Banyumasan

nglike biar tidak jd komentator yg #terlalumainstream

30 07 2012
bennythegreat

Hush..hush..

30 07 2012
Adhitya Ramadian

jauhi tipe2 pengendara alay

30 07 2012
Rei

skarang kaya ga ada rem kendaraan” skarang *tepok jidat

mau nyebrang jalan aja aku #galau

30 07 2012
ax125

Temen ane tadi siang jaruh ampir kelindes daihatsu oom
Bahaya bener temen ane

31 07 2012
31 07 2012
dumsky

“Yang motornya gak pakai spion, semoga lekas MAMPUS!”

hahahaha…like this

31 07 2012
Pegawai BYM

Ayo para riders, bikers dan pengguna jalan bacalah tips-tips dari Mas Benny ini. Kurangilah kecerobohan dari diri sendiri. IGD RSCM memang selalu terbuka untuk menerima para korban. Namun kapasitas rawatnya ada batasnya juga, kalo tiap hari di IGD RSCM masuk 120 orang, rata2 yang kecelakaan lalu lintas 20-an orang. Salam Sehat BYM.

31 07 2012
31 07 2012
ipanase

untung renek sing wani karo lek benny
. bebek 20 jutaan, mau beli?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/31/suzuki-satria-f150-special-edition-cuma-main-warna/

1 08 2012
Kitaro

“Yang motornya gak pakai spion, semoga lekas MAMPUS!”
quote of the day bro…
setuju 1000% bro…

pernah gw diketawain teman, katanya ngapain pake spion 2 biji di motor ninja lagi.. gw pikir so what gitu lho.. motor2x gw lage.. lagian spion itu dirancang ENGINER PABRIKAN (sekali lagi enginerr ya bukan tukang becak) demi safety si rider..

eh sampai tangan konsumen malah dicopot tuh spion.. memang banyak yg sok tahu..merasa punya nyawa 9 kali y.. bilang spion gak penting lah.. bla…bla..bla.. ya. gak heran banyak alay mati konyol di jalan..

1 08 2012
gogo

tragis. kecelakaan bs terjadi krn apapun jg.
keep safety n waspada.. ,ayo pada berdoa..

1 08 2012
NDre

Negeri tambal sulam, liat aja kualitas jalannya

27 06 2013
jreng2

“Di wilayah tertentu yang mengandung jalan mulus dan lurus, banyak pemilik mobil sport yang gemar betot gas, misalnya di Jl. Lingkar Mega Kuningan, Jl. MH Thamrin hingga di BSD..Kalau ada yang begitu, lapor polisi aja deegh..”

ha100x……mmgnya ad ngaruh lapor ke orang dongo,enak didie dong,duduk nangkring di pos,ngerumpi kyk ibu2 pkk,trs kite ksh laporan,trs dpt mangsa si hama….dapat uang haram….sory…mikir 1000x gua nglaporin bgitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: