Menarik Benang Merah Antara “Safety Riding” dan Aikido

17 09 2012

Well..pagi ini begitu buka email, ane mendapatkan kabar bahwa wakil dari sebuah pabrikan anu berhasil menjuarai kompetisi safety riding di negara anu. Sejenak jidat ini mengernyit membaca press release tersebut..

***

Basic Riding Course bersama JDDC dan IBS-88

Memori sejenak berkelana ke masa-masa ketika mengikuti beberapa pelatihan safety riding dari beberapa organisasi dan lembaga. Memang..perjalanan setiap rider dalam mengumpulkan pengalaman safety riding berbeda-beda, dan bagi ane setelah sekian kali mengikuti pelatihan – yang katanya berjudul Safety Riding Course hingga Advance Riding Course – ndilalah kok ya ujung-ujungnya di-kaffahkan bin di-khatamkan dengan pemahaman dari senior-senior di Road Safety Association yaitu mengkomprehensifkan pemahaman aman berkendara dengan tiga pilar utama yaitu Rules – Safety – Attitude, dan sedikit demi sedikit mulai melengserkan istilah “safety riding” menjadi “road safety”.

Safety Riding Course Pulsarian

Segitiga RSA hasil rembukan kawan-kawan di RSA yang mana juga berasal dari berbagai komunitas dan klub otomotif cukup kaffah untuk mengemas pemahaman komprehensif yang dibutuhkan oleh pengguna jalan.

segitiga RSA

***

Okeh..itu sedikit scene from a memory..sekarang kembali kepada “perlombaan safety riding” tadi. Tentunya ane tidak cukup bodoh untuk mentah-mentah melakukan parafrase apalagi menyalin ulang alias copy-paste press release tersebut ke dalam sebuah artikel. Ini karena isi press releasenya membuat otak ane gatal, sehingga perlu ditumpahkan kegatalan tersebut..

Melihat esensi dari “safety riding” sendiri dari kacamata ane secara mudah adalah sebuah ilmu berkendara agar aman selamat sampai tujuan. Ini berarti bagaimana mengejawantahkan pemahaman terhadap peraturan lalin, skill berkendara dan juga attitude ke dalam sebuah ikhtiar dari awal hingga akhir perjalanan. Lebih dalam lagi, artinya safety itu berarti menghindari “resiko”, berarti bersikap defensif terhadap potensi bahaya dari lingkungan selama perjalanan.

miring bukan asal miring, ini melatih diri untuk mengetahui seberapa jauh kita mampu bermanuver

Sampai sini ane garis bawahi kata “defensif” yang berarti membela (melindungi) diri dari bahaya (resiko).

Dengan pemahaman ini lantas ane pertemukan dengan kegiatan “lomba safety riding” kok rasanya ada yang aneh.. Bagaimana bisa ada perlombaan untuk menjadi paling safety…?? Well…tapi kan pemahaman orang berbeda-beda..untuk itu ane mencoba berempati bahwa mungkin ini hanyalah masalah istilah saja.. Bagi ane sih lebih tepat kalau disebut “Riding Skill Competition”. What do you think…??

***

Nah sekarang kita berkelana ke alam lain yaitu seni bela diri..

Aikido, sebuah cabang bela diri yang ane pelajari belakangan ini, turut menyumbang pemahaman akan keamanan berkendara.. Singkat cerita, awal ane berkenalan adalah ketika ada teknik Aikido bernama “ukemi” alias koprol yang dapat digunakan untuk menyelamatkan diri seandainya kita terjatuh dari motor. Oke..itu hanya secuil ilmu yang membuat ane tertarik.

Lama-kelamaan filosofi Aikido yang berasal dari kata “Ai” (cinta kasih), “Ki” (energi dalam diri), dan “Do” (cara/jalan/metode) mulai merasuk dan kadang membuat diri merenung. Dengan berbagai teknik yang merupakan pengejawantahan dari Ai, Ki dan Do rupanya memiliki proses pembelajaran yang mirip seperti belajar Safety Riding Course.. Ada esensi dan filosofi, juga ada manifestasi.. Memang ada beberapa teknik dari Aikido yang dapat mencederai lawan, namun dari awal, O-Sensei Morihei Ueshiba tidak pernah mengajarkan untuk melukai lawan…!! Dan tidak pernah ada itu yang namanya lomba ataupun turnamen Aikido…!!

Sejauh ini juga yang ane tangkap dari Aikido adalah, bagaimana cara bersikap defensif dan tetap tenang. Rupanya berguna juga ketika ada di atas motor.

ukemi, berguna untuk melindungi diri

***

Seutas benang merah yang dapat ditarik dari keduanya adalah sikap defensif (menahan diri, melindungi diri). Nah, dengan berbagai uraian di atas, bagaimana mungkin ilmu yang digunakan untuk membela dan melindungi diri diperlombakan.. Jika diperlombakan..Apakah berarti yang menang itu menjadi paling safety dan yang kalah lantas menjadi tidak/kurang safety?

Yah..artikel ini hanyalah uneg-uneg ane saja yang menjadi konslet ketika ada berita bertemu dengan pemahaman ane. Kalau yang lain tidak merasa konslet dan lantas mentah-mentah tulis artikel bin press release yah silakan sajaaa.. bukankah pinter-bodo itu uwesss ono sing ngatuuur… iya toooh..??

Urusan pemberitaan dari pabrikan memang terkadang membuat silau dan melunturkan sensori skeptisme bin kritis seseorang..dan kadang memang layak disebut sebagai PEMBODOHAN OTOMOTIF. Harapan ane sih semoga saja yang disebut-sebut “safety riding” itu tidak melulu membahas skill berkendara saja. Lhaa..opo kita ini harus memiliki skill sekelas pembalap dalam perjalanan sehari-hari? Kan ya ndak.. kecuali bagi motorcycle enthusist yang ingin belajar lebih lanjutt.. Ya monggo memperdalam ilmunya agar semakin kaffah.. Bukan begitu?

 

About these ads

Aksi

Information

23 responses

17 09 2012
Aa Ikhwan

sip ajib om :D

17 09 2012
lanangbagus

:-)

17 09 2012
Cah Nglegok

haik…

17 09 2012
4_pple

Iku gur perlombaan safety riding om…
Nik dadi pertandingan safety riding lagi aneh lah….
Wkwkwkkkkkk….

17 09 2012
4_pple

Ǻƾέ♏º°˚˘˚°º>:O >:O
Nyangkut kabeh koment ku….

17 09 2012
17 09 2012
okkydimaz

onegaishimasu senpai…..

17 09 2012
xanteria

om ben, bisa minta referensi alamat buat join aikido (kalo bisa di kisaran depok). thanks

17 09 2012
bennythegreat

wa..ane kurang tau kalo di depok..yg pasti di JAMAC (Jakarta Martial Arts Academy) di Kemang ada tuh..

coba googling aje, yg ngajar Senseinya sama ky Sensei ane.

17 09 2012
REC*303

Luar biasa pemikirannya, salut!!!

17 09 2012
apand

konsep Safety riding sendiri memang termasuk Safety ride (kesiapan dan kelengkapan riding gear) dan Defensive riding (termasuk riding skill anticipation).. jadi gk salah menurut gw kalo dinamakan safety riding competition… karena mmg 2 unsur tersebut ada didalam makna safety riding dan dalam kompetisi safety riding semua diuji…

17 09 2012
bapakeVALKYLA

mantep om.

17 09 2012
Kambing

jadi intinya yg lain bodoh gituuu?

kalo dipikir-pikirr, iya juuuga seeeh…. wkwkwk.
asal publish aja gak pake kritis.

ente brilian banget oom. salut dweh.

17 09 2012
mr.you

eh jd inget ama iriminage,shomenuchi..apalagi ya ha..ha..jd inget masa lalu pernah belajar 2th 95-97.aikido bagus bro,efeknya perasaan terkejut hilang&jari,tangan bisa segede botol karna banyak latihan kuncian

18 09 2012
okkydimaz

katatetori ikkyo’

chudan tsuki kotegaishi

17 09 2012
dani

lahdalah..pantes kalo lagi berkendara santai dikemacetan trus ada beat sama mio uber uberan selap selip banting stir diantara mobil..mereka habis baca artikel blog sebelah tentang safety riding..paling bisa banting motor=juara
Paling bisa banting motor dijalan umum=sinting!
Jadi penerapan pabrikan tsb sudah benar2 ‘dipahami’ anak SMA dan SMP dijalan..
Woalah,lagi2 pencitraan ya om ben?ternak ya om ben?gapapalah,demi hits dan eksistensi..semua butuh makan om..entah gimana caranya..

17 09 2012
17 09 2012
andryberlianto

sepakat soal penamaan Skill Riding Competition ….
Lanjut Ben ……………..

18 09 2012
thebabubinal

kata ‘safety riding’ hanya ada diindonesia seh :)
biar lebih ‘mengena’

kayak iklan nyot nyot dikenyot nyot…….

18 09 2012
Adhitya Ramadian

aikido sekitar bekasi dan jakarta timur dimana?

18 09 2012
bennythegreat

search aja Jakarta Martial Arts Academy bro..

18 09 2012
Gogo

tepat ,bg yg pernah aktif n mendalami beladiri (MP, karate, dll) biasanya mmpun menyeimbangkan berbagai perbedaan yg ad.

23 10 2012
Donny Iskandar

aikido dimana bang? enryukai?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.780 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: