Balada Batagor Kolong Jembatan Penyeberangan

17 10 2012

Waktu : tanggal 2 Oktober 2012 sekitar jam 17.30
Lokasi : Di kolong jembatan penyeberangan di depan Hotel Kartika Chandra
Situasi : terdapat banyak tukang makanan seperti mie ayam, batagor, nasi goreng, bakwan malang dan nasi rames.

Inline image 1

(illustrasi: VivaNews)

Ane duduk tepat di depan tangga jembatan penyeberangan dengan lebar sekitar 2 meter. di tengah-tengah terdapat jalur landai yang kemungkinan dibuat untuk penyandang disabilitas.

Maksud hati ingin memesan semangkuk batagor, mengisi perut dulu sebelum mulai latihan beladiri di dojo kantor. Bersama ane terdapat 3 orang kawan yang juga kelaparan.

Semangkuk batagor baru jadi, dan suapan pertama baru ane masukkan..

Tiba-tiba seekor bebek lewat di depan ane dengan maksud naik ke jembatan penyeberangan. Sepertinya footstepnya menyenggol kaki kawan ane. Hampir saja piring makannya jatuh. Kawan ane ngedumel sebal.

Ane bilang "tenang aja bro, ntar kalo ada lagi gue kasusin.." (sambil geser bangku plastik agak ke depan agar pemotor yg mau nekad naik jembatan terhalangi)

Eh bener aja, ane baru selesai makan ada seekor bebek lagi lewat di depan ane sambil setengah memaksa.. terjadilah percakapan berikut:

Bebek: misi woi kasih jalan, mau lewat nih
Ane: kagak
Bebek: yeee..ngajak ribut lo! gue cari makan nih
Ane: Lah, ini gue lagi makan.
Bebek: minggir gak lo!
Ane: kagak.
Bebek: taik lo mau gue matiin lo! (turun dari motor, buka jok, entah ambil apa)
Ane: silakan kalo berani.
Bebek: minggir gak lo!
Ane: kagak, elo puter balik
Bebek: (putar balik sambil misuh-misuh gak jelas)
Ane: (lanjut makan)

Kawan ane ketawa-tawa aja. Eh..gak sampe 5 menit. Ada lagi pebebek yang maksa naik, yang ini badannya segede kang Rio.. :

Bebek: minggir gue mau lewat! (kali ini kasar neh)
Ane: kagak
Bebek: gue mau ke seberang woi!
Ane: ya elo puter balik aja di depan
Bebek: jauh goblok!
Ane; masalah elo.
Bebek. ngajak ribut lo!
Ane: kagak.
Bebek: ya udah minggir!
Ane: elo aja yang muter
Bebek: taik lo (tapi tetep muterin motor)
Ane: awas ye jangan kena kaki gue.
Bebek: taik juga lo! gue udah ngalah neh, jangan cari ribut
Ane: lah, elo yang salah, elo yang marah
Bebek: (sudah sukses putar balik di tengah kerumunan orang) ketika sudah jauh si bebeker ambil botol Fanta sambil misuh-misuh.
Bebek: lu mau ribut ayo lah.
Ane: ya elo aja kesini, pukul duluan kalo berani
Bebek: (misuh-misuh sambil dipegangi orang)
Ane: (ketawa-ketawa)
Bebek: (Akhirnya hilang entah kemana)
Ane: (pesan bakwan malang)

Kawan ane kali ini sedikit was-was. " tadi pas dia ambil botol udah mau gue sikat ben, untung kagak mulai duluan doi" hehehe..bener juga, sayang kagak mulai duluan. Kan lumayan ane dapat bahan latihan gratis.

Dan ketika ane balik badan, rupanya Sensei ane sudah ada di belakang sambil cekikikan. Rupanya baru datang dan dari tadi melihat semuanya "bagusss..baguss mau jadi jagoan lo ya" begitu katanya.

Dan di sebelah ane ada orang nyeletuk "ini bang bennythegreat blogger ya?" ane jawab "iya bro nama ente sapa?" dia jawab "Rohmat, mantab bang, harusnya ente hajar aja tuh orang!" katanya bersemangat.

Ane bilang aja "ya kalo gak mulai duluan jangan ditanggepin lah, makasih ye udah mampir ke blog ane.."

Gak lama kemudian, tukang nasi goreng berkata:

tukang nasgor: wah untung tadi yang naik jembatan bukan TNI bang, suka ada tuh TNI naik motor lewat jembatan sini

Ane: lah kalo TNI emang ngapa, polisi kagak berani bertindak?
Tukang nasgor: ya kagak berani bang.."

Eh, rupanya di situ ada polisi..ane baru sadar. Barangkali sudah sekitar 5 menit nongkrong di depan tukang sate, sepertinya habis menjaga jalur busway agar tidak kemasukan kendaraan lain.

Selang 3 menitan ada lagi bebeker yang maksa naik. Kali ini polisi bertindak, dia langsung menyetop si bebeker sebelum sempat mendekat ke mulut jembatan penyeberangan.

Terjadilah percakapan di antara mereka. Tak sampai 2 menit polisi sudah kembali. Ane tanya:

Ane: gak ditilang tuh pak?
Polisi: enggak pak, katanya lagi darurat, buru-buru tuh orangnya
Ane: ah masa bapak polisi percaya?
Polisi: yah daripada ribut saya lepas aja deh pak

Ane: ???

Yaah..kalo polisi lembek kaya mendoan begini, gimana lalu-lintas mau bener?

Tolong lah buat Polantas, bisa TEGAS gak sih!?

*emosi mode ON*

Aksi

Information

41 tanggapan

17 10 2012
bapakeVALKYLA

mereka belum tahu siapa Om Benny.. :D
mantab deh..

17 10 2012
yudijmc7

om benny adalah pahlawan pembela kebenaran :D

21 10 2012
bark.me

pembasmi kejahatan itulah dia.. :-D

17 10 2012
17 10 2012
SuRyA

Kirain bakal langsung maen tendang aja om ben hehehe

http://www.dk8000.co.nr

17 10 2012
sugiyantokenz

wahahaha parah emang jembatan penyeberangan dijakarta, lucunya design jalan naiknya itu bukanya semuanya anak tangga tetapi ditengah-tengah ada akses buat sepeda motor, gak tau tujuan utamanya buat apa tapi kayaknya design dari sononya buat kayak gituan, lebih parah lagi kalau mau nyoba jembatan penyeberangan di pondok pinang setelah pintu toll, waktu itu ane sama teman berenam iseng malem minggu nyeberang jembatan tersebut sampai dari kejauan terlihat ada bayangan gelap gak taunya setelah sampai tengah ada sepasang sejoli lagi mesum, anjrit batin gw nekat banget nih orang
http://sugiyantoblog.wordpress.com/2012/10/17/motorcycle-dengan-konfigurasi-mesin-vr/

18 10 2012
faze

akses itu bukan untuk sepeda motor om, tapi untuk orang2 difabel, terutama pengguna kursi roda.
kalo diluar negeri udah biasa fasilitas kaya gini ditempat2 yang berundak seperti tangga dll :)

18 10 2012
velanrynstef

tujuannya untuk memudahkan akses kaum difabel, jadi yang motong ****nya difabel :)

19 10 2012
bennythegreat

betul bro, seharusnya ane nulisnya “difabel” (different ability) bukan disabilitas..

trims koreksinya..

19 10 2012
sukab

itu untuk akses kursi roda mas… bukan buat sepeda apalagi sepeda motor

19 10 2012
sugiyantokenz

Oooo baru tau ane thanks bro infonya :D nice

17 10 2012
aru_kun

Hadeh :D

17 10 2012
17 10 2012
vanz21fashion

“Udah salah malah marah2″.

Namanya manusia, jaman skrg, apalgi d indo mah bohong om kalo cinta kebenaran, cintanya sama apa yg membenarkan dirinya. “Cinta kebenaran” mah cuma hal klise yg diteriak2in org yg baru bisa baca sama denger. Yg uda ngerti si gakan teriak2, tinggal eksekusi saza, sama sperti orang kaya bener dan orang kaya baru. Bgitula~~

19 10 2012
sukab

like this… :D

17 10 2012
Gundala

Kalau sepeda gimana peraturannya? Boleh gak ya naik jembatan penyeberangan? Soalnya gw sering naik jembatan tapi sepedanya gw tuntun gak dinaikin. Kalau motor mah gw tahu gak boleh, kalau sepeda boleh gak? Seandainya gak bole gw berhenti deh bawa sepeda naik jembatan, soalnya gw gak mau dianggap kayak para biker alay seperti cerita di atas

23 10 2012
adecahyapurnama

selama dituntun kayaknya boleh om..

17 10 2012
haryudh4

Dafuq! hahaha lanjutkan!

18 10 2012
gempakstar

fuhh.. sedapnya makanan..terlior saya melihatnya..jauh pandangn makin bnyak makanan pelik2 jumpe ye..hehe

18 10 2012
rider gunung MALINO

yeah …om benny beraksi…. :)

18 10 2012
rider gunung MALINO

wah om benny beraksi…. :)

18 10 2012
gelarossi

Mantap si om Ben ini… Cuma ironisnya, kok pada ga punya sopan-santun ya sekarang ini??? Liat dari percakapannya, tuh bebek minta lewat aja intonasinya dah bikin tensi tinggi. Hadeuh…

18 10 2012
Rei

coba smua orang di Indonesia ini tertib seperti sampeyan
aman tentram damai sentosa,makmur terjamin Indonesia
kaga butuh yg namanya pulisi tidur
:mrgreen:

19 10 2012
whitesmilee

kita butuhnya beruang tidur seperti om ben aman sentosa deh dijamin :mrgreen:

18 10 2012
Bakul-Tralis

boong juga pada ga tau…. :mrgreen:

18 10 2012
kong firman

bagus.. Bagus… Mao jdi jagoan lu??? :lol:
Tertunduk malu sambil makan bakwan malang… :mrgreen:

18 10 2012
ALKUR

Bwahahahahaha…. ane ngakak abis bang Ben… :D
ga tau kenapa, ane demen banget baca ni artikel… ini sampai ane nulis comment, udah ane baca 4-5x nih artikel dan udah ane share ke beberapa temen ane … bwahaha ngakak abis ane :D
Lanjutkan bang Ben, aturan harus ditegakkan, emang banyak mental kacau berlalu lintas di Jakarta ini, lumayan kalo beberapa di kasi pelajaran :D

Btw bang Ben, Istri dan Iron Hide udah sembuh pasca kejadian di Sudirman?
Cerita2 donk bang Ben…

Cheers…

19 10 2012
bennythegreat

alhamdulillah udah sembuh bro, tapi Ironhide ada sedikit baret.. :(

18 10 2012
jnakawara
19 10 2012
whitesmilee

daripada urusan ma om beruang mending puter balik deh :lol:

20 10 2012
jaos_konsumen biasa

muantapp…..hahahah

20 10 2012
yucos

di blog sampean ada kategori untuk panggilan pengendara motor ya :D
Kalo naik motor bebek = ya dipanggil “bebek”
kalo naik motor batangan = dipanggil bikers

22 10 2012
ken39

KAGAK…. :D

25 10 2012
Rulluu

Untung bukan Bencong TL Ben yang Liwat.. wuixixixixixi…
kalo beneran bencong yang Liwat trus lo Halangin, trus elo di cium²in di cipok basah trus di.. ****### auk dah.. bahaya ngebayanginnya xixixixixi :p
~~@@

30 10 2012
terong amnesia

bhuahaahahha… sempat mikir gitu… beruang digerayang bencong terangsang… :mrgreen:

26 10 2012
azrielnation

sebenarnya jalur landai ditengah jembatan penyebrangan itu diperuntukan oleh pengguna sepeda, bukan difable. Karena sudutnya yg curam ga mungkin naik kursi roda sanggup nanjak. Buat perbandingan, tanjakan di penyebrangan busway itulah sudut maksimum kursi roda bisa naik. Tp kl landainya segaris sama anak tangga normal itu ga mungkin buat mereka.

motor naik lewat tangga penyebrangan ya sebenarnya bisa dibilang abu abu. Jalurnya memang ga salah, karena memang diperuntukan buat motor kecil\sepeda untuk berputar arah tanpa masuk jalur cepat, yg salah itu adalah untuk akses jalur tersebut musti naik trotoar. Jd rada lucu, mungkin main caplok standar desain si kontraktornya tanpa tahu sebenarnya jalur itu untuk apa.

untuk difable itu, standarnya 1:15 – 1:12. Sedangkan motor mobil sudutnya 1:8-1:5. Artinya untuk ramp difable, jika ingin naik 1 meter, maka dibutuhkan 15-12 meter panjang lintasan.

29 10 2012
joko

hmmm gimana kalo senadainya bagian yg rata tersebut gak ditaroh tengah tapi agak ke pinggir memang sih agak merepotkan pagi pendorong kursi roda namun motor akan mikir 7 kali biar stang setirnya gak nabrak pembatas jembatan, kalo masih maksa dan nabrak pegangan jembatan kan lumayan tuh buat tontonan akrobat

31 10 2012
tanaman obat

untungnya di daerah ane kagak ade jembatan penyembrangan, jadi ga masalah kagak ginie nich

30 11 2012
@TMCPoldaMetro, Operasi Zebra atau OPERASI KELEDAI? « bennythegreat.wordpress.com

[...] cerita, kisah seperti di artikel ane sebelumnya di sini terjadi lagi, kali ini si bebeker lebih memaksa, tapi ketika ditantang ribut, lebih banyak omongnya [...]

13 12 2012
ralmsyah

polisi sekarang dodol.. sama bebek aja takut. wkkwkw..
semoga kalo polisi jadi lebih “TEGA”S jadinya lebih rapih jalanan..

28 12 2012
turanggasp

Emang suka kesal sendiri sama para pengendara kendaraan bermotor yang mengambil hak-hak untuk pejalan kaki. Saya sendiri masih suka berjalan kaki, dan sayangnya sering banget terganggu oleh para pengendara motor yang menggunakan trotoar untuk mempercepat, alasannya klasik: buru-buru.

Walaupun ada juga para pejalan kaki yang tidak menggunakan fasilitas yand ada misalnya penyebrangan jalan. Mereka lebih sering menyebrang langsung dibandingkan menggunakan jembatan, alasannya lagi-lagi karena buru-buru.

Mungkin memang harus dibiasakan nih mengedukasi para pengguna jalan baik bermotor ataupun tidak agar sama-sama menghargai pengguna jalan. Baik itu pengguna motor, mobil, pejalan kaki, hingga penjual kaki lima.

Tapi lucunya, saya beberapakali melihat langsung para pengendara motor yang merebut hak pejalan kaki ini. Jadi pernah ada yang menggunakan trotoar karena sedang macet, tau-tau trotoar itu ternyata rusak dan ada lubang yang dalam. Saya dan temanpun memperhatikan, dan ia berpura-pura parkir di sana hahaha.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.699 pengikut lainnya.

