TVS Dazz, Enggak Mau Bersaing dengan para “Gajah”

25 07 2013
TVS Dazz

TVS Dazz

Yak, demikianlah ungkapan yang terlontar dari Pak Hery Dragono, Chief Marketing Officer TVS Motor Indonesia kala membuka acara test ride TVS Dazz di plant TVS, Kawasan Industri Suryacipta 24/7 kemarin. Ini adalah salah satu diferensiasi marketing juga dimana TVS Dazz memang tidak di setting untuk head to head dengan competitor “sebaya”(maksudnya yang spek-nya bejaban, seperti Honda Beat atu Yamaha Mio-J. TVS juga tidak akan bersaing di area-area “pusat”, namun akan eksis di daerah pinggiran.

Oleh karena itulah, Dazz tetap percaya diri meskipun masih memakai karburator. “Motor injeksi unggul di perkotaan dimana kualitas bahan bakar bagus dan bengkel punya fasilitas memadai, namun di daerah terpencil, karburator lebih pas”. Demikian ungkap Pak Hery yang jago sulap ini.

beruang sirkus in action

beruang sirkus in action

KDW in action

KDW in action

diajak "main gila"sama bero Azdi

diajak “main gila”sama bero Azdi

Test Ride

Lanjut ke sesi test ride, ane gak tanggung-tanggung. Langsung ajak bro Azdi, pria subur berbobot mati 100++ kg ini untuk jadi boncenger. Dan TVS Dazz masih bisa jalan… :mrgreen:

_MG_0138

Kebetulan sekitar 3 minggu terakhir ane sering meminjam Beat punya teman untuk wira-wiri, nah perbandingannya dengan Beat, TVS Dazz ini akselerasinya memang sedikit lebih kurang dibanding Beat, power baru ada ketika RPM berkitir barangkali di 3000-4000 (soale gak ada indicator RPM nya). Mesin 110 cc pada TVS Dazz menghasilkan torsi maksimum 8.5 Nm / 5500 rpm.

Dazz terasa ringan ketika diajak swerving dan center stand nya gak mentok aspal ketika diajak cornering. Ternyata beratnya memang “cuma” 83 kg saja dan ground clearance 115 cm..Cornering pun bisa dilakukan tanpa takut terganjal center stand.

IWB in action

IWB in action

Fitur

Mengintip fitur-fitur yang ada di TVS Dazz, jadi ingat fitur motor India yang sudah-sudah dimana harus ada fitur unik untuk menambah value sekaligus menjadi pembeda dengan competitor.

Lampu pintar cukup bisa diandalkan pada TVS Dazz, bukan “lampu bego”yang gak mengikuti arah belok motor. Adanya parking brake lock yang selama ini kental menjadi fitur unggulan Honda, juga ada di TVS Dazz. Ban tubeless..nah ini yang wow, fitur tubeless biasanya Cuma ada di skutik premium, tapi di Dazz sudah pakai. Tangki BBM 5.3 liter dengan klaim konsumsi BBM 56 km/liter membuat TVS Dazz bisa melaju 296 km dengan kondisi full tank. Sementara itu adanya pengait pada dek juga memudahkan ibu-ibu menaruh belanjaannya. Last, adanya charger handphone membuat pengendara bisa mencolok charger ketika riding. Semua fitur tersebut membuat value TVS Dazz makin joss..

under the seat

under the seat

posisi engine

posisi engine

Marketing Gimmick

Nah ini yang unik. Tim marketing TVS sudah menyiapkan strategi marketing dengan menggunakan karakter “Dompet Man”. Memang TVS Dazz akan dibungkus dengan gimmick “be a smart buyer”. Iklan yang akan segera tayang di media dibintangi oleh Jamie Aditya sebagai figure sekaligus menjadi Dompet Man yang akan melengos jika pengeluaran meningkat. Spirit dari iklan ini adalah agar konsumen lebih smart membelanjakan uangnya. Ini sejalan dengan harga Dazz yang disebut “simpatik” Rp 9.9 juta, dan didukung oleh harga sparepart yang lebih murah dibanding matic lain.

perbandingan harga sparepart

perbandingan harga sparepart

Dompetman

Dompetman segera tayang di TV

Plus-Minus

Last, berikut adalah ringkasan plus minus dari TVS Dazz, semoga berguna.

Plus:

-          Port charger

-          Tangki besar (5.3 liter)

-          Ban tubeless + velg 14 inch

-          Parking brake lock

-          Lampu pintar + AHO

-          Harga Rp 9.9 juta

-          Harga sparepart lebih murah dari matic di kelasnya

Minus:

-          Akselerasi agak kurang dibanding matic lain di kelasnya

-          Mesin tidak mati ketika side stand diturunkan (tidak ada side stand switch)

-          Jaringan 3S belum sebanyak merk lain

Bonusnya masbro.. :mrgreen:

spy shot

spy shot

About these ads

Aksi

Information

29 tanggapan

25 07 2013
ipanase

jossss lek benny saiki testride …

25 07 2013
rusman

mantap….

25 07 2013
Yoshi

gajah opo beruang?

25 07 2013
novriexx

jadi beli buat nyonye dirmh om

25 07 2013
bennythegreat

yoi bero…apalag kemarin dapat door prize cash back..hehee

25 07 2013
novriexx

hahhaha…karena harga 13juta uda terlalu mainstream y om

25 07 2013
bennythegreat

yoi bero..motor buat dipake blusukan ancur2an kok mahal..

yang murah2 aja lha…hehehe

25 07 2013
vanz21society

Saya si pengennya mampu blusukan pake motor mahal om ;p sayangnya mungkin ga sekarang2 ;p hehehe

25 07 2013
Aa Ikhwan

ajib om ben :D

25 07 2013
bapakeVALKYLA

fiturnya gak kalah sama mopang.
malah lebih keren.
cuma kalah sama yg fanatik merk :D

25 07 2013
gasspoll83

yah siapa mau di naikin gajah hehe

25 07 2013
gary

Ben, bonusnya wani piro…..hahahaha….

itu beneran beruang sirkus naik sepeda….wkwkwk

25 07 2013
smartfaiz

Hwaduh ane saja kapok hunting parts matic suzuki apalagi ini…. kcuali deket rumah ada dealer tvs ga masalah ….

25 07 2013
25 07 2013
ken39

bonusnya 2 silinder

25 07 2013
mantyasih

ada dealer online kok… siap diantar bahkan…. cek aja di fb : solusi sparepart

25 07 2013
andryberlianto

spyshot yg biru-biru mohon ditambah ya ….

25 07 2013
26 07 2013
Fendi haris

harganya berap gan??

26 07 2013
bennythegreat

9.9 juta OTR jakarta

28 07 2013
willykk

wuihh lebih murah daripada onta repo pit.. :shock:

28 07 2013
alaminsantoso

Waduh pantes…temen ane dari motornya belom launching aja udah pesen 2 unit. Mantafff Lumayan bisa testride :D

28 07 2013
alaminsantoso
8 08 2013
johanes roy a.rombot

jadi pengen beli…

16 08 2013
Tulus Budi

kuat juga tuh Dazz…. dinaekin 2 beruang ga mechothot…..

31 08 2013
dombu

satu hal yang penting banget tapi gak ada “Mesin tidak mati ketika side stand diturunkan (tidak ada side stand switch)”, suka lupa naikin standar samping kalo naik mio.

5 09 2013
persamaankuadrat

ga perlu bersaing dengan gajah ….. samudera biru masih luas …. jd lebih baik gunakan strategi marketing samudera biru
car financing calculator

4 10 2013
r-one

kalo mau tarung mending habis2an saja…buka layanan dealer dan service menyeluruh se indonesia,,,,seperti honda…karna konsumen butuh kemudahan dan kenyamanan…kalo dealer ama bengkel service aja jarang yg mau beli jadi mikir2 dulu…padahal produknya sangat bersaing bngt dengan merk jepang…

26 11 2013
ramadhani

dazzzzz……..mantap,saya yakin kok klo tvs itu bsa maju,byyyyyy…dhani tvs riau.jgn lp area sevis nya jalan2 dong ke kab siak.biar bsa sering bos…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: