Super Force Pakai Motor Apa Hayo…??

12 03 2013

Memang gak penting juga sih, tapi sekedar memuaskan penasaran.. apa sih jenis motor yang dipakai oleh Ken Olandt aka. Let. Zach Stone di serial TV Super Force…?? Baca entri selengkapnya »





Bourne Legacy: Yamaha Majesty Dibuang Begitu Saja…!!

25 01 2013

Bourne Legacy

Lucu sekaligus seru juga nih liat aksi kejar-kejaran bermotor di film Bourne Legacy yang dibintangi oom Jeremy Renner.. disitu ada alur skenario motorcycle chase sbb: Baca entri selengkapnya »





Act Of Valor…BMW R1200GS Cuma Jadi Cameo [Spoiler Alert]

8 04 2012

“Ini film apaan sih…??

Kok yang main gak ada yang terkenal…

Ceritanya bagus gak…??”

Well, demikian celoteh beberapa orang yang sedang memandangi poster film Act Of Valor, hasil besutan sutradara Mike McCoy dan Scott Waugh yang Baca entri selengkapnya »





Film “THE RAID” — Ini Baru Film Laga INDONESIA…!! (Spoiler Alert)

29 03 2012

THE RAID

Well, tadinya mau nulis kisah Ultimate Journey ke Solo dan kopdar dengan kawan-kawan Koboys chapter Solo, tapi berhubung lupa bawa card reader, jadi ane nulis film ini dulu deh yang baru ane tonton kemarin sore.. Seperti biasa, jika sebuah film betul-betul menarik, maka ane akan buat sedikit ulasannya..

Awalnya ane gak terlalu tertarik untuk menonton film ini, namun melihat trailernya di Youtube, plus membaca bahwa film ini berhasil menyabet penghargaan di Midnight Madness Award (TIFF 2011) dan Dublin Film Critics Circle Best Film hmmm..ini film Indonesia rupanya tidak seperti biasanya..Wajib nonton…!! Baca entri selengkapnya »





Strategi Hernan Reyes (Fast Five) dan Kondisi Transportasi Indonesia

1 09 2011

Lord Hernan Reyes

“Let me tell you a true story..
Five hundred years ago the Portuguese and the Spanish came here..
Each try to get the country from their natives..
The Spaniards arrived, guns blazing, determined to prove who was boss..
The natives killed every single Spaniard..
Personally I prefer the methods of Baca entri selengkapnya »




KOMBI #2, Ngariung bersama Zamrud Khatulistiwa

13 05 2011

rute Zamrud Khatulistiwa

8 bulan mengelilingi Indonesia di atas Honda Win..? Bagaimana rasanya? Itulah Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. bro Farid Gaban dan Baca entri selengkapnya »





TT3D:Closer To The Edge, Film Wajib untuk Motorcycle Enthusiast

12 04 2011

TT3D: Closer To the Edge

Wah, iseng-iseng mampir ke Youtube, nemu trailer film TT3D: Closer To The Edge yang dibintangi vokalisnya 30 Seconds To Mars, mas Jared Leto. Dari judulnya saja sudah tercium aroma Tourist Trophy alias TT. Dan melihat ada “3D” nya, sepertinya film ini akan tayang dalam format 3-dimensi. Mantab nih trailernya…!! Sudah lama gak ada film yang bertema motor kan,..? Baca entri selengkapnya »





Amat Victoria Curam (part-1: Review Film TAKEN)

21 03 2011

(part-1: Taken)

Cerita dimulai dengan kehidupan sebuah keluarga yang terpecah. Sang ibu tampak menikah lagi dengan pria yang lebih kaya dari suami sebelumnya. Sementara itu, Bryan Mills, seorang yang disebutkan berprofesi sebagai Baca entri selengkapnya »





Marah? Kesal? Nonton The Expendables Saja..!

11 10 2010

Dari pertama kali melihat daftar pemeran film ini, ane sudah menduga bahwa akan ada banyak aksi. Berikut list down para artisnya.. Baca entri selengkapnya »





[Renungan Jumat] Sayang Sekali..Ini Bukan Iklan Sepeda Motor..

8 10 2010

Tergelitik oleh artikelnya oom Pringgo mengenai iklan minuman energi M150.. Simak video berikut. Baca entri selengkapnya »





Make Way For RE Bullet, Di Indonesia Itu Sih Biasa..!

9 09 2010

Coba tengok moral dari iklan Royal Enfield Bullet 350 untuk pasaran India ini.. Baca entri selengkapnya »





Iklan TV Pulsar 135LS, From Semarang With Style

25 07 2010

Sudahkah ente lihat iklan televisi Pulsar 135?

Jika belum, tidak apa..di Youtube ada kok..Terdapat 2 versi di Youtube, satu bertuliskan for Indonesia sementara satu lagi bertuliskan for India. Baca entri selengkapnya »





Sial…!!! Ternyata Ducati Hypermotard 796 Palsu…!!!

25 06 2010

Bro Saranto telah menulis di dalam artikelnya yang terinspirasi dari artikel ini.

Menyambung artikel ane sebelumnya..Ternyata Ducati 796 yang digunakan mas Tom di film Knight and Day itu palsu alias hasil modifan..Coba lihat detail swing arm, cover blok mesin dan knalpot.

Jika bro n’ sist mencari di Google dengan keyword ducati, knight and day, tom cruise, 796 atau hypermotard..Pasti foto-foto Ducati palsu ini gak akan muncul.. :D

Rupanya Ducati Hypermotard sukses jadi motoseleb di dalam film ini, sedangkan Aprilia SXV 550 sukses jadi stunt bike nya Ducati..he he he..

Without further ado, let’s cekidot the pictures below:

ini Ducati Hypermotard 796..

ini Aprilia SXV 550..

nah kalo ini apa? lihat baik-baik..sejak kapan Hypermotard 796 pakai swingarm kaya gini?

Ternyata stunt man tidak hanya berlaku untuk manusia saja, motor juga butuh stunt bike euy.. :mrgreen:

***

sumber inspirasi:

arantan.wordpress.com

http://www.stayontheblack.com/knight-day-movies-features-fake-ducati





Ducati Hypermotard 796, Motoseleb di Knight and Day

24 06 2010

Jika ente termasuk fans dari Tom Cruise atau Cameron Diaz, maka film Kight and Day tak boleh telewatkan. Film action comedy yang baru saja dirilis tanggal 23 Juni ini buat ane menarik bukan karena kehadiran kedua artis itu, tapi karena sebuah Ducati Hypermotard 796 yang dipakai sebagai kendaraan mas Tom dan mbak Cameron menghindari kejaran banteng.. :D

kok gak pakai helm mas?

mesra nih ye..

Ducati Hypermotard sendiri adalah varian terbaru dari keluarga Hypermotard yang diperkenalkan awal 2009 lalu. Mesin yang digunakan pun berbeda dari kakaknya, Hypermotard 1100 sehingga beratnya lebih ringan yaitu 167 kg 796 dipersenjatai dengan mesin 800cc dengan power output 81bhp, perbedaan lainnya adalah pada rims alias velg. 796 memakai Enkei, sedangkan 1100 memakai Marchesini.

Ducati Hypermotard 796

Ducati Hypermotard 796

Di film ini kelincahan 796 benar-benar diekspose habis, Tom dan Cameron pun tampak nyaman beraksi di atas motor ini. Namun disayangkan sekali kedua selebritis Holiwut papan atas ini tidak memberikan contoh safety riding dengan berkendara tanpa helm.. :( . Sepertinya para alay yang nonton film ini akan dapat contoh buruk untuk bertingkah semakin alay dengan tunggangannya yang pasti bukan bermerk Ducati.

alay rider in action

Kembali bahas mas Tom Cruise yang ganteng ini dan hubungannya dengan motor, kita tentu ingat film Top Gun dimana mas Tom berperan sebagai pilot tempur. Di film tersebut mas Tom pun tampak ganas di atas motor Kawasaki GPZ900. Well, tentu saja di tahun 2010 ini motor itu sudah obsolete alias jadul bo’.

Kawasaki GPZ900 di film Top Gun

Tom Cruise dan Kawasaki GPZ900

sumber foto: googling





Movie Review Iron Man 2

3 05 2010

Tony Stark alias Iron Man beraksi kembali, dalam sekuel Iron Man 2 ini dia menghadapi dilema racun Paladium di dalam tubuhnya sebagai akibat dari pemakaian alat penunjang hidupnya. Ditambah lagi kepopulerannya sebagai Iron Man mengundang pemerintah Amerika untuk memiliki body armor buatannya. Masalah tak berhenti di situ, hubungannya dengan sang sekpri, Miss Pepper Potts (Gwyneth Paltrow) sedang berantakan.

Pepper Potts (Gwyneth Paltrow) Cantik yah..

Ternyata di luar sana ada berbagai percobaan untuk menduplikasi body armor ala Iron Man. Salah satunya adalah Ivan Vanko, anak dari Anton Vanko yang juga adalah kawan lama dari ayah Tony, Howard Stark. Tak disangka Ivan menaruh dendam pada Tony dan melakukan segala cara untuk menghabisinya dari mulai menghajar mobil balap Tony di Monako hingga membuat sepasukan robot drone.

Ivan Vanko aka. Whiplash

Dikompori oleh Justin Hammer, seorang produsen senjata saingan Stark Industries, Ivan mendapat jalan untuk membalaskan dendam kematian ayahnya kepada Tony.

Ivan di Pabrik Hammer Industries

Jalan cerita selanjutnya adalah Tony harus bertarung melawan keganasan Ivan dan Hammer, untunglah Tony mendapat bantuan dari kawan lamanya Kolonel Rhodes (Don Cheadle) dan Natalie Romanoff (Scarlett Johannson) yang berperan sebagai agen seksi dari SHIELD (Strategic Hazard Intervention Espionage Logistics Directorate).

Film dengan durasi lebih dari 2 jam ini mengundang banyak decak kagum. Khusus bagi ane, terdapat beberapa morale alias pesan yang dapat diambil dari beberapa adegan mungkin karena ane merasa karakter Tony spark ini sedikit banyak ada yang seperti ane, diantaranya:

  1. Sewaktu beli strawberry buat Pepper, Tony bayar pakai jam mahal, dia gak mau si penjual sodorin ke dia..cuma minta jatuhin aja ke kursi mobil, ini sangat menggambarkan bahwa Tony bukan anak manja yah..
  2. Sewaktu Tony bawa maket buatan bapaknya segede-gede papan…pake mobil…well, keren tuh.. if you want things done, do it yourself.
  3. Sewaktu Tony bangun apa itu…akselerator buat bikin elemen baru berbentuk segitiga…motor gedenya buat ganjalan..hehehe..simple, praktis, gak mau ribet.
  4. Sewaktu Tony bikin makanan buat Pepper di pesawat pribadinya sampe 3 jam. Duh itu romantis banget..
  5. Sewaktu Tony menonton video lama buatan bapaknya yang berisi tingkah polah Tony kecil. mengharukan.sekali
  6. Sewaktu Tony memenangkan debat dengan senator, dia bilang “I privatized world peace”…Gosh..itu keren banget.
  7. Sewaktu Tony diberi komentar kompulsif dan narsis oleh Natalie..dia terima dengan lapang dada…sadar diri bo’
  8. Sewaktu Tony menghentikan hiasan mejanya Pepper yang bisa berputar sendiri…hehehe..ciri2 orang perfeksionis nih..

Adegan-adegan tersebut  sangat berkesan dan cukup membuat ane bersemangat. Satu hal yang terpenting dari morale tersebut bahwa apa yang sudah dicapai oleh Tony bukan karena hasil kerja dan harta warisan ayahnya, namun karena kecerdasan, kegigihan dan kemauan Tony untuk keluar dari comfort zone.

Oh ya, bagi yang hendak menonton film ini jangan terburu-buru keluar karena ada adegan kejutan setelah credit title..hintnya: palu Thor.. :D





10 Greatest Motorcycle Ever versi Discovery Channel

7 04 2010

Menyaksikan tayangan Discovery Channel memang lebih bermanfaat ketimbang terkena efek negatif tayangan tidak bermutu dari stasiun televisi lokal. Malam Minggu kemarin (4/4) sekitar pukul 1 pagi, Discovery Channel menayangkan acara Greatest Ever. Acara ini biasanya menayangkan peringkat 10 besar suatu hal, dari mulai pesawat, mobil, persenjataan hingga akhirnya malam itu cukup spesial buat ane, mereka menayangkan Greatest Ever edisi Motorcycles. Segera ane naikkan volume televisi dan mulai menyiapkan cemilan, minuman dan Blackberry untuk mencatat.

Sayangnya ketika tayangan ini baru mencapai urutan ketujuh, yaitu Brough Superior SS8, Indovision mendadak mengalami gangguan dan esok harinya barulah mereka mengirimkan email mengenai gangguan tersebut. Cukup menyebalkan memang..untunglah ada siaran ulang acara ini di hari Rabu pagi ini jam 07.00.

Beberapa ahli permotoran mengatakan bahwa sejatinya sepeda motor adalah sebuah “extension” alias perpanjangan dari beberapa hal, terutama untuk para pria.

  • Motorcycle is an extension of a man’s pride..
  • Motorcycle is an extension of a man’s penis.. (hehehe)
  • Motorcycle is an extension of a man’s wing which enable him to fly..

Sebuah metafora yang cukup mewakili keberadaan dan makna dari sebuah sepeda motor bagi pemakainya.

Berikut adalah countdown peringkat 10 besar motor terbaik menurut Discovery Channel, disertai dengan tayangan videonya masing-masing:

10. Harley Davidson (HD) Knucklehead


HD Knucklehead 1400 cc di sini disebut sebagi “the highest sex appeal”, pertama kali dibuat tahun 1936 sebagai kendaraan perang dan sesudah itu digunakan untuk kendaraan sipil

Sebutan “knucklehead” ini karena bentuk mesin dan karburatornya yang menyerupai knuckle atau buku tangan ketika mengepal. Dalam tayangan ini diperlihatkan pula seorang wanita pecinta HD yang dapat membedakan suara HD dibandingkan motor lain seperti Honda Valkyrie dan Yamaha Dragstar.

9. Motoguzzi V8 (1955)


Pertama kali dibuat tahun 1955. Adalah motor Motoguzzi pertama ydengan 8 silinder – 500 cc yang sangat mendahului zamannya. Motoguzzi membuat motor ini untuk keperluan balap namun ukuran mesin yang besar dan piranti elektronik yang rumit membuat motor ini sulit pemeliharaannya.

8. Vespa PX 125


Testimonial seorang wanita Italia mengenai Vespa tak berlebihan “Jika anda ingin berkeliling Italia dengan cepat dan terlihat manis maka pakailah Vespa”. Ya, Vespa yang dalam bahasa Italia berarti “Wasp” atau lebah ini memang kecil dan lucu.

Sejarah pembuatannya mengesankan. Dengan ban yang terbuat dari ban bekas pesawat dan bodi yang juga terbuat dari rangka pesawat Vespa mengukuhkan diri menjadi kendaraan komuter yang stylish dan unik.

7. Brough Superior SS8


Tahun 1924 Brough menciptakan motor 981 cc yang waktu itu dijamin dapat melaju 128 mil/jam. Sebuah rekor yang dahsyat apalagi dibandingkan dengan motor lainnya yang waktu itu hanya mampu melaju maksimal 42 mil/jam. Hal ini pun dibuktikan lagi oleh tim Discovery Channel, ketika kecepatan menunjukkan 110 mil/jam sang pengendara melepaskan tangannya dari stang untuk membuktikan kestabilan motor dengan konstruksi suspensi castle fork ini.

Brough dijuluki “the Rolls Royce of motorcycle” karena kemampuannya itu. Salah satu rahasianya adalah konstruksi chassisnya yang kaku dan stabil untuk dipacu dalam kecepatan tinggi.

6. Britten V1000


Pada tahun 1993, John Britten dan beberapa kawannya membangun sebuah motor 999 cc dengan konfigurasi V-Twin, mirip Yamaha V-Max. Demi memangkas berat motor kebanyakan material dibuat dari serat karbon dan motor ini tidak memiliki rangka alias chassis..aneh bukan..Motor ini dibuat untuk mengikuti kontes Battle of the Twins di Daytona, Amerika. Sayangnya sang pembuat motor ini harus meninggal dunia di usia yang relatif masih muda, 3 tahun setelah motor ini dibuat karena sakit parah.

5. Triumph Bonneville T100


Motor keluaran tahun 1964 ini memiliki power 64 hp dengan kapasitas mesin 865 cc, memiliki berat 205 kg dan top speed 180 km/jam. Lumayan untuk motor di zaman itu. Selama 10 tahun setelah peluncuran perdananya, motor ini tetap menjadi trend bahkan hingga kini masih diburu para kolektor motor karena menurut mereka motor ini membangkitkan desire tersendiri.

4. Y2K – Turbine Bike


Pada tahun 2002, motor revolusioner ini dibuat dengan menggunakan mesin turbin gas layaknya mesin pesawat jet. Cukup ringan untuk motor “aneh” dengan mesin turbine yaitu hanya 208.7 kg saja. Motor ini mampu melaju hingga 402 km/jam dengan power 316 hp. Sekedar perbandingan, Boeing 737 pada saat take off di bandara Soekarno Hatta “hanya” melaju dengan kecepatan 300 km/jam. Yang menarik dari motor ini adalah suaranya ketika mesin distarter..sama persis seperti menyalakan mesin pesawat. Ditunjukkan pula motor ini diadu dengan pesawat jet tempur yang sedang terbang rendah di sebuah runway dan motor ini memenangkan adu cepat tersebut.

3. Honda CB750


Dengan mesin 750 cc dan overhead camshaft, motor ini diperkenalkan pada tahun 1969. American Motorcyclist Association menempatkan motor ini di Hall of Fame Classic Bikes dan modelnya terus diperbarui dan berevolusi hingga edisi terakhirnya di tahun 2007.

2. Ducati 916


Ducati, sebuah brand yang sudah tidak asing lagi. Bagi 916 prestasinya adalah memenangkan World Superbike Championship selama 3 tahun berturut-turut 1994, 1995, 1996. Disebutkan dalam tayangan ini bahwa kelebihan motor bermesin V-Twin 90° ini adalah pada kestabilan ban belakang ketika menikung sebagai akibat dari penyaluran power yang smooth.

1. Honda Cub


Dengan lebih dari 40 juta unit yang sudah dibuat di seluruh dunia, cukup mengejutkan bahwa Discovery Channel menempatkan motor ini di posisi pertama. Rupanya alasan ketangguhan dan kepraktisan pemakaian membuat motor ini mampu mengalahkan motor-motor lainnya.

Well..demikian review acara Discovery Channel, Greatest Ever: Motorcycle. 10 motor terpilih oleh Discovery Channel sebagai motor-motor terhebat di zamannya masing-masing. Namun dengan Honda Cub alias Honda bebek ditempatkan di posisi pertama menurut ane menjadikan acara ini sebagai dagelan belaka :). Bagi yang ingin menyaksikan video-videonya dapat berkunjung ke sini.





Seputar Kenyamanan Menonton Bioskop

26 09 2009

Kebetulan di milis cinemagsforum@yahoogroups.com sedang membahas kisah-kisah seputar ketidaknyamanan menonton bioskop. Berikut komen dari ane.

bioskop dan cemilan

bioskop dan cemilan

Hello all,
mau share saja, masalah utama yang sering mengganggu kenyamanan ane
di bioskop Indonesia itu adalah etika dan attitude penonton dan juga karyawan bioskop.
beberapa contohnya:

*penonton:

- suka nendang2 kursi di depannya (pernah suatu ketika ane liat keributan antar penonton hanya karena kursinya bergoyang karena kaki penonton lain di belakangnya gak bisa diam)
- lepas sepatu menyebar bau jempol
- yang sudah nonton suka kasih kuliah ke temennya keras2 “naaa..habis ini si anu begini..”
- makan minum keras2..buka bungkusan plastik keras2
- bawa anak kecil (I hate kids)
- nguap sebar bau mulut
- keluar masuk bioskop (mbok ya belajar manajemen poop dan pee gitu lho :D)
- suka bawa makanan minuman dari luar berlebihan (misalnya bawa pizza). kenapa gak bawa bakul nasi sama rantang sekalian??

===
*karyawan bioskop

- film blom selesai tapi tukang sapu udah buka tirai “EXIT” plus mejeng dengan tong dan sapu, bikin penonton merasa dikejar2 dan diusir
- credit title main potong saja
- merusak mood penonton dengan iklan gak bermutu macam iklan M-tix yang kualitas audio videonya kurang bermutu.
- credit title masih jalan tapi disuruh keluar
- mbak penyobek tiket tjemberoet saja
- penjual tiket gak ramah
- di layar mapping kursi terlihat kosong tapi ketika kita pesan ternyata si mbak bilang sudah di-booking..(mbok ya kalau sudah booked ditandai gitu loh, apa gunanya M-Tix kalo gitu?)
- tidak menyediakan kursi tunggu yang memadai, sehingga jalan menuju pintu studio jadi kaya emperan terminal

ada yang mau menambahkan lagi?

sumber gambar diambil dari sini





Transformers – Rise Of The Fallen

29 06 2009
TROTF Movie Poster

TROTF Movie Poster

Buat yang belum nonton, sebelum lanjut baca ane beri SPOILER ALERT ya! SEKALI LAGI SPOILER ALERT!
Huehehehehehe…

Flashback sebentar..
Setelah bersusah payah antri sejak siang akhirnya dapat juga tiket di Djakarta Theater untuk jam 21.00. Ramai sekali penjualan tiket setelah TROTF resmi diputar di bioskop.

Nonton TROTF @ BAndung Indah Plaza

Nonton TROTF @ BAndung Indah Plaza

Sampai di gerbang tangga masuk Djaktet, tampak banyak sekali bungkusan makanan dan minuman yang ada di meja sekuriti. Rupanya petugas mendapati banyak pengunjung yang curi-curi membawa makanan dari luar kantin bioskop.

Dapat seat bernomor M3 dan M4 ternyata tidak mengecewakan. Bayangan akan pegalnya kepala akibat menonton dengan posisi menengadah tidak terjadi karena posisi layar cukup nyaman dipandang dari bangku terdepan sekalipun. Ditambah lagi sandaran tangan yang dapat dilipat..hehehe.

The movie begins..
Adegan dibuka dengan narasi Peter Cullen sebagai pengisi suara Optimus Prime yang menjelaskan bahwa interaksi penduduk bumi dengan Cybertronian ini telah terjadi sejak 17.000 BC.

Sam Witwicky telah beranjak ke perguruan tinggi dan keluarganya pindah rumah. Ini membuat sedih orang tuanya, Ron dan Judy tampaknya belum ingin anaknya menjadi dewasa dan juga keberatan meninggalkan rumah lama mereka. Kesedihan ini rupanya tidak berlaku bagi Mojo, anjing cihuahua Sam yang sedang “indehoi” dengan seekor anjing betina putih berbulu lebat.

Mojo..

Mojo..

Aksi dimulai ketika Sam tidak sengaja menjatuhkan potongan Allspark Cube dari lantai kamarnya, terus jatuh menembus atap dan potongan tersebut mengenai beberapa peralatan dapur seperti blender dan toaster yang langsung berubah menjadi robot dan menembaki Sam dan ayahnya.
Dalam keadaan terdesak ini, Sam memanggil Bumblebee yang langsung mendobrak pintu garasi dan serta merta menembaki robot-robot kecil yang buas itu.

Selesai dengan para robot dadakan, Bumblebee yang kena marah oleh Sam dan orang tuanya karena mengacak-acak isi rumah beringsut masuk garasi untuk menghindari sorotan publik tanpa bertransformasi menjadi Chevrolet Camaro dan nongkrong di sana. Disinilah terjadi percakapan sentimentil antara Sam dengan Bee yang berakhir dengan keluarnya cairan dari mata Bee. Sungguh Bee tampak lucu dan menggemaskan.

Sementara itu, Mikaela yang masih menjabat sebagai kekasih Sam tampak sedih kehilangan Sam. Ia ingin Sam mengatakan kata “cinta” kepadanya dan melakukan hal-hal romantis untuk menarik perhatian Sam. Ujung-ujungnya Sam hanya mengatakan “I adore you” yang mengecewakan Sam.

Autobots di bawah pimpinan Optimus Prime dikisahkan bergabung bersama pasukan khusus bernama NEST yang bertugas menumpas keberadaan Decepticon di bumi.salah satu adegan mengambil tempat di Shanghai, Cina.

Diam-diam memang Decepticon sedang menuntut balas. Megatron yang sudah terbaring di Laurentian Abyss pun dibangunkan dengan menanam Spark baru dan bagian tubuhnya yang putus digantikan dengan mengeksekusi Decepticon lainnya.

Megatron hanyalah boneka yang dimainkan oleh dalang yang juga Primes berkelakuan menyimpang. Primes ini dijuluki “The Fallen”. Misinya adalah mencari sumber energi bernama Energon dengan cara mengoperasikan mesin yang menyedot tenaga matahari dari planet terdekat. Hanya The Fallen yang melanggar aturan bahwa mesin tersebut tidak boleh dioperasikan di planet yang berpenghuni.

Kembali ke Sam..
Sam yang tak sengaja menyentuh potongan Allspark cube ini menjadi aneh kelakuannya. Ia jadi gemar menuliskan simbol-simbol aneh di mana-mana. Termasuk di kamar asramanya dan di bertingkah aneh di sebuah pesta. Ia bahkan mengatakan Einstein salah hitung di depan seorang dosen di hari pertama kuliah Astronomi 101.

Rupanya Allspark telah menanamkan petunjuk di pikiran Sam mengenai keberadaan kunci aktivasi mesin “sun harvester” ini. Tentu saja ia menjadi sasaran para Decepticon. Bahkan satelit komunikasi telah dibajak oleh Decepticon di bawah pimpinan “ad-hoc” yaitu Starscream.

Keadaan diperparah dengan dibekukannya NEST karena Decepticon mengacaukan kota. Dalam keadaan genting ini Optimus mengatakan “bagaimana jika kami pergi dan meninggalkan kalian penduduk bumi sendirian melawan Decepticon?”

Pengejaran super ketat terhadap Sam ini mendapat perlawanan sengit dari Autobots. Bahkan Optimus rela bertempur mati-matian melawan lebih dari 3 decepticon. Meskipun akhirnya harus kalah dan tewas ketika menerima tusukan maut dari Starscream.

Demi mencari petunjuk karakter aneh di pikiran Sam ini juga. Sam, Mikaela dan kawan sekamar Sam bertemu dengan Robowarrior, saingan kawan sekamar Sam di dunia maya yang tak lain adalah Simmons, ex pimpinan organisasi rahasia Sector Seven yang dibubarkan di Transformers seri pertama.

Sisa kekuatan Autobots dan pencarian terhadap keanehan di diri Sam mempertemukan Sam dan Mikaela dengan Jetfire, seorang Decepticon tua yang “disembunyikan” di museum dirgantara di Smithsonian Institute. Jetfire yang diketahui memihak Autobots ini adalah sebuah pesawat tempur SR-71 Blackbird yang “sudah tua” ia memiliki kemampuan teleportasi yang membawa mereka semua ke Mesir, untuk menyelesaikan misteri kunci aktivasi yang bernama “Matrix of Leadership” yang digunakan untuk mengaktifkan alat Sun Harvester.

Semua bertemu di Yordania ketika Matrix of Leadership ditemukan tersembunyi rapat dikelilingi “almarhum Primes” bersaudara yang mengorbankan diri mereka demi tersembunyinya benda ini dari The Fallen.
Megatron yang sudah dibangkitkan segera memanggil bala bantuan seluruh Decepticon yang ada termasuk yang bersembunyi di base mereka di dekat Saturnus.

Pertempuran sengit pun terjadi. Antara Megatron yang ingin mengaktifkan Sun Harvester dengan merampas Matrix of Leadership yang bertujuan memperoleh Energon demi kelangsungan hidup mereka, dan Sam dkk.yang berusaha menghidupkan kembali Optimus. Karena hanya Optimus saja yang mampu mengalahkan Prime jahat bernama The Fallen ini.

Adegan diakhiri dengan terbunuhnya The Fallen oleh pedang membara Optimus dan dihancurkannya Sun Harvester. Sementara itu Megatron dan Starscream pasca terbunuhnya The Fallen tampak melarikan diri dengan sukses.

Komentar:

1. Hal baru
Beberapa hal yang baru di sekuel ini yang menarik bagi bike enthusiast seperti ane tentu saja kemunculan Arcee bike yang ane kenali sebagai trio Suzuki B-King, Ducati 848 dan KTM LC8. Sementara itu penampakan Aprilia RS125 sebagai motor harian Mikaela juga tak kalah menariknya. Sayangnya porsi adegan mereka dapat dikatakan sedikit.
Beberapa robot baru seperti “Huey dan Duey” di pihak Autobots hingga Devastator dari Decepticon juga menyegarkan sekuel ini.

2. Hal baru tapi lama
Backsound music ketika Ibu Sam menangis tersedu-sedu juga diperdengarkan di Transformers sebelumnya , mengiringi adegan ketika Sam dan tetangganya yang usil memanjat pohon menantang berkelahi mantan Mikaela.

Suasana pertempuran di Yordania juga settingnya hampir sama dengan Transformers I yang bersetting di Qatar. Dimana terjadi pertempuran darat kemudian bantuan dari udara dipanggil untuk mengebom target dengan peluru Sabre yang dapat menembus lapisan baja tebal.

3. Akting
Shia Labeouf sukses memerankan Sam yang sok analitis namun terkadang clumbsy. Beberapa adegan emosional dengan Bumblebee juga dapat mengaduk-aduk emosi penonton.
Megan Fox..hahaha..bagi ane sekuel ini adalah ajang pertunjukan tubuh sexynya. Ane tidak terlalu memperhatikan aktingnya ketika adegan yang meng-expose bagian dadanya berlangsung ;p

Lagipula dalam film seperti ini. Akting sepertinya bukan menjadi perhatian utama.

4. CGI
Ini adalah core interest dari Transformers. Adegan transforming dari robot ke kendaraan merupakan proses yang membuat penasaran sekaligus mengagumkan.
Sekuel ini memuaskan ane akan momen heroik yang dilakukan para autobots. Dari mulai cara Optimus membelah muka, menebas dan menusuk Decepticon sampai banyak sekali “bullet time” yang dialokasikan untuk meng-expose aksi penembakan atau perkelahian.
Ane sendiri paling menikmati saat ketika Bumblebee mencabut tulang belakang dari robot macan dan ketika Optimus menggunakan pedangnya. Sungguh mengingatkan adegan-adegan laga di “300″.

5. Minus
Porsi adegan transformasi robot-robot motor kurang lama.

Seat bioskop tidak cukup nyaman untuk diduduki selama 2.5 jam.

Ending dengan setting seperti di Transformers I (pertempuran padang pasir) terasa basi.

Namun overall, sebagai fans Bumblebee, TROTF ane beri nilai 9.5 dari 10.

Any other comments?

oiya..setelah sukses nonton di hari pertama launching TROTF, ane nonton lagi di BIP, Bandung hari Minggu kemarin dan berkesempatan foto bersama Bumblebee dan memborong beberapa souvenir cantik berikut.

Bumblebee Doll

Bumblebee Doll

Chromia Doll

Chromia Doll

Autobots Cushion

Autobots Cushion

Bumblebee Mini

Bumblebee Mini





Star Trek : The Future Begins

18 06 2009

Terlalu ringan…!

Itulah kesan yang ane dapat setelah menonton “Star Trek” hari ini di Djakarta Theater studio 1.

Sebagai Trekker sejati semasa SMP sampai SMU, ane udah terbiasa mengikuti serial televisi “Star Trek : The Next Generation” sehingga mungkin tidak akan kaget mendengar istilah “warp”, “tachyon”, “evasive maneuver”, “photon torpedo”, “tachyon” dan lain lain.

Namun apa yang ane dapat dari prekuel Star Trek ini? Mari ane ceritakan.

Kisah dimulai dengan situasi di USS Kelvin, armada starfleet dengan konfigurasi nacelle vertikal yang terdampar di dekat bintang. USS Kelvin kemudian bertemu dengan kapal Romulan yang baru saja datang dari lubang hitam. Tanpa disangka, kapal Romulan ini langsung melakukan hostile action dengan menembakkan beberapa photon torpedo yang menghancurkan beberapa bagian.

Dalam keadaan darurat itu, sang kapten yang diminta untuk berunding dengan Romulan, sebelum pergi menyerahkan posisi kapten kepada number one, yaitu George Kirk yang akhirnya tewas secara heroik dengan menabrakkan USS Kelvin ke kapal Romulan tersebut. Di saat yang sama, ia telah berjasa menyelamatkan 800 awak kapal yang berhasil menyelamatkan diri dengan shuttle-shutle, termasuk di salah satunya adalah sang istri yang baru saja melahirkan seorang anak tepat di menit-menit terakhir sebelum sang ayah tewas. Atas diskusi kilat orang tuanya, anak tersebut dinamai James Tiberius Kirk. James adalah nama kakek dari George, sementara Tiberius adalah ayah George. Sungguh berkesan bagaimana nama ini diturunkan karena tadinya sang ayah merasa konyol untuk menempatkan nama Tiberius di depan.

Jim kecil tumbuh sampai remaja, demikian panggilan singkatnya tumbuh menjadi remaja yang cerdas dan sekaligus nekat. Dikisahkan ia gemar menantang bahaya dengan ngebut naik mobil dan pada akhirnya mengalami keributan dengan beberapa kadet Starfleet di sebuah bar. Saat itulah jiwa playboy Jim mempertemukannya dengan Nyota Uhura.

Selesai berkelahi melawan 4 orang kadet Starfleet, ia bertemu dengan Capt. Pike, seorang yang mengetahui sepak terjang ayah Jim dan meneliti penyebab kematiannya. Ia serta merta memotivasi Jim untuk bergabung dengan Starfleet. “Ayahmu sempat menjadi Captain selama 12 menit dan menyelamatkan nyawa 800 orang, saya yakin kamu bisa lebih baik dari itu” demikian tantang Capt. Pike.

Dalam perjalanan menuju lokasi pelatihan, Jim bertemu dengan McCoy yang nantinya akan menjadi Medical Officernya.

Di saat yang sama, di planet Vulcan dikisahkan pula tentang Spock. Ayahnya berasal dari planet Vulcan, sementara ibunya dari bumi. Bangsa Vulcan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan logika. Ayah Spock bahkan mengajarkan agar logika dapat mengendalikan emosi. Terlihat Spock sejak kecil tidak mungkin menyembunyikan emosinya, meskipun logikanya sangat terlatih.

Lulus dari Kolinahr dengan sangat memuaskan, yaitu masa pendidikan Vulcan, Spock diminta untuk bergabung dengan semacam perkumpulan pengetahuan, namun Spock menolaknya karena ia telah mendaftar sebagai kadet Starfleet.

Kembali ke kisah Jim. Selama masa pendidikan, Jim adalah remaja yang cerdas sekaligus nakal. Ia gemar mengencani kawan sekamar Uhura namun juga berhasil mengalahkan Spock dalam ujian simulasi tempur “Kobayashi Maru” yang rekornya selama ini dipegang oleh Spock.

Singkat cerita, seluruh kadet ditugaskan ke masing-masing armada Starfleet untuk membantu sebuah kapal Starfleet yang terdesak. Spock dan Uhura yang sepertinya terlibat kisah cinta, ternyata terpilih mengawaki USS Enterprise, sebuah armada baru Starfleet dengan nomor helm NCC-1701. Di kapal ini mereka bergabung dengan pilot bernama Sulu yang jago beladiri pedang dan Chekov yang berlogat Rusia dan menggelikan. Mereka dikomandoi oleh Capt. Pike. Bagaimana dengan Jim? Untuk bergabung dengan USS Enterprise, ia terpaksa diracuni dengan sengaja oleh McCoy sehingga terlihat sakit dan dapat masuk ke Enterprise.

Di sinilah konflik dimulai. Jim yang mengetahui bahwa lokasi tujuan ketujuh armada Starfleet yaitu planet Vulcan setelah dianalisa oleh Chekov memiliki gejala yang sama seperti saat dimana ayah Jim tewas. Jim yang salah diobati hingga tangan dan lidahnya bengkak mencoba memperingatkan Uhura dan Spock, namun Spock menganggap pernyataan Jim tidak berdasar.

Setelah diketahui bahwa ternyata prediksi Jim benar dan terjadi adegan seru yang diakhiri dengan dihancurkannya planet Vulcan dan kematian ibu Spock, konflik Jim-Spock semakin meruncing dengan dibuangnya Jim ke planet Vega, dekat planet Vulcan.

Di planet ini Jim menghadang bahaya dari makhluk planet tersebut yang mempertemukannya dengan Spock dari masa depan. Setelah melakukan “sinkronisasi pikiran” ala Vulcan (session ini tidak boleh dilewatkan karena bagian penjelas alur cerita), mereka menghampiri basecamp Starfleet di planet tersebut untuk menemui Montgomery Scott aias Scotty, seorang ilmuwan penemu transporter. Setelah Spock dari masa depan “memperbaiki” hasil hitungan Scotty, Spock memerintahkan Jim dan Scotty untuk ditransport kembali ke USS Enterprise yang sedang melaju dengan warpdrive ke sistem Laurentian. Hal ini tentu saja mengejutkan Spock muda, karena saat itu teknologi transporter belum secanggih itu.

Jim yang telah mendapat wangsit dari Spock tua dari masa depan berhasil menggeser Spock dari posisi Captain. Mereka kemudian memutuskan berbalik mengejar kapal Romulan itu dan menyelamatkan Capt. Pike.

Romulan yang memiliki kesamaan nenek moyang dengan bangsa Vulcan itu ternyata berasal dari masa depan, dimana mereka kembali ke masa lalu dengan niat membalas dendam kepada Spock yang dianggap menghancurkan planet Romulus dengan Red Matter, sebuah teknologi penemuan bangsa Vulcan.

Pertempuran seru terjadi di dalam kapal Romulan, karena Nero sang kapten kapal berniat menghancurkan bumi.

Mendekati bagian klimaks, film ini diwarnai adegan perang photon torpedo dan phaser antar pesawat.

Selanjutnya silakan dilihat sendiri ya. Hehehe..

Nah sekarang komentarnya.

Akting duo Chris Pine dan Zachary Quinto sebagai tokoh sentral sangat emosional dan dalam,terlihat pula sebab mengapa ada ikatan emosional antara awak USS enterprise sejak awal.

Dari sisi alur cerita juga sangat menarik karena dibumbui dengan kisah paradoksal dan alternate reality yang tentu saja dapat membuka mata penonton atas fenomena sains ini.

Dari sisi fiksi ilmiah..nah ini dia. Setelah rajin mengikuti berbagai serial Star Trek dari mulai “No One Has Gone Before”, “The Next Generation”, “Voyager”, “Deep Space Nine”, “Nemesis”, dan lainnya. Muatan dan eksposure sains di prekuel ini terasa terlalu ringan, sejak wajah khas Romulan Capt. Nero muncul pertama kali di awal film, pasti para Trekker sudah dapat menebak-nebak alur ceritanya, demikian pula ketika black hole (di beberapa serial disebut “worm hole” dikisahkan bahwa lubang hitam ini dapat dengan sengaja dibuat untuk memperpendek jarak tempuh) . Sedangkan mungkin para Trekker berharap adanya tech dan terms baru. Mungkin JJ Abrams sebagai sutradara ingin “memperluas pasar” dengan membuat film ini menarik bagi remaja dan segala kalangan.

Overall bagi ane film ini lebih berat disebut action-fiction ketimbang science-fiction.

Sekali lagi..”Terlalu Ringan” namun cukuplah membuat para Trekker bernostalgia dengan kutipan khas Capt. Kirk yang diucapkan oleh Spock di akhir film (ane hapal ini sejak pertama kali lihat The Next Generation).

“Space… The final frontier. These are the voyages of the starship Enterprise. It’s continuing mission, to explore strange new worlds. To seek out new life and new civilizations. To boldly go where no one has gone before..”





Review Film KNOW1NG

17 04 2009
KNOW1NG movie poster

KNOW1NG movie poster

Di awal film penonton diajak “go with the flow” dimana kertas berisi angka yang dibuat Lucinda Embry di tahun 1958 menemukan takdirnya 50 tahun kemudian di tangan Caleb Koestler, anak seorang dosen Astrologi MIT, Joh Koestler – sorang penganut teorema acak. Baginya semua hal terjadi karena sebuah kebetulan dan tanpa rencana.

John dikisahkan sangat bertolak belakang dengan ayahnya – seorang pendeta yang sangat religius. bagi seorang John, yang kebetulan melihat deretan angka yang dilingkari oleh bekas air di dasar gelas, angka tersebut berubah menjadi pertanda yang serius ketika John menyaksikan berbagai kebetulan tanggal dan jumlah korban bencana di bumi. setelah beberapa malam begadang, John menemukan bahwa terdapat 3 bencana lagi yang akan terjadi.

Tanggal dan Jumlah korban sudah ada, selanjutnya adalah Dimana?

Di bagian bencana pertama film, penonton disuguhi kecelakaan pesawat. Sebuah hal yang tidak terduga bahwa ternyata para survivornya cukup banyak dan mereka yang selamat namun terkena afterblast pasca jatuh juga disajikan secara bagus (dan mengenaskan) sekali.

Satu hal yang sangat saya amati di film ini adalah penggunaan GPS merk PND (made in China) oleh John Koestler yang sangat membantunya dalam menemukan lokasi bencana. bahkan menyadarkan John bahwa deretan angka yang belum ia tandai merupakan koordinat latitude-longitude dari lokasi bencana. Bukan hal yang tidak mungkin, gadget yang juga telah menjadi mainan baru saya beberapa bulan terakhir ini akan menjadi booming. sebagai “teaser” saya ajak anda masukkan koordinat berikut ke Google Earth atau GPS. 41.21 dan 71.20..he he he. benarkah lokasi tersebut ada di Manhattan – New York?

Pada bencana kedua koordinat GPS sepertinya meleset, namun tidak. Kecelakaan kereta yang maha dahsyat terlihat sangat mengerikan. apalagi jika dilihat dari dalam kereta yang terguling dan terus melaju menabraki orang-orang.

Scene yang sangat menggemaskan dan menyebalkan bagi saya adalah ketika Diana – anak dari Lucinda Embry, si penulis ramalan angka bersikap keras kepala untuk mengantarkan Abby dan Caleb ke sebuah gua yang menurutnya aman. D*mn..saya sampai memukul kursi bioskop ketika scene itu berlangsung. betapa sebalnya melihat seseorang yang tidak tahu apa-apa berkeras “ngeyel” kepada orang yang lebih tahu.

Scene menyebalkan ini mengingatkan saya salh satunya ke film Tremor. Di mana anak seorang warga asyik bermain pogo stick (yang membuat getaran di tanah) sedangkan warga lainnya (termasuk ibunya) sibuk menyelamatkan diri ke atap rumah dari serangan Cacing ganas pemakan manusia yang mendeteksi lokasi mangsanya dari getaran dan suara.

Kembali ke KNOW1NG..

Meskipun di filmnya tidak disebutkan makhluk yang membawa Caleb dan Abby itu namun di rumah Lucinda sempat terlihat foto yang kurang lebih menunjukkan hal yang sangat mirip dengan kejadian tanggal 19 itu. (kecuali ada Yesus nangkring di atas cahaya).

Entah itu alien atau malaikat, saya lebih prefer menganggap makhluk itu sebagai alien (definisi alien –> sesuatu yang asing/tak dikenal) meskipun arah skenario mencoba sedikit mengarahkan persepsi penonton kepada malaikat (coba lihat sayap dan cara mereka naik ke pesawat).

Pada bencana terakhir yang maha dahsyat saya mencoba geser sedikit ke bahasan religi (muslim), bahwa salah satu kejadian di hari kiamat adalah dimana matahari berada dalam jarak sepenggal galah. ternyata tidak perlu sepenggal galah. Di film itu cukup dengan semburan lidah matahari, dan bumi pun hangus terbakar.

Di bagian almost ending dengan scene padang rumput (mirip iklan Koko Krunch?) terdapat sebuah pohon dimana (mungkin) Caleb dan Abby akan menjadi “the next” Adam dan Hawa.

Lepas dari persepsi religi-scientologi-cult-fiksi, film ini menyajikan special effect yang sangat realistis dan menakjubkan terutama bagi penggemar Sci-fi, Action dan Thriller.








Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.749 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: