Harusnya Ane Tewas Hari Ini…

19 09 2012

Pagi ini seperti biasa..rutinitas riding to office..melewati Jl. Sudirman, Jakarta. Ketika melintas di situ, melintaslah rombongan RI-1 di jalur cepat..seperti biasa, ane suka gatel curi-curi pandang ke FJR1300 atau FZ8 hitam yang mengawal si orang penting itu. Naah.. disinilah musibah terjadi.. Baca entri selengkapnya »





Menarik Benang Merah Antara “Safety Riding” dan Aikido

17 09 2012

Well..pagi ini begitu buka email, ane mendapatkan kabar bahwa wakil dari sebuah pabrikan anu berhasil menjuarai kompetisi safety riding di negara anu. Sejenak jidat ini mengernyit membaca press release tersebut..

*** Baca entri selengkapnya »





“How Fast Are You…?” Sebuah Renungan Terhadap S.E.E.

29 08 2012

foto ane ambil ketika launching Ducati Diavel, 6 Maret 2011

Artikel ini ane buat menanggapi kasus kecelakaan Ducati yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu. Setelah merenung sejenak dan mencoba membuat rekonstruksi sambil mengejan di kakus, ane pun terbayang seperti apa dan bagaimana kecelakaan maut tersebut terjadi. Ditambah lagi masukan dari narasumber yang juga aktipis Ducati Indonesia sapa lagi kalo bukan sang ahli kubur Mbah Dukun Satar.. Baca entri selengkapnya »





Macet di Jl. Danau Sunter Selatan Pagi Tadi…Kontraktor Pekerjaan Jalannya = MORON

11 04 2012

macet....!! jancuk...!! asu...!! kirik...!! wedhusss...!!

Menyebalkan…!! Itulah yang ane rasakan ketika melihat kemacetan di depan ane. Bagaimana tidak…lagi enak-enak menikmati jalanan yang kosong, tiba-tiba Baca entri selengkapnya »





Spy Shot Penampakan Suzuki Pulsar 250 di Jakarta

1 03 2012
dari jauh aja udah terlihat kekar

dari jauh aja udah terlihat kekar

Pagi tadi terlihatlah sebuah motor batangan melintas di sebelah kanan ane..wah..manteb juga nih suara knalpot si Pulsar biru..

Setelah ane dekati, langsung deh ane jepret..

Eitss..ternyata ane tertipu.. Hanya body belakang saja memakai Bajaj Pulsar..sisanya..hmmm..rupanya itu adalah motor cadasss idaman ane..Thunder GSX 250..

Body lancip Pulsar tampak manis berpadu dengan knalpot dan tangki gambot khas GSX 250.. Salah satu dream bike ane nih..

Sayang motor lawas yang betul-betul mulus dan terawat sulit dicari..

Buat sang pemilik motor.. Salam kenal ya.. You have a nice bike…!!

tampak dekat..ganteng...!!

tampak dekat..ganteng…!!





Lubang Jalan Sudirman Siap Merenggut Nyawa

6 02 2012

mantab ya lubangnya..

Pagi ini lewat Jl. Sudirman yang “katanya” kawasan perkantoran elite..Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga..segala macam fasilitas jalan arteri kelas satu terpasang di sana..dari mulai kawasan Three In One sampai trotoar yang super lebar..meskipun kalau dibandingkan dengan Baca entri selengkapnya »





Mobil Ikut Masuk Jalan Tikus…Etis Gak Sih…??

2 02 2012

mobil cari jalan pintas

Pagi ini cukup gondok juga ketika memasuki “jalan tikus” di bilangan Mega Kuningan Timur. Lha..gimana gak gondok..niatnya mau cari jalan pintas karena jalan arteri gak seperti biasanya. Baru jam 7 pagi kok sudah penuh sama mobil-mobil…!!

Eh, baru saja mau masuk jalan pintas yang lebarnya cuma dua kali mobil itu..ternyata Baca entri selengkapnya »





Fenomena Demo Buruh dan Kredit Sepeda Motor

27 01 2012

demo buruh bermotor di jalan tol

Menarik memperhatikan demo buruh yang hari ini terjadi, lebih menarik lagi memperhatikan fenomena masuknya sepeda motor milik para buruh dengan bebas melenggang di jalan tol tanpa polisi mampu menahan. Sebuah pengalaman unik yang ane saja baru sekali mengalaminya. Itupun ketika banjir besar melanda Jakarta.

Di foto tampak beberapa buruh Baca entri selengkapnya »





Bikers (Blocker) Halangi Lalu-Lintas

11 12 2011

rombongan pemotor blokir jalan

Prihatin melihat perilaku rombongan motor yang terlihat menghalangi lalu lintas seperti yang terlihat di salah satu koran (Radar Malang).

Tampaknya mentalitas gerombolan (herd mentality) sulit dilepas dan cenderung merajalela ketika pengendara motor berkendara berkelompok. Sikap jumawa dan ingin mendapat keutamaan di jalan seolah semakin mengemuka.

Padahal Baca entri selengkapnya »





Lawan Arus Di Jalanan Kompleks, Bagaimana Sikap Warga…??

17 10 2011

Lwan Arah, Otak Lo Parah

Tadi sore ane bersama anak istri bermaksud jalan-jalan sore sekalian cari makanan, seperti biasa kami melewati portal yang menghubungkan jalan di kompleks dengan jalanan yang lebih besar..sebenarnya gak besar-besar amat sih, cuma cukup untuk dua mobil sejajar..dan jalan ini adalah satu arah sehingga selepas portal, kami harus belok ke kiri

Nah, ketika antri keluar kompleks karena ada Baca entri selengkapnya »





Monorail Ditukar Dua Proyek Jalan Layang, Sadarkah Warga Jakarta?

10 10 2011

kolom beton Monorail yang terbengkalai

Judul di atas adalah sesuatu yang harus disadari oleh warga Jakarta, karena sudah hampir beberapa bulan terakhir terkuak bahwa pembangunan Jakarta Monorail, sebuah proyek transportasi massal (mass rapid transportation) dihentikan, ironisnya hingga kini pembangunan jalan layang non-tol (elevated road) di ruas Jalan Antasari dan Jalan Casablanca terus berlanjut.

Sebagai “peredam” isu ini, Baca entri selengkapnya »





Yuuk..Mengenal Rekayasa Jalan dan Batas Kecepatan

13 09 2011

situasi slope di tol Cipularang

Pasca kecelakaan yang terjadi di tol Cipularang, berbagai pendapat bermunculan seputar penyebab kecelakaan, dari mulai opini bahwa pengemudi yang lalai, adanya sebab mistis di lokasi kejadian, hingga adanya Baca entri selengkapnya »





Road Safety Association (RSA), Gerombolan Kepagian Yang Dipanggil Orang Kesiangan

9 09 2011

Rasanya judul artikel kali ini tepat dan mengena. Jauh sebelum ane bergabung dengan RSA, para founder LSM yang sebelumnya bernama Forum Safety Riding Jakarta ini telah menggodok konsep dengan api idealisme mereka. Sejak berdiri tahun 2007 silam, RSA Baca entri selengkapnya »





Kecelakaan Lalu Lintas Lagi Ngetrend..Saipul Jamal, Randy Admoko..Who’s Next..?

4 09 2011

image

Dalam satu hari berturut-turut ane dapat dua kabar kecelakaan, yang pertama dari oom Saipul Jamal yang ane baru tahu kalau dia penyanyi dangdut..istrinya, Virginia Anggraeny harus meregang nyawa atas kelalaian berkendara sang pengemudi yang mengantuk di jalan tol Padalarang km 97. Mobil Toyota Avanza yang ia tumpangi menabrak pembatas jalan lalu terbalik. Benturan hebat di kepalanya langsung membuatnya tewas bersimbah darah. Foto mengerikan korban kecelakaan tersebut langsung beredar luas di dunia maya.

Lalu baru saja beberapa menit lalu ane terima kabar bahwa Bripda Randy Admoko, juga telah menghadap Sang Khalik juga akibat kecelakaan lalu lintas.. almarhum dikabarkan gagal menyalip angkot lalu terlindas hingga tewas.

Tentunya perlu diingat kembali bahwa jejak darah Windy Mulasari, rider Vario yang terlindas kepalanya akibat jatuh menghindari lubang di jalan lalu dari belakang, sebuah bis langsung melindas kepalanya. Kejadian tragis beberapa waktu lalu itu juga belum hilang dari depan gedung Summitmas, Jl. Jendral Sudirman.

Lalu, masih di tahun ini, tentunya kita masih ingat kecelakaan yang menimpa almarhum Melanie Parmawatie, founder RSA dan Jakarta Mio Club akibat kelalaian pengendara Mio sruntulan yang menabrak motor yang dikendarai suaminya.

Itu adalah berita yang sempat diberitakan media massa maupun maya, tak dapat disebutkan satu per satu korban laka lantas selama mudik Lebaran 2011 kemarin yang dikabarkan  naik 196% dari tahun 2010.. berapa orang yang harus ditinggalkan dan dimiskinkan lahir batin..?

Membaca dan mendengar kabar duka akibat laka lantas ini membuat ane segera membayangkan adegan penyerbuan pantai Normandy, 6 Juni 1944 silam. Berkendara di jalanan Indonesia manapun rasanya seperti berlari bersama pengguna jalan lain yang menyerbu ke arah pasukan Jerman yang ferus memberondong senapan MG 44 ke arah kami semua..sementara dari belakang, tembakan artileri dari kapal perang sekutu terus memborbardir.

Kecelakaan tak pandang usia maupun jabatan. Tinggal pilih cara tewas untuk kita di jalan raya, akibat kesalahan sendiri ataukah karena kelalaian orang lain..?

Masih mau cuek sama RESIKO laka lantas..?

Last, ane masih bersyukur dinihari ini masih dapat memandangi anak dan istri tercinta yang sedang terlelap kemudian menangis karena popoknya minta diganti..juga tak kalah bersyukur ane memandangi sang motor yang bersih bin ganteng karena habis dicuci di Seven10 Fatmawati..

Sementara jutaan orang lainnya masih harus mempertahankan nyawa dan menanggung resiko berkendara di jalanan yang makin berbahaya..





Menjelang Lebaran, Ranjau Paku Pun Ditebar..

28 08 2011

image

Foto di atas adalah kiriman dari bro Ari Krisna Wibisono, seorang sobat dari milis FSRJ. Roda belakang kirinya harus jadi korban jebakan yang dibuat oleh oknum yang mencari keuntungan dengan menebarkan ranjau perusak ban di jalan.

Hari gini, ranjau perusak ban tak hanya paku dan sejenisnya, rangka payung yang dibuat tajam pun rupanya efektif untuk membuat ban tercabik dan menjadi bocor.

Dugaan sementara oknum yang berulah seperti ini kalau bukan orang iseng, ya oknum lain yang punya hubungan dengan oknum penambal ban terdekat yang akan kecipratan untung dari kerusakan ban tersebut.

So..waspadalah..menjelang lebaran, ada saja cara orang mengais rezeki dengan berbagai cara, termasuk dengan merugikan orang lain…!!!





Kerikil Tumpah di TB. Simatupang, Solusi dari TMC Polda Metro…??

5 07 2011

kerikil bertebaran di TB Simatupang

Di atas adalah email bro Wisnu Yudha Pratama, member YVC yang melaporkan adanya kerikil yang bertebaran di Jl. TB. Simatupang.

semalam sekitar pukul 23:30 WIB, di jalan TB.Simatupang terjadi kecelakaan yg melibatkan Baca entri selengkapnya »




Solar Tumpah di Jalan, Solusinya Ditaburi Pasir…?? WTF…??

5 07 2011

berita di detik

Cuma mau mengomentari berita di detik hari ini..Nih ane copas.. Baca entri selengkapnya »





Takut Kena Macet..? Buka Google Maps Aja..

21 06 2011

Ketika ane iseng buka Google Maps hari Minggu kemarin di Motorola Milestone, terlihatlah garis-garis warna merah dan hijau di beberapa ruas jalan. Rupanya itu adalah penanda kemacetan yang baru saja aktif untuk jalan-jalan di Indonesia, khususnya Jakarta. Baca entri selengkapnya »





Pengalaman Long Distance Driving..Melelahkan Tapi Seru..

6 06 2011

driving euy..

Tiga hari kemarin, blog off dulu..soale yang punya blog lagi travelling keluar kota untuk memenuhi undangan pernikahan saudara dekat pada hari Minggu di Semarang, sebenarnya Semarang bukan sebuah kota yang asing..cuma kali ini ditempuh dengan moda transportasi yang berbeda. Karena agenda yang sudah terjadwal inilah ane harus Baca entri selengkapnya »





You Are Not Stuck In Traffic, You Are The Traffic…!!

31 05 2011

baca nih..

Ane gak begitu mengikuti berita, hanya sekilas menonton tayangan di televisi bahwa rupanya beberapa hari yang lalu terdapat kebijakan pemerintah untuk membatasi (atau melarang) truk besar masuk ke jalan tol dalam kota.

Rupanya kebijakan ini mendapat Baca entri selengkapnya »





Karyawan Astra Honda Motor (AHM) Tidak Menghargai Road Safety..?

9 05 2011

AHM peduli Road Safety dong..!

Pulang dari latihan band usai acara KomBI, ane melintas via Jl. Bypass. Jalanan yang dikenal rawan ini tampak sepi. Ane melintas dengan tenang, tak perlu takut dengan kawanan preman bermotor yang dikisahkan sering merampas motor yang melintas. Baca entri selengkapnya »





Jalan Rusak..Rakyat Berani Teriak? Pemerintah Mau Bertindak?

4 05 2011

jalan rusak di Setu

Jalan rusak?

Ah, di kota besar seperti Jakarta dan pinggirannya itu sudah biasa. Rakyat juga emoh berteriak menyuarakan pendapat..paling-paling hanya misuh-misuh memaki di atas kendaraannya. Lha..habis mau gimana? Baca entri selengkapnya »





Doa Bersama PRIDES, Mengenang Bro Tumo81

26 04 2011

R.I.P. bro Tumo81

Puluhan lilin ditata, lalu mulai dinyalakan di atas permukaan trotoar di sudut jalan Mega Kuningan Timur atau biasa disebut MKT, sebuah lokasi diantara himpitan gedung-gedung tinggi di bilangan Lingkar mega Kuningan, Jakarta Selatan. Baca entri selengkapnya »





Zona Deselerasi Traffic Light..Kok Malah Dibuat Licin..?

29 12 2010

Ninja 250 riding

Ninja 250 ini ane geber dengan penuh kewaspadaan dengan kecepatan hanya sekitar 35-40 km/jam. Maklum lah kondisi jalanan basah karena Baca entri selengkapnya »





Beli Motor, To Use or To Sell..?

15 09 2010

Menarik nih baca artikelnya bro Saranto yang menjual Ninja 250-nya. Butuh beberapa hari bagi ane untuk memikirkan artikel ini. Beli motor itu untuk apa sebenarnya..untuk dipakai atau dijual? Baca entri selengkapnya »





Naik Motor Kok Bawa “Light Saber”..?

11 08 2010

Tahu dong Light saber..ya itu tuh, senjata andalan para Jedi di film legendaris Star Wars. Gunanya ya pasti untuk bertarung. Baca entri selengkapnya »





Waspada ketika Berkendara di saat Hujan

22 01 2010

Musim hujan telah tiba dan hari ini ane dikejutkan oleh berita bahwa sudah dua kawan di komunitas ane yang kecelakaan saat berkendara dalam hujan. Akibatnya keduanya mengalami cedera tulang bahu yang cukup serius.

Oleh karena itu ane mau wanti-wanti kawan sekalian untuk selalu waspada di jalan. Ketika hujan, potensi bahaya yang mungkin timbul yang bisa ane share sebagai berikut:

1. kondisi jalan yang licin sehingga jarak pengereman bertambah karena ban tidak “menggigit” aspal alias slip.

2. jarak pandang yang terbatas, pada umumnya kaca mobil/kaca helm berpotensi mengembun ketika hujan jadi waspadalah terhadap sekeliling.

3. jalan berlubang, bisa terjadi dimana saja dan bisa juga jalan tertutup genangan air.

Oleh karena itu sebaiknya kita melakukan antisipasi sebagai berikut ketika berkendara di saat hujan:

1. jaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan di sekitar ente. jangan terlalu dekat,

2. tidak bermanuver mendadak agar tidak mengejutkan orang lain

3. selalu sedia jas hujan model jas dan celana, jangan pakai jas hujan batman

4. tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan

5. pakailah jaket yang “eye catching” sehingga dapat terlihat.

6. selalu nyalakan lampu utama kendaraan

7. jangan injak/tarik rem sekaligus agar ban tidak selip, kecuali kendaraan ente ada ABS nya.

8. Selalu fokus pada kegiatan berkendara saja, jangan “disambi” kegiatan lain.

Ya paling segitu dulu yang bisa ane share, kalo ada lagi monggo ditambahkan.








Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: