Hari minggu pagi yang tidak ada kerjaan…
ane iseng2 putar2 obeng trus ke depan rumah
kemudian buka baut karburator
rada kotor nih jeroannya, banyak debu2 halus, ane segera ambil STP Carb Spray lalu semprot2 karburator
dari mulai kupu2, mangkok, Pilot jet, main jet
Setelah kinclong ane pasang lagi dan setelah terpasang sempurna ke blok mesin mau gak mau harus setting sendiri karena tadi udah diacak2 settingannya
denger2 cerita mekanik bahwa setelan angin/bensin adalah 2.5 putaran.
langsung ane praktekkan (setelah sebelumnya putaran screw dihabiskan searah jarum jam)
Adapun menurut artikel di Motor Plus edisi minggu pertama April 2008 komposisi campuran udara – BBM yang ideal adalah 12.5 bagian udara bereaksi dengan 1 bagian BBM.
foto baut pengatur AFR ini (Air Fuel Ratio) ada disini
http://bp1.blogger. com/_qnHDW- tvTZs/RxBSJrlRCx I/AAAAAAAAAj8/ UcsfBPqbrn8/ s1600-h/screw_ setting.png
Putaran berlawanan jarum jam berarti memperbesar campuran BBM dan memperkecil campuran udara.
Putaran searah jarum jam berarti memperkecil campuran BBM dan memperbesar campuran udara.
Air Screw ane putar 2.5 putaran ternyata kenalpot nembak2 plus RPM langsam tidak teratur.(FYI, busi ane menggunakan Denso Iridium IU27A ngutang dari bro Sadono), BBM Pertamax Plus)
ane kecilin jadi 2 putaran, langsam tetap tidak teratur dan gejala nembak berkurang
coba-coba lagi,
Kali ini screw dibesarkan menjadi 4.5 putaran, langsam mulai teratur dan gejala nembak hilang…
Uji coba berikutnya adalah mendinginkan mesin.
biasanya dengan putaran screw sebanyak itu mesin jadi sulit dihidupkan ketika dingin.
Selang 1.5 jam ane hidupkan lagi mesin dalam keadaan dingin (blok atas dingin)
dan mesin berjalan langsam teratur di putaran 1300 rpm dan ketika RPM dinaikkan tidak terjadi gejala nembak.
selesai setting karbu, motor langsung ane test ride
hasilnya kok tarikan jadi lebih enteng ketimbang settingan mekanik.
Dengan setting sebesar itu (4putaran) akan ada indikasi konsumsi BBM akan lebih irit.
kita tunggu hasil perhitungan di pengisian BBM selanjutnya.
bro gw rudy punya PZ00, masalah ni motor nembak2 kayak AK47 pengen sih stel sendiri karbu ni motor, tapi takut ntar jarumnya patah….
jarum gak akan patah asal hati2 bro..selamat mencoba..gak susah kok
mas, bajaj saya g mau naik vakumnya… kenapa tuh??? RPM g mau naik dr 6 ribu…
please….
coba karbunya dibongkar..mungkin ada pegas yang tertahan.
mas mo tanya skrup airscrew tuh yg sebelah chok atau yg dibawah ya?? motorku Pibo..
thx.
Kalo pagi pagi,(udara dingin)karburator saya ngembun ya..kalo di pake agak ngeberebet..pernah jg sampai mesin mati kalo ujan gede..tolong saya minta pencerahan..
Pulsar 200.
kalau mesin baru nyala brebet wajar bro
kalau mesin mati karen air, bukan karburator saja yg patut dicurigai, tapi soket CDI yang kemasukan air bisa jadi salah satu sebab.
setuju mas ben, p180 gw juga settigan ketemu di 4,5 malah, tarikan lebih ringan, halus bak pantat bayi hehehe…terus kembangin artikelnya mas, anyway, kalo ada yang bahas tentang kaki2. tolong dibahas mas, soalnya kai2 ane bermasalah, tq
untuk bro tedyy…kmarin motor ane juga gitu skep nya gak mau naek trus rpm nahan di 6000 itu ganti karet vakumnya aja..beres dah
perlu bongkar tangki gak bongkar tuh karbu ?
gak perlu bro..
yaa…tu mas bro,klo da yg modif Kki2 bgi pnglman dong.persikmania
bannk rudy saya demen sama ente sebab motor ente mungkin keturunan AK 47 kaleee.!!!! Haaa. Haaa. Ha….
artikel sampeyan keren bin berilmu.. maju perut pantat mundur mas benny.
mas klo pengapian pulsar kita buat fungsinya bersamaan gmn…
ap yg prlu d ganti…tq
gw pake 180 tua keluaran perdana, kl gw seting karbu biasa sendiri sejak nanya mekanik kalo mo ngacir stel berapa putaran? karna knalpot gw dah bobokan.gw di ajarin stel pake obeng min’ 6 X putaran,lumayan untuk top speed track panjang, bisa tembus 120km/jam ‘solo drive
plz…. mint pencerahan donk mas bro,sy bru beli pulsar 220cc kok baru di bawa jaln 2 km karbu balik kerumah panas bagt y,trus setingan karbu gman y aagr suara udarany tdk terllau besar cos beda suarany sma motor pulsr yg lain,moh blsannya,thx ya the master..
Bro, kalau bisa buat video cara melepas karburator dan cara memasangnya kembali………… terima kasih
yang mana seh… gambarnya kagak ada Mbah…?? -_-
bentar… kok jadi lebih irit…?? kan 4 putaran ke kiri… berlawanan jarum jam…?? :bingung:
Benar bro, kalo putar berlawanan jarumnya lebih boros bbm, pulsar 220 ane setting optimalnya 2,5 putaran (bisa dilihat dari warna busi yg menyerupai merah bata)