Tips Kesehatan untuk Pengendara Motor

16 04 2009
pic_0466

Me and Bumblebee

Terkadang sebagai pengendara motor, kita lupa bahwa sehari-hari kita membawa harta yang paling mahal yaitu kesehatan. kegiatan riding rutin secara harian tentunya akan berdampak kepada kesehatan mental dan fisik baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Sesuai pengalaman saya yang terbatas ini, saya ingin berbagi kepada anda mengenai tips kesehatan untuk pengendara motor. semoga dapat berguna.


1. RIDING JANGKA PENDEK

a. riding tanpa pemanasan

(pinggang, tangan, kaki dan persendian) bisa menyebabkan pegal

b. riding “kaget”

misalnya bangun pagi ku terus riding ke kantor juga tidak baik, kesadaran belum penuh dan panca indra belum siap.

Break Istirahat sehabis Touring

Break Istirahat sehabis Touring

2.  RIDING JANGKA PANJANG (RUTIN ATAU DALAM WAKTU LAMA)

Riding rutin harian dengan motor yang sudah disesuaikan dengan postur tubuh pun masih bisa menyebabkan fatigue alias kelelahan pada tubuh.

a. pegal

biasanya karena riding terlalu lama, solusinya pemanasan dan pelemasan tubuh sebelum riding jauh dan jangan riding terlalu lama. maksimal 2 jam riding kemudian diselingi pelemasan dan istirahat. jangan lupa sesuaikan posisi mengendarai motor dengan postur. Biasanya stang yang tinggi dan tidak membungkuk dapat membuat posisi riding lebih nyaman. biasakan tidak menekuk punggung selama perjalanan agar tidak cepat lelah.

b. rasa panas di pantat

disarankan riding jarak jauh tidak pake celana dalam yang ketat utk mencegah alergi kulit. Pakailah celana hawaii atau celana berbahan katun yang longgar.

c. kebersihan hidung

perhatikan kebersihan hidung, bandingkan hidung orang yang biasa naik busway dgn naik motor, jangan iri, pasti juara hidung terbersih ada pada pengguna busway. Untuk kesehatan jangka panjang, pakailah masker dengan filter udara (jika memakai helm half face) dan selalu bersihkan hidung setiap sesudah riding.

d. kebersihan mata

mata akan semakin beresiko kotor jika memakai helm yang memungkinkan udara untuk masuk ke muka biasakan bersih2 mata dengan boor water atau obat tetes mata secara rutin, paling tidak seminggu sekali.

e. kebersihan leher dan tengkuk

nah ini jarang diperhatikan, biasanya ada daerah leher dan tengkuk yang terbuka diantara helm dan jaket pada kegiatan riding rutin, bagian tubuh ini akan dipenuhi kotoran alias daki. solusinya, biasakan memakai masker/balaclava yang bisa menutupi leher secara sempurna. dan jangan lupa beri perhatian extra ketika mandi pada bagian tubuh ini.

f. kebersihan badan

biarpun cuma duduk di atas motor, badan rider pasti berkeringat. pada riding jarak jauh, hal ini bisa menimbulkan gatal dan rasa tidak nyaman. solusinya, sesuaikan jaket dengan cuaca, jika cuaca panas, pakailah jaket yang memungkinkan aliran udara masuk. dan jangan lupa tetap sedia jas hujan. Pada saat mandi bersihkan persendian dan lipatan kulit secara intensif untuk mengangkat kotoran dan sisa keringat.

g. kesehatan mental

terlalu banyak riding rutin setiap hari, pasti banyak menemukan masalah di jalan, apalagi di Jakarta banyak orang yg asal-asalan bawa kendaraan.  Jangan terpancing emosi, tetap sabar (ngomongnya gampang nih..tapi penerapan susah). kalaupun sebel, luapkan sesekali dengan cara mengumpat di balik helm..(kata2 bisa dipilih sesuai selera..he he he). kalau masih sebel juga, silakan minggir di tempat yang aman dan teduh, kemudian cari minuman untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Istirahat Ketika Lelah Riding

Istirahat Ketika Lelah Riding

Harap tetap diingat selalu bahwa naik motor itu ibarat besi dibungkus daging, kalo besinya kotor, dagingnya juga ikut kotor.

tapi kalau sampai nyungsep alias jatuh, yang kena biasanya dagingnya dulu.

tetap lakukan SAFETY RIDING setiap mengendarai sepeda motor anda.








%d blogger menyukai ini: