Keselamatan Berkendara di RT/RW

24 04 2009
Safety Riding @ Lingkungan RT/RW

Safety Riding @ Lingkungan RT/RW

PERHATIAN!

ARTIKEL BERIKUT TIDAK BERMUATAN POLITIK SAMA SEKALI KARENA PENULISNYA TIDAK PEDULI POLITIK

===

Seandainya ane dikasih duit sama Presiden untuk membenahi kondisi transportasi di lingkungan RT/RW, ini yang akan ane lakukan:

1. benahi polisi tidur yang gak bener desainnya.
2. benahi jalan berlubang dan menyingkirkan pasir di setiap pinggiran jalan.
3. pasang kaca cermin di setiap tikungan.
4. pasang rambu2 seperti rambu dilarang stop, dilarang parkir dan batas kecepatan.
5. pasang spanduk himbauan: pakailah helm, jaket dan sepatu meskipun berkendara jarak dekat.
6. mendata anak2 dibawah umur yang sering naik motor/mobil kemudian memberikan surat teguran ke orang tuanya.
7. memasang poster himbauan bergambar korban kecelakaan di setiap pangkalan ojek dan persimpangan jalan.
8. membelikan 2 helm/ojek kepada ojeker yang terdaftar di RW.
9. kalo duitnya nyisa..buat modif motor gw..wa ha ha ha..

Silakan ditambahkan dan diterapkan di lingkungan masing-masing (kalau dananya tersedia lhoo..)

Hayo pak Capres 2009, silakan mulai dari yang kecil dulu ya!

Salam Safety





Permasalahan Seputar Garis Putih

24 04 2009

Analisa singkat seorang pengguna jalan yang rajin setor pajak tahunan untuk motor-motornya (yang ber-STNK saja)… =P

Pelanggar Garis Putih

Pelanggar Garis Putih


Pelanggaran di garis putih ini sebenarnya masalah perilaku (behaviour) saja, coba liat kasus berikut yang merupakan pemandangan sehari2 ane dan lama kelamaan dari kasus tersebut ane bisa ambil kesimpulan (hipotesa?)

Setting lokasi: perempatan lampu merah dengan garis putih dan zebra cross yang nyata jelas terlihat.

1. ane sudah tiba lebih dahulu mendekati garis putih dan berhenti di belakangnya, kiri ane kosong, kanan ane sekitar 3 meteran ada R4.


2. selang beberapa detik kemudian datanglah sebut saja biker A, ia berhenti tepat di samping ane, di belakang garis putih juga.


3. selang beberapa detik lagi, datanglah 2 biker, sebut saja biker B dan C, yang berhenti di belakang ane.


4. datang lagi biker D, E dan F, biker E dan F berhenti di belakang ane.


5. biker D terus berjalan dan berhenti di depan garis putih, bahkan di depan zebra cross.


6. melihat hal ini, biker B, C, dan F langsung maju mengikuti biker D dan berhenti di sampingnya.


7. datang lagi biker G, H, I dst, semuanya mengikuti biker B, C, D berhenti di depan garis putih.


8. dalam waktu 2 menit setelah lampu merah menyala,ane lihat sudah puluhan biker yang mengikuti berhenti di depan garis putih.

9. paling banyak hanya 3 biker yang mau berhenti di belakang garis putih.


10. mirisnya lagi, lampu belum hijau, gerombolan pelanggar garis putih ini langsung tancap gas beramai-ramai.

Gak malu pak, pake jaket "SAFETY RIDING" ...?

Gak malu pak, pake jaket "SAFETY RIDING" ...?


nah, dari cuplikan di atas bisa diketahui bahwa sebagian besar masyarakat ternyata:

1. MAUNYA AMBIL JALAN TERCEPAT, TIDAK MAU TAHU ATURAN.


2. MENGIKUTI POPULASI TERBANYAK, MANA YANG TERBANYAK,  ITULAH YANG DIIKUTI.


3. TIDAK SABARAN.


4. KURANG TEREDUKASI
.

padahal, dengan berhenti di depan garis putih apakah mereka lebih cepat sampai tujuan?
ah..gak juga tuh..ujung2nya ketemu lagi di lampu merah berikutnya.

Pak Polisi pun tidak mau kalah ikut melanggar garis putih..

Pak Polisi pun tidak mau kalah ikut melanggar garis putih..


apakah sepenuhnya salah mereka?

TIDAK, pelanggaran tersebut terjadi bukan saja karena ada niat, tapi juga karena adanya kesempatan.
Kesempatan yang diberikan oleh siapa?
Jawabannya: Tentu saja kesempatan yang diberikan oleh Polisi yang bertugas di setiap perempatan, polisi yang setiap hari ane lihat “mengatur lalu-lintas” dengan melambai-lambaikan tangannya.

Apa Kabar Pak Polisi...

Apa Kabar Pak Polisi...


Yang punya hubungan dengan pejabat kepolisian, saya titipi pertanyaan deh..

“Apakah dengan melambai-lambaikan tangan,lantas kemudian lalu-lintas jadi lancar jaya sentosa?”

Buat yang punya kawan, saudara, pacar atau selingkuhan yang suka melanggar garis putih, saya titip pertanyaan juga?

“Kenapa sih berhenti gak bisa di belakang garis putih, kenapa liat orang maju melewati garis putih malah diikuti?”

how about me?
ane tetep berbangga hati jadi manusia langka dalam arti positif dan tidak ikut2an yang salah.

Salam Safey Riding..!!!

Salam Safety Riding..!!!








%d blogger menyukai ini: