Dua Tahun Setelah Pertama Kali Mendengar Kata “SAFETY RIDING”

25 05 2009
Motorcycle Accident

Motorcycle Accident

Hari ini 2 tahun yang lalu adalah hari ketika ane jatuh dari motor di daerah Salemba akibat disalip motor yang ngebut dengan tidak menyalakan lampu sedikitpun.

Meskipun itu adalah kesalahan dia namun ane tetap merasa tolol karena tidak melihat spion, tidak memberikan lampu sign dan tidak melakukan head check ketika hendak berpindah lajur..ya berpindah lajur, hanya membelokkan motor barang sedikit saja memotong marka garis putus2 untuk pindah ke lajur yang lebih sepi.

Kelihatannya sepele, namun sejak ratusan kali melakukan prosedur membelok tersebut yang belakangan ane ketahui tercantum di pasal 59 Peraturan Pemerintah no.43 tahun 1993 ternyata bisa menyelamatkan ane dari ganasnya lalu-lintas ibukota.

2 tahun lalu juga pertama kalinya ane mendengar kata “safety riding” di milis yamaha_scorpio@ yahoogroups. com (MiLYS), sebuah kata yang ane maknai sebagai ikhtiar dalam berkendara yaitu memberikan keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain dengan cara meningkatkan kemampuan berkendara, mematuhi aturan lalu-lintas dan mengenakan safety gear yang mencukupi sebagai pertahanan terakhir terhadap kecelakaan.

2 tahun lalu ane hampir kehilangan tulang kering kaki sebelah kiri akibat kecelakaan konyol itu dan berakibat hilangnya kemampuan buang air besar dengan cara jongkok selama hampir 3 bulan. Sungguh konyol memang.

Sekarang berkat ilmu yang ane serap dari kawan-kawan di berbagai milis dan pengalaman pribadi ane. Ane simpulkan secara spesifik bahwa melakukan tindakan head check (tengok kiri-kanan), melihat spion dan menyalakan lampu sein sebelum bermanuver dapat menyelamatkan ente dari kecelakaan.

Alhamdulillah 2 tahun sesudah kecelakaan itu ane tidak pernah kecelakaan lagi di jalan dan semoga kedepannya dapat menjadi tahun-tahun yang bebas dari kecelakaan lalu-lintas. Amin..

Demikian share pengalaman dari ane.

Seperti dulu ane “mengakuisisi” ribuan share pengalaman dari kawan-kawan sekalian dari mulai cara bongkar motor sampai cara mengendarai motor dengan benar, maka ane persilakan ente semua “mengakuisisi” pengalaman ane yang belum seberapa ini.

Semoga dapat berguna bagi kita semua.


Aksi

Information

One response

15 07 2009
dismas070492

hehe 🙂

other people experience is the best teacher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: