Menyikapi Penyimpangan Berlalu-lintas

4 07 2009
Gaya Riding Urakan

Gaya Riding Urakan

Setiap hari dalam perjalanan ane menuju kantor dengan menggunakan sepeda motor, selalu saja ane mendapati rider yang mengendarai motornya dengan cara yang tidak enak dilihat.

1. Menyalip mendadak tanpa memberikan sinyal suara atau cahaya

Rider seperti ini mungkin tidak pernah mendapatkan pencerahan tentang tata-cara membelok. Hebatnya lagi setelah belok ia langsung memotong jalan kendaraan yang disalipnya tanpa lihat spion.

Bagaimana cara menyalip yang benar?

Materi Kopdar Keliling RSA - short_Page_14Materi Kopdar Keliling RSA - short_Page_15

2. Menempel kendaraan di depannya (tailgating)

Tailgating ini sering terjadi pada ane. biasanya di kaca spion ane akan terlihat lampu motor sampai badan pengemudinya terlihat semua dan sangat dekat. Kalau sudah begini ane akan sangat sebal dan uring-uringan. Pernah satu kali ada kejadian begini dan ane kerjai dia dengan mengerem mendadak. Walhasil rider tersebut kaget dan ikut mengerem sampai oleng dan hampir jatuh.

Bagaimana cara menjaga jarak aman?

Materi Kopdar Keliling RSA - short_Page_17

3. Berkendara sambil menelpon/SMS

Kemajuan teknologi saat ini rupanya malah menghasilkan manusia yang kampungan. Tindakan seperti ini jelas membahayakan pengguna jalan lain. Saat mengendarai motor sambil bertelepon/sms ria, perhatian rider akan terpecah antara kondisi jalan dan HP nya.

Bagaimana seharusnya?

Fokuslah pada kegiatan berkendara, jika memang ada telepon atau SMS dan anda ingin merespon, kurangi kecepatan, lihat spion, dan carilah tempat berhenti yang aman untuk mengangkat telepon atau mengirim SMS.


4.  Berkendara pelan di lajur kanan

Sudah lupakah pada aturan di mana lajur kanan adalah tempat untuk mendahului? Rider sekarang lebih suka berkendara santai di tengah lajur sampai di lajur kanan.

Bagaimana seharusnya?

Jika anda melambatkan laju kendaraan, segeralah pindah ke lajur kiri secara aman. Jangan terus melaju di lajur kanan dengan kecepatan rendah. Hal ini akan mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain.

5. Tidak sabar menunggu lampu hijau

Setiap hari ini menjadi pemandangan tidak biasa yang menjadi kebiasaan bagi rider yang melakukannya. Lampu belum hijau tapi para rider dengan bersemangat dan kadang “maksa” selalu saja mencari celah untuk berada di depan. Lebih menyebalkan lagi, garis putih SELALU dilanggar. Sedang kebelet BAB ya?

Bagaimana seharusnya?

Lampu lalu lintas merupakan rambu yang wajib dipatuhi. Kecuali jika terdapat polisi yang memberikan perintah untuk jalan terus. Hal ini disebut “diskresi” yang otoritasnya lebih tinggi dari rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas hanyalah pengganti petugas polisi lalu lintas. Sebagai pengguna jalan kita wajib mematuhi perintah demi kelancaran lalu lintas.

Namun jangan sampai membiasakan diskresi polisi ketika tidak ada polisi yang memberikan perintah. Contohnya maju melewati garis putih ketika lampu merah menyala.


Aksi

Information

2 responses

21 08 2009
Penyimpangan salafi adalah paham teroris

buka saja osama bin laden wikipedia

20 01 2010
SAUT BOANGMANALU

TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: