Kopdar Biker Brotherhood Blog with Motodream Magazine – Angkringan Wetiga

6 07 2009

Adalah takdir yang mempertemukan ane dengan para blogger senior dan kawan-kawan biker pada acara yang diadakan oleh majalah Motodream ini. Takdir pulalah yang membuat kunjungan ane yang pertama kalinya ke sebuah tempat yang ane nilai sangat nyaman yang bernama Angkringan Wetiga menjadi sangat mengesankan, sebuah tempat yang dulu ane sering dengar dari bro Edy Caplang.

Tadinya ane berniat menonton film Ice Age 3 di Mall Kelapa Gading, namun ane urungkan karena adanya acara ini, toh besok atau minggu depan film tersebut masih diputar di bioskop. Tapi acara seperti ini..wah sayang sekali dilewatkan karena belum tentu diadakan lagi.

Datang ke lokasi pada pukul 19.00, ane mendapati lokasi masih sepi, sementara menurut penyelenggara acara undangan dapat mencapai 150 orang. Jadilah ane berkeliling sebentar sambil minum es jeruk dan cemilan yang disiapkan panitia. Ane mendapati bro Edy Caplang sudah datang duluan yang ternyata menjadi salah satu narasumber di acara ini.

Tak lama kemudian berdatangan kawan-kawan dari YVAJ (Yamaha Vixion Adventure Jakarta), YMML (Yamaha Matic Mailing List) dan YSCC (Yamaha Scorpio Club Cikarang).

Acara dimulai dengan menghadirkan narasumber yang sudah cukup berpengalaman di bidang blogging dan biking, antara lain:

Enda Nasution – Bapak Blogger Indonesia, kebetulan beliau ini senior ane di Teknik Sipil ITB
Ndoro Kakung – ane baru dengar kali ini, mungkin karena ane kurang gaul ya ;p
Edy “Caplang” Cahyono – nah, kalau bro yang satu ini sudah ane kenal sejak kegiatan uji GPS vs speedometernya bro Saftari sampai sekarang menjadi rekan di RSA.

Mengenai Angkringan Wetiga
Angkringan Wetiga (www.wetiga.com) adalah sebuah tempat yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Angkringan Wetiga menyediakan lokasi berkumpul yang strategis dan nyaman. Dengan mengusung konsep unik “angkringan”, sebuah tempat berjualan makanan tradisional dengan harga yang sangat bersahabat dan menu makanan dan minuman yang bervariasi. Lebih unik lagi dengan adanya koneksi Wi-Fi yang disediakan gratis bagi pengunjungnya.

Mengenai Motodream
Motodream adalah majalah yang mengulas lifestyle biker. Didalamnya terdapat beberapa rubrik yang bermanfaat dari mulai trend asesoris biker, gaya hidup biker sampai artikel Safety Riding merupakan hasil kerjasama Motodream dengan RSA (Road Safety Association). Majalah ini dapat diperoleh secara gratis diantaranya di dealer Yamaha. Beberapa orang dari redaksi Motodream diantaranya bro Wahyu dan bro Awan hadir di acara ini. Sekedar informasi bahwa Motodream telah membuat sebuah blog khusus yang isinya melibatkan para bikers yaitu di http://www.motodreamagazine.blogspot.com , Motodream juga telah eksis di Facebook. Silakan di-add ya..

Acara berformat diskusi segera dimulai dengan ulasan singkat mengenai dunia blogging dan bikers serta gabungan dari keduanya yaitu bikers yang juga nge-blog.

Bro Enda Nasution memberikan komentar pertama mengenai biker’s blogging ini. Sekarang telah terdapat fasilitas microblogging (blogging dalam 100 – 200 karakter saja) seperti Twitter atau Plurk bagi mereka yang tidak ingin panjang lebar dalam nge-blog. Juga agar lebih bermanfaat, telah dibuat aplikasi yang mengumpulkan info lalu lintas saja di Twitter. Ini akan membantu biker lain yang membaca informasi tersebut agar dapat lebih siap menghadapai kondisi lalu-lintas. Adapula fungsi sms blast (mengirim sms ke banyak orang) seperti website http://www.ping.fm atau http://www.hellotxt.com

Meskipun fasilitas sudah ada, namun banyak biker yang menemui hambatan ketika nge-blog. Kadang seorang biker kurang percaya diri untuk membuat blog. Untuk hal satu ini “Mulailah menulis sejujur-jujurnya dangan motivasi berbagi untuk sesama” begitu tandas bro Enda.
Beliau juga mengatakan bahwa penulisan blog harus sespesifik mungkin, sedetail mungkin dalam mengulas informasi.

Komentar kedua dari Ndoro Kakung yang memberikan tips bagaimana agar tulisan di blog memiliki value atau nilai tambah bagi pembacanya. Artikel dalam sebuah blog harus mengandung informasi terkini. Contohnya Tips dan triks, dan terutama sekali untuk bikers adalah ulasan berisi Safety Riding. Ndoro juga mengatakan bahwa di era keterbukaan informasi saat ini. Jangan sampai informasi dikuasai satu pihak tertentu. Banyak orang lebih memilih membaca blog karena sudut pandang blog lebih jujur ketimbang informasi yang diperoleh dari search engine.

Bro Edy turut menjelaskan sudut pandang pembaca blog terhadap biker’s blogging. Blog seorang biker jika dibaca oleh orang lain terkadang akan terasa asing. Seperti memasuki dunia lain. Padahal dalam kenyataannya Bro Edy tidak hanya bercerita sebatas dunia biker di blognya, tapi bisa apa saja. Dari mulai utak-atik HP nya sampai pengalaman sehari-hari. Ia juga turut mengobarkan semangat berbagi untuk sesama biker dalam nge-blog salah satunya dengan bercerita tentang safety riding dan cara menyikapi kondisi lalu-lintas.

Validitas Pemberitaan
Topik selanjutnya adalah Bagaimana mengukur validitas sebuah materi blog?
Validitas atau kebenaran informasi yang disajikan di dalam sebuah blog turut berpengaruh terhadap value dan minat baca. Juga mencerminkan sejauh mana si blogger mampu menyajikan informasi secara akurat.

Ndoro Kakung berkomentar, dalam beberapa blog yang ia temui materi blog biasanya memiliki validitas lebih rendah ketimbang sumber resmi pers atau pihak pemberi info yang lebih valid karena blog cenderung dinilai sebagai ulasan subyektif dan kurang memiliki nilai obyektivitas.

Blogging sebagai media bisnis
Bro Wahyu Kartawijaya selaku Managing Editor majalah Motodream kemudian menanyakan sejauh mana posisi blog dalam branding komunitas motor.

Bro Enda menanggapi bahwa blog dapat berfungsi sebuah etalase. Blog memiiki jenis informasi yang dinamik, yang dapat diupdate secara menerus. Tidak seperti website yang memiliki info statis. Hal ini tentu lebih diminati pembaca yang terus mencari info yang akurat mengenai sebuah produk.

Langkah berani juga diungkapkan seorang peserta acara yaitu bro Burai dari YVAJ yang memromosikan usahanya via Facebook. Bisnisnya bergerak dalam bidang desain dan dkorasi interior dengan nama Bilkis Decoration dan beliau mendapatkan omset yang lumayan dari iklan yang dipasangnya tersebut.

Menanggapi hal ini Ndoro menyarankan akan lebih baik jika iklan usahanya dipasang di blog, karena dengan blog. Porsi penjelasan mengenai usaha tersebut dapat diulas dengan lebih detail.

Q&A (Questions & Answers) Session

Q (Bro Arthur YSCC) :
Bagaimana agar kita bisa membuat identitas/ciri/diferensiasi blog? Bagaimana menyiasati Keterbatasan gadget dalam membuat suatu blog?

A (Ndoro Kakung) :
Sesuaikan isi blog anda dengan keahlian dan minat.
Blog dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi dan berita yang terbaru, terkadang lebih cepat dari wartawan atau media massa. Blogger dapat menjadi alarm atau pemberi sinyal terhadap kejadian atau event tertentu yang terkadang dapat lebih lengkap dari ulasan seorang wartawan. Gadget tidak harus yang canggih. Bisa saja kita menulis dulu di Word atau bahkan notepad, kemudian jika sempat kita upload ke blog. Yang penting itu niat menulisnya harus ada dulu.

Q (Bro Ipank YJOC) :
Apa etika atau pakem dalam blogging?

A (Edy Caplang) :
Blog harus berani menampilkan informasi sekaligus bertanggung jawab terhadap isinya. Blog harus dibuat berdasarkan data dan fakta yang mendukung. Contohnya dengan menampilkan foto atau pengalaman yang akurat mengenai sebuah obyek atau kejadian.

Blog juga harus santun. Adanya pemisahan tema pembahasan sangat penting. Seorang blogger juga harus memikirkan kenyamanan pembaca. Sebagai contohnya berjualan atau berbisnis jangan dicampurkan dengan blog pribadi. Karena dapat mengganggu orang yang mengikuti isi blog. Blog yang baik memiliki originalitas materi, bukan berisi copy-paste tulisan dari sumber lain.

A (Enda Nasution) :
Berbeda dengan bro Edy, bro Enda berpendapat bahwa blog mengenai usaha dapat menjadi bagian dari perjalanan cerita di blog. Blog juga dapat menjadi alat untuk membentuk opini tertentu mengenai suatu hal. Untuk itu pembaca juga harus cerdas dalam memilah informasi yang dibacanya.

A (Ndoro Kakung) :
Apa yang sudah dipublikasikan dapat memiliki konsekuensi hukum, oleh karena itu blogger harus berhati-hati dalam penulisan.

Ane pun tak ketinggalan ikut “nyemplung” dengan memberikan opini ane:

Blogging adalah menulis dan menulis lebih advance sifatnya dari sekadar membaca atau menerima informasi, blogging berarti melatih seseorang untuk aktif secara kognitif dan motorik, apalagi jika didasari semangat dan motivasi berbagi dengan orang lain. Hal ini akan memacu blogger untuk belajar lebih lanjut. Sayangnya dalam acara ini kurang diulas bagaimana nikmatnya nge-blog dan cara memotivasi orang lain untuk nge-blog. Padahal jika motivasi ini ada di setiap biker akan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. Majalah Motodream yang telah memiliki blog juga ane harapkan dapat memotivasi para biker untuk mulai nge-blog, ini akan bermanfaat untuk Motodream juga tentunya dengan lebih melibatkan hasil nge-blog para bikers dalam setiap edisinya.

Beberapa pertanyan ane sebagai biker blogger pemula yang tidak sempat ane sampaikan di acara tersebut adalah sebagai berikut, mudah-mudahan para blogger senior dapat berkenan memberikan jawabannya.

Bagi biker blogger pemula, bagaimana memotivasi minat menulis melalui blog kita?

Apakah informasi/artikel/isi blog tersebut selalu bersifat open source? Bagaimana jika materi di dalam blog dijadikan komoditas?

Apakah motivasi terbaik yang dapat meningkatkan minat menulis/nge-blog seorang biker.

Bagaimana cara meningkatkan validitas blog?

Sejauh apa knowledge/general knowledge harus kita libatkan dalam blog? (berhubungan dengan validitas).

Sebagai penutup tulisan ini ane berpesan untuk kawan-kawan bikers yang lain, ane sarankan ente segera mulai menulis dan membuat blog. Karena nge-blog itu nikmat, bermanfaat dan menyenangkan.


Aksi

Information

2 responses

16 06 2010
nadi

Wah, ini artikel lama. Belum ada yang komen karena Bang Ben belum ngetop seperti sekarang yang udah sempat icip-icip BOTD. PERTAMAX dulu laaaggghhhh…. !!!! :mrgreen:

16 06 2010
bennythegreat

weleh…aku ngeblog ndak cari ngetop tho…cuma cari goodie bag sama elus2 UG ajah….hihihii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: