Buka Puasa Bersama dan Diskusi Safety Riding bersama Road Safety Association

14 09 2009

Hari Jumat ini event buka puasa bersama blogger dan direksi PT. AHM harus mengalah karena ane didaulat RSA untuk membuat materi diskusi mudik dan aman berkendara di Midpoint Cafe, Senayan.

Acara yang berlangsung mulai pukul 19.30 ini dihadiri cukup banyak anggota komunitas, klub dan media massa.

Diskusi mudik dengan aman mengemuka ketika beberapa peserta mengungkapkan ide, pengalaman dan kritik mereka terhadap kegiatan mudik. Sebut saja sis Melani dari MiLYS dan bro Rinto dari YMIC yang memberikan info posko mudik di beberapa lokasi di jalur Pantura.

Mudik dengan sepeda motor menjadi kontroversi antara idealisme aman berkendara dan kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang terjangkau. ATPM seperti Yamaha Motor Kencana Indonesia memberikan fasilitas mudik gratis kepada pemilik motor Yamaha, serta memberikan fasilitas bis kepada pemudik sepeda motor yang berpenumpang lebih dari dua orang.

Di sisi lain, pihak Dishub dan Kepolisian dalam sosialisasi aman berkendara beberapa waktu lalu pernah mengatakan bahwa sepeda motor tidak diperuntukkan sebagai moda transportasi antar kota. Anjuran ini sangat bertentangan dengan fakta bahwa pemudik bersepeda motor terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan tahun 2009 ini akan meningkat 20% dari tahun sebelumnya. Angka kecelakaan pun melambung. Tidak kurang dari 2700 orang pemudik di seluruh Indonesia menjadi korban dalam perjalanan mudik tahun lalu.

Dengan fakta mengerikan ini mau tidak mau kebutuhan pemudik bersepeda motor harus difasilitasi selama perjalanan dan pengendaranya harus dibekali pengetahuan aman berkendara yang memadai. Meskipun dengan demikian idealisme mudik aman tidak sepenuhnya tercapai. Bro Syamsul Maarif dari HTML berpendapat bahwa ia tidak akan menganjurkan seseorang untuk mudik dengan bersepeda motor, dalam pandangannya masyarakat seharusnya dapat menjangkau alat transportasi massal lain yang lebih aman.

Beberapa tips aman yang diberikan RSA tersaji dalam slideshow berikut.

Tips Mudik RSA - 1

Tips Mudik RSA - 1

Tips Mudik RSA - 2

Tips Mudik RSA - 2

Materi presentasi singkat  Tips Aman Berkendara ala RSA dapat di download di sini.

Sedangkan Materi persiapan Dirjen Perhubungan darat menghadapi mudik dapat di download di sini.

Bagaimana dengan anda?

Alat transportasi apa yang akan anda gunakan untuk bermudik tahun ini?

Apapun alat transportasi yang anda pilih, lakukan perjalanan anda dengan aman, sehingga anda dapat merayakan lebaran bersama keluarga di tempat tujuan.

Diskusi - 1

Diskusi - 1

Rio & Edy

Rio & Edy

Berfoto

Berfoto

RSA Berfoto Bersama

RSA Berfoto Bersama


Aksi

Information

One response

18 09 2009
Stephen Langitan

sayang gw gak bisa datang di acara RSA krn acara tabrakan dengan “bukber” PT AHM > http://stephenlangitan.com/2009/09/14/pt-ahm-blogger-adalah-teman/

Btw, bro Benny gak kelihatan di acara panel diskusi CERAS? Gak datang ya bro? > http://stephenlangitan.com/2009/09/17/panel-diskusi-soal-pemudik-sepeda-motor-dan-safety-riding/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: