Hallo Bajaj, Apa Kabar Spareparts-mu?

14 09 2009

Tulisan ini sengaja ane buat untuk menyindir mengingatkan pihak PT. Bajaj Auto Indonesia sebagai ATPM Bajaj di Indonesia.

Bajaj Auto

Bajaj Auto

Bagaimana tidak, hampir beberapa bulan terakhir, banyak sekali keluhan mengenai ketersediaan sparepart motor terbitan India ini. Beberapa kawan mengeluhkan sulitnya memperoleh sparepart untuk Bajaj Pulsar dan Bajaj XCD, bahkan untuk sparepart yang sifatnya “fast moving” alias sparepart yang dibutuhkan secara rutin karena habis atau “wear out” selama pemakaian.

Keadaan ini semakin tidak mengenakkan ketika secara diam-diam Bajaj meluncurkan produk teranyarnya yaitu Bajaj Pulsar 180 UG4 alias generasi keempat. Dengan fakta keluhan di atas dan event peluncuran diam-diam Bajaj Pulsar 180 UG4 ini semakin memperkuat preseden bahwa Bajaj hanya serius berjualan motor tanpa mempedulikan aspek perawatan jangka panjang yang diperlukan bagi para pengendara roda dua yang telah mempercayakan transportasinya kepada merk Bajaj.

Salah satu keluhan terakhir dari salah seorang founder Pulsarian Community bernomor ranger #009 yaitu bro Achiel turut mendukung kesimpulan bahwa Bajaj hanya serius berjualan motor saja. Bro Achiel menceritakan pengalamannya bahwa ia hampir celaka karena pengunci rem tromol belakangnya lepas beberapa hari yang lalu, dan baru saja tadi malam pengunci gear depannya juga lepas ketika bro Achiel sedang berboncengan dengan istrinya. Kedua insiden tersebut nyaris membuat bro Achiel dan keluarga celaka.

Bro Achiel

Bro Achiel

Musibah yang dialami bro Achiel diperparah dengan tidak tersedianya sparepart yang “sepele” tersebut. Bengkel Sentra Motor di bilangan Cisalak sudah cukup bersusah payah mencarikan sparepart untuk bro Achiel namun tidak membuahkan hasil.

Kelangkaan sparepart motor Bajaj juga ane buktikan dalam sebuah posting ane di milis bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com, ane secara terbuka menantang pihak PT. Bajaj Auto Indonesia dan jajaran dealernya untuk menyediakan sparepart Bajaj Pulsar UG4 untuk dipasangkan di Bajaj Pulsar 180 UG3 saya dalam waktu satu hari. Tantangan ini berbuah japri dari salah seorang karyawan dealer yang intinya menyatakan bahwa permintaan saya tidak bisa dipenuhi karena sparepart tidak tersedia. Sungguh aneh, bahkan ketika pemakai motor memiliki dana dan siap membayar biaya sparepart pun, PT. Bajaj Auto Indonesia dan seluruh jajaran dealernya tidak dapat memenuhi permintaan tersebut.

Mungkin Pulsarian Community sebagai komunitas terbesar pengguna dan pecinta motor Bajaj Pulsar di Indonesia perlu memberikan “surat teguran” atau petisi secara resmi kepada PT Bajaj Auto Indonesia atas keteledorannya dalam menyediakan spareparts motor.

Ane sebagai seorang yang sudah memiliki, memakai dan berganti motor Bajaj Pulsar tiga kali berturut-turut sejak tahun 2006 dari mulai Pulsar 180 UG3 generasi awal, Pulsar 200 dan kembali lagi ke Pulsar 180 UG3 generasi 2009 akan dengan senang hati menandatangani surat tersebut.

Semoga PT. Bajaj Auto Indonesia dapat memperbaiki citra dan kinerjanya di Indonesia


Aksi

Information

25 responses

14 09 2009
d1ve2blu3

saya juga dengan senang hati menandatangi bos 😀

14 09 2009
sontul

lewat jalur YLKI bisa ndak…?

14 09 2009
bennythegreat

wah..apa harus sampe ke YLKI..nanti kalo Bajaj kabur gawat…Pulsar langsung jadi motor antik

14 09 2009
Donce

Yakinkah part P180 UG4 ada? Yang UG3 aja masih carut marut sparepart gak jelas.
Apalagi dengan UG4 yang baru nongol unitnya saja…

*Jangan pernah tanyakan sparepartnya

14 09 2009
dicki bulin

jangankan spareparts
ane dijanjiin helm 2 biji.. satupun belum ane terima
kalo emang niat mah beliin aja helm nolan dicat item kasih stiker bajaj
beres deh.. eh.. nolan kemahalan yak.. hehe

14 09 2009
shokhiyi

nah ayo PT. BAI dan jajaran distributornya
tingkatkan pelayanannya, nilai suatu produk (terutama kendaraan) paling kuat terletak pada “after sale service” nya loh.

15 09 2009
ebhji

BAI ini kayak jual kacang goreng aja ya,,, ga ngaca sama pabrikan Jepun x ya,,,meding jualan roda 3 aja deh atau jual kaen aja, diindonesia jangan jual mesin cuma bisa memalukan aja nantinya

15 09 2009
M.H. Ritonga

Benarkah demikian? sparepartnya susah ya??
Ane jadi takut neh, ada rencana mau ngambil PIBO UG IV.
Ada saran gak bro semua buat ane??

18 09 2009
BR

tul, jangankan sparepart, bonus helm wkt pembelian aja ga pernah dikasih smp skr (udah ampr 1 thn).
cm masalah sepele, tp sdh membuat gw tdk akan merekomendasikan bajaj ke org laen, apalagi ditambah ama kasus sparepart

22 09 2009
ben

hahahahaha ………….. waktu akan berbicara….

emangnya gampang mau membangun jaringan seperti ATPM yang lain …. butuh usaha, modal, ketekunan, dan harus berani berkorban….

nah ini yang berkorban adalah pemakainya….. motor yang aneh…

22 09 2009
girifumi

@benny
Salam kenal bro..
Sedari awal sudah duga kalo bajaj cuman jualan aja.konon websitenya sendiri yang bikin bukan atpm,tapi owner nya.
Masih mending tvs yang berani bikin pabrik di negeri kita.
Bro achiel urang bogor juga toh?contactnya dong japri..

24 09 2009
redbugs

sudah dipresiksi sebelumnya, kelangkaan bengkel dan spareparts jadi kendala, makanya rider kayak sayah juga mangsih ragu klo beli bajaj.

25 09 2009
tarling

Aduuuuh brother somua belum tahu yah karakter India emang begitu… yang penting untung, orang lain rugi kagak peduli masa bodoh, yang penting jualan laku habis itu lari cari pembeli lain… Hit and run…
Acah-acah.. sukriye dipatilele…
Sebenarnya jangan ragu lagi untuk bro semua untuk (tidak) beli Bajaj… ya begitulah adanya… motorku sudah tak jual beberapa bulan lalu… wah payah Bajaj ngacay…

28 09 2009
Tulus Budi

ayo BAI mohon tindak-lanjuti artikel ini ……..

1 10 2009
Slam

Salah satu yang bikin saya gak jadi beli motor ini adalah karena di t4 saya belum ada dealernya, pernah ditewari dr Marketing Jogja, Pak Indra, tapi gak jadi begitu tau ada sodaranya dr india, Mr. RTR alias Apache.
Alhasil skarang udah 3 minggu pake apache…

Tarikan MMMUUUUUAAAAANTABBBBBB…
Asli…

14 10 2009
kangsan

spare prats katanya ketahan di pelabuhan, tapi ko’ bisa ngeluncurin p180 ug4 yak???
tapi ko’ pelabuhan yak, bukan bandara…?
masa’ mo balik “dijajah” ke jepun lagi, fiuhhhhh 😦

3 11 2009
Ndul

waduh, gimana kabarnya pizoo ane…
mana kampas rem udah tipis lagi.

haloo BAI??

nb: apa ganti duca** aja ya … (sambil menghayal).

8 11 2009
bams

kemaren ane naynya di bas dewi sartika…iseng2…mas ada spakbor p200 ngga = ngga ada, cover rante p200= kosong, mungkin kalo diterusin ngga ada smua…….gimana ya? ……kalo emang tertahan di pelabuhan kayaknya sering banget , apa bajaj ngga belajar dari pertama gimana agar jalur distribusi lancar…………wuuihhhhhhh….nunggu 250 cc yang murah aja dach…..munkin produk jepun aje….heee…he…

12 11 2009
Woko

Wah msa kya gtu, rda nyesel jg euy pdhal bru beli pulsar ug4 180 3 minggu yg lalu. Ayo bai buktikan kalo semua itu tdak beNar, tunjukan tnggung jwb mu!!!

16 11 2009
dogan

wah… wah… kekecewaan bro2 semua memang memiris kan banyak pemakai/calon pemakai PULSAR yg lain, tp memang saya akui banyak permasalahan dari kurang profesionalan ATPM yg notabene nya orang2 dari INDIA he.. itu yg bikin kelangkaan nya sparepart nya PULSAR.. ane punya beberapa temen2 yg bekerja di salah satu dealer nya BAJAJ.. gosip nya para pegawai2 nya BAJAJ sendiri merasa bahwa pihak ATPM BAI kurang profesional dalam memanajemen sparepart karena sudah menjadi sifat2 dari petinggi ATPM BAI yg PELIT dan MEDIT di tambah kurang percaya diri nya para PIMPINAN DEALER2 BAJAJ terhadap pihak ATPM… tapi gosip2 yg sedang beredar di sebuah DEALER2 BAJAJ bahwa dalam waktu dekat ini ada program2 yg akan mereka laksanakan dalam dekat2 ini yaitu salah satu nya akan melempar penjualan sparepart fast moving ke TOKO2 atau distributor di beberapa kota besar pemakai BAJAJ.. kita bisa berharap jika benar terlaksanannya program tsb akan mengurangi kekecewaan para pemakai motor BAJAJ…

16 11 2009
hariyanto

Waduh kalo begini tinggal tunggu waktu aja..kalo P200 gue udah mulai jajan mulu ya tinggal dilego deh….???? Padahal gue cinta mati sama dia loh

16 11 2009
bAdcOp

info aja ya…
part tertahan di pelabuhan, kenapa? karna orang india gak mau pake “suap-suapan”…

kalo dibilang gak profesional, gak profesionalnya dimana? justru “suap-suapan” itu lah yang gak profesional…

soal pabrik, mereka ada rencana, cuma market share-nya masih disurvey, soal serius ato gak, BAI, serius soal ini…

satu hal lagi…
soal part, gak bisa disalahin ke BAI secara sepihak, karna ini juga ada peran dari dealer ybs. maksudnya, klo dealer gak bisa beli part, otomatis di dealer itu gak ada part, gitu…

25 03 2010
wahyudi

saya fulsarian dari samarinda jadi takut 2 tahun kedepan sparepats engak ada lagi.buat presiden bajai jangan cuman dibalik layar aja .bergabung dengan asoisasi motor indonesia biar sparepats tersedia

25 03 2010
bennythegreat

@ bro sekalian,

kalau ada masalah dengan spareparts, silakan join dengan milis bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com

nanti bisa didengar oleh pihak BAI.

17 07 2011
didi

Waduhhhh…… jadi ngeri mau bli 135 LS….. padahal dah ada rencana……. lagi itung2ngan……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: