Sahur At The Orphanage Pulsarian Ranger Area SQUADRON

14 09 2009

Adalah para rangers PRA SQUADRON yang baru dilantik yang memrakarsai kegiatan bertajuk Sahur At The Orphanage (SATO) ini. Bro Wahyu “Srosot” didaulat sebagai ketua pelaksana dan bro Ruben “bukan Onsu” sebagai koordinator lapangan acara.

Para Panitia SATO

Para Panitia SATO

Pada awalnya kami sempat pesimis karena dana yang dibutuhkan tidak mencukupi, namun berkat dukungan dan sumbangan para rangers yang dermawan di detik-detik pengumpulan dana, kebutuhan itu pun terpenuhi bahkan melebihi target. Belum lagi sumbangan buku-buku pelajaran dari bro Oktarridha Batubara, konsumsi berupa satu galon softdrink dan ratusan paket makanan cepat saji McDonald’s dari bro Made, dan juga ratusan kue-kue dari Mami Merry turut memeriahkan acara.

Suasana Kopdar Taman Suropati

Suasana Kopdar Taman Suropati

SATO diadakan di Panti Asuhan Hairun Nissa yang terletak di bilangan Tebet. Di sana tak kurang dari 500 anak yatim dan kurang mampu memperoleh bimbingan dan fasilitas pendidikan. Anak-anak panti asuhan ini akan memperoleh bimbingan sampai lulus setingkat SMU. Beberapa dari mereka berharap agar dapat langsung bekerja dan sebagian lagi ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Panti Asuhan Hairun Nissa

Panti Asuhan Hairun Nissa

Kami berangkat dari lokasi kopdar Taman Suropati pada pukul 00.00 tepat untuk melakukan rolling atau group riding berkeliling kota sebelum ke tempat tujuan. RC atau road captain adalah bro Ruben dengan rute melewati Jl. Sudirman hingga Gatot Subroto. Formasi group riding dilakukan dalam parade mengingat situasi dan kondisi jalan yang sangat sepi. Selama perjalanan kai bertemu dengan rombongan kendaraan yang juga mengadakan Sahur On The Road.

Mulai Perjalanan dari Taman Suropati

Mulai Perjalanan dari Taman Suropati

Break @ Pom Bensin Manggarai

Break @ Pom Bensin Manggarai

Sampai di lokasi tujuan lebih awal memberikan kesempatan bagi kami untuk bersiap membongkar paket buku pelajaran dan menunggu paket makanan dan minuman tiba.

Parkir di Lapangan depan Panti Asuhan

Parkir di Lapangan depan Panti Asuhan

Para Lady Bikers Berpose

Para Lady Bikers Berpose

Mengangkut Buku dari Bro Oktar

Mengangkut Buku dari Bro Oktar

Berfoto dulu..

Berfoto dulu..

Kawan Syam Makan Nasi Goreng

Kawan Syam Makan Nasi Goreng

Acara dimulai pukul 02.30 dengan bro Irsan M. Ali sebagai master of ceremony (MC). Hal ini disebabkan karena bakat MC nya tercium oleh panitia ketika meeting di Taman Suropati beberapa hari sebelumnya.

Motor Berpose

Motor Berpose

[ki-ka] Wahyu, Irsan, Yudi Meong, Herwin

Sambutan dari pihak Panti Asuhan Hairun Nissa yang mengucap syukur atas terselenggaranya acara ini, sambutan dari ketua PRA SQUADROn yaitu bro Herwin, serta perkenalan singkat mengenai apa itu Pulsarian Comunity dan PRA SQUADRON dibawakan dengan penuh canda tawa oleh bro Irsan.

Suasana SATO di Hairun Nissa

Suasana SATO di Hairun Nissa

Kebetulan ane diminta untuk memberikan beberapa patah kata bertema Safety Riding kepada anak-anak peserta acara yang usianya beragam, mulai dari kelas 3 SD sampai kelas 3 SMP. Sebuah tantangan tersendiri untuk menyampaikan ide Aman Berkendara kepada mereka.

Meskipun tanpa persiapan apa-apa, ane harus berterima kasih kepada bro Akbar Kriswanto dari PRA PANSER yang mempopulerkan istilah “Safety Riding adalah Ikhtiar dalam Berkendara” karena berkat sepenggal kalimat singkat inilah ide ane berasal.

Ane awali dengan dua istilah yaitu “Safety Riding” dan “Ikhtiar” yang ternyata berhubungan. Anak-anak seperti mereka yang kebanyakan menjadi penumpang motor ane harapkan agar dapat melakukan ikhtiar untuk tetap menjaga segala nikmat yang diberikan Allah SWT seperti tubuhnya dan juga orang yang mereka sayangi agar tetap dapat berarti dengan saling mengingatkan untuk memakai helm ketika berkendara. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang mewajibkan setiap muslim agar dapat saling mengingatkan. Selain itu ane juga memotivasi mereka untuk memahami resiko dan kecelakaan yang dapat dikurangi karena ikhtiar pemakaian “safety gear” yang memadai. Dari kepala pendarahan menjadi hanya bengkak, dari jari kaki putus menjadi hanya memar, dari lutut berdarah jadi hanya nyeri. Demikian kondisi yang akan terjadi akibat pemakaian safety gear. Ikhtiar berkendara ini akan dapat mengubah perilaku dan nasib karena sesuai juga dengan firman Allah SWT yang menyebutkan bahwa Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu ummat kecuali ummat tersebut mengubah nasibnya sendiri. Hal-hal seperti ini ane harapkan dapat menyadarkan mereka terhadap pentingnya aman berkendara dan tidak sepenuhnya pasrah kepada takdir karena Allah SWT selalu memberikan rahmat dan rezeki kepada mereka yang berikhtiar.

Usai monolog singkat ini kami pun melemparkan beberapa kuis yang berhadiah coklat batangan. Tampak para peserta sangat antusias dan sungguh-sungguh menjawab pertanyaan dari para rangers. Dari mulai pertanyaan seputar Pulsarian Community, safety riding, hingga pertanyaan seputar sahabat Rasulullah SAW diberikan dan terjawab dengan baik.

Pak Ustadz Mohammad turut memberikan ceraah singkat mengenai kisah para sahabat dan pentingnya memperdalam ilmu agama. Pada kesempatan ini, ane sempat tersentuh dengan pernyataan beliau yang mendoakan kami agar setiap kilometer yang tertera di speedometer kami yang digunakan untuk berbuat amal kebajikan dapat diberikan pahala berlipat oleh Allah SWT. Sebuah doa yang sangat mengena dan dapat dijadikan renungan bersama.

Makan Bersama...

Makan Bersama...

Para Rangers Menikmati Santapan

Para Rangers Menikmati Santapan

Saat makan sahur pun tiba. Paket makanan segera diberikan dan kami pun makan bersama dengan lahap. Saat seperti inilah yang paling membahagiakan kami, melihat anak-anak makan dan minum dengan lahap dan ceria adalah nikmat tersendiri dari Allah SWT yang harus disyukuri.

Penyerahan Bantuan oleh Bro Herwin

Penyerahan Bantuan oleh Bro Herwin

Berat rasanya untuk meninggalkan Panti Asuhan Hairun Nissa seusai sholat Subuh berjamaah. Seusai foto bersama mereka untuk kenang-kenangan, anak-anak pun mohon pamit untuk kembali ke asramanya. Pak Ustadz Mohammad berharap agar kami selalu ingat kepada mereka, silaturahmi harus berlanjut dan berharap agar para rangers dapat berbagi info lowongan pekerjaan bagi para anak-anak Panti Asuhan yang sudah mendekati kelulusan.

Foto Bersama

Foto Bersama

Bagi kawan-kawan sekalian yang ingin berbagi kepada saudara-saudara kita dipersilakan langsung saja meluncur ke lokasi, atau menghubungi via telpon jika ada informasi penting bagi mereka. Alamat dan nomor telepon tertera pada foto di bawah ini.

Alamat Panti Asuhan Hairun Nissa

Alamat Panti Asuhan Hairun Nissa

Semoga Allah SWT membalas budi baik kawan-kawan sekalian. Amin.


Aksi

Information

One response

14 09 2009
fazri.993

kumplit sudah acara dgn adanya laporan yg mantabs ini. MANTABS..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: