Seputar Penggunaan Asesoris Haram di Kendaraan

17 11 2009

Di Facebook beberapa kawan ane saat ini ramai diperdebatkan
pemakaian asesoris non-standar yang menyalahi peraturan seperti sirine, strobo dan lampu rotator, juga kenalpot berisik.

pihak pemakai asesoris berdalih sebagai berikut ane ringkas saja:

– mengaku memiliki izin pemakaian yang diterbitkan oleh aparat
– hanya asesoris saja, terpasang di kendaraan, tapi mengaku tidak digunakan
– motor aing kumaha aing, gak usah ganggu barang gue lah
– asesoris ini dibeli dengan uang halal, bukan uang milik orang lain..kenapa harus diributkan?
– kawan-kawan si pemilik motor turut mendukung kawannya yang memakai asesoris tsb.

sementara pihak anti asesoris haram berpendapat sebagai berikut:
– menuntut ditunjukkan bukti izin pemakaian asesoris seperti sirine, strobo, lampu rotator.
– meminta agar asesoris tsb. dilepas karena melanggar peraturan lalu-lintas.

salah satu komen yang membuat ane respect terhadap klub/komunitas motor datang dari milis HTML sebagai berikut:

========================

Re: Fw: Bagaimana Dengan Knalpot Brisik?

Posted by: “bilson simamora” bilsonsimamora@yahoo.com bilsonsimamora

Mon Nov 16, 2009 7:50 pm (PST)

Setuju banget ama bro ridwan ama ozqian soal ri5rene dan lampu strobo. Pokoknya HTML harus taat aturan. Ngga ada istilah “tergantung orangnya”. Kalau tidak setuju pada ide “TAAT ATURAN” ini, brarti HTML setara dengan geng motor.

Sebenarnya, bukan hanya masalah strobo dan sirene yang perlu dipratiin. Masalah knalpot brisik juga perlu. Banyak motor yang meneror pengendara lain dengan knalpot motornya yang memekakkan telinga. Orang seperti ini maunya merangsek terus ke depan. Maunya dikasi jalan terus oleh pengendara lain.

Kalau mau keras-kerasan suara knalpot, siapa saja bisa. Berapa sih harganya? Dengan 250 rebu sudah dapat knalpot racing atau free flow. Emang seh pemakainya puas, tapi bagaimana dengan orang lain, apa dipratiin? Gimana komen brader-brader smuanya? Saya seh sampai sekarang masih pasang standar. Pissss ========================

kalau menurut ane sebaiknya para pemasang asesoris haram itu dapat belajar dari klub/komunitasnya tentang pemakaian asesoris ini, jika klub/komunitas tidak mengajarkan peraturan lalu-lintas dan cara berkendara yang benar, maka hanya akan menghasilkan individu-individu tanpa nilai tambah. Sementara tentu saja klub dan komunitas otomotif diharapkan dapat menjadi agen penyebar virus aman berkendara dan etika berlalu-lintas.

Jika tidak dilakukan, maka bagaikan makan sayur tanpa piring.

TETAP DUKUNG GERAKAN ANTI SIRINE DAN STROBO!


Aksi

Information

8 responses

17 11 2009
MR

setuju

18 11 2009
HF

terus yang motor 2 tak gimana tuh knalpotnya ?

18 11 2009
ketawa

yang dilarang itu menggunakan knalpot racing.
motor 2 tak yg emang dari sanaya berisik gpp bro,,
tmn ane yg nsr 250 santai2 aj tuh di bogor,,

lampu juga harusnya di atur tuh,, banyak yang asal terang pake hid. tp ngasal pasangnya, lampu utama tp nembak kyk lampu beam,,,

bro benny, maen2 lg donk ke pulsarian

19 11 2009
arantan

Agree bro.
Kalo bisa jangan pasang aksesoris yang bisa merugikan orang lain lah.

19 11 2009
presiden republik kolor

taati aturan atau gak usah pake motor!

3 12 2009
didiet

untuk sirene dan lampu strobo,gw setuju untuk dilarang karena yang berhak menggunakan 2 hal tersebut sudah di atur di undang-undang seperti ambulance dan pemadam kebakaran. dan untuk suara knalpot berisik harus lebih jelas aturan dan harus ada batasan yang jelas karena ada motor yang knalpot standarnya racing,yang pasti selama ini yang gw denger dan lihat dijalan keseringannya adalah motor 2 tak sampe kuping sakit dengernya.

20 09 2010
meja komputer

sebelum nya liat dlu d aparat nya

d liat liat polisi jga da yg pke knalpot brisik
saya sering liat polisi pakr satria f tuch
motornya lmayan gahar ga kalah ma nak drag

27 01 2013
febrian

klo td motor motor aing beli jg pake uang halal, gue jg bs bilang kuping kuping aing masih enak dengerin suara radio butut daripada knalpot model begituan, yg jelas hukumya SUPER HARAM…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: