Pendidikan Masyarakat dan Pembodohan Otomotif

16 12 2009

Kali ini ane ingin bicara  tentang pendidikan dan pembodohan di Indonesia terutama hal-hal yang setiap hari ditangkap dan diolah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan sedikit ane sangkut-pautkan dengan “pembodohan otomotif”.

Sebenarnya ane malas bahas topik berat seperti ini, tapi ya dibawa santai dan guyon saja biar enak membacanya.

Jadi semuanya itu ane baru sadari ketika Pak Anis Baswedan, Rektor Universitas Paramadina memberikan komentar tentang pendidikan di negara kita ini dalam suatu acara di kantor ane.

dia bilang begini kurang lebihnya:

============================
“masyarakat zaman orang tua anda dulu adalah produk pendidikan kurang lebih 20 tahun yang lalu, demikian juga masyarakat zaman sekarang.

Zaman dahulu pendidikan sedang booming, banyak bangsawan yang bisa sekolah dan begitu juga juga anak-anak cerdas yang meskipun kurang mampu dapat beasiswa dan bisa mengenyam pendidikan.
tapi lhatlah sekarang..masyarakat kita sedang dibodohi di semua aspek. Pendidikan dibuat mahal, khusus bagi mereka yang mampu.Televisi menayangkan tayangan yang secara tidak sadar membodohi pemirsa.

Mari kita sama-sama lihat apa yang akan terjadi pada generasi 20 tahun ke depan dengan mutu pendidikan sekarang ini”.

============================

Anak Sekolah, Masa Depan Indonesia

Nah komentar ane juga sebenarnya kurang lebih sama, sekarang ini masyarakat kita terlalu malas untuk menjadi cerdas dan terlalu malas untuk mencerdaskan orang lain.

Aparat pemerintah saja gak mau mengeluarkan dana buat mencerdaskan masyarakatnya. tengok anggaran pendidikan Indonesia kemudian bandingkan dengan negara lain.

Iklan, Sarana Pembodohan Otomotif?

Dalam aspek otomotif dan transportasi masyarakat juga sedang dibodohi. Masyarakat dipaksa keluar uang untuk kredit bebek dan kendaraan pribadi lain. Sementara pemerintah dalam hal ini yang terdekat adalah Gubernur tidak mau tahu apalagi untuk bikin angkutan massal yang nyaman, aman dan murah untuk lebih mensejahterakan masyarakat. Busway? silakan ente nilai sendiri tingkat kesuksesan busway.

Akibatnya lihat di jalan, dipenuhi motor bebek sruntulan, motor batangan sok gede, matic nguing-nguing, angkot butut ngebul, mobil mewah seenak udel. Kebutuhan akan asesoris haram pun meningkat karena banyak masyarakat yang ingin bergaya ala police wannabe, moge wannabe, sampai pembalap wannabe.

Coba sekali2 liat negara sebelah, kendaraan pribadi sedikit, motor kalaupun ada juga sedikit (dan pastinya bermutu..tanya kenapa moge jarang beredar disini?)

itu baru di aspek otomotif, kita jelas sedang dibodohi. kalo mau lebih jelas lagi, tengoklah ke televisi.
isinya lebih banyak acara gak jelas..gak bikin pinter masyarakat..apa-apa di dubbing. Pernah ane ngobrol sama kawan tentang ini dan tanggapannya adalah bahwa masyarakat butuh hiburan..haha…terus saja masyarakat dihibur. Sekalinya ada tayangan yang mencerdaskan dikit harus bayar atau dibatasi dengan alasan ratingnya rendah dan tidak disukai pemirsa. Owh…benarkah itu?

Ajaran Siapa Ini?

Ajaran Siapa Ini?

Ane termasuk beruntung dulu dapat les bahasa inggris, fisika, kimia dan ilmu lainnya dulu karena rajin nonton Sesame Street, Beyond 2000 dll.

Lha sekarang…kasian aja liat anak SD pulang sekolah langsung berkendara sruntulan pake motor tapi  gak pake helm buat kongkow gak jelas sama kawannya. tak lupa mengemis uang jajan ke orang tua.. Eee…udah mulai ngerokok pula.
Lihat anak sekolah yang gedean dikit..anak SMP-SMA udah ketularan gaya celana pinsil diplotrokke (dipelorotin) sedikit sampai belahan pantatnya kelihatan, katanya biar mirip gaya band lokal sekarang yang skillnya amburadul yang penting gaya..lagaknya begeng gak jelas ditambah lagi suka keluyuran di mall godain ABG.

Nanti kalo sudah dapet ABG sebiji yang kecantol bujuk rayu yang dipelajari dari sinetron sampah langsung deh dibonceng deh pake motor bapake…lagi2 gak pake helm..nanti kalo jatuh tinggal ngadu bapake…wehehehe..ajaran sapa toh itu?

trus kata bapake…”bapak gak punya uang…yen kowe loro monggo nang tukang pijet sing murah ae!”
(bapak gak punya uang beibeh..kalo kamu sakit ke tukang pijit yang murah aja sana..!).

Padahal bapake sehari ngerokok sebungkus…wisss tho yang penting wong Indonesia itu rokok harus jalan terussss…makan ato gak itu belakangan, sing penting bukan dapure sing ngebul, tapi cangkem kudu ngebul!

Pembodohan Otomotif

Itulah potret remaja Indonesia sekarang, tentunya tidak semuanya seperti itu, tapi sebagian besar yang ane lihat ya seperti itu.

Kasihan…sungguh kasihan masyarakat kita yang dibodohi di banyak aspek secara gak sadar.

wiss ah mau sholat dulu, tak doain orang Indonesia biar jadi pinter-pinter semua…AMIIIINNNNN…!


Aksi

Information

10 responses

16 12 2009
Lilypud_suka.gratisan

stuju. . .sd ja dah ada yg pntr ngroko .ckck. . .apalagi tmen sma. . .wah,prokok hebat.d kantin pnuh asep rokok.ckck.apa lg kalo dah brantem.hadoh =.=a .rasanya jd pngen cpt2 lulus sma :mrgreen:

17 12 2009
kentaro

@ lilipud
Bner jg, mndingan SMA lha saya STM, lbh parah lg..
G anak pnter, g anak bodo, sama aja nakalx
Huh, jd pgn cpt lu2s jg..

17 12 2009
jeffry

anak smp-sma di jkt kalo tawuran pengecut semua, beraninya keroyokan plus senjata tajam ato sabuk yg ada girnya, beda ama jaman gw sekolah dulu kalo berantem satu per satu pake tangan kosong, lebih jantan 🙂 dulu kalo berantem sdh selesai ya sdh selesai, gak ada ceritanya lanjut manggil temen2nya, gak kyk zaman skrg……..

18 12 2009
adicuzzy

Wah, dalem bgt mas artikelnya.,
Ironis memang di negara kita ini, gaya hidup hedonisme uda mengakar di negara kita.,
Tayangan tivi pun malah jadi ‘kompor’ biar gaya hidup masyarakat makin amburadul..
Hape belekberi, mobil mewah, rumah real estate, wanita cantik bin sexy, bla bla bla, korupsi jadi jalan terbaik untuk meraih itu semua …
Soal kendaraan pribadi, mungkin karena miskinnya fasilitas transportasi di negara kita, ane masih inget jaman STM ane dulu kudu berjuang keras bergelantungan di pintu bus demi nyampe ke skolah, taruhannya nyawa bro..
Semoga cpt ada perubahan di negeri kita tercinta

18 12 2009
Lekdjie,dab!

Palagi sekarang cewek lebih nglirik vixi keren tapi masih kredit,daripada neotech 97 yg dibayar cash..piye jal??
😀 😀 😀

21 12 2009
ngatinah

ngudarasa Dab!

22 12 2009
Helmi Perdata

Positingan bagus dan menyentuh, aku suka model gini.
jangan kaget kalo nanti anak kita kelakuwannya kayak bintang sinetron/selebriti yang sering mereka tonton dari tayangan infotainment.

13 09 2010
shumy27

hampir jadi negara bebazzz…..tapi ga tau,pada pengen bebaz kaya apa?! bodoh dan sombong,wreckless life,dandanan punkrock/heavy metal,koleksi lag dihp-ne me-tal(melayu total…!!!)

13 09 2010
shumy27

@lekdjie
komen pa curhat…..?
Ahihihi…..juzt kidding lho lik….!

15 11 2011
rodeo

Jual: satu unit filter untuk menyaring polusi otak dari dunia penuh angan dan hiburan, Merk “zengzara”. Terbukti dulu saya sengsara lahir batin sekarang tetep sengsara lahir tapi batin nambah kaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: