Bajaj Pulsar, Si Trendsetter Motor

14 01 2010

Bajaj Pulsar 220 DTS-Fi

Bajaj Pulsar 180 UG-IV

Menarik untuk memperhatikan Bajaj Pulsar yang sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 2006. Kala itu setiap orang yang memandangnya sangat terkesima dengan desain unik dan teknologi yang diusungnya.

Sebagai salah seorang pemilik Bajaj Pulsar dan sudah 3 kali berganti motor yang sama, baru tahun 2008 ane sadar bahwa Bajaj Pulsar sendiri (sepertinya) mengadopsi desain dan teknologi motor yang sudah ada sebelumnya.

Beberapa bagian dari Bajaj Pulsar tersebut antara lain:

1. Tangki

Tangki Pulsar mirip dengan BMW R1100R

BMW R1100R

2. Body Belakang dan bentuk lampu belakang Pulsar mirip Suzuki SV650

Suzuki SV 650

Itu dari aspek desain, dari aspek teknologi permesinan, terutama  teknologi pengapian DTS-i (Digital Twin Spark Injection) yang dipakai di Bajaj Pulsar banyak kabar yang ane terima dari berbagai sumber diantaranya:

1. Teknologi DTS-i merupakan teknologi yang aslinya dikembangkan oleh Ducati, namun tidak dilanjutkan karena Ducati tidak ingin membuat motor kecil dibawah 400 cc. Sehingga akhirnya dibeli hak patennya dan dikembangkan oleh Bajaj.

2. Teknologi DTS-i merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Honda, selanjutnya Honda menerapkan teknologi ini pada mesin mobil dengan nama i-DSI, contohnya di Honda Jazz. Teknologi ini kemudian dibeli hak patennya dan dikembangkan oleh Bajaj.

Paling tidak kedua motor besar tersebut yang sudah lebih dulu ada memiliki kemiripan yang ane “mirip-miripkan” dengan Bajaj Pulsar.

Tak ayal memang kehadiran Bajaj Pulsar di pasaran motor Indonesia membawa angin segar. Tidak seperti pabrikan motor lain yang perkembangan teknologinya cenderung stagnan dan terlalu asyik memasarkan motor bebek, Bajaj hadir dengan desain dan teknologi baru.

Lalu kenapa disebut trendsetter?

Nah..mari lihat beberapa motor yang “terbit” sesudah Bajaj Pulsar diluncurkan di Indonesia.

Honda Unicorn (The Next Megapro?)

Suzuki GS150, Gosipnya akan diluncurkan tahun 2010

TVS Apache RTR150

Mirip dengan Bajaj Pulsar bukan?

Kabar terbaru dari Bajaj bahwa sejak tahun 2009 lalu mereka bergabung dengan produsen motor Austria, KTM.

Kita tunggu saja gebrakan Bajaj dengan KTM dalam produk baru mereka selanjutnya. Harapan ane Bajaj dapat meluncurkan motor multisilinder paling tidak 400cc.


Aksi

Information

12 responses

15 01 2010
kentaro

Pertamax!
Kn dh ada rencana dr phak bajaj bwt ngmbangin mtor 400cc multi silinder
Info slgkapx baca d blogx mas tulus budi
Kalo d blogx mas tri,katax mu ngembangin 250cc
Kmungkinan ada krja sama dgn KTM

15 01 2010
Tulus Budi

Keduaxxx

emank dari situs di india, bajaj lagi ngembangin mesin 400cc entah gimana bentuknya, teknologi baru saat ini adalah mengawinkan teknologi 4klep dengan DTS-i seperti pada Pulsar135 terbaru yg bakal muncul….. ngarep nanti P180 UG-V, P200, P220 akan 4 klep…., klo Pulsar 135cc DTS-i dipasangi 4 klep layaknya vixion dan MX aja powernya dah 13.5 dk (sebanding dgn megapro 160cc ), gimana klo 4klep dicangkokin ke kakak2-nya ???…. pasti maknyus……

19 01 2010
probolinggobajajclub

telnology apapun, dan cc berapapun jangan lupa harus jangkuable… kalo mahal kagak ada yang beli. Apa lagi udah jelek mahal… tapi kok laris yaa? apa itu?

22 01 2010
yahonsuwakanja

Wahhh sudah kerjasama dgn KTM …ya…
kapan bikin motor Trail…?
Body KTM-Enduro mesin Bajaj 220 dts-1 ..harga 30 jt pasti laris….

hehehehehe peace dab..

18 02 2010
neil

Nice images. 🙂

11 04 2010
joe

bukan soal mirip bajaj pulsar ato bukan lha motor2 yg ente sebutin emang dijual di india semua dan keluar pada tahun2 yg hampir lebih sama….jadi emang desain yg disukai di india sono bro..

24 04 2010
Mirip, Rear Fender Multistrada 1200 dengan Pulsar 135LS « bennythegreat.wordpress.com

[…] } Possibly related posts: (automatically generated)Pulsarian CommunityBajaj Pulsar, Si Trendsetter MotorTips dan Trik Seputar Bajaj […]

5 05 2010
Mirip, Rear Fender Multistrada 1200 dengan Pulsar 135LS « :::From Zero to Hero:::|dworo™

[…] desain mud guard alias rear fender alias  spakbor belakangnya, ane langsung teringat dengan lini produk Bajaj yang desainnya mirip dengan beberapa motor besar. Kali ini kesamaan ane temukan dengan desain spakbor Bajaj Pulsar 135LS. Kebetulan kedua motor ini […]

29 07 2010
purnomo teguh

mksh infonya…emang ane kagi cari referensi motor ini buat ane tunggangin……

19 09 2010
BRICT

yang gw curiga itu kawaksaki ninja 250 … kenapa nongol di web bajaj dan masuk di probikingnya bajaj ….. jangan2 itu bikinan bajaj pulsar pesenan kawasaki ato gimnana gw g ngeh.

klo emang bikinan bajaj, wah kasihan tuh beli mahal2 sekelas bajaj.

13 10 2010
Aku ini bos lohh

Tuh BMW R1100R S& Suzuki V 650 motor lama ya Oom?? lagian modelnya ga macho n ga futuristik..untung Pulsar 200 / 180 UG IV sgt futuristik n sporty hehehe..Btw batok Pulsar 200 mirip headlamp motor apa yahh?? kalo Pulsar 135LS batok kepalanya mirip ama Aprilia Shiver Still lohh…
[img]http://i1219.photobucket.com/albums/dd425/arry_guan/PIES%20VS%20APRILIA%20SHIVER/pulsar1356_thumb2.jpg[/img]

[img]http://i1219.photobucket.com/albums/dd425/arry_guan/PIES%20VS%20APRILIA%20SHIVER/BajajPulsar135LightSports.jpg[/img]

[img]http://i1219.photobucket.com/albums/dd425/arry_guan/PIES%20VS%20APRILIA%20SHIVER/Aprilia-Shiver-still-08.jpg[/img]

[img]http://i1219.photobucket.com/albums/dd425/arry_guan/PIES%20VS%20APRILIA%20SHIVER/Aprilia-Shiver-still-02.jpg[/img]

6 01 2011
willykk

bajay emang keren/sangar, machow/kekar, kencengggg tapi sayang suara mesinnya agak berisik/kasar dan ‘hawa’nya puanass :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: