Bumblebee, My Yamaha XJR400

22 02 2010

Yamaha XJR 400 tahun 1999, motor ini resmi ane beli di awal tahun 2008 dan ane beri nama Bumblebee. Kisah cinta kami dimulai sejak ane melihat fotonya di sebuah situs jual beli motor besar. Motor berwarna kuning ini segera memikat ane dan gayung bersambut,  penjual dan pembeli menyepakati harga jual setelah melalui proses negosiasi.

First Encounter With Bumblebee

Apa yang dapat ane ceritakan tentang XJR400 ini? Yang jelas motor ini adalah moge pertama yang ane beli dari hasil jerih payah ane sendiri. Rasanya berbeda dengan memakai moge-moge oom ane. Ya, dulu sewaktu kuliah ane memang badung, didukung dengan oom ane yang hobi motor besar. Waktu itu ane dipercaya untuk membawa Suzuki Bandit 400 VTEC. Alasannya..”biar kamu cepet bisa naik motor”  begitu katanya.

Cukup dulu cerita Banditnya..nanti akan ane ceritakan di artikel lain. Bagi ane mengendari moge dengan mesin inline four seperti ini jelas beda rasanya ketimbang memodifikasi motor batangan standar menjadi “moge wannabe”.

Yang jelas pengalaman pertama mengendarai Bumblebee adalah dari bilangan Cibubur menuju Kelapa Gading. Berhubung Bumblebee adalah motor bodong alias tidak memiliki STNK dan BPKB maka mengendarainya juga membawa sensasi tersendiri apalagi jika berpapasan dengan pak polisi. Untungnya Bumblebee tidak terlalu terlihat seperti moge karena sekilas mirip dengan Suzuki Thunder 250.

Bumblebee di Garasi

Sebelum meminang Bumblebee ane membandingkannya dengan 2 motor lain yang masuk nominasi ane yaitu Honda CB400 Super Four dan Suzuki Bandit 400 VTEC. Paling tidak berikut hasil perbandingan kecil-kecilan yang sempat ane buat. Cukup jelas mengapa akhirnya pilihan ane jatuh pada si Bumblebee.

400cc Bikes Comparison

Kembali mengendarai moge setelah sekian tahun absen membuat ane agak kagok, terlebih pada handling dan torsi besarnya. Satu hal yang “ngangeni” dari moge adalah suara mesinnya. XJR memiliki suara mesin yang kasar pada RPM bawah namun suara raungan khas mogenya baru keluar di 2000 RPM ke atas.

Bumblebee memiliki karakter mesin yang lambat di putaran bawah. Tarikan atau torsi baru akan terasa jika RPM ditarik menuju angka 6000 ke atas. Mesin 4 silinder-DOHC nya akan membuat badan rider tertarik ke belakang akibat inersia. Lebih dari cukup untuk mengejar Harley-Davidson Roadking yang sedang berakselerasi..hehehe, ini ane lakukan saat touring bersama kawan-kawan Miles Biker menuju Ujung Genteng.

Perpindahan transmisi 6 kecepatannya lebih responsif dari Bandit 400. Sayangnya sepanjang ane memiliki Bumblebee hanya 3 kali ane riding hingga gear ke-6. Itupun hanya sampai kecepatan 160 km/jam. Sebenarnya motor masih bisa menambah kecepatan, namun ridernya sudah gemetaran duluan. Ini sering ane lakukan ketika ane sedang iseng di malam hari di jalan boulevard Kelapa Gading.

Berpose di Bayah

Didukung dengan suspensi Ohlins, handling Bumblebee sangat stabil. Gejala stang goyang maupun guncangan mampu direduksi dengan baik. Satu hal yang ane sayangkan dari shokbreaker belakang Ohlins standar pabrikan itu adalah tingginya, yang menyebabkan percabangan leher knalpot di bagian bawah mesin selalu saja terbentur polisi tidur. Hal ini ane akali dengan mengganti shockbreaker belakang tersebut dengan milik Pulsar 180. Hasilnya motor terlihat lebih “nungging” dan benturan dengan polisi tidur tidak lagi terjadi.

Rear Shockbreaker (Before - After)

Perawatan Bumblebee tidak merepotkan, karena tidak memakai radiator dan hanya memakai oil cooler. Oli mesin hanya 2.7 liter dengan spesifikasi 10w40. Sparepart Bumblebee seperti kampas dan plat kopling dapat dikanibal dengan Yamaha Scorpio sementara kampas rem depan dikanibal dengan Bajaj Pulsar, dengan sedikit ekstra menggerinda tentunya.

Oil Cooler, Mempermudah Perawatan

Hal penting selanjutnya adalah penampilan. Yamaha XJR400 memiliki body yang terbesar di kelas moge 400 cc, hal ini dapat dilihat dari tangki yang panjang dan lebar dan body buritan yang lebih montok dari moge 400 cc lainnya namun tetap terlihat tidak jauh seperti Suzuki Thunder 250. Kecuali jika orang melihat blok mesinnya yang lebar pasti akan langsung sadar bahwa yang ia lihat adalah moge.

Beberapa pengalaman seru ane alami bersama Bumblebee, mulai dari touring ke Bandung dan Ujung Genteng serta city riding setiap minggunya. Karena terlihat seperti motor biasa maka kadang Bumblebee digoda motor lain untuk balapan. Jika ane sedang iseng dan ingin “torque show off” maka ane jabanin saja itu orang. Tercatat beberapa motor seperti Yamaha Scorpio, Suzuki Satria FU hingga Kawasaki Ninja 250R pernah ane pecundangi..hehehe..4 silinder kok dilawan, mbok ya liat-liat dulu gitu lho.

Selama memelihara Bumblebee satu-satunya hal yang merepotkan hanyalah ketiadaan STNK dan BPKB. Ane jadi harus sering memantau keberadaan aparat polisi di sekitar ane. Hal inilah yang akhirnya memutuskan ane untuk menjual Bumblebee yang sudah ane ceritakan di artikel sebelumnya.

So overall ane sangat puas pernah memiliki Bumblebee, keinginan memiliki moge di atas 600 cc pun masih ada. Tahun ini ane meminang Kawasaki Ninja 250R yang ane beri nama Ironhide dan tetap berencana untuk meminang sebuah moge lagi, kali ini harus yang resmi dan bersurat lengkap tentunya. Nominasi ane sebagai berikut:

– Kawasaki ER-6F/N

– Kawasaki Versys

– Suzuki GSR 600

Ada masukan moge mana yang terbaik menurut ente?


Aksi

Information

18 responses

22 02 2010
kentadis

Kalo mw torsi n power gde sih GSR600 aj bro, itung2 nostalgia dgn 4 slinder
Tp kalo sk touring sih versys aja..
Di LN , Versys dpt brbgai macam award lho..
Kalo gw c, lbh pilih ke versys yg good looking 😀

22 02 2010
asmarantaka

ER-6f aja broo…lebih mantaff…taampang garang…tenaga gahar..lagipula spare parts juga tersedia…coz udah didukung 100% sama KMI….

22 02 2010
Bejonumpakpulsar

Versys kayak apa ya tampilan sosoknya ?

22 02 2010
shilla

di artikel lalu sampean kan minta saran motor apa yang cocok untuk beruang,
saya ada saran tapi kalo dijawab udah terlambat…
sekarang mumpung diingetin tak usulin,cocoknya sampean naik v-max saja.
The great and the greatest!!!! lainnya lewattttttt!!!!!!!

22 02 2010
kentadis

Versys tu advnture touring kaya multistrada gt..
Tp mesinx sama plek sama er-6n/f

10 03 2010
Pulsarian 555

Tuh bumblebee pake knalpot P200 y? Keren, tp apa ga malah ngurangin performa bro? Ane jg lagi nyari moge 400an aja, tahun lama jg gpp, coz mo dirombak jd Minor Fighter. Tp kok ane lbh ke Bandit 400 y? Mungkin karna bentuknya yg agak sedikit lbh modern dibanding 2 kompetitornya diatas!
Saran bwt ente milih moge 600, knapa “adik”nya nih bumblebee ga dimasukin nominasi? YAMAHA XJ6 2009, mesin 600cc 4 silinder, spare part bisa disubtitusi motor2 pasaran dsni lho. Contoh, ukuran rantai XJ6 adalah 520, tuh ukuran sama kan ky punya Tigi atau Pulsar? Kawasaki ER6N/F keren, tp mesin 2 silinder. Kualitas suara beda sama 4 silinder meskipun performa ttp garang. Ciri khas suara moge lebih ada di YAMAHA XJ6 bro. Check out YOUTUBE aja, bandingin deh tuh suara mesinnya!!!
Untuk harga XJ6 2009 dikisaran 125 – 140jtan (resmi).

10 03 2010
bennythegreat

@ 555
betul bro pakai knalpot P200, gak mengurangi performa kok bro.

untuk moge 600 cc lagi pilih2 nih, yang jelas yang tipe standar aja, jgn yg sport..pegel euy..

7 04 2010
ilhammeth

manntab…bro, gue sarankan klo mo beli pakai aja Kawasaki er 6n…cuman harganya 210rebu…biar ada temannya..klo mo ngelayap.

thanks. bro.
wassalam,

Babe Baikers Beratz

26 10 2010
gundala_tong

KLO ANE TETEP BRO BENNY, SUZUKI GSX750 INAZUMA A.K.A GSX750P NI MOTOR LEGENDARIS BRO….

13 12 2010
joni

mantaaabs brooo, kebetulan ane lagi nyari2 moge, tapi kalo pake HD kok kesannya gimanaaaa gituh ya??? dari dulu seeh ane ngincer Bandit 400 tapi setelah browsing kesana kemari nemu niih XJR,. kebetulan sesuai sama kriteria ane (ga pake aer) karena untuk sekali kali gantian sama scorpio ane aja,….. mo tanya2 dikit nih bro,… masalah spare part yang laen kira2 gimana yaaa???? misal rantai keteng,.. rantai dan gear set??? apa bisa di subsitusi sama motor lokal???? terusan lagi andaikan umpama misalnya niih (hehehe) dibikinin surat2 nya , abis berapaan ya bro???

21 12 2010
donie

bro ane make xjr juga ,cuma masalahnya sekarang dia lagi sakit o ring klep/seal valve steem nya rusak bisa kasih saran ngak dimana aku bisa nyari sparepartnya……trims y

21 12 2010
bennythegreat

coba hubungin Horsepower motor..cari aja di google..lumayan lengkap tuh

31 12 2010
donie

trims ya bro atas infonya

18 05 2011
donny

karena shock ohlinsmya enggak kepake boz jual aja ke saya he… kebetulan lagi nyari shock belakang xjr400.

15 08 2011
angga apriandana

Selamat pagi mas benny.saya angga nih.mau tanya mengenai pengalaman mas benny dgn moge tanpa surat.apakah pernah berhadapan dgn polisi ketika jalan barebg bumblebee?apa yg terjadi?
Soalnya saya berencana beli moge,dgn dana terbatas,jd pasti dapet moge bodong dan tahun 94 ati 95.
Dan bagaimana pengalaman mas benny merawat moge tua,apakah banyak masalah?
Thx.

4 03 2012
wendakalubis

XJR keren juga ya dijadiin Bumblebee…
Sayang Ohlins-nya kepaksa diganti…

18 06 2012
Dio Fireblade

MV Agusta Brutale aja om,d jamin performanya brutal abis.

27 01 2015
Ayam Ayam

halo gan, maaf saya nimbrung, saya lagi cari bandit 400 nih, bandung (kalau bisa yang full paper sama engge rewel motor nya )
PIN :7684C7C7
Atau yang Punya CB 400 atau yamaha XJR 400 Yang full paper juga engga apa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: