Riding Skill Contest di Kopdar Gabungan Pulsarian Community

22 02 2010

Acara Pulsarian Community kali ini bertajuk kopdar (kopi darat) gabungan – kopdargab, suatu momen dimana seluruh PRA (Pulsarian Ranger Area) berkumpul bersama di suatu tempat yang ditentukan secara bergilir. Kebetulan PRA Jakarta Timur alias BAYONET menjadi tuan rumah dengan tema “Welcome to the East”. Acara kopdargab yang diadakan  tanggal 20-21 Februari 2009 di Plaza Kramat Jati Indah (KJI) ini terasa beda, tak lain karena diadakannya Safety Riding Contest, Bazaar dan Lomba Modifikasi.

Welcome to the East

Ane sempat absen di hari pertama karena hujan, namun di hari kedua cuaca cerah dan ini menjadi kesempatan bagi para rangers – julukan bagi anggota Pulsarian Community untuk turut hadir dan memeriahkan kopdargab. Tercatat perwakilan dari PRA Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Cikarang dan Bandung hadir di Plaza KJI.

Selalu ada kesan tersendiri di setiap acara Pulsarian Community, yang paling menyenangkan tentunya adalah bertemu kawan-kawan sesama rangers, baik itu lama atau baru. Semuanya bersemangat, antusias dan gembira mengikuti kopdargab, bahkan diantara mereka terlihat beberapa wanita dan anak-anak, baik itu pacar, istri maupun anak mereka. Sungguh acara seperti ini dapat menjadi sarana rekreasi, edukasi dan silaturahmi yang positif.

Rangers dan Keluarga

Acara inti pertama yang menyedot perhatian adalah safety riding contest. Ya, sejak pertama kali PSRT (Pulsarian Safety Riding Team) dibentuk sekitar 2 tahun silam. Kata safety riding menjadi hal mutlak yang wajib dipahami dan diamalkan oleh para rangers Pulsarian. Hampir tak ada momen yang tidak beraroma safety riding di setiap kegiatan Pulsarian, dan tanpa kenal lelah dan bosan pula PSRT secara berkesinambungan terus mengedukasi para rangers mengenai pentingnya berpikir dan bertindak aman berkendara di jalan.

Suasana Kopdargab

Skill saja tidak cukup, begitu yang selalu didengungkan oleh rekan-rekan di Road Safety Association (RSA). Ya, Pulsarian Community turut berada dibawah naungan RSA sebagai komitmen dalam menegakkan propaganda aman berkendara. Selain penguasaan SKILL, diperlukan pemahaman RULES dan ATTITUDE dalam berkendara. Terkadang orang beranggapan hanya dengan Skill ia akan dapat berkendara dengan aman. Hal ini tidak benar dan tidak cukup tanpa didukung pemahaman Rules dan Attitude.

Lalu bagaimana meningkatkan edukasi Rules dan Attitude di komunitas ini?

Kebetulan Pulsarian Community sehari-harinya aktif di mailing list (milis), baik itu di milis internal Pulsarian maupun di milis bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com. Lewat media komunikasi inilah edukasi dan pengetahuan rules berkendara seperti UU no.22 tahun 2009 disebarkan dan dibahas. Dalam hal attitude, para rangers tak pernah absen disuguhi kisah, cerita, curhat dan pengalaman berkendara yang melibatkan perilaku berkendara dan dampak sistemiknya. Jika hal tersebut tadi ditemui di dunia maya, di dunia nyata edukasi aman berkendara dapat ditemui di acara seperti kopdargab ini. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat membentuk sikap berkendara yang ideal.

Kembali ke TeKaPe..

Suasana Bazaar

Demo Obat Poles Motor

Bazaar yang berlangsung sejak hari pertama menyajikan barang dagangan yang berguna bagi para Pulsar riders. Dari mulai spareparts yang disediakan oleh salah satu dealer Bajaj yaitu Bajaj Andalan Sakti (BAS) juga beberapa asesoris motor hingga perlengkapan pengendara seperti jaket, helm dan sarung tangan.

Lanjut ke SR Contest..

Kriteria yang dipertandingkan dalam SR Contest ini antara lain kemampuan peserta dalam melewati balok keseimbangan, kecepatan dan keseimbangan dalam melakukan slalom dan terakhir kemampuan manuver peserta dalam melakukan chidori, suatu bentuk teknik berkendara slalom yang lebih rumit.

Uji Balok Keseimbangan

Dalam uji balok keseimbangan peserta diwajibkan berkendara selambat dan seseimbang mungkin tanpa keluar dari balok.

Uji Slalom

Dalam slalom peserta diwajibkan melakukan manuver berkelok dengan menggunakan body language dan keseimbangan.

Uji Chidori

Dalam chidori peserta diwajibkan melewati rute chidori yang memerlukan ketrampilan manuver dengan cepat dan tepat.

Peserta SR Contest

Peserta yang ikut dalam SR Contest ini mewakili PRA masing-masing, didukung lengkap dengan supporternya.

Acara inti kedua adalah kontes modifikasi. Tak kurang dari sepuluh motor turut adu modifikasi. Dengan juri dari PSRT dan pengurus Pulsarian, tentunya kriteria MEFRIK dalam kontes ini harus dipenuhi yaitu Modern, Estetika, Fungsional, Rasional, Inovasi, dan Kreasi.

Kontes Modifikasi, Siapa yang paling MEFRIK?

Ketika PSRT Menilai..

Diskusi Dulu..

Ketika pengumuman tiba, SR contest dimenangkan oleh bro Bangzai #458 dari PRA PANSER (Tangerang) sementara kontes modisikasi dimenangkan oleh bro Vijay #759 dari PRA KALIBER (Bekasi).

Bro Vijay, Pemenang Kontes Modifikasi

Juara Kontes Modifikasi

Penyerahan Hadiah SR Contest

Di akhir acara, menang-kalah tidak masalah, semua bergembira, bersilaturahmi antar PRA, sesuai slogan Pulsarian Community yaitu “Mewujudkan Biker yang Sehat, Dinamis dan Beradab”.

GO PULSARIAN…!


Aksi

Information

7 responses

22 02 2010
kentadis

Pertamaxx..
Bs dijelasin lbh rinci soal chidori g bro? Penasaran nie 😀
Cz namax ky jurus ninja di naruto :mrgreen:

22 02 2010
bennythegreat

kalau slalom itu kan manuver berbeloknya dominan bro..
nah kalau chidori juga melibatkan trek lurus baru belokan/putaran tajam

jadi chidori juga menuntut ketepatan berakselerasi, mengerem dan memutar.

22 02 2010
kentadis

Oh, gitu ya bro..
Makasih infox..
Jd dh g penasaran lg d..
😀

23 02 2010
d1ve2blu3

wah,,ketinggalan nih ane.

padahal deket rumah 😀

23 02 2010
pridesonline

mantaaab ben

24 02 2010
Tulus Budi

hmmm….. gimana klo lombanya ginie ajah, sapa yang bisa bawa pulsar gw dalam kecepatan konstan 60 km/jam sejauh 2 km tanpa jatuh/nabrak gw kasih pulsar gw gratis ?…. hehehehe….. bravo pulsarian…..

andai mongtor gw ngikut kontes menang ga ya? …..

24 02 2010
bennythegreat

@bro Tulus..
wah..60 km/jam konstan? kalo di Sentul sih ayuk ajah bro..hehe
Motor ikut kontest..wah itu tergantung juri, selama masih memenuhi MEFRIK pasti menang.
kok kemarin ndak keliatan bro..main2 dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: