Seputar Indikator BBM Digital Bajaj Pulsar

26 03 2010

Indikator BBM Digital Bajaj Pulsar

Ini share pengalaman aja, di Pulsar UG3 edisi awal (2006-2007) dimana indikator BBM dengan bar digital itu masih dapat dipercaya.

contoh:

– asumsi isi tangki full 18 liter (sampai bawah mulut tangki)
– jumlah bar di indikator = 12
– jadi per 1 bar mewakili (18/12 = 1.5 liter BBM

untuk UG3 edisi awal bagus nih akurasinya..kalau indikator tinggal 2 bar berarti isi tangki tinggal (1.5 x 2 = 3 liter)

dengan asumsi konsumsi BBM Pulsar 1:35 liter, berarti ane masih punya kesempatan untuk riding sejauh 3 x 35 liter = 105 km untuk cari pom bensin.

kalau pemakaian harian misalnya 40 km PP (pulang-pergi), berarti ane masih punya waktu 2 hari sebelum isi tangki BBM ane habis.

Dengan Pulsar 200 edisi pertama (2008-2009) ane juga merasakan akurasi yang sama.

Nah, ketika mulai memakai Pulsar 180 UG3 edisi akhir (2007-2009) nih ane mulai merasakan akurasi indikatornya mulai aneh. Suatu ketika ane lihat indikator menunjukkan 2 bar, ane tenang-tenang saja..Masih ada 2 hari lagi laah untuk isi BBM Pertamaxx..hehehe.. Dan ane pindahin tuh keran BBM ke posisi RES.

Ridinglah ane keesokan harinya menuju tempat kerja, sampai di tengah perjalanan, kurang lebih 10an km indikator turun menjadi 1 bar. Ane masih tenang saja, karena ane masih punya 35 x 1.5 = 52.5 km untuk cari pom bensin.

Sampailah ane di kantor dan ane amati indikator BBM masih tetap 1 bar, tapi ane dengar dari dalam tangki tidak ada suara cipratan BBM nih..Ah…masih tenang lah, mungkin BBMnya ngumpet.

Pulang kantor ane riding pulang.. Baru jalan kurang lebih 5 km, dari Kuningan ke Menteng..lho kok motor ndut-ndutan…Waah..BBM sekarat nih..

Ane lihat indikator BBM masih 1 bar…Lho..kok..???

Ane segera minggir di seberang hotel Formula, Menteng untuk cek kondisi motor. Ternyata benar motor kehabisan BBM, tapiii…indikator masih tetap tegar di 1 bar..Aneh..

Berarti..indikator BBM Pulsar 180 UG3 edisi akhir kurang akurat nih..

Sesuai pengalaman kalau kehabisan BBM, ane lakukan langkah berikut.

– Mendiamkan motor di standar tengah di tempat rata selama kurang lebih 5 menit, dengan tujuan membiarkan BBM memasuki ruang karburator
– Memiringkan motor dengan tumpuan standar tengah dan samping selama 5 menit, dengan tujuan isi tangki BBM di sebelah kanan berpindah ke kiri. Ya karena keran BBM Pulsar terletak di kiri bawah
– Coba start motor

Memiringkan Pulsar

Ternyata motor bisa di start dan ane pun segera riding ke pom bensin terdekat, hanya beberapa ratus meter dari lokasi ane mogok kehabisan BBM.

Jadi..moral dari pengalaman ini:

– Indikator BBM digital di Pulsar 180 UG3 edisi akhir tidak selalu dapat dipercaya akurasinya
– Jika posisi indikator sudah turun ke 2 bar, segera isi BBM ente
– Gunakan selalu BBM dengan oktan >90 ke atas. Bisa coba mencampur Pertamax 92 10 liter, dengan Premium 8 liter.
– Selalu jaga kondisi tangki BBM dalam keadaan full, untuk mencegah uap air masuk dan membuat karat di dinding dalam tangki.
– Biasakan RESET odometer digital Pulsar ke 0 setiap habis mengisi BBM untuk mengetahui konsumsi BBM motor, bagaimana caranya?

jangan biarkan tangki kosong terlalu lama

biasakan mengisi BBM secara teratur

Begini..

Diketahui:
– ingat posisi ketinggian BBM ketika ente mengisi tangki, misalnya setinggi 1/2 leher tangki.
– dari pengukuran odometer motor sudah dipakai sejauh misalnya 500 km, setelah ente terakhir isi BBM dan reset odometer
– segera isi BBM ke pom dengan Pertamaxx..
– lihat volume BBM yang terisi ke tangki sampai ke posisi ketika ente isi BBM sebelumnya. Misalnya dapat 12 liter

Nah, tinggal hitung saja konsumsi BBM Pulsar ente, 500 km / 12 liter = 41.6 km/liter…Well cukup irit lah..

cek karburator untuk mengetahui pasokan BBM

cek mesin dan pengapian

Lalu bagaimana kita tahu Pulsar kita boros atau irit?
Sesuai pengalaman ane begini:

20 – 25 km/liter ==> sangat boros, cek karburator mesin segera ke Beres (Bengkel Resmi)
25 – 30 km/liter ==> boros, cek karburator dan mesin, dan amati apakah ente sering membawa beban berat.
30 – 35 km/liter ==> sedang, namun perlu pemeriksaan ke Beres.
35 – 40 km/liter ==> ideal
40 – 45 km/liter ==> irit
45 – 50 km/liter ==> terlalu irit, cek busi dan karburator
50 – 55 km/liter ==> irit sekali..tukeran motor sama ane doong…hehehe..

Demikian share dari ane, semoga bermanfaat.

sumber gambar:

kaskus, blog donodomo, myindiaguide.com, koleski pribadi

Iklan

Aksi

Information

16 responses

26 03 2010
jomblo ati

25 – 30 km/liter ==> boros, cek karburator dan mesin, dan amati apakah ente sering membawa beban berat.
beban berat…????

no comment aaaagghh….. :mrgreen:

26 03 2010
bennythegreat

bukan akuuuuu..itu motor kawann…suwer ewer ewer… :mrgreen:

26 03 2010
jomblo ati

ya kan nominasinya cuma 2. kalo gak benny ya dono…
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

26 03 2010
luthfie

Bro, mana nih report MRTB Ninja di JAR Saman?

26 03 2010
bennythegreat

@ lutfie

belum sempat upload bro, maklum file nya gede..

26 03 2010
akbar

Ben .. bisa jadi itu tangki kemasukan Air …

kemasukan air, menyebabkan pelampung tengki bensin tetep ngapung.
kemasukan air bisa jadi karena ke ujanan ato pas lg nyuci motor CMIIW

begono …. CMIIW ==> Cubit Motor If I Wrong

26 03 2010
delostdog

revisi masbro
awalnya “Nah, ketika mulai memakai Pulsar 180 UG2…”
tapi kesimpulannya “Berarti..indikator BBM Pulsar 180 UG4 kurang akurat nih..”
UG3, 2, ato 4 yg sebenernya di test?
imho mungkin juga asumsi Km/L nya meleset..
🙂
cwiemie ya

26 03 2010
d1ve2blu3

kalo ug III gmn om benny??

27 03 2010
Ardi

yah… kalo gitu sih bawa ke t4 servis aja…. 😆

*ga-mau-ribet.com :mrgreen:

27 03 2010
asmarantaka

wah nice info…..kemaren baru aja ikutan acara sehat karena ndorong motor menuju pom bensin terdekat…..xiixixiixixi…….. :mrgreen:

28 03 2010
kangsan

wahhh, padahal kebiasaanku pas ngisi bensin nunggu abis pindah indikator bensin dari normal ke res…

29 03 2010
sabdho guparman

serem juga tangki karatan. . . .

keep brotherhood,

salam,

29 03 2010
bennythegreat

@ all..yang gak akurat menurut ane itu pulsar 180 UG3 edisi akhir, yang sudah tidak pakai cover shockbreaker depan karet itu loh..

30 03 2010
hadiyanta

Pulsar UG4 punyaku ternyata juga ngaco, apalagi aku riding ke gunung, jalan naik turun, sehingga aku yakin sensornya yang mungkin berbentuk pelampung jadi ngaco (belum tahu cara kerja sensor bensin pulsar), dulu pernah bongkar tangki honda star, cara kerjanya pake pelampung.

aku kalo ngisi, premium terus, sekali ngisi pertamax 12 liter. kubiasakan untuk motret spedometer setelah ngisi bensin. juga reset spedometer setelah ngisi bensin. Rata rata aku ngisi 50ribu rupiah (11,1111 liter) sudah full dengan rata-rata jarak tempuh 450-500 baru kuisi lagi.

terakhir pulsar total habis 102 liter bensin, dengan menempuh jarak 4.483 KM, jadi hasilnya 43,9 KM/Liter. Lumayan.

7 04 2010
BeINSTORE

Mampir sobat. kunjung balik ya.. 06:27

14 05 2010
Tyo

Salam pulsarian!
ane br mw beli Pulsar 180 UG 4 nih… ane tertarik karena :
1). Model,
2). Teknologi dan
3). iritnya.
kata sales nya bs mencapai 1:45 kmpl.

Sebelumnya ane pake scorpio 1: 30 kmpl,lumayan boroslah,skg udh ane jual.

Semoga ane bs benar2 menikmatinya tunggangan baru ane nih….

Thanks Pulsarian 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: