Kunjungan Pulsarian Community ke Pabrik Busi NGK

29 03 2010

foto bersama di depan gedung NGK

PT. NGK merupakan salah satu bagian dari NGK dan NTK group yang berpusat di Nagoya, Jepang. Perusahaan yang berdiri 36 tahun silam ini mulai membuka pabriknya di Indonesia sejak tahun 1977. Pabrik di Indonesia ini merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Jepang dan Brazil. NGK dan NTK sendiri merupakan merk dagang atas beberapa produk yang digunakan di bidang otomotif, industry dan medis seperti:

–          Knop sensor

–          Oxygen sensor

–          Glow spark plugs

–          Spark plug (busi)

–          IC (Integrated Circuit) untuk handphone

–          Pahat bubut

–          Keramik untuk keperluan medis

Lini Produk NGK dan NTK

PT. NGK sendiri sejak beberapa bulan yang lalu secara rutin mengadakan plant visit atau kunjungan pabrik bagi komunitas otomotif roda dua maupun roda empat. Kali ini Pulsarian Community sebagai komunitas otomotif roda dua mendapatkan kesempatan emas tersebut.

Bro Zulux

Adalah bro Zulux seorang aktivis roda dua senior yang mengundang Pulsarian Community melalui milis Bajaj Pulsar, Pulsarian memperoleh kesempatan untuk menambah wawasan bidang otomotif ke pabrik busi NGK yang terletak di bilangan jalan raya Bogor km. 26. Dengan koordinasi oleh bro Zoel Abrar, ranger yang bernomor #504 ini mengumpulkan 40 ranger untuk bersama-sama berkumpul di belakang Cijantung mall untuk selanjutnya bergerak ke kediaman bro Zulux di wilayah Ciracas.

Usai menyantap snack dan sarapan di rumah bro Zulux, kami bergerak ke pabrik yang tidak jauh dari situ. Begitu selesai memarkir motor kami disambut oleh Pak Andi Priyono, salah satu manager di NGK dan kamipun diajak ke ruang training. Di sini kami diperkenalkan ke Pak Heri Mardiyono, Technical Manager NGK yang telah mengabdi selama 22 tahun.

Pak Adi Priyono

Pak Heri Mardiyono membawakan materi

Tanpa banyak basa-basi, pak Heri langsung mulai presentasinya dari mulai pengenalan teknis mesin, fungsi dan jenis busi, dari mulai busi standar hingga busi Platinum dan Iridium, cara membaca kode busi hingga cara membedakan busi asli dan palsu. Bajaj Pulsar sebagai motor unik yang berbusi ganda turut dibahas dalam forum ini. Ternyata Bajaj Pulsar sangat dianjurkan memakai busi Iridium untuk meningkatkan kinerja mesin

3 Jenis Busi NGK untuk Penggunaan Harian

Begitu banyak pengetahuan baru hingga sekian salah kaprah yang dikoreksi di forum diskusi santai ini. Salah satunya fakta bahwa busi racing yang banyak dicari orang ternyata tidak cocok dipakai harian karena dapat menyebabkan kendaraan sulit di start.

Sekitar pukul 11 siang, kunjungan pabrik dimulai, kami diajak melihat proses fabrikasi busi dari mulai bahan mentah berupa pipa silinder biasa, pemasangan keramik busi, pemeriksaan dan uji produk hingga pengepakan busi. Adapun pertahunnya PT. NGK ditargetkan mampu memproduksi hingga 2.5 juta buah busi.

Kunjungan Pabrik Dimulai

Ini Dia, Bahan Mentah Busi

Busi Dibentuk dengan Mesin ini

lalu dibentuk pakai alat ini

jadinya begini..

nah elektroda busi dipasang di mesin ini

ujung busi yang putih itu dipasang di sini

diseleksi satu persatu

eits..quality control dulu..

dipak menurut jenis dan serinya

Para ranger Pulsarian kemudian diajak menuju fasilitas pengolahan limbah cair yang akan dibuang ke sungai. Yang unik dari fasilitas ini adalah ditempatkannya beberapa ekor ikan di kolam pembuangan akhir limbah sebagai indicator racun. Ikan-ikan tersebut terlihat berenang di sekeliling kolam yang menandakan air buangan tersebut aman sebelum akhirnya dibuang.

makan siang dulu..

ruang makan dipenuhi para rangers..

Usai makan siang acara pun berakhir, puluhan motor Bajaj Pulsar milik para ranger kembali memijak aspal jalanan, ditunggangi pengendaranya yang telah memperoleh ilmu berharga.

Artikel selengkapnya mengenai busi akan ane bahas selanjutnya.


Aksi

Information

14 responses

29 03 2010
jomblo ati

eits… itu yang QC..?? saya mau doooong di QC. :mrgreen:

ditunggu jawaban titipan pertanyaannya bro… 🙂

29 03 2010
bennythegreat

eh mas…pertanyaan yg mana yak..maap lali..

29 03 2010
triatmono

@jomblo
wkwkwkwk… Opo neee seng di QC… ??? 😛

29 03 2010
ndr0e

wwahaaa…
kalimat “salah kaprah” kurang kuat, perlu materi/ penjelasan yang lebih banyak.

“Begitu banyak pengetahuan baru hingga sekian salah kaprah yang dikoreksi di forum diskusi santai ini. Salah satunya fakta bahwa busi racing yang banyak dicari orang ternyata tidak cocok dipakai harian karena dapat menyebabkan kendaraan sulit di start.”

–> kata “begitu banyak” koq dikasih tau faktanya “salah satu” doank.. mending nanti adja di artikel berikutnya he ehehe.

intinya “salah kaprah” itulah yg perlu kita tau lebih-nanti share lagi kan.. (H2C neh, hhehehe).

eniwei, thanks for sharing to us. keep it up. Salut deh buat bro benny n Pulsarian community.

-ndr0e-

29 03 2010
Fagins

Cara baca kodenya gemana mazbro djarot118?

*hehe,inget imel ente jmn dulu..

29 03 2010
asmarantaka

bawa oleh2 busi ngk bro??….xiixixixixi :mrgreen:

29 03 2010
bennythegreat

@all
Artikel ini pembukaan aja..nanti detailnya tak sambung lagi ya..

30 03 2010
kilaubiru

menarik nih, soal busi 😀
detailnya sambungannya pasti panjang :mrgreen:

30 03 2010
Kurnia_Pro

Ngk platinum ada g bro?nitip.

30 03 2010
blognyamitra

Diperbolehkan ngambil gambar di dlm pabrik ???

30 03 2010
zulux

thx buat pulsarian yang telah ikut event ini.
next time saya akan ajak kembali, disiapkan yaa pasukannya

salam dan jabat erat selalu

Zulux

30 03 2010
Seputar Busi NGK – Berbagai Jenis Busi « bennythegreat.wordpress.com

[…] Menyambung artikel sebelumnya.. […]

30 03 2010
hadiyanta

wah kudu ganti iridium nih UG4 ku 😉

8 07 2010
o2 sensor

nice write up!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: