PT. NGK merupakan salah satu bagian dari NGK dan NTK group yang berpusat di Nagoya, Jepang. Perusahaan yang berdiri 36 tahun silam ini mulai membuka pabriknya di Indonesia sejak tahun 1977. Pabrik di Indonesia ini merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Jepang dan Brazil. NGK dan NTK sendiri merupakan merk dagang atas beberapa produk yang digunakan di bidang otomotif, industry dan medis seperti:
– Knop sensor
– Oxygen sensor
– Glow spark plugs
– Spark plug (busi)
– IC (Integrated Circuit) untuk handphone
– Pahat bubut
– Keramik untuk keperluan medis
PT. NGK sendiri sejak beberapa bulan yang lalu secara rutin mengadakan plant visit atau kunjungan pabrik bagi komunitas otomotif roda dua maupun roda empat. Kali ini Pulsarian Community sebagai komunitas otomotif roda dua mendapatkan kesempatan emas tersebut.
Adalah bro Zulux seorang aktivis roda dua senior yang mengundang Pulsarian Community melalui milis Bajaj Pulsar, Pulsarian memperoleh kesempatan untuk menambah wawasan bidang otomotif ke pabrik busi NGK yang terletak di bilangan jalan raya Bogor km. 26. Dengan koordinasi oleh bro Zoel Abrar, ranger yang bernomor #504 ini mengumpulkan 40 ranger untuk bersama-sama berkumpul di belakang Cijantung mall untuk selanjutnya bergerak ke kediaman bro Zulux di wilayah Ciracas.
Usai menyantap snack dan sarapan di rumah bro Zulux, kami bergerak ke pabrik yang tidak jauh dari situ. Begitu selesai memarkir motor kami disambut oleh Pak Andi Priyono, salah satu manager di NGK dan kamipun diajak ke ruang training. Di sini kami diperkenalkan ke Pak Heri Mardiyono, Technical Manager NGK yang telah mengabdi selama 22 tahun.
Tanpa banyak basa-basi, pak Heri langsung mulai presentasinya dari mulai pengenalan teknis mesin, fungsi dan jenis busi, dari mulai busi standar hingga busi Platinum dan Iridium, cara membaca kode busi hingga cara membedakan busi asli dan palsu. Bajaj Pulsar sebagai motor unik yang berbusi ganda turut dibahas dalam forum ini. Ternyata Bajaj Pulsar sangat dianjurkan memakai busi Iridium untuk meningkatkan kinerja mesin
Begitu banyak pengetahuan baru hingga sekian salah kaprah yang dikoreksi di forum diskusi santai ini. Salah satunya fakta bahwa busi racing yang banyak dicari orang ternyata tidak cocok dipakai harian karena dapat menyebabkan kendaraan sulit di start.
Sekitar pukul 11 siang, kunjungan pabrik dimulai, kami diajak melihat proses fabrikasi busi dari mulai bahan mentah berupa pipa silinder biasa, pemasangan keramik busi, pemeriksaan dan uji produk hingga pengepakan busi. Adapun pertahunnya PT. NGK ditargetkan mampu memproduksi hingga 2.5 juta buah busi.
Para ranger Pulsarian kemudian diajak menuju fasilitas pengolahan limbah cair yang akan dibuang ke sungai. Yang unik dari fasilitas ini adalah ditempatkannya beberapa ekor ikan di kolam pembuangan akhir limbah sebagai indicator racun. Ikan-ikan tersebut terlihat berenang di sekeliling kolam yang menandakan air buangan tersebut aman sebelum akhirnya dibuang.
Usai makan siang acara pun berakhir, puluhan motor Bajaj Pulsar milik para ranger kembali memijak aspal jalanan, ditunggangi pengendaranya yang telah memperoleh ilmu berharga.
Artikel selengkapnya mengenai busi akan ane bahas selanjutnya.
eits… itu yang QC..?? saya mau doooong di QC.
ditunggu jawaban titipan pertanyaannya bro… 🙂
eh mas…pertanyaan yg mana yak..maap lali..
@jomblo
wkwkwkwk… Opo neee seng di QC… ??? 😛
wwahaaa…
kalimat “salah kaprah” kurang kuat, perlu materi/ penjelasan yang lebih banyak.
“Begitu banyak pengetahuan baru hingga sekian salah kaprah yang dikoreksi di forum diskusi santai ini. Salah satunya fakta bahwa busi racing yang banyak dicari orang ternyata tidak cocok dipakai harian karena dapat menyebabkan kendaraan sulit di start.”
–> kata “begitu banyak” koq dikasih tau faktanya “salah satu” doank.. mending nanti adja di artikel berikutnya he ehehe.
intinya “salah kaprah” itulah yg perlu kita tau lebih-nanti share lagi kan.. (H2C neh, hhehehe).
eniwei, thanks for sharing to us. keep it up. Salut deh buat bro benny n Pulsarian community.
-ndr0e-
Cara baca kodenya gemana mazbro djarot118?
*hehe,inget imel ente jmn dulu..
bawa oleh2 busi ngk bro??….xiixixixixi
@all
Artikel ini pembukaan aja..nanti detailnya tak sambung lagi ya..
menarik nih, soal busi 😀
detailnya sambungannya pasti panjang
Ngk platinum ada g bro?nitip.
Diperbolehkan ngambil gambar di dlm pabrik ???
thx buat pulsarian yang telah ikut event ini.
next time saya akan ajak kembali, disiapkan yaa pasukannya
salam dan jabat erat selalu
Zulux
[…] Menyambung artikel sebelumnya.. […]
wah kudu ganti iridium nih UG4 ku 😉
nice write up!