10 Greatest Motorcycle Ever versi Discovery Channel

7 04 2010

Menyaksikan tayangan Discovery Channel memang lebih bermanfaat ketimbang terkena efek negatif tayangan tidak bermutu dari stasiun televisi lokal. Malam Minggu kemarin (4/4) sekitar pukul 1 pagi, Discovery Channel menayangkan acara Greatest Ever. Acara ini biasanya menayangkan peringkat 10 besar suatu hal, dari mulai pesawat, mobil, persenjataan hingga akhirnya malam itu cukup spesial buat ane, mereka menayangkan Greatest Ever edisi Motorcycles. Segera ane naikkan volume televisi dan mulai menyiapkan cemilan, minuman dan Blackberry untuk mencatat.

Sayangnya ketika tayangan ini baru mencapai urutan ketujuh, yaitu Brough Superior SS8, Indovision mendadak mengalami gangguan dan esok harinya barulah mereka mengirimkan email mengenai gangguan tersebut. Cukup menyebalkan memang..untunglah ada siaran ulang acara ini di hari Rabu pagi ini jam 07.00.

Beberapa ahli permotoran mengatakan bahwa sejatinya sepeda motor adalah sebuah “extension” alias perpanjangan dari beberapa hal, terutama untuk para pria.

  • Motorcycle is an extension of a man’s pride..
  • Motorcycle is an extension of a man’s penis.. (hehehe)
  • Motorcycle is an extension of a man’s wing which enable him to fly..

Sebuah metafora yang cukup mewakili keberadaan dan makna dari sebuah sepeda motor bagi pemakainya.

Berikut adalah countdown peringkat 10 besar motor terbaik menurut Discovery Channel, disertai dengan tayangan videonya masing-masing:

10. Harley Davidson (HD) Knucklehead


HD Knucklehead 1400 cc di sini disebut sebagi “the highest sex appeal”, pertama kali dibuat tahun 1936 sebagai kendaraan perang dan sesudah itu digunakan untuk kendaraan sipil

Sebutan “knucklehead” ini karena bentuk mesin dan karburatornya yang menyerupai knuckle atau buku tangan ketika mengepal. Dalam tayangan ini diperlihatkan pula seorang wanita pecinta HD yang dapat membedakan suara HD dibandingkan motor lain seperti Honda Valkyrie dan Yamaha Dragstar.

9. Motoguzzi V8 (1955)


Pertama kali dibuat tahun 1955. Adalah motor Motoguzzi pertama ydengan 8 silinder – 500 cc yang sangat mendahului zamannya. Motoguzzi membuat motor ini untuk keperluan balap namun ukuran mesin yang besar dan piranti elektronik yang rumit membuat motor ini sulit pemeliharaannya.

8. Vespa PX 125


Testimonial seorang wanita Italia mengenai Vespa tak berlebihan “Jika anda ingin berkeliling Italia dengan cepat dan terlihat manis maka pakailah Vespa”. Ya, Vespa yang dalam bahasa Italia berarti “Wasp” atau lebah ini memang kecil dan lucu.

Sejarah pembuatannya mengesankan. Dengan ban yang terbuat dari ban bekas pesawat dan bodi yang juga terbuat dari rangka pesawat Vespa mengukuhkan diri menjadi kendaraan komuter yang stylish dan unik.

7. Brough Superior SS8


Tahun 1924 Brough menciptakan motor 981 cc yang waktu itu dijamin dapat melaju 128 mil/jam. Sebuah rekor yang dahsyat apalagi dibandingkan dengan motor lainnya yang waktu itu hanya mampu melaju maksimal 42 mil/jam. Hal ini pun dibuktikan lagi oleh tim Discovery Channel, ketika kecepatan menunjukkan 110 mil/jam sang pengendara melepaskan tangannya dari stang untuk membuktikan kestabilan motor dengan konstruksi suspensi castle fork ini.

Brough dijuluki “the Rolls Royce of motorcycle” karena kemampuannya itu. Salah satu rahasianya adalah konstruksi chassisnya yang kaku dan stabil untuk dipacu dalam kecepatan tinggi.

6. Britten V1000


Pada tahun 1993, John Britten dan beberapa kawannya membangun sebuah motor 999 cc dengan konfigurasi V-Twin, mirip Yamaha V-Max. Demi memangkas berat motor kebanyakan material dibuat dari serat karbon dan motor ini tidak memiliki rangka alias chassis..aneh bukan..Motor ini dibuat untuk mengikuti kontes Battle of the Twins di Daytona, Amerika. Sayangnya sang pembuat motor ini harus meninggal dunia di usia yang relatif masih muda, 3 tahun setelah motor ini dibuat karena sakit parah.

5. Triumph Bonneville T100


Motor keluaran tahun 1964 ini memiliki power 64 hp dengan kapasitas mesin 865 cc, memiliki berat 205 kg dan top speed 180 km/jam. Lumayan untuk motor di zaman itu. Selama 10 tahun setelah peluncuran perdananya, motor ini tetap menjadi trend bahkan hingga kini masih diburu para kolektor motor karena menurut mereka motor ini membangkitkan desire tersendiri.

4. Y2K – Turbine Bike


Pada tahun 2002, motor revolusioner ini dibuat dengan menggunakan mesin turbin gas layaknya mesin pesawat jet. Cukup ringan untuk motor “aneh” dengan mesin turbine yaitu hanya 208.7 kg saja. Motor ini mampu melaju hingga 402 km/jam dengan power 316 hp. Sekedar perbandingan, Boeing 737 pada saat take off di bandara Soekarno Hatta “hanya” melaju dengan kecepatan 300 km/jam. Yang menarik dari motor ini adalah suaranya ketika mesin distarter..sama persis seperti menyalakan mesin pesawat. Ditunjukkan pula motor ini diadu dengan pesawat jet tempur yang sedang terbang rendah di sebuah runway dan motor ini memenangkan adu cepat tersebut.

3. Honda CB750


Dengan mesin 750 cc dan overhead camshaft, motor ini diperkenalkan pada tahun 1969. American Motorcyclist Association menempatkan motor ini di Hall of Fame Classic Bikes dan modelnya terus diperbarui dan berevolusi hingga edisi terakhirnya di tahun 2007.

2. Ducati 916


Ducati, sebuah brand yang sudah tidak asing lagi. Bagi 916 prestasinya adalah memenangkan World Superbike Championship selama 3 tahun berturut-turut 1994, 1995, 1996. Disebutkan dalam tayangan ini bahwa kelebihan motor bermesin V-Twin 90° ini adalah pada kestabilan ban belakang ketika menikung sebagai akibat dari penyaluran power yang smooth.

1. Honda Cub


Dengan lebih dari 40 juta unit yang sudah dibuat di seluruh dunia, cukup mengejutkan bahwa Discovery Channel menempatkan motor ini di posisi pertama. Rupanya alasan ketangguhan dan kepraktisan pemakaian membuat motor ini mampu mengalahkan motor-motor lainnya.

Well..demikian review acara Discovery Channel, Greatest Ever: Motorcycle. 10 motor terpilih oleh Discovery Channel sebagai motor-motor terhebat di zamannya masing-masing. Namun dengan Honda Cub alias Honda bebek ditempatkan di posisi pertama menurut ane menjadikan acara ini sebagai dagelan belaka :). Bagi yang ingin menyaksikan video-videonya dapat berkunjung ke sini.


Aksi

Information

24 responses

7 04 2010
girifumi

gundulmu Ben…
Honda Cub merupakan tanda kebangkitan Jepang dan pandangan visioner Soichiro Honda akan kebutuhan motor murah dengan biaya mobilitas dan produksi rendah juga rendah emisi gas buang.
hal yang tak terpikir oleh orang Barat sekalipun waktu itu..
soal ketangguhan tak terbantahkan hingga sekarang.

*bebek hanya buat harian*

7 04 2010
Andry

hidup bebekkk ………………..

7 04 2010
yudhi3

ternyata yang menang bebek bre .. ! hehehe

7 04 2010
blognyamitra

jadi kesimpulannya bebek is the best 😀

7 04 2010
aWi

Memang terkesan kalau motor Bebek, motornya orang kecil. Semua orang bisa pakai. Perempuan-remaja-orang tua. Jadi Bro Ben, menyepelekan motor berjenis Bebek.

Sementara Ducati Monster, Yamaha YZR M1, Honda CBR, Suzuki Hayabusha, Harley Davidson, Triumph, BMW K1200R, dan lain-lain yang sejenis (banyak deh, utk setiap masanya).. benar-benar motor laki-laki banget….

Jadi pasti kecewa banget pas Honda Cub jadi yang terbaik. Mungkin kriteria dari Discovery Channel, ternyata patokan yang ada, jatuhnya ke Honda Bebek tadi …. hehehehe.

7 04 2010
Ardy IBBC

Bebek lagi – bebek lagi… Capedeh…
:mrgreen:

7 04 2010
jomblo ati

kakakakaka… Y2K kalah
wooo… hidup poniyooool…!!!

7 04 2010
kilaubiru

great… hidup benny.. eh… hidup cub..! :mrgreen:

7 04 2010
r1111ff

emang paling enak bebek, dinaikin apa digoreng tetep nikmat..xixixi…

7 04 2010
Safety Riding Course

Kayaknya kurang adil, kalau tidak disebutkan kriteria-kriteria penilaian untuk penentuan 10 terbaik ini. Kalau tidak ada kriteria, terkesan subyektif sekali.

7 04 2010
Silver F5455LC

( di ) Potong bebek honda – ku keki sekali
jetmatic berdansa oh lincah sekali
serong ke kiri serong ke kanan
buntut di tabrak jadi jumpalitan…

( yg punya shogun kebo & pibo )

7 04 2010
Maskur on Servis Di Bengkel Resmi

BEbek…mau di goreng, amu di sate, amu dipanggang………..memang lezat

7 04 2010
asmarantaka

Bebek belur jadinya dah….ixixixixiixixixi :mrgreen:

8 04 2010
Motorcycle Transport

Ducati bikes are amazing.. especially the new ones.. have to love Jay Leno in there as well, thanks for taking the time to put together this video collection.

8 04 2010
Supra XX

honda masuk podium duakali vespa sekali

mana yamaha???

8 04 2010
Gugun

honda cub….punya alm kakek saya saja sekarang masih bisa dipakai. masih kinyis-kinyis. ga kalah sama honda revo

8 04 2010
jenglot

bebek belur………..

9 04 2010
si234

Honda Cub menang.. karena pabrik/pemilik motor yg laen gak ada yg mau motornya di-tes jatuh dari balkon lt.2.. (bisa nyengir Jay Leno…) Honda Cub dilempar.. gedubraakk.. masih bisa distarter

6 05 2010
doelles

wkwkwkwk… bisa aja nih om Beny….

14 06 2010
Motor Bebek, Mengambil Kesempatan dalam Kesemrawutan Transportasi Perkotaan « bennythegreat.wordpress.com

[…] Bebek, jenis motor yang dicetuskan entah oleh siapa, mungkin oleh Honda, pabrikan yang sudah bercokol puluhan tahun dengan jagoannya sejak pertama kali, Honda Super Cub. inilah awal kebangkitan bebek. Masyarakat alias calon konsumen motor menyambut gembira kehadiran Super Cub yang ditengarai sebagai motor yang memiliki banyak keunggulan, Bahkan Discovery Channel menempatkan motor bebek di peringkat pertama dalam acara The Greatest Ever …. […]

23 06 2010
Ducati 916 dan Cagiva Mito..Awas Tertukar! « bennythegreat.wordpress.com

[…] Ducati 916 yang sempat menyabet gelar The Greatest Motorcycle Ever peringkat kedua dari Discovery Channel ini hanya diproduksi sampai tahun 1999 dan selanjutnya diteruskan dengan Ducati […]

28 07 2010
gsx250

jadi naksir cb750…

29 07 2010
1 10 2012
anakrodadua

Dan satu lagi yang mungkin kelewat…coba deh liat lagi videonya…
Selain tahan banting, murah, ramah lingkungan dan sapa aja bisa pake…waktu itu Honda CUB keluar sekaligus menghilangkan image bikers yang identik sama ugal-ugalan karena modelnya yang “manis”..

Walau kenyataannya hal itu masih terjadi sekarang,,..tapi coba liat..adakah pabrikan motor di dunia yang sanggup mengulangi hal itu??Maksudnya dalam hal menciptakan motor yang lebih dari segala poin, terlepas modelnya yang kerap dianggap ‘ahh cuma bebek’….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: