Trend Safety Shoes untuk Bikers

5 05 2010

Naik motor saat ini bukanlah sekedar berpindah dari lokasi A ke B, ada banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya keamanan alias safety riding. Sekarang ini di jalanan kota besar lebih banyak pengendara yang mengacuhkan keamanan dirinya dengan berkendara tanpa riding gear yang memadai.

Salah satu riding gear yang penting adalah sepatu. Coba tengok pengendara di gambar berikut? Lihat kakinya. Dengan berkendara seperti itu sesungguhnya si pengendara telah merugi.

sudah melanggar..pakai sandal pula.

  • Berani mengambil resiko kaki terluka/tergores benda asing
  • Kaki jadi kotor terkena debu/cipratan air
  • Tidak sedap dipandang

Ane sering bilang ke beberapa kawan di komunitas “jadi biker jangan KUMUH dong bro!”. Intinya jadilah pengendara motor yang elegan dan aman penampilannya.

Sayangnya pengendara motor seperti jenis yang terlihat di gambar tersebut lebih banyak yang “menurunkan derajat” dengan tidak memakai riding gear yang memadai. 3 dari 5 pengendara ketika ditanya alasannya..”ah, saya pakai motor bebek ini, ngapain pakai sepatu bagus”.

Wah sayang sekali ya, hanya karena jenis motor, ia memposisikan dirinya tidak berharga dan tidak serius menyikapi resiko. Berarti jangan marah ya jika jenis motor tersebut dicap sebagai “motor tidak serius” jika sebagian besar pengendara motor tersebut bersikap demikian.

Padahal ada alternatif yang relatif murah meriah untuk melindungi kaki sang biker yaitu dengan safety shoes. Safety shoes ini biasanya dipakai oleh karyawan manufaktur pabrik atau pekerja konstruksi, dengan perlindungan baja di bagian jari serta tingginya yang melebihi mata kaki, serta anti cipratan air dan rendaman air setinggi mata kaki.

Tak salah memang jika sepatu ini dijadikan sepatu riding. Sekedar info, safety shoes ini ada standardisasinya juga lho..jika helm memenuhi SNI 1811-2007 maka safety shoes harus memenuhi ASTM F2413.

Lepas dari fakta bahwa banyak pula sepatu khusus yang dibuat untuk pengendara motor, memakai safety shoes lebih nyaman untuk penggunaan harian karena tidak sulit memakainya dan pastinya tidak semahal sepatu riding. Mungkin karena segmen pasar sepatu rinding ini adalah untuk para bike enthusiast sedangkan safety shoes lebih cocok untuk daily bike user dan biker yang bekerja kantoran.

Untuk urusan ergonomi dan kenyamanan, tak perlu diragukan lagi, sepatu ini sangat nyaman dipakai untuk berkendara. Awalnya mungkin perlu penyesuaian tapi jika sudah terbiasa, nyaman sekali rasanya dan rasa percaya diri bertambah.

Pada beberapa kasus ada pengendara yang jari kakinya tetap terluka ketika kecelakaan dan sedang memakai sepatu riding yang mahal, sementara yang memakai safety shoes..aman terlindungi berkat lapisan bajanya. tetapi harap diingat bahwa segala riding gear yang dipakai hanya berfungsi untuk mengurangi resiko, bukan menghilangkan resiko.

akibat naik motor tidak pakai sepatu

Jadi, selamat memilih sepatu yang paling cocok untuk karakter berkendara ente. Yang penting ya tadi… “jadi biker jangan KUMUH dong bro!”.

sumber foto: riyandi.org, sportrider.com


Aksi

Information

22 responses

5 05 2010
Rovino

Kalo udah kejadian baru ngrasa pentingnya safety riding…!!

5 05 2010
Rovino

Padahal enak sih riding pke sepatu,hangat & enak bwat oper gigi .tp Jangan asal sepatu jg..Paling gak Kudu nutupin mata kaki jg cz nie bagian yg cukup vital ..

5 05 2010
nadi

Yang terakhir fotone sopo bro? Kasihan, udah kurus kering, cedera pula 😀

5 05 2010
bennythegreat

@ nadi
itu…dari riyandi.org..nyomot dari googling

6 05 2010
Dworo Udono

lebih safe kl diatas mata kaki sob…bawaan jg jd lebih enteng buat oper gigi…lebih PD lageee…xixixi

6 05 2010
Maskur

wah serius ini
bisa diterangkan sepatu -sepatu aja saja yang recommended ..dan kisaran harga tentunya 😆

6 05 2010
girifumi

@nadi
mau buka persewaan sepatu ya?
*demi Husky Yayuk Susentul*

6 05 2010
cotto

Betul bro, saya jg pakai safety shoes buat riding.
Pernah kejadian saya kena pepet sampai menghantam trotoar, yg membuat motor gores & foot step patah, untungnya pakai safety shoes kalau gak apa jadinya dgn kaki ini.

7 05 2010
delostdog

kalo pake sepatu model tali mesti hati2.. pastikan sebelum jalan tali benar2 terikat rapi, kuat dan tersimpan rapi (misal diselipin ke dalem sepatu).. jangan sampai “ngelewer”
bahaya nyangkut juga ketika nyongkel gigi depan

7 05 2010
kangsan

oitu safety soes merek apa yak? dimana bisa dapetin? & kena brapa duit tuh???

7 05 2010
bennythegreat

yg sekarang ane pakai itu merk Krisbow, harga Rp 250ribu di ACE hardware jakarta..barangkali ada yang lebih murah dan lebih oke?

8 05 2010
Mido

Klo mau yg banyak modelnya bisa juga bli merk kings.. Harga 200an jg kynya.. Gak tau persis, soalnya gratisan terus dr kantor.. Hehehe..

11 05 2010
hadiyanta

bagian depan tebal tidak ya, karena saya punya sepatu model ada bajanya di depan (dibawah lapisan kulit), tapi sangat kaku, dan sulit untuk nyongkel2 gigi.

11 05 2010
hadiyanta

ternyata ace hardware belum ada di jogja 😦

11 05 2010
hadiyanta

tapi kalo toko krisbow malah ada

11 05 2010
hadiyanta

bro benny sepatu krisbow apakah seri GLADIATOR?

11 05 2010
bennythegreat

yak betull…

11 05 2010
hadiyanta

TPK Jogyakarta
Komp. Ruko Babar Sari Ruko Kav.4C
Jl. Adi Sucipto Km. 7,5 (Toshiba)
Jogyakarta 55167

11 05 2010
Prazt

Setuju dengan safety shoes, saya punya pengalaman kecelakaan meski sudah pake safety gear standar termasuk sepatu touring, masih juga sempat kehilangan kuku ibu jari kaki, karena saking kerasnya benturan, sepatu sampe jebol dan kaki juga terluka.
Bisa dibayangkan kalo saya waktu itu hanya pake sandal, wah gak bisa bayangin apakah kaki kananku masih punya jari apa gak…..

13 05 2010
nemu SAFETY SHOES lama, cocok untuk nyemplak PULSAR « Hadiyanta’s Weblog

[…] dan baca ini itu di forum pulsar, sempat mau beli sepatu turing, tapi kemarin saat ketemu blog bro benny, malah saya baca pada pakai SAFETY SHOES yang harganya kisaran 250-300ribu. Kata bro benny, safety […]

31 12 2010
asing

betul bro..tapi pake sendal jepit lebih “IZIZ”..hehehe…

28 03 2013
ipanase

kruseher 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: