Honda Tiger edisi 2010, Sesuaikah dengan Aspirasi Konsumen?

11 06 2010

Honda Tiger bisa dibilang motor batangan paling HIT yang pernah dibuat ATPM motor Jepang di Indonesia. Di milis HTML sendiri ane baca beberapa pengalaman dan suka duka para penyemplak Macan itu. Ada yang beli Tigernya setelah nabung sekian lama tahun 1994, ada yang salut sama durabilitasnya, yang dikabarkan paling baik ditemukan pada Tiger terbitan sebelum tahun 1997 dan adapula yang mengeluh kekurangan-kekurangan yang menempel di si Macan.

Karena product knowledge ane gak tinggi-tinggi amat seputar Tiger, ane gak akan bahas detail motornya. Tapi dari artikel blogger lain seperti Mas Triatmono yang bahas Tiger 2010 dari kacamata pabrikan dan mas Taufik yang mengulas Tiger dengan strategi beregunya ini, ane jadi tertarik bahas respon konsumen terhadap Tiger.

Dari kacamata konsumen, entah berapa prosentasinya, ane menggarisbawahi respon kecewa terhadap Honda Tiger 2010 ini. Kebingungan terhadap kemalasan Honda memperbaiki berbagai “bug” pada versi sebelumnya sedikit terjawab pada artikel mas Tri tadi.

Behavior alias kelakukan para konsumen motor di Indonesia memang unik. Kawasaki Ninja yang dibandrol 40-an juta terbilang laku keras, sementara Honda yang produknya cuma ganti baju saja lebih laku lagi apalgi motor bebeknya.

Faktor utama pada perilaku ini ane nilai adalah brand image Honda yang sudah kadung melekat erat di benak konsumen. dan ATPM lain, apalagi pendatang baru jika ingin menggerus Honda harus menyajikan hidangan yang lebih lezat..Tengok Bajaj yang harus berjibaku dengan teknologi DTS-i dan fitur-fiturnya, TVS yang bergumul dengan strategi R&D dan marketingnya, atau Kawasaki yang menjatuhkan “bom atom” nya di segmen premium dengan Ninja 250 nya.

Dari pola-pola ini ane mencoba mengambil kesimpulan bahwa calon konsumen mayoritas akan mengeluh di awal-awal kemunculan Honda Tiger, tapi lama-lama bisa keracunan dan memutuskan untuk membeli dengan berbagai alasan yang ujung-ujungnya mengarah kepada jam terbang Honda yang sudah tinggi di Indonesia. Bahkan sampai ada yang fanatik terhadap Honda lantas “bakar-bakaran” kalau merk Honda diserang..weleh..

Teori Mas Triatmono yang disajikan di blognya mengenai minority-majority kemauan konsumen itu khan empirik.

Apakah Tiger baru ini dibuat berdasarkan kemauan konsumen majority? ane gak tahu..penasaran juga. Kalo dari kacamata ane, improvisasi signifikan Tiger adalah pada saat Tiger Revo keluar dengan lampu asimetriknya, just that..

mau Tiger jadi seperti ini? jangan mimpi..

Lalu kalo mau tengok kemauan konsumen, kira2 mana yang majority kemauannya? yang pro “status quo” Tiger alias gak perlu perubahan banyak2, atokah yang pro “reformasi” tiger alias yang ingin tiger dipermak mesinnya, rantenya dibuat gak berisik..dll..

Konsumen atau calon konsumen tiger di sini menurut tebakan ngasal ane pastilah dari kalangan yang well educated dan segmented masalah motor jadi yaa..pasti mengharap lebih dari sebuah motor legendaris bernama Tiger.

Itulah..bukti nyata bahwa ATPM sukses mendorong calon konsumen untuk membeli produknya, sementara calon konsumen dan konsumen tak kunjung berhasil mendorong ATPM untuk improvisasi produk secara signifikan..Lha nanti kalo ane ngomong gini, Pak Nyoman Kesawa bakalan tinggal bilang ke ane “Silakan cari ATPM lain yang sesuai untuk anda”.

Kalau nyatanya AHM secara jelas menyajikan tiger sperti ini…bagaimanakah nilai rapornya?

Kita lihat sepak terjang Tiger 2010 dalam setahun ke depan. Ane akan dengan setia memantau siapakah ATPM yang akan sukses merobohkan kedigdayaan AHM seperti Facebook sukses menurunkan popularitas Friendster di Indonesia…!!!

sumber foto: googling


Aksi

Information

14 responses

11 06 2010
tewel

Bro,ay suka kalo sampeyan lagi diskusi ma mas3.kapan2 undang m3 ke blog ini.

11 06 2010
bennythegreat

Makasih..memang enak diskusi sama orang berilmu seperti mas tri..gak pake bakar2an..cukup argumentasi ide saja..anyway ane juga belajar banyak dari blogger senior seperti mas tri. Salam..

11 06 2010
aWi

dedicated to blogging …

11 06 2010
Mr_Long'S

Sabar bro,
Thn 2011 honda akan ksh kejutan.
CBR 150 & 250 siap di luncurkan…

* mungkin malu sm bro benny di sindir PERUSAHAAN BESAT bs ny cm jualan BEBEK…

11 06 2010
Mr_Long'S

Sabar bro,
Thn 2011 honda akan ksh kejutan.
CBR 150 & 250 siap di luncurkan…

* mungkin malu sm bro benny di sindir PERUSAHAAN BESAR tp bs ny cm jualan BEBEK…

11 06 2010
asmarantaka

menunggu Scorpio berubah bentuk…nah baru tiger akan berubah

11 06 2010
ndaru

@asmarantaka (16:46:33) :
yupz bener banget bro, selama masih belum ada saingan yg bisa nandingin keperkasaaan tiger ya pasti kesimpulannya memang tiger paling disukai.
dan faktanya sampai saat ini belum ada kompetitor yg berani ngasih lebih dari yg dikasih tiger.
selama ini juga yg jadi saingannya cuma scorpio.
dilihat dari sisi manapun kecuali engine yg lebih besar scorpio masih terlalu inferior kalo dibandingin dgn tiger.
Ninja 250 juga bulan rivalnya, beda segmen, Tiger sport touring sedangkan n250 sport murni.
menurut gw juga, untuk tipe sport touring engien tiger udah cukup.
toh yg dikedepoankan bukan top speed, tapi durabilitas dan kenyamanan.
itu semua udah didapet dari tiger.

12 06 2010
camera

tapi walaupun cuma berubah lampunya kelihatan keren juga ya…

makasih infonya…..

salam hangat,,

12 06 2010
Track

hallah ..

13 06 2010
hadiyanta

rantainya apakah masih berisik?

13 06 2010
bennythegreat

Sepertinya masih..

17 06 2010
poetrocanbul

om benny beruang….numpang copast buat thread kaskus boleeee

17 06 2010
bennythegreat

sikat broo…silaken..

18 06 2010
just call me ......Sany

waduh ………kirain ane aja yang ngerasa ATPM tigy yang ga ada inovasi besar2an, yang ane liat cuma ganti tampang aja….tuh knapa pilihan ane jatuh ke pulsar, yang bukan motor buatan jepun

sorry, tapi yang ane liat soal inovasi motor jepun, ibarat warteg, menunya semur jengki tiap hari
(jeng….what the hell?? hehe)
^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: