Honda PCX 125 Menggebrak Segmen Premium Matic, Ente Berminat?

18 06 2010

Dengan spesifikasi singkat seperti di bawah ini:

sumber: powersports.honda.com

Fitur unggulannya adalah:

  • Combi Brake System (CBS), seperti pada Honda Vario CBS Techno
  • PGM-Fi, sudah aplikasi injeksi nih
  • Bagasi 32 liter di bawah jok, wow..serasa membawa box
  • Front box, lumayan buat taruh minuman, hp atau sarung tangan
  • Ukuran body bongsor, hampir sebesar Piaggio X9

Nah, sekarang lihat harganya.. Rp 32.000.000,- (tigapuluh dua juta rupiah) 😀 on the road..di segmen harga 30 jutaan ini, di Indonesia PCX 125 akan beradu dengan motor-motor berikut:

  • Kawasaki Ninja 150RR – Rp 31.500.000,-                 (sport)
  • Minerva Megelli 250 RV – Rp 34.500.000,-             (sport)
  • Honda CBR 150R – Rp 32.000.000,-                            (sport)
  • Kaisar Ruby 250 – Rp 26.000.000,-                             (cruiser)

Ninja 250R

Minerva Megelli 250

Kaisar Ruby 250

Honda CBR150R

Direct rival si big-matic ini di kelas skuter/matic adalah Piaggio Fly 150cc dengan harga Rp 30.000.000,- dan Benson Like Rp 23.950.000,-

Piaggio Fly 150

Benson Like

Dan bisa jadi akan menggerogoti pasaran Kawasaki Ninja 250R yang berharga Rp 46.500.000,-.

Itu dari pandangan marketing. Rupanya Honda sudah mau memperhatikan segmen premium dan tidak melulu keasyikan jualan motor bebek.

Sekarang pandangan ane sebagai calon konsumen…yuk menerawang ke depan.. 🙂

Fitur unggulan yang ane sukai adalah body yang bongsor, CBS dan bagasi yang luas. Motor matic ini cocok buat kaum PSK (Pria Seratus Kilo) penggemar matic yang sudah lelah dijuluki “beruang sirkus”..(well ane juga bernasib sama bung.. :D).

Beruang Sirkus

Fitur lainnya yang baru juga alarm anti maling dan kaliper depan yang memiliki 3 piston, baru kali ini ane menyaksikan matic dengan rem seperti itu..pastinya braking force akan lebih besar, semoga saja tidak menyebabkan motor skid, alias slip.

Fitur Honda PCX 125

Kalau masalah pilih-memilih, PCX 125 bakal menjadi pilihan lain di segmen motor 30 jutaan dan matic segmented yang selama ini identik dengan skuter buatan Piaggio. Jika selama ini pasaran motor di ranah harga tersebut identik dengan motor-motor cruiser atau sport.

PCX 125 dengan segala fitur unggulannya menurut ane masih terlalu mahal. Seperti biasa pemeo akan berkata “jenis motor apapun kalau diberi merk Honda, pasti harganya jadi mahal”..hehehe..urusan harga memang sensitif meskipun Honda sudah total mengeluarkan motor yang benar-benar fresh.

Dari aspek penggunaan, PCX sudah pasti akan menyedot perhatian saat ente mengendarainya, dan juga akan menyedot tenaga saat ente memarkirkannya di parkiran motor, seperti posting bro Saranto mengenai parkir motor. Itulah konsekuensi yang akan ditanggung menunggangi big-matic.

cornering dengan PCX 125

Dengan fitur ACG Starter yang akan mematikan mesin motor setelah 3 detik idle (misalnya di lampu merah) maka efisiensi bahan bakar akan meningkat, terlebih untuk menyalakannya lagi  hanya perlu putar gas saja.  Tapi tunggu dulu, dari segi safety, menarik gas setelah  mesin mati ini berpotensi bahaya jika diputar berlebih..perlu dijadikan perhatian nih. Artikel lengkap mengenai ACG Starter bisa dibaca di sini.

Aspek lainnya adalah perawatan, dengan sparepart Honda yang relatif mahal, harus dipertimbangkan juga biaya maintenance PCX nantinya.

Jadi, beli gak nih..?

Well, itu tergantung ente, ane sudah kasih masukan plus-minusnya. Kalau ente tergolong daily bikers yang rutenya sering kena macet maka memakai PCX tiap hari sudah pasti kurang nyaman karena manuver-ability-nya kurang plus fitur auto engine stop nya yang berpotensi mengganggu. Tapi jika ente termasuk bike-enthusiast yang berencana memakai PCX hanya sesekali pada waktu senggang dan kondisi jalan tidak macet, maka PCX 125 bisa jadi must have matic nih..!

Selamat memutuskan!


Aksi

Information

19 responses

18 06 2010
Mr_Long'S

Pertamax
Betul , betul , betul
Mtr ini cck buat PSK yg pngn tampil modis n dha jenuh dngn plhn mtr gede skg sprti sport macam ducati
atau touring sprti HD

18 06 2010
blognyamitra

Yg jelas berminat sekali apalagi kalo dikasih gratis hehehe….

18 06 2010
hadi

kalo gitu…ga jadi beli….karna uangnya jg lom ada…….

18 06 2010
Vega rider

Beli bebek aja bro…hehe

18 06 2010
asmarantaka

mending beli Ninja RR aja lah…dengan harga segitu masih ada kembaliannya lagi

18 06 2010
kilaubiru™

harus punya PCX…!

*kesengsem PCX :mrgreen:

18 06 2010
Komengtator

Segmen premium matic… Berarti minumnya premium donk… Nunggu yang pertamax matic aja degh!!! Pasti lebih mahal!!!

20 06 2010
Rizqi Perdana

Oh iya baru kepikiran juga ya soal parkir. Yang jelas motor ini kayaknya gak boleh parkir, di parkiran moge. Kebentur CC yang cuman 125. Parkir di parkiran biasa ? katanya motor ini lebih panjang dari Ninja250. Pastinya Manuvernya juga lebih susah.

22 06 2010
Fazri

beruangnya dijual gak ? xixixixi

22 06 2010
Rudy dadunk

hmm…
baru bisa mengagumi aja…. blom ada yg kasih dana soale..

24 06 2010
herdianz

mauuuuu …
taon 2009 nyari matik yg paling gede adanya suzi skywave … akhirnya beli itu lah … pas liat PCX duh pengeeen … tapi harganya katanya 32 jutaan yah ? hmm tinggi juga yah… tar aja ah 2 taon lagi… hixixixi ..

21 07 2010
tom yam

saya suka sekali motor matic,apa lagi honda pcx 125 kenapa gak masuk ke kepri ya?

8 10 2010
parinding

cc tdk imbang dng body, merepotkan dijalan macet, apalagi sekarang era macet dikota2 bsr,susah parkir, susah nyalip/manuver, yg kelebihan duit ok, sy suka matic yg praktis aja sprti beat

13 06 2011
Wawan Setiawan Muhamad Khan

saya sngat menginginkan motor matix ini.

19 09 2011
Tris barley

 

21 11 2011
altono

kemahalan nggak sesuai sama CC nya, mendingan beli honda CBR 150

26 11 2011
somad hidayatulloh

terlalu mahal dg cc yg cuma 125 menurut saya akan sepi peminat….masih pilih beat aja..murah dan ramping…pas di kantong…

2 06 2012
herdi

kalo saja harganya lebih murah, pastio banyak banget peminatnya,,,,

9 06 2012
Jendral

Waw ane udah liat Keren abis,Eklusive bgt.MOGE masa depan. tdnya mau langsung beli….
TP pas liat harganaya ane jd ngerasa lebih WAAAAAW…
Mahal banget gan… KAGA JADI mending yg kelas 180-220 sekalian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: