Dalam sejarah..pertama kali ane melihat Ducati 916 di Bandung sekitar tahun 1995. Waktu itu ane gak ngerti blas tentang permotoran. Baru sekitar 8 tahun kemudian ketika sukses keracunan motor ane ingat-ingat lagi penampakannya dengan cara search di Google.
Rupanya motor ini cantik nian, tapi entah kenapa ketika ane menjadikan foto ini sebagai wallpaper ane baru sadar bahwa ada tulisan Cagiva pada bagian bawah fairing.
Ane search lagi di Googling..dan rupanya ada motor lain bernama Cagiva Mito..wah.. (ndeso banget yah..) Di situ ane pertama kali mulai mengamati lekuk-lekuk tubuh kedua motor dengan seksama. Memang bagi yang tidak teliti, sekilas kedua motor akan tampak sama.
Kesamaan terletak terutama pada bagian lampu depan dan bodi belakang yang nyaris sama persis hingga lampu-lampunya. Jika salah satu dari kedua motor ini lewat dengan kecepatan tinggi, seseorang belum tentu dapat membedakannya dari suara kenalpot. Maka tengoklah bagian swing-arm nya. Cagiva Mito memiliki swing arm berbentuk ‘banana’ sedangkan Ducati 916 memiliki mono-arm. Perbedaan lainnya adalah pada knalpot. Cagiva memiliki knalpot di samping, khas knalpot mesin 2-tak, sedangkan Ducati 916 memiliki knalpot ‘undertail’.
Sayang Ducati 916 yang sempat menyabet gelar The Greatest Motorcycle Ever peringkat kedua dari Discovery Channel ini hanya diproduksi sampai tahun 1999 dan selanjutnya diteruskan dengan Ducati 996.

Ducati 996
Ketika ane search Google lagi ane menemukan nama Massimo Tamburini yang ternyata mendesain kedua motor ini. Rupanya beliau adalah seorang desainer motor untuk Ducati, Cagiva, Aprilia, dan Bimota..Rupanya lagi…Ia adalah salah satu founder BiMoTa yang ternyata singkatan dari Bianchi, Morri dan Tamburini. Usut-usut lagi, Pak Massimo Tamburini juga terlibat dalam desain MV Agusta F4 Tamburini

Pak Massimo Tamburini

Bimota Vyrus
foto: hasil googling
pertamaxxxxxxxxx
Heheheheh
jadi kayak
motorbebek Vega dan F1ZR, juga Tornado dan Shogun KeboTapi paling keren lampunya tetap 848
Kalo Maskur TAMBULAMPOT itu desainer opo?
TABULAMPOT = Taman Buah Dalam Pot?
betul ndak?
@kang nadi : desain celengan semar dari keramik
Ducati 4 stroke, Cagiva mito 2 stroke!!! motor-motor exotic dari negeri pizza 😯
“strategi mengecoh” yang hampir mirip digunakan juga oleh Bajaj. jika pulsar 180 UG IV, Pulsar 200, dan Pulsar 220 ‘S’ dijejerin bareng-bareng, orang awam pasti kesulitan membedakan ketiganya.
lha ini kan beda merk mas..
Utk urusan pertamax emang pakde Maskur emang topnya dah 😀
@ mas ben
maksudku, nyama-nyamain aja mas. hehehe……
awas tertukar antara Star MX dgn Jupiter MX & Starfit Z dgn Jupiter Z 😀
bhuahahaha…
ngakak mbaca komennya mitra… 😆
nah yg bikin muahallnya tuh selain mesin yah sigle side armnya…..
mongtore the king carl foggy,ndisik iklan postere 2 halaman paling tengah ning tabloid mongtor iku,tak nggo samak buku tulis..karo nsr250 e tohru ukawa,karo nsr500 hawaiine vr46-sing iki coper ngarepe tabloid otosprot,tuku bekas ning gladak solo..
model lampu ngarep e ditiru honda cbr fireblade sampe edisi 2008,cbr600,r6,r7,r1…
sangar memang kalau sekilas susah dibedakan, tapi setelah baca penjelasan jadi langsung tau.
http://ceritanovel.wordpress.com/
pernah nyoba punya sodara di bandung, cagiva mito ruaaaar biasa seksinya & kencengnya. pas jalan jalan sore di setiabudi langsung jadi artis dadakan gara2 warna kuningnya yang mentereng :D.
[…] Cagiva menawarkan si legendaries bernama Mito. Bagaikan pinang dibelah dua dengan Ducati 916 seperti ane pernah tulis di sini. Meskipun hanyak berkubikasi 125 cc, namun performanya..hmmm…monggo rasakan sendiri. Harga 2nd […]