Motor “Jangkrik” di Indonesia, Bakal Laku Gak?

26 06 2010

Zaman ane kuliah dulu, memiliki Personal Computer (PC) adalah sebuah kemewahan. Waktu itu ane gak ngerti blas tentang komputer ujug-ujug terima brosur dari senior ane berisi list produk PC merk Anu.. Merk ini gak diragukan lagi kualitasnya dan beberapa kawan ane yang tajir juga pakai. Tapi ketika lihat harganya… makjaang… Rp 5.000.000,- (baca: lima juta rupiah). Zaman segitu uang sebanyak itu gede banget.

Setelah belajar tentang dunia per-PC-an dari senior ane, ane mulai ngerti yang namanya “komputer jangkrik”, yaitu komputer yang “jeroannya” seperti VGA card, memory card, power supply, sampai casing dan monitornya bisa dipilih sendiri. Jadi gak harus beli satu merk Anu yang ternyata isinya sama aja dengan komputer jangkrik. Ibarat manusia, komputer jangkrik ini bisa disebut Frankenstein lah..yang organ-organ tubuhnya dicomot dari sana-sini.

Kenapa komputer jangkrik bisa murah? Lesson learned yang ane terima adalah karena komputer jangkrik gak pakai merk Anu yang ngetop. Penjual komputer jangkrik menawarkan berbagai jenis jeroan dari harga termurah sampai tak terbatas. Contohnya untuk VGA card, dulu tersedia dari mulai yang onboard alias nempel di motherboard sampai kelas HIS Excalibur misalnya. Kita bisa memilih jeroan yang cocok untuk kebutuhan.

Nah, bagaimana dengan motor? Ada gak tuh istilah “motor jangkrik”..???

Sejauh penelusuran ane di Google sih gak ketemu tuh istilah. Jika nantinya ada istilah motor jangkrik, maka kita bisa dengan bebas tuh beli mesin buatan anu dengan cc sekian, body buatan anu dengan form factor anu, sampai karburator merk anu yang speknya anu.

Sayangnya di Indonesia ini, ranah sepeda motor dikuasai oleh pabrikan besar..dan cocok dengan kondisi di ranah komputer, yang namanya barang pakai merk itu mahal.

Tahun 2010 ini ane terinspirasi dengan posting di blog Rem Cakram di sini. Lalu setelah mikir sana-sini dan sedikit duga-duga ane mengambil kesimpulan bahwa bisa jadi yang namanya motor jangkrik itu kemungkinan sudah ada dan sudah dirakit oleh sebuah produsen motor yang reputasinya gak bagus-bagus amat.

Berarti konsumen bisa pilih-pilih spesifikasi dong..?

Ah gak juga..sayangnya spesifikasinya sudah di-set oleh si produsen. Memang sih spesifikasinya tampak fisik bagus banget dan menjanjikan tapi sayang kualitasnya meragukan. Ibarat komputer jangkrik yang kaya gini:

Processor : 1.8GHz, tapi buatan Chang-ghong

Memory : 2Gb dual channel, tapi buatan Ling-ling

VGA Card : 1Gb memory, PCIe, tapi buatan Chui-Lan-Tseng

Power Supply: 500 watt buatan Go-Dain-Dong

Motherboard : Chipset buatan Thai-Khu-Chiang

Jiaah…kalo ini sih jangkrik beneran… :mrgreen:

makan tuh jangkrik..

Lho memang kenapa kalau pakai Motor Jangkrik…? Khan dipakai keren tho, dilihat juga lebih gagah dari motor bebek tho..masa mau diledek juga?

Ya..gak apa-apa sih pakai Motor Jangkrik, memang dari luar tampilannya oke, suara mesin bisa jadi juga garang.. Tapi bagaimana dengan DURABILITY nya, alias pemakaian jangka panjang. Lha masa kita mau pakai motor cuma seminggu pertama keren tapi seterusnya dedel duwel..?

Sayangnya belum ada orang Indonesia yang mampu membuat Motor Jangkrik dengan spesifikasi mantab..padahal Pak Kutani dari TVS Indonesia mengatakan bahwa 60% komponen motornya buatan lokal. Berarti sudah ada nih supplier sparepart yang mumpuni di Indonesia ditambah lagi untuk urusan mesin belum ada yang mampu membuat.

Lagipula pola pikir kebanyakan konsumen masih mikirin kulit aja..alias yang penting penampilan keren. Lha kalo gini kapan majunya dunia otomotif Indonesia?

Pastinya kalau ada Motor Jangkrik karya anak bangsa yang kualitasnya oke punya, motor buatan produsen yang reputasinya gak bagus itu bakal gak laku ya?


Aksi

Information

44 responses

26 06 2010
kilaubiru

pertamaxxx….

motor jangkrik kualitas jangkrik :mrgreen:

26 06 2010
pridesonline

Horeee pertamax

Langsung aja deh ini kan ditujukan ke minerva..?

26 06 2010
Maskur on D.E.T.T.F.A.A.N.B.

Pertamax, tunjuk langsung si mimin.

26 06 2010
Maskur on D.E.T.T.F.A.A.N.B.

Gagal jangkrik podium

26 06 2010
jahe erka

hmmm pesen bang motor atu aja, ane mau yg mesinnya pke Scorpio, body Tiger New eys, Kaki kaki Aprilia RS125…

26 06 2010
Joe TZ

pasti laku… apalagi kalo komponen yang di comot berkualitas….

26 06 2010
one08

seandainya boleh bikin sendiri motor jangkrik! eh… kalau begitu sepeda mesinku termasuk sepeda jangkrik ya? dugh…!!! 😥

26 06 2010
fayz

hati2 bro, tuh pak Prabowo bisa marah, apalagi sebut nama SBY….

26 06 2010
bennythegreat

Mudah2an ane gak diculik…hahaha.. :mrgreen:

26 06 2010
asmarantaka

ahhahaha…minta aja ama om jin di iklan Djarum 76….jangkrik tenan..xixiix :mrgreen:

27 06 2010
zaqlutv

😯 ada ya mobo merek Thai-Khu-Chiang :mrgreen:

28 06 2010
Legenda Rider

hmm ada tai kucing ma godain dong, bhs china dialek mana yahh..?

28 06 2010
Ponidi

Serius mode : on
Masalah utama motor jangkrik ini kan soal legalitas, beda dg kompi yg g’ perlu surat2. Btw, ada lho yg jualan mesin motor gelondongan (ini mesin baru), tp ya itu bikinan china, model c100 & gl, tokonya di Godean Sleman. Tmnku ada yg beli, model c100 minus karbu Rp 1.5 jt buat dipsng ke c70. Buat antisipasi tilang dia selalu bawa kuitansi pembelian mesin, tp krg tahu manjur apa tdk kl pas ada rasia

29 06 2010
Fagins

jiaaangkrik tenan…. idenya brilian neh, motor jangkrik!

mudah2an kelak terwujud, entah kapan…. 😀

29 06 2010
nunoe

iya, kayaknya masalahnya tentang di legalitas aja…
sekarang ada modifikator yg jago bikin frame, bahkan pake alumunium supaya enteng..tapi ngga ada nomor rangka-nya..trus misalkan ditemplokin mesin CBR600 disitu, pake kaki2 dari limbah moge, bodi desain sendiri..apakah itu legal??
kalo legal, ane mau pesen satu 😀

7 07 2010
arinugroho84

Motor jangkrik alias kanibal STNK sm BPKB nyg gmana ngurus nya PakDhe? 8D

22 08 2010
Seputar Kasus Recall Bajaj Pulsar 135 LS « bennythegreat.wordpress.com

[…] di berbagai media online untuk mengklarifikasi kasus recall Pulsar 135. Ini jelas lebih baik dari kasus motor jangkrik (tak perlu sebut merk) yang juga tak kalah ramai gaung kasus produknya di forum online namun tak […]

7 09 2010
Pasaran Motor, Makin Lama Mirip Pasaran Handphone « bennythegreat.wordpress.com

[…] Masih ada saja konsumen yang mau beli produk dengan penampilan oke tapi “jeroan” cepat rusak (baca artikel motor jangkrik). […]

30 03 2011
Xier

Sok Tau lu cepet rusak!!hahaha…kayak pernah pake aja..gw juga ikut pulsarian dulu bro…tapi gw gak gini2 amat sama merek laen…semoga reputasi anda akan semakin buruk…

30 03 2011
bennythegreat

wakakakaka… :mrgreen:

30 03 2011
daungz c komara

kata sapeh cpt rusak… ??
gua pake motor yg lo pada bilang notor jangkrik, sampe skrng blon ada kluhan..
klo ntar rusak ya tinggal beli lg aje.. ribet amat..
uang bisa di cari,,
yg penting gua puas sama body / tampilan.. keren.. ga usah di modif’ lg yg kliatan’y maksain..

30 03 2011
zeingeto

kok jadi ente yg ikut sibuk bro??.,jadi keliatan sirik.,mereka pengguna motor yg ente sebut jangkrik aja nyantai aja.,toh duit2 mereka bro kagak minta ke ente.,gimana seh.,wakakaakka.,.kaya;a ente cuma punya supra fit jadul ya.,jadinya sirik ma motor jangkrik yg beredar di jalan2.,hohoohh.,.keep positif thinking bro.,

13 09 2010
touringrider

Seringkali dimuat di Majalah Motobike ada builder lokal yang bikin frame sendiri, trus pasang mesin sesuai selera. Lha dapat no.pol juga. gimana tuh critanya?
biasanya motor CC gedhe semacam HD.

13 09 2010
bennythegreat

Wah kalo builder biasanya haram tuh pakai parts kacangan bro..gak tergolong motor jangkrik itu mah.

28 03 2011
Balada Dunia Jangkrik dan Sekitarnya..Harap Maklum « bennythegreat.wordpress.com

[…] Fakta telah berbicara, bahwa pada gelaran balap jangkrik yang terjadi beberapa hari lalu, hampir setengah jangkrik mengalami tragedi ngowoss dan gagal mencapai garis akhir.. Ini tentunya bukan sesuatu yang wajar, mengingat jangkrik-jangkrik tersebut memiliki organ tubuh yang sama, bukan organ tubuh bionik yang dicangkok. Yuk baca dulu nukilan pelepah lontar di sini. […]

30 03 2011
krik,, krik,,

dibaca lagi donk ampe abis beritanya…
dari 16mtr 2 yang trouble m mesi, yang 5lagi ktinggalan tlalu jauh makanya disuruh balik kPit…
banyak yang sotoy disini..
kakakakakkkkk

30 03 2011
zeingeto

payah akh.,bisa’a cuma kritik terus.,bosen baca artikel yg isinya cuma menghina.,mana solusi’a donk bro??.,negeri ini butuh solusi bukan kritikan terus.,bicarakan realita.,memank ente tau seluk beluk dunia otomotif misal’a yamaha.,emank semua part asli buatan yamaha??.,dari ratusan part motor yamaha itu buatan yamaha semua??.,itu salah besar.,semua part yamaha itu buatan pabrik yg join sama yamaha.,oke.,ini berlaku buat semua pabrikan bro.,

30 03 2011
daungz c komara

lapor: motor jangkrik gua asik2 aja.. no problemo.. n masih jd pusat perhatian..

30 03 2011
ban itu bundar

capek gua baca trit yg kayak gini…… nggak ada abis abisnya…….. :cd

30 03 2011
jangkrik user

jangkrik… Ngacir truuuzz… wuzz… Wuzz…. Yang lain dluan,,,ane mah nyantai aja mamen,,safety ride numero uno

30 03 2011
vyper hacker

setu agan2 yg di atas,,,,mendingan sekarang jgn ngeliat brand,,,,tergantung orangnya mau suka motor apa,,,,toh walawpun motor jangkrik,,,asal seneng ia no problem…….
orang kan bisanya cuma menghujat,,,,,padahal belum tentu suuruh bikin tuh mampu,,,,,

30 03 2011
kimhyun

si jangkrik itu atpm baru bbrp thn trakhr ini trjun di dunia otomotif..jd wjr lh jika ada kelemahan dh smw itu telah di sdari atpm nya sndri,,sbgai bukti gen pertama thn 2008 yg r150 telah berubah pesat dl kurun waktu 2thn dg mngeluarkan varian trbaru mereka..si jangkrik sndri patut di acungi jmpol wlw bnyk msyrkat yg menilai negatif sm produk mereka ,,mereka berani mengadakan acara race..
smw atpm awlnya sm pst bnyk klemahannya..
sprti h*nda apakah awal mreka brdiri lgz bagus tnpa ada kecacatan produk???
jd hargai lah produk laen jk produk yg di pake kalian mw di hargai..

30 03 2011
wewegombel

hahahha.. ‎​Ɣªήğ pake motor jangkrik gk salah bro.. ‎​Ɣªήğ penting motor jangkrik ‎​Ɣªήğ reputasinya baik,, tidak plagiat, aftersalesnya gk jelas, melakukan prbaikan ‎​Ɣªήğ terlalu banyak pada satu mdl mtr jangkrik(dari satu ampe 7 bhkan SE udh ky sinetron) bahkan re-branding mtr luar tuk jd mtr jngkriknya.. Alias nmpang nama biar keren.. Heheheh,, Ujung2nya konsumen ‎​mtr jangkrik Ɣªήğ kecewa.. Mngkn αϑα ‎​Ɣªήğ bangga krna ‎​Ɣªήğ penting tampang keren dan byk duit alias dimodif ngk puas bawaan pabriknya … Tp jdilah konsumen mtr jangkrik ‎​Ɣªήğ bisa milih ‎​Ɣªήğ baik…

1 04 2011
ancok kabeh sing ngomong(ngatain) motor jankrik

emang yg ngatain mtor jangkrik ga kuat beli bro,ane brani klo motor mereka jangkrik juga coba surh bikin sendiri(dlm negri) akhirny jangkrik jg yg nongol,mau d bilang jangkrik,belalang ke tokek kek ora ngoros yg pakai gwe beli pakai uang gw ketimbang nebeng doank…..

5 04 2011
KAmpRet

Alah Lw Pada Ribet Amat…
Lw riBut Motor JAngkrik Kek Mw Motor Apa YAng
PenTing Kaga NgeTuk…
Muke Lw yang Kaya JAnGKriK Buat Empan TOKEK
ato Empan Burung..hahahahahhaa

5 04 2011
KAmpRet

jadi..Lw Semua yang ngtain Motor JAngkrik Yeee….
dngar Yee,,,,tuh d beli Pake duit…
hasiL sndri..
Dari pada Elu smua yang ngatain,menghina..
lw beli mnta m ortu..Ngrengek (( mak beli Motor,,ntong Penegn Motor ma )
hahhaha parah kan…..
jadi mulut d jaga…yee,,,,

5 04 2011
bennythegreat

laagh…duit emang duit ente.. emang kite lagi bahas duit ente..??

kan kite lagi bahas motornye beh.. montor kualitas kagak jelas kenape dibeli beh..??

6 04 2011
kampret

@benny..ngapa jadi lw yang repoT motor” ap kek yang jelas,,,,Suka” orang lahh
jadi elu yang ribeT….begoo juga lw….
mending aduin motor lw m Motor w,,

adu kebo aj lahhh..atoo lw mw w krimin telor k rumah lw…
jadi jaga tuh mulut..yeee!!!!

6 04 2011
bennythegreat

naah…inilah contoh komengtator fanatik…xixixixi…

salam telor… :mrgreen:

8 04 2011
AhdoeySomoza

Wkwkwkwkwk….
ben…. gak cape2 lo…. semangat lah…. lanjutkan apa yang ada anggap baik dan benar….

bingung gue ngebahas motor kok banyak yang sewot ya?
motor india gue neh 2 bulan punya baut dah ada yang patah kepalanya…. 9 bulan bukannya beranak malah dinamo semaput…. butut amat…. tapi gue tetep cinta…. harta sendiri bos…. kalo ada yang bilang butut ya emang butut…. kan sentilannya buat nyang bikin motor bukan yang beli…. semoga malah yang bikin jadi berbenah diri…. itu kan tujuan para blogger…. semoga….

8 04 2011
bennythegreat

haha…orang berpikiran kaya sampeyan memang langka..

10 04 2011
Krik,, krik,,

Nah kn tbukti juga kl yg india2 lbh jangkrik, motor congcorang.. Kakakakk, blm staun dah bnyk trouble..!! Mesin buatan amit-amitha bacan. Mtr india tmn ane j blm 3taun dah ancur tinggal dkiloin tuh rangka..!!

2 11 2011
hamara

pantes lah….
kagak dirawat……
motor DUCATI pun kl gak dirawat ya jd ancur…wakakak

21 06 2011
aries lombok

klo motor undur-undur ada gk ya…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: