[PCX-part 1] Satu Hari bersama AHM dan KoBOI

26 06 2010

Acara yang mengambil tempat di café Bondies, Jl. Ampera Raya ini sangat menyenangkan. Jajaran manajemen AHM menjamu beberapa anggota KoBOI tidak hanya dengan makanan dan minuman yang lezat, namun juga dengan informasi dan beberapa “bocoran halus” dari mereka.

Manajemen AHM

Sekedar info, iklan PCX sudah dibuat dan akan dimuat di media televisi beberapa waktu kedepan, so tunggu aja. Yang jelas PCX akan hadir dengan slogan “My Signature”. Kenapa..? karena di bawah tulisan khas PCX terdapat garis merah yang membentuk lekuk tubuh PCX seperti sebuah tanda tangan. Di samping itu juga slogan “My Signature” menunjukkan identitas dan status si pemakai PCX. Cukup efektif nih…gak perlu sewa artis alay untuk menarik konsumen alay.

my signature...

So langsung saja ke acara..sesi tanya jawab. Berikut ane sampaikan beberapa pertanyaan dari para blogger KoBOI.

Pertanyaan ane mengapa AHM memilih segment skutik sebagai tempat berlabuh bahtera produk flagship bin eksklusifnya ketimbang mengembangkan varian motor sportnya?

Pak Julius Aslan

Dalam sesi Tanya jawab, Pak Julius Aslan langsung didaulat untuk menjawab pertanyaan dari ane, begini poin-poin jawabannya:

begini nih pergerakan pasaran skutik

–          Ranah permotoran Indonesia yang dahulu didominasi oleh segment motor bebek, sedikit demi sedikit mulai tergerus oleh segment skutik yang telah terlebih dahulu dikompori oleh Yamaha. Di sini AHM optimis pasaran skutik akan terus berkembang, sehingga perlu untuk meluncurkan produk flagship di segment skutik.

–          Bulan lalu AHM sukses menyaingi Yamaha, sehingga AHM lebih percaya diri untuk mengembangkan pasarannya di segment skutik.

–          Honda Scoopy mencetak awal yang menggembirakan.

–          AHM mencoba mencari range yang tepat di kisaran harga Rp 30 jutaan di mana segment skutik belum banyak “bernyanyi” di sini.

–          Honda PCX dibuat sebagai pelengkap jajaran “serangan beregu” segment skutik AHM terhadap Yamaha

ini positioning PCX...

Komentar ane:

AHM bertindak cerdas dengan terciumnya strategi lautan biru (blue ocean strategy detected!!!), masuk akal juga jika AHM bermain di range harga 30 jutaan. Di mana pemain lain rata-rata menawarkan motor sport, AHM memberikan pilihan dengan menghadirkan skutik premium. AHM sendiri pastinya memahami bahwa calon konsumen di ranah ini membeli motor untuk kepentingan pemuasan dan aktualisasi diri. Jadi emosi lebih berperan ketimbang rasio…!!! (ketularan Juragan Rondo…)

Juragan Rondo + TMC

Sementara Mas Triatmono yang menanyakan kemungkinan produksi massal PCX di Indonesia memperoleh jawaban berikut:

–          Dengan target penjualan yang ada, secara financial tidak cukup untuk memfasilitasi pembuatan PCX di Indonesia. PCX yang ada sekarang adalah produk CBU dari Thailand.

sekarang lagi nge-trend: kemampuan rasional, kelakuan emosional..

Komentar ane:

Ya..jika PCX jadi buatan local, nilai premiumnya berkurang dong seiring dengan menurunnya harga. Bisa jadi nanti 60% body parts PCX sudah buatan local, lantas para alay membelinya dan jadi sruntulan di jalan.. Gak bagus ini buat pencitraan produk.

Mas Nadhi

Mas Nugroho Adhi pun turut melontarkan pertanyaan, mengapa blogger lebih diberikan kesempatan test drive ketimbang wartawan? Ibu Listi dari Corporate Communication AHM menjawab begini:

–          Blogger memiliki kedalaman penulisan yang berbeda dengan wartawan, sehingga kesempatan pun harus diberikan khusus agar blogger bisa mendalami produknya.

Komentar ane:

Meskipun berbeda tapi jangan dipisah dong bu, jangan-jangan ada informasi yang diberikan ke wartawan tapi ndak diberikan ke blogger nih? (suudzon mode ON).

klik di sini untuk mampir ke blog bro Iksa

Nah..selanjutnya pertanyaan sekaligus saran menarik dari masbro Iksa, pemilik blog makanlagilagimakan.wordpress.com. Beliau menyoroti nasib skutik injeksi ini setelah dipakai oleh konsumen. Seperti kita tahu bersama, motor jarang sekali mendapat perlakuan yang sama dengan mobil diantaranya dalam hal parkir, jadi masbro Iksa yang berbadan subur ini menyarankan agar Honda tidak lepas tangan pasca penjualan PCX dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan lokasi parkir special di tempat kuliner-kuliner yang unik.

Komentar ditanggapi positif oleh jajaran manajemen AHM, tetapi belum tahu juga tuh perwujudannya.

Komentar ane:

Di Plasa Senayan aja sekarang sudah terpampang papan  bahwa parkiran di lobby depan khusus untuk moge >400cc. Wah ini segmented yang sempit sekali, sementara PCX kan tidak se-premium itu. Seandainya saja  AHM bisa merangkul warung-warung, kios-kios dan tempat-tempat kuliner unik untuk bisa menerima skutik premium-middle seperti PCX ini pasti oke punya tuh.Ditunggu REALISASINYA yaaa…!!!

Selanjutnya adalah sesi test ride di mana terdapat banyak kisah yang terlalu panjang disajikan dalam satu artikel.. so, tunggu artikel selanjutnya yah. Lalu…karena di sini sekarang lagi hujan…ane mau berbagi sedikit kehangatan nih..Cekidot.. :mrgreen:

oke gak gan...?

yang ini udah punya calon misua...jangan diganggu...!!!

oom SL.com : mantaab gaaan...!!!


Aksi

Information

10 responses

26 06 2010
Rzky

1st?

26 06 2010
kilaubiru™

semakin mantap… 🙂

26 06 2010
fabiantactlest
26 06 2010
Rzky

Lmyn….yg lain pd sibuk ngurusin motogp tuh….dtunggu part 2 ny

26 06 2010
nadi

SL.com fourthsome tuh…. :mrgreen:

26 06 2010
speedy

ditunggu lanjutannya bro… (ternyata benson masuk hitungan persaingan juga ya?)

26 06 2010
bennythegreat

yup…ane juga kaget tuh Benson “dianggap” sama AHM…berarti ada potensi laku tuh..memang modelnya kekar sih bro..

27 06 2010
adul

Kemampuan rasional kelakuan emosional … yang seperti ini ?
http://abuibadurrahman.wordpress.com/2009/12/03/orang-tua-pun-bisa-durhaka/

27 06 2010
arif rakhman a.k.a. penerjemah

juragan RonDO…..italiano banget….. kaos ducati, jaket ferrari…. :mrgreen: Benson diperhitungkan juga??? mmmhhm, mungkin karena Kymco kan di Eropa cukup terkenal tuh…. jadi aura Eropa kental banget n kebanyakan konsumen di marih mulai bosan ama skutik yang itu-itu aja….. CMIIW

28 06 2010
bukan jomblo lagi

laaaaaah…. aprilia sportcity mana? kok gak tercium? padahal ini menurut gw sih salah satu saingan berat juga, karena dengan 30 jeti bisa dapet skutik premium dengan nama kesohor pula…

eniwei, very nice post gaaan… :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: