[PCX-part 2] Spesifikasi dan Fitur Honda PCX, Nilai Plus-nya Apa Aja?

27 06 2010

Sebelum dikupas nilai plus-nya, ane kasih tahu dulu spesifikasinya yah..Cekidot..

spek-1

spek-2

spek-3

Kalau menilik spesifikasinya, banyak juga nih fitur-fitur unik yang sudah dipastikan belum pernah ada di skutik-skutik yang pernah dibuat ATPM manapun di Indonesia.

1. Alternator Starter

alternator starter

begini cara kerjanya..

Fitur ini memungkinkan alternator dapat berfungsi sekaligus sebagai starter. Fitur ini telah dipatenkan oleh Honda, jadi competitor gak bisa nyontek lah yaw. Fitur ini berhubungan dengan fitur Idling Stop System.

*

2. Combi-Brake System (CBS) – Step 3

cara kerja CBS step-3

Kenapa step 3? Nah ini yang unik bro, PCX punya 3 piston di dalam caliper rem depan yang bermerk Nissin. Cara kerjanya begini:

–          Jika tuas rem kiri ditarik, maka akan mengaktifkan system CBS yang akan terlebih dahulu mengaktifkan “delay spring” untuk menarik kabel rem menuju tromol belakang, kemudian selang sepesekian detik memberikan tekanan hidrolis ke piston tengah caliper depan.

–          Jika tuas rem kanan ditarik,  maka akan memberikan tekanan hidrolis ke piston atas dan bawah caliper depan.

*

3. Anti Theft Alarm System

alarm PCX nih..

Fitur yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol pada dashboard ketika kunci kontak OFF atau menekan tombol SET pada switch alarm.

Menurut ane fitur ini jika diaktifkan di lokasi parkir rawan orang jahil akan menjadi mainan yang menarik. Bayangkan saja, hanya dengan menggoyangkan motor, maka alarm akan berbunyi selama kurang lebih 10 detik. Dan akan terus berbunyi sampai switch UNSET ditekan atau kunci kontak dimasukkan.

*

4. Idling Stop System

Idling Stop System

Tombol fitur ini ada di switch stang kanan layaknya engine stop button di motor sport. Jika fitur ini aktif, maka dengan syarat mesin telah berada pada temperature kerja dan RPM di atas 1700 maka jika motor berhenti lebih dari 3 detik, mesin akan mati. Untuk menyalakannya lagi cukup dengan memutar throttle perlahan. Dengan fitur ini, AHM mengklaim penghematan bahan bakar sampai 3.7 km/l (dalam test yang sesuai dengan prosedur ECE 040).

*

5. Programmed Fuel Injection

PGM-Fi

Injeksi bahan bakar diatur oleh ECM yang disebutkan lebih besar ukurannya dari motor bebek Supra PGM-FI. Sensor yang ditempatkan pada PCX pun juga berjejal.

Oke..sekarang komentar ane. Dengan fitur-fitur baru dan unik yang diklaim belum pernah ada pada skutik manapun ini Honda mencoba menarik minat calon konsumen tidak hanya dengan ukuran cc mesin yang besar seperti dilakukan ATPM lain. Meskipun sebenarnya belum jelas juga bagaimana perlakuan service yang akan diterima konsumen PCX nantinya.

Coba bayangkan konsumen PCX antri service bersama motor bebek… Waah bisa turun pamornya PCX..!

Ini sesuai dengan pernyataan pak Johanes Loman dulu bahwa motor dengan cc >250 tidak cocok untuk Indonesia. AHM sepertinya telah menarik diri dari persaingan cc dan mencoba bertarung dengan jurus fitur unik pada motor-motornya.

Akankah calon konsumen PCX yang disebutkan oleh pak Julius Aslan memilih PCX karena alasan emosional (hobby dan aktualisasi diri) benar-benar membeli PCX tanpa mempertimbangkan perbandingan fitur dan harga? Menurut ente, apakah ada resiko fitur PCX membahayakan pengendaranya?

Yuk coba kita lihat rapor PCX setahun ke depan.

foto by arantan.wordpress.com (kaya prewed aja nih ane sama Gojay)

Iklan

Aksi

Information

22 responses

27 06 2010
zaqlutv

fiturnya canggih tapi hanya kalangan menengah ke atas yang mampu beli..ya maklum skutik premium..

27 06 2010
zaqlutv

wah dapat oktan 91, pertamax dan keduax.. :mrgreen:

27 06 2010
AKB

Kovak Ben Muke lu … wkwkwkkw

btw, dah ada bocoran harga OTR nya??

27 06 2010
bennythegreat

Kovak apaan bal?
Hehehe..

Harga OTR nya 32juta..minat?

27 06 2010
alrozzzi coolrider 2

➡ hadoh, foto terakhir memang mesra abis mas bro… hehe :mrgreen:

naagh, gini tha motor “canggih” itu… keren habis yak? kagak nahaaan…. 😳

28 06 2010
pridesonline

ini mantab ulasannya

28 06 2010
nadi

Ben, foto terakhir gak safety tuh. Pacaran naik motor gak pakai helm :mrgreen:

28 06 2010
bennythegreat

lho itu kan pas lagi berhenti..

*ngeles.com*

28 06 2010
Mr_Long'S

Wahh hebat yha om benny
Brarti klo lg berhenti naek mtr di lampu merah Helm ny di lepas / ga d pke donk…

* amunisi bebek bwt nyerang beruang

28 06 2010
bennythegreat

jhiaaa…Mr. Long nyulut sumbu kompor pertamaxxx nih…

*naruh pisau di leher bebek*

:mrgreen:

28 06 2010
Awakku

Permisi Omm……. numpang eksis dimarih..

hehehe

28 06 2010
Rainandra

Perawatannya kudu special nih.. spare part nya mahal gak..”?

28 06 2010
arieprawira

wih keren sesuai lah dengan harganya.
http://klutusan.wordpress.com/

28 06 2010
Go Jay

Behubung ada gambar gw lagi ngintip.. Izin CoPas yah Gaan..?

28 06 2010
bennythegreat

sikat jayyyy…

28 06 2010
Go Jay

udah mejeng di Forum GilaMotor Benn..

28 06 2010
watur

Tetep aja mending ninja

29 06 2010
Awakku

ijin copy kang…… nuwus

29 06 2010
w15nu

@ zaqlutv :
menurut ente emg kalangan menengah keatas yah yg mampu beli…?? menurut ente jelek apa gmn Bro…?? soalnya klo menurut gw sih bagus Bro….berarti AHM scr gak lsg ngasih kontribusi bwt mendukung program safety on the road….jadi diharapkan biar yg isi otaknya murahan seperti isi kantongnya, kagak usah beli motor….suruh jalan kaki aja, biar gak bikin celaka dijalan….wkwkwkwkwk…..

29 06 2010
bennythegreat

Haha.. @zaqlutv

Memang idealnya derajat motor terbawah ya seharga PCX ini.

29 06 2010
zaqlutv

@wisnu
menurut aye ngga ada yang jelek, kamsudnya tuh skutik dibandrol dengan harga segitu ya masyarakat lapisan bawah kayak aye ya ga mampu beli, cuma bisa ngayal doank :mrgreen:
tapi jalan kaki aja bisa kecelakaan kok akibat ular biker yang ugal2an, jadi ya kembali ke individu masing2..bagaimana bersikap bijak.. 😉
betul begitu om Ben?

8 12 2010
Kok Jadi Ngidam Honda PCX .. « [ berbagi ]

[…] Saya memiliki satu Honda Vario di rumah dan sepertinya sudah waktunya mendandani lagi dengan konsep yang lebih segar. Mungkin nantinya bisa jadi selingan jalan santai dengan penggunaan Kawasaki KLX 150 yang saya tetap gunakan saat ini. Nah sekarang boleh lah sedikit ber andai-andai. Situasi lalu lintas di masa depan saya pikir akan semakin mendesak para komuter untuk mencari kemudahan operasional. Buat yang enggan jadi pengguna motor kebanyakan ya sepertinya harus mencari alternatif tipe kendaraan, tapi tetap harus yang ber operasi paling mudah, MATIK. Dan saya menyukai Honda PCX. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: