Sebelum dikupas nilai plus-nya, ane kasih tahu dulu spesifikasinya yah..Cekidot..
Kalau menilik spesifikasinya, banyak juga nih fitur-fitur unik yang sudah dipastikan belum pernah ada di skutik-skutik yang pernah dibuat ATPM manapun di Indonesia.
1. Alternator Starter
Fitur ini memungkinkan alternator dapat berfungsi sekaligus sebagai starter. Fitur ini telah dipatenkan oleh Honda, jadi competitor gak bisa nyontek lah yaw. Fitur ini berhubungan dengan fitur Idling Stop System.
*
2. Combi-Brake System (CBS) – Step 3
Kenapa step 3? Nah ini yang unik bro, PCX punya 3 piston di dalam caliper rem depan yang bermerk Nissin. Cara kerjanya begini:
– Jika tuas rem kiri ditarik, maka akan mengaktifkan system CBS yang akan terlebih dahulu mengaktifkan “delay spring” untuk menarik kabel rem menuju tromol belakang, kemudian selang sepesekian detik memberikan tekanan hidrolis ke piston tengah caliper depan.
– Jika tuas rem kanan ditarik, maka akan memberikan tekanan hidrolis ke piston atas dan bawah caliper depan.
*
3. Anti Theft Alarm System
Fitur yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol pada dashboard ketika kunci kontak OFF atau menekan tombol SET pada switch alarm.
Menurut ane fitur ini jika diaktifkan di lokasi parkir rawan orang jahil akan menjadi mainan yang menarik. Bayangkan saja, hanya dengan menggoyangkan motor, maka alarm akan berbunyi selama kurang lebih 10 detik. Dan akan terus berbunyi sampai switch UNSET ditekan atau kunci kontak dimasukkan.
*
4. Idling Stop System
Tombol fitur ini ada di switch stang kanan layaknya engine stop button di motor sport. Jika fitur ini aktif, maka dengan syarat mesin telah berada pada temperature kerja dan RPM di atas 1700 maka jika motor berhenti lebih dari 3 detik, mesin akan mati. Untuk menyalakannya lagi cukup dengan memutar throttle perlahan. Dengan fitur ini, AHM mengklaim penghematan bahan bakar sampai 3.7 km/l (dalam test yang sesuai dengan prosedur ECE 040).
*
5. Programmed Fuel Injection
Injeksi bahan bakar diatur oleh ECM yang disebutkan lebih besar ukurannya dari motor bebek Supra PGM-FI. Sensor yang ditempatkan pada PCX pun juga berjejal.
Oke..sekarang komentar ane. Dengan fitur-fitur baru dan unik yang diklaim belum pernah ada pada skutik manapun ini Honda mencoba menarik minat calon konsumen tidak hanya dengan ukuran cc mesin yang besar seperti dilakukan ATPM lain. Meskipun sebenarnya belum jelas juga bagaimana perlakuan service yang akan diterima konsumen PCX nantinya.
Coba bayangkan konsumen PCX antri service bersama motor bebek… Waah bisa turun pamornya PCX..!
Ini sesuai dengan pernyataan pak Johanes Loman dulu bahwa motor dengan cc >250 tidak cocok untuk Indonesia. AHM sepertinya telah menarik diri dari persaingan cc dan mencoba bertarung dengan jurus fitur unik pada motor-motornya.
Akankah calon konsumen PCX yang disebutkan oleh pak Julius Aslan memilih PCX karena alasan emosional (hobby dan aktualisasi diri) benar-benar membeli PCX tanpa mempertimbangkan perbandingan fitur dan harga? Menurut ente, apakah ada resiko fitur PCX membahayakan pengendaranya?
Yuk coba kita lihat rapor PCX setahun ke depan.

foto by arantan.wordpress.com (kaya prewed aja nih ane sama Gojay)
fiturnya canggih tapi hanya kalangan menengah ke atas yang mampu beli..ya maklum skutik premium..
wah dapat oktan 91, pertamax dan keduax..
Kovak Ben Muke lu … wkwkwkkw
btw, dah ada bocoran harga OTR nya??
Kovak apaan bal?
Hehehe..
Harga OTR nya 32juta..minat?
➡ hadoh, foto terakhir memang mesra abis mas bro… hehe
naagh, gini tha motor “canggih” itu… keren habis yak? kagak nahaaan…. 😳
ini mantab ulasannya
Ben, foto terakhir gak safety tuh. Pacaran naik motor gak pakai helm
lho itu kan pas lagi berhenti..
*ngeles.com*
Wahh hebat yha om benny
Brarti klo lg berhenti naek mtr di lampu merah Helm ny di lepas / ga d pke donk…
* amunisi bebek bwt nyerang beruang
jhiaaa…Mr. Long nyulut sumbu kompor pertamaxxx nih…
*naruh pisau di leher bebek*
Permisi Omm……. numpang eksis dimarih..
hehehe
Perawatannya kudu special nih.. spare part nya mahal gak..”?
wih keren sesuai lah dengan harganya.
http://klutusan.wordpress.com/
Behubung ada gambar gw lagi ngintip.. Izin CoPas yah Gaan..?
sikat jayyyy…
udah mejeng di Forum GilaMotor Benn..
Tetep aja mending ninja
ijin copy kang…… nuwus
@ zaqlutv :
menurut ente emg kalangan menengah keatas yah yg mampu beli…?? menurut ente jelek apa gmn Bro…?? soalnya klo menurut gw sih bagus Bro….berarti AHM scr gak lsg ngasih kontribusi bwt mendukung program safety on the road….jadi diharapkan biar yg isi otaknya murahan seperti isi kantongnya, kagak usah beli motor….suruh jalan kaki aja, biar gak bikin celaka dijalan….wkwkwkwkwk…..
Haha.. @zaqlutv
Memang idealnya derajat motor terbawah ya seharga PCX ini.
@wisnu
menurut aye ngga ada yang jelek, kamsudnya tuh skutik dibandrol dengan harga segitu ya masyarakat lapisan bawah kayak aye ya ga mampu beli, cuma bisa ngayal doank
tapi jalan kaki aja bisa kecelakaan kok akibat ular biker yang ugal2an, jadi ya kembali ke individu masing2..bagaimana bersikap bijak.. 😉
betul begitu om Ben?
[…] Saya memiliki satu Honda Vario di rumah dan sepertinya sudah waktunya mendandani lagi dengan konsep yang lebih segar. Mungkin nantinya bisa jadi selingan jalan santai dengan penggunaan Kawasaki KLX 150 yang saya tetap gunakan saat ini. Nah sekarang boleh lah sedikit ber andai-andai. Situasi lalu lintas di masa depan saya pikir akan semakin mendesak para komuter untuk mencari kemudahan operasional. Buat yang enggan jadi pengguna motor kebanyakan ya sepertinya harus mencari alternatif tipe kendaraan, tapi tetap harus yang ber operasi paling mudah, MATIK. Dan saya menyukai Honda PCX. […]