Mantab juga sepak terjang Bajaj, produsen sepeda motor asal India yang telah sukses menarik minat para bike enthusiast dengan fitur-fitur mantap seperti DTS-i dan Exhaust-TEC yang telah familiar di telinga Pulsar riders di Indonesia. Bajaj telah sukses mengubah brand image mereka dari kendaraan tiga roda yang bising dan berasap tebal menjadi sebuah motor sport yang kekar, irit dan bertenaga. Di negara lain seperti USA, Argentina, Columbia, Swedia, Iran, Jerman, Italia, Sri Lanka, Mesir, Peru dan Bangladesh, Bajaj juga mengkampanyekan brand awareness mereka.
Setelah Indonesia menjadi lokasi persinggahan untuk peluncuran Pulsar 135 LS, kali Ini Bajaj membuat event lagi dengan motor flagshipnya . Apa jadinya jika fitur pembakaran dengan busi ganda dilebur dengan penampilan sangar berselubung half-fairing?
Jawabannya ada di Pulsar 220, motor yang layak disebut flagship dari Bajaj ini tanggal 23 Juni 2010 lalu diluncurkan di Peru. Di negara beribukota Lima ini, Bajaj telah menjadi pemain besar di ranah sepeda motor dan telah dikenal luas.
Model yang dijual di Peru ini sama dengan Pulsar 220 di India, dipersenjatai dengan mesin 4 tak DTS-i berpendingin oli. perbedaan nya dengan sang kakak, Pulsar 200 yang telah dihentikan produksinya di India, mesin Pulsar 220 berwarna kelabu 220 cc yang mampu menyemburkan tenaga 21 PS dan torsi 19.1 Nm. Info mengejutkan yang ane baca dari sini menyebutkan bahwa Pulsar 220 menggunakan karburator dan bukan injeksi. Kelebihan uniknya adalah pada lampu proyektor ala Nissan Murano yang pastinya lebih terang dari kakak-kakaknya, Pulsar 180 dan 200. Berikut adalah spesifikasi teknisnya.
Di Peru, Bajaj Auto bekerja sama dengan Crossland Group yang bertanggung jawab untuk kegiatan penjualan, distribusi dan aftersales service.
Bagaimana dengan Indonesia?
Menurut ane market segment untuk motor sport masih terbuka lebar. Meskipun hanya sebesar 7% dari total seluruh jenis sepeda motor namun pertumbuhannya stabil. di tambah lagi pesaing di kelas 200 – 250 cc tidak memiliki fitur secantik Pulsar 220.
Dari segi harga? Berapa Rupiah yang pantas disematkan untuk Pulsar 220? Yuk kita amat-amati dulu para pesaingnya.
Yamaha Vixion 150cc – Rp 19 juta
Honda Megapro 160cc – Rp 18 juta
Honda Tiger 200cc – Rp 24 juta
Yamaha Scorpio 225cc – Rp 21 juta
Honda CBR 150cc – Rp 32 juta
Miner…. ah lupakan saja lah yang ini
Kawasaki Ninja 150RR 2 stroke – Rp 32 juta
Kawasaki Ninja 250RR 4 stroke – Rp 46.5 juta
Jadi dimana sebaiknya Pulsar 220 menempatkan diri?
Kalau menurut ane, rentang harga Rp 20 – 25 juta adalah yang paling pas. Coba lihat di gambar spesifikasi di atas tertera Rs 70.000 yang setara dengan Rp 14.5juta, itu di India tahun 2009, tahun ini menurut info dari bro Satadal Payeng harga Pulsar 220 adalah Rs 80.000 atau sekitar Rp 17 juta.
Jika jadi Pulsar 220 masuk Indonesia seharusnya tidak perlu lah naik banyak-banyak. Di range harga tersebut ia akan dengan mudah membunuh sang Macan dan sang Kalajengking..dan menarik hati para calon konsumennya. Tinggal gimana manajemen Bajaj Auto Indonesia aja nih, mau atau tidak meluncurkan Pulsar 220.
Bagaimana menurut ente?
Manztabbb,,,,!!!
BAI berani kaga ??
Mantap…
Kunjung balik blogku ya…http://bukudari.blogspot.com
mendingan beli bebek ah,bisa dipake adik yg cewek,
wah ada yang merindukannya rupanya
sudah nggak tahan
@gigih
kalo mau NGEKSIS di sini jangan pake BLOGSPOT
catat
hmmm jelek! mending P180 or P200 ya, bodinya gitu2 mulu
IMHO, half fairingnya rada wagu….
mungkin kalo di desain ulang jadi lebih agresif ato pake lampu ganda kayak fazer lebih bagusan lagi 😀
@mas Benny
denger-denger BAI lagi fokus di 135 dulu dan untuk yang 220 di hold dulu , kalau pulsar 135 ndak sesuai target baru senjata pamungkas 220 nya dikeluarin .
keep brotherhood,
salam,
@ mas sabdho..
lha..sampeyan tahu dari mana? itu kan kata seorang pejabat BAI yang ane kutip di artikel sebelumnya…
ga biasa liat half gitu,,aneh jadinya, kayanya mending full fairing d, tapi buritannya ganti, bosen ah
Hi,
the Rs. 70,000 is the Showroom price of the Pulsar 220.
the final on road price (insurance + registration + road tax) of the Pulsar 220 comes to around Rs. 80,0000 in India
Pulsar 220..mmm …DI TUNGGU.. sparepart nya.. he he utk my pibo
Harga 23jt sepertinya paling pas buat P220 kalau mau dipasarkan di Indonesia. Biarkan dengan versi half fairing yang justru saat ini jarang ditemui di jalanan (kecuali Ducati Multistrada). Kalau keluar dengan versi full fairing pasti gak ada bedanya dengan motor-motor sport yang berkeliaran saat ini. Half fairing mengesankan motor sport tapi sangat bersahabat untuk dipakai turing.
Apalagi dengan kapasitas 220cc dari sebuah Pulsar tentunya sangat cocok diajak jalan bareng ama Ninja 250R. Untuk masukan mungkin ban standar P220 yang di Indonesia dipasang kombinasi 130/70 dan 110/70.
Untuk performa kayanya gak perlu diragukan lagi, terbukti Pulsar 180 UG3 sudah saya pakai selama 2 tahunan ini juga gak keluar uang banyak (dalaman yang diganti aja baru rantai keteng minggu kemarin) dan semakin powerfull. Yang penting perawatan berkala dan naik ini motor harus benar-benar menjiwai (kaya di film avatar pas mau naik kudanya harus sinkronisasi dulu 🙂
220, kutunggu kedatangan mu…
gw cuma agak kurang sreg ama lampu sein depan, menurut ku sih harusnya nempel di fairing, gak nongol begitu, jadi bener2 nice. tapi mungkin juga biar orang laen aware, jadi dibikin nongol gitu…
soal harga di 24 atau 25 juta juga wajar…
atau tengah2nya 24,5 jt, pas sepertinya…
ayo lah, buruan datengin 220..
@badcop..
emang kalo dateng ente mau beli??? wkwkwkwkwkwkk
hmm..model headlamp nya keren..tp bentuknya cenderung membulat..ngga kaya buritan yg tajem benerr.. 😀
PCX Part-5 nya di hapus ya mas bro…
Semoga yang tertinggal adalah perdamaian… belaka
Dan banyak yang kaget sebenarnya atas
artikel tersebuteh komen2 nya.Artikel nya sih ga bgitu bagus…. biasa ajah (jujur mode ) tapi yg pada komen itu lho…. 😆
yang pada comment seolah-olah pada memamerkan aurat nya sendiri2 wkwkwkwwk thats really show what they made of….
some guud, some bad.. several fools and ignorance, beberapa coba ngelawak
ahahahaha like it, manis asyem asin.. gado2 dah
sensasi harga diri gossip adlh komodity plg di minati masyarakat hehehe
(termasuk jg saya lho..)
whalagh.. lupa comment Pulsar 220 nyah… 😀
Ho’oh paling setuju kalo misal buntut ganti, fairing full, sein nemplok di fairing..
keknya bakal keren kalo gt.. IMO sih
kutunggu kehadiranmu untuk kupinang sebagai istri keduaku…. ayo BAI sudah banyak yang nunggu ni…
hahahahhhahaahhaha…. takut loe yahhh.. cician dehhh… makanya ngomongin Safety Ridding mulu tapi Gak Safety riding dalam menuliss…
Wah kayaknya bro Benny kesengsem ama nih motor hehehe…sikat aja bro 🙂
benben the great
eeeh….nongkrong dong diblognya mas benny…biar bsa bertegur sapa…..
848
yah mas semoga tidak terprovokasi, dan ke2 club tetep saling bersahabat..namnya jg temen kan kadang slek dikit gpp….keep brotherhood lah pokoknya……
all
eh cute yah p220…tinggal namnah shroud penutup mesin bawah biar agak matching dengan fairingnya…kan mantep tuch…..btw head lamp nya bengis!!!
bravo
jangn gtu bro…….biasa ajalah….
coba klo model half fairing nya agak kebawah dikit..ditambah pake mud guard..hmm..cakep deh ni motor
@ mas beny
iya mas, aku baca juga kok artikel sebelumnya , dulu sebelum beli p200 ane nungguin yang 220 sampe sekarang ndak muncul-muncul. . . .
keep brotherhood,
salam,
kalo injeksi dan harganya murah, pasti bakalan dipikirin ama bajaj buat diproduksi disini
http://otomercon.wordpress.com/2010/07/01/benarkah-cbr-150rr-dan-250rr-dirilis-akhir-2010/
@ mercon
biarkan mas 3 yang “bicara”:
http://triatmono.wordpress.com/2008/11/01/yakin-bajaj-pulsar-220-dts-fi-bakalan-dibanderol-rp-26-jeti/
keren bebek jantan nya suzuki
atau mungkin bisa saja Bajaj mematok harga lebih murah dari itu, toh hampir sama dengan harga di India, jadi yang paling pantes kalau diharga 20-21 pas tuh .
gw simpatik ma lo ben
gw acungin jempol buat lo
babon
binter jakut
naksir lampunya…
btw bodinya sama ama yg 200 cc….cuma beda dilampu….trus yg keren ada double discnya…hmm….syng ngk monoosok…eh sponsornya salah tuh..kudunya The Fastest India….bukan Indian…coz beda suku dan ras…India from asia..kalo Indian from Amerika..
Siiip lah,,, ditunggu yah, artikel klarifikasi plus maafnya..
P220 kalau brojol di Indo dgn harga 21 – 24jt saya ambil nih…
koq model visornya hampir sama dengan si calon motor baru AHM ya? coba lihat deh
http://dwinugros.wordpress.com/2010/07/02/new-megapro-150-rr-part-2-habis/
pulsar 220 S is my dream…buruan dong BAI dilaunching
21ps.. not bad.. head lamp keren..tp half fairing nya agak terkesan janggal
Salam kenal…
Mantapzzz…..coy….
DTS-i, kok pakai karburator. maksud nya apa ini?…
berpendingin udara bro, bukan berpendingin oli kaya fu
DTSi = Digital Twin Spark ignition.. huruf “i” bukan injection..
karena half fairing, tanpa oil-cooler juga gapapa lah.. karena mesin ” terbuka” gitu jadi proses pendinginan alami bisa lebih maksimal..
aku udah lama menunggu … bukan motornya tapi parts-nya… terutama crankshaft (kruk-as) dan con-rod (stang seher)….
Pulsar 220 BAGUS!!!Tinggal disesuaikan dgn kebutuhan konsumen Indonesia.Cuma masalah terbesar adalah….”Kapan dirilis”?????Cepetan dong…Rencananya Gw mo beli P200 tapi pas dgr2 gosip 220 ga jadi deh.Kalo bisa BAI jgn kemahalan ngasih harganya…23/24 jt cukup layak lah.Yang pentingkan konsumen puas.”Pembeli adalah “Raja”!
sya pengguna pulsar 200 udh2 thunan. aman saja ga ad msalah.
cuman lagi ditungguin nich yg 220nya. BAi kok senjata pamungkasnya disimpan sich. ??????? kpn donk 220nya???
pingin beli yg ls tapi masih tertunda,……..
nti kalo diluncur, pasti laku keras bro
cepet2 aja diluncur
langsung pake touring
kira2 half fairingnya bisa pasang ke pibo ug3 gk? pengen oi… apa aja yg hrs disesuaikan ya? omong2 dari depan, half fairingnya mirip helm clone trooper di film star wars ya….
pa kabar ben..
pengenya p220 ada engkolnya..heheheh
Jakarta, 01 Oktober 2010
Model Harga
XCD 125 DTS-Si Rp 13.550.000
Pulsar 135 LS RP 14.750.000
Pulsar 180 DTS-i Rp 15.900.000
Pulsar 200 DTS-i Rp 21.050.000
*Harga sewaktu – waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
P220 = 20 jt aja !!!!!!!
baca otomotif deh..
BAI nurunin harga+ngabisin stok p200 buat ngluarin p220 sbg. Pengganti p200.. Jadi..mudah2an di 21jt..xixixi
wah kayanya mahal tuh, mending beli scorpio yang baru dah
Minerva Vx 150 cc = 16,5 jt
Minerva Meggeli 250 cc =33 jt
Payah nih yg punya blog,diskriminasi..di ketik jg dong biar adil miner..masa minerva produsen jerman,disign italia(ducati),spart part dr taiwan diremehin gt)
wah..harga P220 ternyata cuma 18,6juta. tenaganya sampe 21ps, si pio dan si macan mah lewat bro,apalagi si menerpah. Terlanjur dah beli si Pi3S,,Tuker lagi bisa ga ya??
Yang udah terlanjur beli pzoo nangis dah.kemahalan jauh ama pzzo 😦 .harga jual pzoo jatuh sampe ke jurang masih jatuh lagi kedasar jurangnya jurang 🙂
wadoeh harga di Bandung Bajaj Pulsar 220 itu 19,2 jt
kok jauh mahal nya ya dg jakarta ????