Blue Ocean Strategy, Kesempatan Masih Ada di Segmen Cruiser Lho..

12 07 2010

Yuk amati produsen motor lain yang tahun ini rajin menerbitkan motor edisi anyar. Coba lihat diferensiasi yang diusung produk-produknya, sangat berani bukan?

Honda Scoopy terlihat sukses di bulan awal penjualannya. Di PRJ para calon konsumen seolah tak perlu banyak tanya untuk mengetahui si skutik retro 110 cc ini, pokoknya duduk di meja, lalu kasih down payment! Fenomena ini bisa jadi fakta bahwa tampilan unik adalah salah satu jurus jitu memikat konsumen. Itu di segment motor matic, bagaimana di segmen jenis motor lain?

klasifikasi street bike (sumber: 2wheelsindia.com)

Bajaj, ATPM yang dengan setia mengekor Hero Honda di India sana ini tahun ini pun juga menerbitkan si baby Pulsar yaitu Pulsar 135. Reaksi calon konsumen memang antusias di awal, namun belakangan ini gaungnya menurun, mungkin karena iklan di media outdoor dan cetak yang minim. Padahal seperti diulas di blog bang Taufik, Pulsar 135 ini dapat disandingkan performanya dengan Yamaha FZ16.

Sampai pertengahan tahun ini hingga ke depan, menurut ane Bajaj harus lebih reaktif terhadap blue ocean strategy yang gejalanya mulai tampak di para kompetitor. Rumor dan berbagai gambar akan motor-motor Bajaj yang baru sudah santer berseliweran di internet, namun ada satu motor yang kurang di ekspose yaitu Bajaj Avenger.

Sejak pertama kali diluncurkan dengan kubikasi mesin 180 cc tahun 2005 lalu, Bajaj seperti kurang percaya diri dengan motor “niche” nya ini, padahal slogan “Feel Like God” sudah terdengar sangat gagah.

Bajaj Avenger sendiri adalah alih teknologi dari Kawasaki Eliminator, kecuali mesin yang dibuat oleh Bajaj. Saat ini varian terbarunya adalah Avenger 200 cc, riding impressionnya dapat dibaca di blog bro Satadal Payeng.

Kawasaki Eliminator

Ceruk motor cruiser di Indonesia masih kurang populer, padahal beberapa produsen motor sudah mulai merasuki virus cruiser ke pasar, sebut saja Kaisar Ruby 250 cc dan Honda Phantom, sayang untuk yang terakhir disebut ini tidak dijual melalui ATPM namun melalui importir umum.

Kabar terakhir yang ane lihat dengan mata kepala sendiri (namun tidak boleh difoto) adalah dari Suzuki yang sempat “memberi kesempatan mengintip” kepada para biker di sebuah acara survey konsumen yang disamarkan oleh acara sebuah media cetak otomotif, mungkin sudah hampir setahun lalu ya.. Dalam acara ini Suzuki mencoba melihat sejauh mana minat konsumen terhadap sebuah motor cruiser berkubikasi 150 cc. Sepintas body motor cukup besar, namun mesin terlihat kecil dan sepertinya lagi sangat mirip dengan milik Thunder 125.

Sampai artikel ini diturunkan ane belum mendengar iklan atau berita mengenai diluncurkannya motor cruiser terbaru. Keraguan produsen bisa jadi disebabkan karena sebagian besar konsumen masih setia kepada jenis motor yang itu-itu saja dan kurang berani tampil beda. Padahal kalau sudah merasakan duduk di atas motor cruiser dan mulai berkendara, bisa jadi seorang akan berkata “Feel Like God”, meskipun kemudian harus bergumul dengan kemacetan.. :mrgreen:

***

sumber gambar:

googling

artikel bro Satadal Payeng


Aksi

Information

6 responses

12 07 2010
penerjemah a.k.a arif rakhman

yang paling mungkin rasanya adalah Bajaj Avenger 200. menarik ditunggu gerak Bajaj di sisa tahun ini sekaligus rancangan mereka untuk tahun mendatang.

12 07 2010
A Seen

bagaimana dengan motor ghost biker

12 07 2010
Hourex

Amankan podium 3.. Baca dulu

12 07 2010
blognyamitra

edan, blog ini udah dikunjungi 93 miliar orang 🙂

14 07 2010
Kodok Ijo

Susah lah kalo ada di antara kita yg mengidamkan motor2 keren dgn model terbaru yg beragam. Paling banter yg bisa nyediain motor2 kyk gini ya importir umum, tapi ya itu… harganya selangit ditambah lagi kakhawatiran akan ketersediaan suku cadangnya.
Kalo ngarepin phk ATPM mah sama aja ngarepin salju turun di padang pasir, ya gak? Pasar cuma secuil, ngapain cape2 ngadain type2 motor kyk gitu, kpn balik modalnya? Sedih kalo mikirin kenyataan seperti ini. Coba aja keadaan di sini kyk di Thailand atau India. Gara2 pada banyak yg nyari bebek ama matic doang, makanya peluang utk kita2 yg ngarepin motor2 antik kyk gini jadi ke laut.

15 07 2010
Imanuel

Beeuhh,… Guud Analisis Mas Broo.. emang nih segmen masih kosong bgt, hampir gak ada pemainnya..

Kemaren liat Suzuki Bandit sama Yamaha R1 di Hobby Motor.. ternyata motor gede pake olinye Castrol juga Bro.. ternyata pilihan gw ke Castrol Power 1gak salah..
Tigi gw thn 2004 sampe sekarang masin top markotop..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: