Bro, Tahu Gak Tempat Beli Helm Anak Di Mana..?

13 07 2010

Hari ini seorang kawan yang tinggal di Batam nge-buzz ane via YM, nanya apakah ane tahu dimana bisa beli helm untuk anak..

============================================

A: BUZZ…! Bro, tahu gak tempat beli helm anak di mana?

B: Ya, bisa sih gw cariin, emang anak lo umur berapa? Mau ukuran apa?

A: Ya kalo bisa ukuran XXS untuk anak umur 2 tahun ke atas

B: kalo bisa anak lo jangan diajak naik motor deh bro, resiko euy..

A: bukan buat ngebut nih.. lebih safe kalo dia pake hel, duduknya didepan soalnya

B: nae motor apa tuh, ya ttp aja kalo udah diatas motor ada bahayanya oom. kasian aja sm anak ente

A: buat dekat2 aja kok bro, gw naik thunder 125

B: wah tetep aja kalo anak udah lo naikin motor bahayanya gede

A: ya gw tau, tapi kan deket bro, kalo jauh gw naik mobil

B: oke, kalo gitu tar gw beliin, tapi gw udah ingetin nih, resiko tanggung sendiri yak

A: oke bro, gw cabs dulu yak.

============================================

Kawan,

Resiko bisa datang kapan saja ketika kita mengendarai motor. Ada kawan yang baru saja keluar pagar ban depannya tersambar truk. Ada yang ketika sedang riding santai dengan matic , tiba-tiba diserempet.

Bagaimana dengan membonceng anak?

Kata seorang kawan, sebuah produsen helm baru memproduksi helm untuk anak usia 7 tahun ke atas jadi anak  balita jelas tidak layak untuk naik motor. Terkadang ane kasihan ketika melihat seorang ibu dibonceng sang bapak, sementara si ibu menggendong balita di pelukannya, atau menjepit anak di tengah.

Rupanya belakangan ini himpitan ekonomi semakin membuat orang berani menentang bahaya dengan bertindak demikian. Seyogyanya jika kita masih menyayangi anak kita, janganlah kita ajak naik sepeda motor kecuali sudah cukup usia (16 tahun – menurut aturan pembuatan SIM). dan jangan pula membelikan anak kita sepeda motor sebelum ia cukup usia dan cukup matang mental untuk mengendarainya.

Kalau kata bro Ferdinand Neman dari FAST dalam artikelnya terdapat 5 hal yang membuat orang Ogah Safety yaitu:

  • Underestimate -> meremehkan resiko
  • Over confidence -> terlalu percaya diri
  • Confident through arrangement -> percaya bahwa segala sesuatunya sudah aman
  • Permissive -> terdapat suatu kondisi yang membuat malas safety, misal: “ah dekat ini, gak usah pakai sepatu ah”.
  • False resignation – > terlalu pasrah, misal: “kalau memang bakal celaka ya celaka saja lah”.

Kelima hal tersebut menunjukkan rendahnya awareness alias sadar resiko, kalau orang sudah tidak kenal resiko maka keinginan untuk amannya akan mengecil dan cenderung mengabaikan aturan. Kalau kata kawan-kawan Road Safety Association (RSA) begini:

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

sumber foto:

alonrider.wordpress.com


Aksi

Information

20 responses

13 07 2010
Maskur®

heheheh
mengunggu juga informasinya

btw pertamaxxxxxxxxxxxx

13 07 2010
first camera

mantap topiknya…keren…salam hangat…

13 07 2010
rika

padahal anak saya yg berumur 4 thn sering loh saya bonceng pake motor, dengan helm SNI pula……

keduax nih………….

13 07 2010
pati

Wah bro..
tentang ane nih gan.
hehehehe..
trus gmana pandangan brotrer dengan adanya balapan khusus mocil?
usia termuda ada yang 4 tahun bro
udah ikutan balap dia (daerah batam)
tapi ya tetep perlengkapan safety ada bipakai seperti baju balap, helm dan sepatu

13 07 2010
bennythegreat

kalo balapan beda kasusnya gan..

di arena balap pastinya para peserta sudah terlatih dan punya SKILL..meskipun itu anak kecil sekalipun. motornya juga disesuaikan.

dan satu lagi..arena balap itu adalah “controlled environment” yang dikhususkan buat kompetisi. jadi gak ada itu kejadian tiba2 ada motor lain nyelonong masuk ke arena balap.. :mrgreen:

btw…ente mantau blog ane juga gan? hehehe..trims buat inspirasinya lho..

13 07 2010
Prikitiew

Maaf oot Bang Benny. Bedanya pulsarian ma power pulsar tu pa ya? Mhn pencerahannya. :mrgreen:

13 07 2010
bennythegreat

mungkin maksudnya Pulsarian dan Power ya bro.. ceritanya panjang nih bro..untuk cari tahu bisa mampir ke sini:

Pulsarian: http://www.pulsarian.or.id

Power: http://powerindonesia.blogspot.com/

13 07 2010
13 07 2010
blognyamitra

Itu foto kang alon rider waktu kecil yak ? 😀

13 07 2010
ali

coba deh bro kalo bro punya anak yg balita, trus kehidupan pas-pasan cuma bisa beli motor, masak mau kemana-mana ga diajak, faktor ekonomi bro…bisa buat orang berbuat apa aja

13 07 2010
bennythegreat

nah itulah..semuanya masih berkutat ke materi sih, bukan ke keselamatan.

kalo ane begitu, mending ditinggal aja anaknya.

ekonomi sulit tidak harus berpikiran sempit.

13 07 2010
dnugros

artikel yg menarik om…soale banyak banget sekarang orang tua yang menomor duakan safety boncenger entah itu istri, anak ato orang lain demi mengejar efesiensi…apakah ini ada hubungannya dengan banyaknya penjualan motor tiap pabrikan yang diterima konsumen ???? 🙂
http://dwinugros.wordpress.com/2010/07/13/motorku-juga-istriku/

14 07 2010
girifumi

Maaf oot Bang Benny. Bedanya beruang ma bebek tu apa ya? Mohon pencerahannya. :mrgreen:

14 07 2010
bennythegreat

jelas beda mbah..yang satu mamalia, yang satu unggas.. :mrgreen:

14 07 2010
martini

kalo beruang berarti banyak duit kalo bebek pabriknya yang banyak duit….
sotoy.com

14 07 2010
bennythegreat

hehehe..bener juga… pabrik bebek emang banyak duit bro…

hasil ngibulin orang pake iklan. ada bebek yang bikin rubuh jembatan.. ada bebek yg bisa ngelompatin api..

17 07 2010
martini

hiks..akhirnya beli juga helm anak yang SNI..padahal kesannya alakadarnya…abal2 gitu…dan yang jual bilang…”itu helm udah yang paling bagus mas”….belinya dijogja..kok logatnya padang??!!!

5 08 2010
Zaman

Salam kenal,,
buat temen-temen pecinta motor, berbagi info tentang helm silahkan mampir ya.. Thanks…. 🙂 Motorcycle Helm

6 08 2010
sithole

gw cuma punya motor … gimana nih?

18 08 2010
Edi

Great share…
Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: